Cara memperkuat atau memperpanjang umur lapisan asphalt jalan

ini ada pertanyaan mengenai cara memperkuat atau memperpanjang umur lapisan asphalt jalan yang sudah selesai dibangun, atau dengan kata lainya bagaimana  pemeliharaan jalan asphalt agar awet tahan lama, beginilah isi pertanyaanya yang coba kita jawab.

jalan asphalt rusak

jalan asphalt rusak

Budhiardjo = jalan gang di depan rumah saya baru di-aspal namun sepertinya aspal-nya rentan lepas, beberapa tetangga sudah mulai melapisi tepian aspal dengan semen mengingat gang jadi jalan tikus yang dilalui banyak pengendara motor saat jalan utama macet, adakah saran terbaik untuk memperkuat atau memperpanjang umur lapisan asphalt tersebut, terutama di bagian tepinya? apakah semen bisa jadi pengikat yang baik? ada beberapa saran untuk menggunakan thinner sebagai pengikat atau zamitex. mohon sarannya. terima kasih

 

Cara memperkuat atau memperpanjang umur lapisan asphalt jalan

Agar umur  jalan asphalt bisa bertahan awet dalam waktu lama maka perlu dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pemeliharaan. berikut penjelasanya.

Dalam proses perencanaan perlu dihitung berapa ketebalan lapisan serta jenis material yang cocok digunakan sesuai peruntukan jalan, contohnya jalan yang akan di lewati kendaraan besar seperti truck pastinya akan berbeda bebanya dengan yang dilewati oleh sepeda motor roda dua. nah.. perbedaan beban tersebut perlu disiapkan juga tebal jalan yang kuat. berikutnya masalah penggunaan jenis asphalt berkualitas menyesuaikan kondisi jalan agar nantinya tidak mudah rusak. dalam perencanaan tersebut juga dapat diperkirakan umur jalan.

Dalam proses pelaksanaan perlu diperhatikan agar apa yang sudah direncanakan sebelumnya bisa benar-benar dilaksanakan sebagaimana mestinya. selanjutnya perlu diperhatikan kualitas hasil pekerjaan, misalnya pengaturan kemiringan jalan agar air hujan bisa segera keluar tanpa menimbulkan genangan. karena asphalt bisa segera rusak apabila ada air yang menggenang, awalnya memang hanya berupa lobang kecil tapi lama-lama bisa membesar/

Dalam proses pemeliharaan yang dalam hal ini ditanyakan oleh bapak Budihardjo, ini merupakan contoh baik karena warga peduli terhadap keawetan sarana umum. agar lapisan bisa asphalt bisa bertahan lama maka bisa memperhatikan hal-hal bverikut.

  1. Pastikan kendaraan yang lewat diatasnya tidak melebihi beban yang bisa ditanggung oleh struktur jalan.
  2. Membuat drainase yang baik agar air bisa segera keluar dari lapisan asphalt.
  3. segera melakukan perbaikan apabila ada lapisan jalan yang mengalami kerusakan, materialnya bisa memakai bahan asphalt itu sendiri.

Lalu dalam hal ini yang ditanyakan adalah perawatan bagian tepi, itu bisa dilakukan dengan memastikan tidak ada air yang menggenang ditepian jalan. dan bisa ditambah dengan perkerasan jalan memakai beton yang merupakan campuran dari pasir dan semen, namun tetap memperhatikan segi kelancaran pembuangan air. thinner dan zamitex digunakan untuk cat jadi tidak bisa dipakai untuk merawat jalan asphalt.

 

Begitulah beberapa penjelasan tentang cara memperkuat atau memperpanjang umur lapisan asphalt jalan, semoga awet dan tahan lama.

Leave a Reply