Cara membuat tombol LIKE facebook dibawah artikel wordpress

Menggabungkan blog wordpress dengan facebook bisa memberikan kelebihan tersendiri, mengingat banyaknya pengguna sosial media yang menggunakan blog maka akan lebih lengkap jika ditambahkan beberapa fitur facebook seperti tombol like, share, facebook comentar dan fan page. kali ini kita akan menjelaskan mengenai cara membuat tombol like facebook dibawah artikel wordpress dengan atau tanpa plugin. o.k langsung saja begini cara rahasianya 🙂

 

Fungsi tombol like dibawah post wordpress

Sebagai alat pengunjung untuk meninggalkan jejak suka, ini bisa sebagai bukti bahwa artikel sudah dibaca dan disukai sebanyak sekian orang, dengan melihatnya maka seorang blogger bisa bertambah semangat karena ada yang menggunakan dan menyukai karyanya. jumlah like juga bisa menjadi bahan pemikat bagi yang lain untuk segera mengakses dan membaca sebuah post di blog wordpress.

tombol like facebook dibawah artikel wordpress

tombol like facebook dibawah artikel wordpress

Cara 1. Membuat tombol like facebook dengan plugin

  1. Pada halaman admin wordpress klik menu Plugins –> add new
  2. Lalu search plugin facebook like
  3. Nah.. disitu ada banyak pilihan plugin yang bisa dipakai, tinggal pilih mana yang cocok sesuai selera dan theme yang kita gunakan.
  4. Lalu install plugin facebook like.

Cara 2. Membuat tombol like facebook tanpa plugin

jika tidak ingin menggunakan plugin karena alasan memberatkan blog atau memang hoby otak-atik script. maka bisa menggunakan cara yang kedua ini:

1. Edit theme pada halaman admin wordpress melalui menu Appearance –> Editor lalu masuk ke single.php pada tema yang kita gunakan.

2. Pada single.php cari kata <?php the_content(); ?>

3. kalau sudah ketemu lalu pastekan script facebook like berikut tepat dibawahnya

<iframe src=”http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=<?php echo urlencode(get_permalink($post->ID)); ?>&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=450&amp;action=like&amp;colorscheme=light” scrolling=”no” frameborder=”0″ allowTransparency=”true” style=”border:none; overflow:hidden; width:450px; height:30px;”></iframe>

angka yang berwarna merah 450 adalah lebarnya dan angka 30 adalah tingginya, jadi nilainya bisa kita rubah menyesuaikan dengan kebutuhan.

4. Jika sudah di copy, selanjutnya klik tombol update file.

5. sampai disini kita sudah berhasil membuat tombol like facebook di bawah post wordpress, cek dengan mengakses salah satu artikel di blog.

 

Mudah kan, jika ada kesulitan atau punya cara lain yang lebih canggih bisa di diskusikan di bawah 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.