struktur kolom gedung pencakar langit

Cara membuat struktur kolom beton gedung pencakar langit

Cara membuat struktur kolom beton gedung pencakar langit itu sedikit lebih rumit jika dibanding dengan rumah tinggal biasa, karena disitu lebih banyak memerlukan ketelitian dalam perencanaan, kontrol dalam pelaksanaan, serta kesabaran dalam perawatan. saat membangun rumah rata-rata para tukang bangunan sudah hafal kalau bangun satu lantai itu pakai ukuran kolom berapa dan besinya seperti apa, begitu juga untuk rumah 2 lantai seakan sudah ada standar khusus dalam pandangan para tukang maupun masyarakat umum. hal ini akan berbeda untuk kolom gedung yang memerlukan perhitungan struktur secara teliti sehingga ketemulah dimensi kolom dan penggunaan material yang kuat namun tetap ekonomis dari segi biaya, berikut uraianya.

 

Perencanaan kolom beton bertulang

Penentuan dimensi dan material kolom didasarkan pada seberapa besar beban yang akan ditahan oleh tiang tersebut, ada beban mati berupa berat bangunan itu sendiri, beban hidup berupa orang atau mesin yang melintas diatasnya, beban angin, juga ketahanan terhadap bencana seperti gempa bumi. kekuatan kolom direncanakan lebih besar dari beban yang harus ditahan, adapun yang bertugas menghitung ini adalah pihak konsultan perencana struktur gedung.

Gambar struktur kolom

Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dituangkan kedalam gambar perencanaan oleh konsultan perencana, lalu disempurnakan kedalam bentuk shop drawing oleh kontraktor agar lebih mudah dibaca dan dipahami oleh para tukang bangunan agar dilaksanakan pengerjaanya sesuai gambar. setelah struktur jadi lalu kontraktor membuat gambar asbuilt drawing sesuai dengan apa yang sudah dikerjakan untuk diberikan sebagai laporan kepada owner atau pemilik bangunan.

pengukuran kolom

Pelaksana uitzet / surveyor melakukan pengukuran untuk menentukan posisi kolom yang pas sesuai gambar kerja, memberikan batas-batas ukuran panjang, lebar dan tinggi kolom serta di kontrol juga ketegakanya.

Pembesian kolom

Pembuatan rangkaian besi kolom sesuai dengan bagaimana rencana bentuknya, berapa dimensi dan jumlah besi yang dipakai meliputi tulangan pokok, dan begel. semua diikat secara rapi dan kuat sampai terpasang pada posisi titik kolom yang akan dibuat.

Bekisting kolom

Setelah itu dilakukan pemasangan bekisting atau cetakan, pada pekerjaan struktur gedung rata-rata menggunakan bekisting kolom sistem bongkar pasang, ada juga yang ukuranya bisa diubah-ubah menyesuaikan dengan dimensi kolom. bekisting tersebut bisa diangkat secara manual oleh tenaaga kerja jika masih memungkinkan, atau bisa memanfaatkan alat angkat crane. dilakukan juga pekerjaan stel kolom untuk memastikan sudah berada pada posisi yang benar, kuat dan tegak.

Pengecoran kolom

Pelaksanaan cor beton kolom bisa dilakukan dengan menggunakan alat concrete pump atau diangkat sedikit demi sedikit memakai tower crane untuk dituangkan kedalam bekisting kolom, pekerjaan pemadatan dilakukan agar semua ruangan terisi penuh oleh adukan. perlu juga dilakukan kontrol agar ketinggian pengecoran sesuai dengan perencanaan agar tidak terjadi bobok beton karena terlalu tinggi, atau menyambung karena terlalu rendah.

struktur kolom gedung pencakar langit

struktur kolom gedung pencakar langit

Pembongkaran bekisting kolom

Pembongkaran cetakan dilakukan setelah umur beton mencukupi, atau saat kekuatanya sudah memenuhi, terkadang dicampurkan bahan khusus kedalam adukan agar bekisting kolom bisa dibongkar dalam waktu yang lebih cepat.

 

Masing-masing urutan pekerjaan tersebut perlu dilaksanakan dengan baik dan benar agar bisa menghasilkan produk struktur kolom beton bertulang terbaik pada gedung pencakar langit.

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*