Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara membuat kusen cor beton

Harga kayu yang terus melambung menyebabkan biaya konstruksi perkayuan ini semakin mahal, oleh karena itu diperlukan alternatif penggunaan bahan lain untuk menghemat biaya pembangunan, misalnya rangka atap baja ringan sebagai pengganti kuda-kuda kayu atau satu inovasi baru yang akan kita bahas yaitu cara membuat kusen cor beton serta perhitungan perbandingan biayanya yang lebih murah dibanding kusen kayu.

 

Kusen cor beton

kusen cor beton

Iustrasi gambar kusen cor beton ini dibuat dengan software autocad dan 3d max kemudian dirapikan menggunakan software grafis adobe potoshop.

 

Cara membuat kusen cor beton

Pembuatan kusen beton pada prinsipnya hampir sama dengan pembuatan struktur beton lainya yaitu dengan membuat bekisting sebagai cetakan terbuat dari kayu papan atau triplek yang dibentuk sesuai rencana menggunakan alat sambung paku dan pengikat kawat bendrat. Pembuatan cetakan ini merupakan kunci pembuatan kusen cor beton sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti sesuai dengan ukuran dan bentuk yang telah direncanakan sebelumnya, untuk menghemat biaya pabrikasi bisa memilih bahan bekisting yang dapat dipakai berulang-ulang sehingga dibutuhkan biaya yang hemat serta memberikan keuntungan maksimal bagi yang khusus menggeluti usaha kusen cor beton ini.

 

Setelah membuat cetakan kemudian memasang besi tulangan dengan diameter sesuai kebutuhan kekuatan struktur kusen, untuk pintu ukuran 80 cm x 210 cm bisa menggunakan satu buah besi diamater 5 mm, besi tulangan juga dipasang pada area yang diharapkan dapat menambah perkuatan sambungan ke dinding karena beton perlu besi tulangan sebagai penahan gaya tarik, untuk lokasi yang akan dipasang engsel daun pintu dapat ditambahkan tahu kayu untuk memudahkan sambungan.

 

Selanjutnya membuat adukan cor beton dengan perbandingan campuran 1 semen : 2 pasir: 3 kerikil. penuangan adukan kedalam cetakan perlu dilakukan dengan baik agar bisa tersebar merata dan tidak berlubang kemudian didiamkan minimal 8 jam atau jika sudah kering dapat dibuka catakanya lalu dilakukan finshing pada area cor beton yang kurang bagus dengan bahan adonan semen.

 

Finishing akhir bisa menggunakan cat yang bisa dibentuk motif kayu, kusen cor beton ini baru bisa digunakan minimal dua hari setelah pembuatan, atau yang paling bagus adalah setelah beton mengalami perkerasan sempurna yaitu 28 hari.

 

Perbandingan harga kusen kayu dan cor beton

Harga kusen cor beton lebih murah dibanding kayu, misalnya untuk pintu ukuran 80cm x 210 cm jika menggunakan kayu harganya sekitar Rp.500.000,00 sedangkan jika menggunakan cor beton berkisar antara Rp.200.000,00 namun karena nilai mata uang selalu berubah-ubah tergantung situasi dan nilai inflasi maka dapat kita sederhanakan perbandingan harga kusen cor beton tersebut menjadi  200000:500000 atau sama dengan 2:5. Demikian uraian tentang cara membuat kusen cor beton suatu inovasi yang dapat menghemat biaya bangun rumah :-)

  1. Mau jadi Sarjana foto copy atau Sarjana copy paste?
  2. Penampilan baru website ilmu sipil com
  3. Membuat blog khusus bursa kerja teknik sipil
  4. inspirasi peluang usaha dibidang bangunan online
  5. Mari membangun negeri
  6. Membuat bangunan yang go green
  7. Setiap hari menulis satu artikel bangunan
  8. Cara gubernur jakarta mengatasi banjir dan kemecetan
  9. Cara membuat kusen cor beton
  10. Penerapan ilmu shalat ke dalam proyek konstruksi
  11. Blogger sebagai profesi baru warga teknik sipil
  12. Malam hari masih di proyek bangunan
  13. Upgrade your life untuk hidup yang lebih baik
  14. Software teknik sipil dan Arsitektur buatan Indonesia
  15. Kegagalan adalah gerbang menuju kesuksesan
  16. Bukti bahwa Indonesia adalah Negara maju
  17. Mari bersama membangun indonesia
  18. Analisa cara berjalan di atas air
  19. Cara membuat website teknik sipil di internet

17 Responses to “Cara membuat kusen cor beton”

  1. ahmad azhar says:

    trima kasih,,,,atas informasinya untuk bertukar informasi kunjungi website kami unsri.ac.id

  2. Hakim says:

    Thank’s Informasinya, tapi Engselnya paten apa engselnya nyusul pemasangan sama daun pintunya???

  3. ryan bulian says:

    kusen cor beton bkn termasuk alternatif, karna lebih merepotkan cz memakan waktu yg agak lama untuk buaat cetakan.

    lo tau gak udah dari jaman eyang nenek buyut engkong kakek mbah udah pake kayu mulai dari kusen pintu dan jendela.
    cz ap? cz kayu lbih unik and classic,beton yang kaku akan jadi futurrisstic bila di adopsi dgn kayu.
    citra kayu udah melegenda, kayu gak bakal bisa di ganti dengan bahan jenis apa pun..

    1. Ungky says:

      Ngapain bikin cetakan Mas, beli aja yang udah jadi di home industry setempat :)

      Mengenai tekstur kayu, memang akan selalu abadi. Namun sekarang sudah bisa ditiru dengan hasil yang sangat mirip. Coba aja jalan-2 ke Ace Hardware atau AJBS, cari produknya Propan. Produk itu bisa menghasilkan motif serat kayu dengan sangat baik di permukaan beton

      1. iwan setiawan says:

        Hi bos ungki…ane tertarik dengan penemuan kusen beton kalau bisa ane dikasih tau cara membuatnya secara detail..tnx

  4. ketutnanox says:

    thanx atas infonya! untuk model2 tertentu,sistem pembuatanya dengan sambung atau cor langsung????? misal ntk kusen gandeng.
    thanx.

  5. Deon says:

    Blog yang menarik.. kunjungi juga blog penjualan kusen kayu jendela dll untuk berbagai jenis dan ukuran kayu sesuai pesanan yang terletak di DKI JAKARTA dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap menajaga kepuasan pelanggan di kusenkayupintu.blogspot.com

  6. Abah Azizi says:

    makasih info pembuatan kusen corbeton minimal dapat mengurangi penebangan kayu yg berdampak pada lingkungan hidup sekarang saja kalau dilihat kebanyakan orang membuat rumah pakai baja ringan atau kusen alumunium itu sangat positif tapi cukup mahal kalau dibandingkan dengan kusen corbeton jika dilihat saat ini perbandingan harganya.

  7. belum punya rumah kepengin merancang sendiri yang bagus tapi juga ekonomis biayanya, gimana y?

  8. Riatmoko Ari says:

    WIS…………….MANTAP Pak BROO.

    1. Dwi Indartik says:

      Mt sore mas …. !

  9. suprapto says:

    masang engselnya gi mana gan,,

  10. rusmin says:

    mas mau nanya klo tiangnya menggunakan rangka baja ringan, di pakai untuk cor tiang rumah satu tinggkat, termasuk slop bisa gak ya…?

  11. Nurdin says:

    Menarik nih ,tapi Masih belum ngerti cara pasang engsel bautnya pak,gmn tuh apakah bisa menepel dengan baik tuh baut2 nya??

  12. Nurdin says:

    Info bagus nih.tapi masih belum ngerti pasang baut engselnya ,apa bisa menempel dgn sempurna tuh pak?

  13. Ani Dwi R says:

    Saya mau tanya,kemarin saya kan beli kusen cor,yg saya tanyakan apa bisa kusen cor d plitur dan bagus nya pakai plitur warna apa?terimakasih

  14. edi kurniawan says:

    alhamdulillah di tempatku kalau ambil sendiri kusen baru jadi masih lumayan murah kalau di bandingkan di tempat anda. Harganya berkisar 275000 sampe 300.000

Leave a Reply

Current ye@r *