Cara membuat nama merek usaha atau produk

Menjalankan usaha dari awal itu ibarat mengawal kelahiran anak  yang harus diberikan nama agar dikenal dan mudah dalam memanggil atau mengingat sang buah hati tersebut, anak tersebut nantinya akan banyak belajar menjadi manusia dewasa dan kenyang dalam merasakan bermacam kesuksesan maupun kegagalan, contohnya jatuh bangun ketika belajar berjalan, jatuh bangun ketika belajar sepeda, senang ketika mendapat mainan baru, ya.. hal-hal tersebut wajar saja, karena dengan mengalami susah senang tersebut maka sang anak akan tertempa menjadi pribadi dewasa yang lebih tangguh, dalam perjalananya, nama anak tersebut bisa saja dikenal sebagai si pemalu, si pendiam, si ramah, si penolong, dll. Begitu juga dalam dunia wirausaha, jasa atau produk yang kita pasarkan harus diberikan nama yang pas agar mendukung keberhasilan dalam berusaha, seperti halnya pada perkembangan anak, dalam perkembangan usaha juga merupakan hal wajar jika akan ada banyak lika-liku yang justru dapat menempa sang pengusaha menjadi pribadi hebat. masalahnya hanya terletak pada kemauan untuk meneruskan usaha atau berhenti berjuang dan terus meratapi kegagalan. Nah.. kali ini kita berbagi ilmu sekaligus pengalaman tentang cara membuat nama merek usaha atau produk yang bagus, o.k beginilah beberapa langkah yang bisa dilakukan.

 

Langkah pertama = Menentukan Nama merek usaha atau produk

  1. Menggambarkan produk yang dijual, ketika orang baru mendengar merek tersebut harus secara cepat mengetahui apa produknya.
  2. Nama merek yang singkat, maksimal 5 suku kata dan minimal 2 suku kata, contohnya ilmusipil yang terdiri dari empat suku kata.
  3. Mudah dilafalkan dan diingat, ya.. merek tersebut harus mudah dibaca dan gampang teringat oleh masyarakat.
  4. Nama merek yang belum digunakan, usahakan nama tersebut belum dipakai oleh orang lain, agar tidak terkena sanksi hukum karena pelanggaran hak merek.

Langkah kedua = Menentukan warna merek

Ya.. bagaimana caranya masyarakat mengenal usaha kita melalui warna, masing-masing warna punya kesan dan maksud tersendiri, contohnya biru mengandung pesan dapat dipercaya, warna merah banyak digunakan minimarket karena dapat meningkatkan emosi konsumen untuk segera membeli, dan apakah gerangan arti  ilmusipil yang warnanya hijau 🙂

Langkah keempat = Membuat logo merek

Kita bisa berkreasi untuk menghasilkan sebuah logo yang dapat menggambarkan produk, visi misi perusahaan dll, masing-masing bentuk punya arti tersendiri, contohnya lingkaran bisa berarti terus bergerak, persegi empat dapat terkesan kokoh, dan sejenisnya.

Langkah kelima = Membuat maskot yang menggambarkan merek

Terkadang kita lebih mudah mengingat wajah seseorang daripada namanya, terutama pada orang-orang yang jarang ketemu, nah.. dalam dunia wirausaha kita juga perlu menggambarkan wajah usaha kedalam bentuk maskot, kemasan produk dll.

Langkah keenam = Mendaftarkan nama merek secara hukum

Kita perlu mendaftarkan nama merek yang kita buat agar sah secara hukum dan tidak digunakan oleh orang lain, pendaftaran juga berfungsi untuk melindungi pengusaha dari kemungkinan menjiplak, pendaftaran bisa ke Direktorat Hak Kekayaan intelektual indonesia.

Langkah keenam = Mengaplikasikan nama merek

Selanjutnya nama tersebut perlu kita tuangkan kedalam kemasan produk, kop surat perusahaan, papan nama usaha, advertising serta media lainya.

Langkah ketujuh = Pemasaran nama merek

Saatnya memasarkan nama usaha yang telah kita buat, pemasaran bisa melalui iklan, kualitas produk yang bagus, pelayanan yang baik kepada konsumen, dan cara-cara lainya.

Nama Merek Konstruksi

 

Demikian gambaran mengenai cara membuat nama merek produk atau jasa, ada kemungkinan masih ada trik dan tips lain dalam membuatnya, bisa jadi karena keterbatasan pengetahuan saya, atau karena dalam berwirausaha itu penuh dengan kreatifitas, untuk itu mohon berbagi jika ada tambahan ilmu atau pengalaman yang berkaitan dengan pembuatan nama merek ini 🙂

One Response

  1. goib 12 September 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.