cara menaksir luas daerah

Cara menaksir luas daerah sistem petak dengan mudah dan cepat

Cara menaksir luas daerah sistem petak dengan mudah dan cepat yaitu kita gunakan metode segi empat, caranya yaitu peta daerah yang akan dihitung digambar terlebih dahulu dengan skala yang pas, selanjutnya membuat petak-petak segi empat dengan luas tertentu diatas gambar tersebut menggunakan skala yang tadi digunakan, dari situ bisa kita hitung ada berapa petak sehingga diketahui berapa total perkiraan luasanya. begini penjelasannya lebih lanjut.

 

Batasan penghitungan jumlah kotak atau petak

  1. Daerah yang terisi satu kotak penuh di hitung 1.
  2. Daerah yang terisi kurang dari setengah kotak tidak di hitung.
  3. Daerah yang terisi lebih dari setengah kotak dihitung 1.

Luas daerah = jumlah petak x luasa satu petak.

Contoh menghitung luas daerah sistem kotak

Misalnya kita akan menaksir luas sebuah pulau yang didalamnya berupa tanah pegunungan yang ditumbuhi bermacam pepohonan, sebagian area berupa danau. denah pulau bisa ambil dari peta, atau ambil di foto satelit google maps, abaikan saja kondisi naik turun tanah yang tidak disebutkan ada gunung dan danau, jadi yang akan kita hitung adalah bidang datar dengan bentuk tidak beraturan. contohnya kita dapatkan pulau dengan bentuk sebagai berikut.

cara menaksir luas daerah

cara menaksir luas daerah

Pada gambar tersebut bisa kita lihat bahwa garis yang berwarna hijau adalah batas luar pulau atau daerah yang akan kita hitung luasanya, sedangkan petak merah merupakan garis bantu yang memudahkan perhitungan, dari situ bisa dihitung jumlah petaknya sebagai berikut

  • Petak penuh = 18 bh. dihitung.
  • Lebih dari setengah petak = 7 bh. dihitung
  • Kurang dari setengah petak = 13 bh. tidak dihitung.

Maka jumlah petaknya ada 18 + 7 = 25 bh. jika setiap petak luasnya 100.000 m2. maka dari kedua data tersebut bisa kita ketahui luasanya yaitu

  • Luas pulau = 25bh x 100.000 m2 = 2.500.000 m2 (dua juta lima ratus ribu meter persegi)

 

Hasil perhitungan dengan sistem ini tidaklah 100% tepat, karena hanya merupakan taksiran atau perkiraan. untuk hasil yang lebih mendekati tepat bisa memanfaatkan software gambar teknik, contohnya bisa dibaca pada artikel  yang secara khusus membahas tentang cara menghitung luas dengan autocad, semoga bermanfaat.

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*