koloam ikan dengan air mancur abadi

Cara membuat kolam taman dengan air mancur abadi

Satu lagi ide gila yang boleh di olok-olok atau dicoba bahkan dikembangkan seperti halnya yang terjadi ketika kita memberikan wacana ide tentang prinsip air mancur abadi tanpa pompa listrik, memang akan selalu ada pro dan kontra pada hal-hal yang dianggap mustahil untuk dibuat atau dilakukan, namun sebagai manusia yang dibekali akal maka kita wajib mencoba memikirkan serta membuat hal-hal yang sebelumnya tidak memungkinkan menjadi mungkin. Dahulu mungkin orang tidak akan percaya jika ada besi seberat sekian puluh ton bisa terbang dilangit atau terapung diatas air, namun sekarang hal itu menjadi sangat mungkin setelah ditemukanya pesawat yang bisa menerbangkan ratusan orang dan kapal laut yang mampu menjelajah samudra. kembali ke topik, disini kita mencoba memberikan gambaran tentang prinsip cara membuat kolam taman dengan air mancur abadi, o.k langsung saja dilihat gambar berikut ini 🙂

 

PRINSIP KOLAM IKAN + AIR MANCUR ABADI

koloam ikan dengan air mancur abadi

Prinsip kerja

Air pada kolam ikan mempunyai berat,terpengaruh gravitasi atau bisa ditambah penekan lain sehingga mampu menekan air untuk masuk kedalam pipa yang diletakan pada bagian bawah, air terus naik ke bagian atas pipa sehingga mengalir keluar kembali dan jatuh kedalam kolam ikan. siklus ini berlangsung terus menerus, ada kumungkinan volume air akan berkurang sedikit demi sedikit, ada air yang menguap dan yang menetes keluar kolam, hal ini bisa diatasi dengan penambahan air ekstra kedalam kolam, atau bisa dipikirkan lagi solusi yang lainya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Silahkan digunakan dan dipilih macam-macam alternatif bahan yang mungkin bisa menyukseskan prinsip kerja kolam ikan ini, sebagai masukan berikut ini beberapa alternatif pilihanya

  • Kolam ikan = Kolam beton, galon air, tabung drum, dll.
  • Pipa = selang air, pipa pvc, pipa galvanis dll.
  • Pancuran air = pipa, keran air, dll.

Contoh video percobaan


Contoh pemanfaatan untuk kolam sekaligus pertanian

Jika berhasil membuatnya maka kita akan menghemat energi listrik yang biasanya sering digunakan untuk energi pompa taman, jadi kita telah mendukung program green atau lingkungan hijau, membuat kolam ikan unik sekaligus menghemat biaya tagihan listrik di rumah. Silahkan di pikirkan, di coba-coba dan dikembangkan lebih lanjut 🙂

28 Comments
  1. 3 years ago
    Investasi properti terkini

    Thanks infonya, boleh dicoba Di rumah

    Reply
  2. 3 years ago
    Botonkx

    hahahaha dasar anak sipil

    Reply
  3. 3 years ago
    Arif, Cianjur

    pake prinsip kapiler ya gan?
    trims, sharenya. gud sergud.

    Reply
  4. 3 years ago
    Duipee

    bisa kok mas, tinggal hitung perbandingan volume kolam, diameter selang dan tinggi selang air mancurnya.

    Reply
  5. 3 years ago
    gandhung

    Kayaknya menarik ajarin donk cara menghitung perbandingan volume kolam diameter selang dan tinggi selang air mancur

    Reply
  6. 2 years ago
    Konsultan Akting

    100% Bisa, malah dengan tehnik yang lebih simple. Air mengalir tanpa henti, tanpa listrik, dari kolam menuju ke puncak air terjun, lalu kembali ke kolam berupa air terjun mungil yang indah sesuai dengan design pemecahan jalur air mancur yang diinginkan. sekali lagi simple. Mo nawarin ah, bikin taman air terjun yang begitu.

    Reply
  7. 2 years ago
    zakiaazzahra

    setuju

    Reply
  8. 2 years ago
    kusfandiari

    Bisa dibuktikan, dengan catatan: 1. Permukaan kolam bertekanan, atau 2. Kolam ditaruh di lantai 2, sedangkan kran air mancurnya di lantai 1. …

    Reply
    • 2 years ago
      Nisa

      Kalo air mancurnya di lantai satu sedangkan kolamnya di lantai 2 engga bisa abadi dong, kan airnya keluar di lantai satu dan engga kembali ke kolam asal:3

      Reply
      • 2 years ago
        ruzki

        Konsep dan vidionya ga nyambung, ngawur… emang yg dikolam putri duyung, airnya pakai yg bersoda

        Reply
  9. 1 year ago
    Dewa wibhawa

    Mohon bantuannya dikirimkan gambar berikut teknik pembuatan air mancur abadi 0s/d5 Mtr Dr kolam bwh ke lantai atas.. Trims (slm kenal..) Dewa wibhawa

    Reply
  10. 1 year ago
    Dewa wibhawa

    Mhn ijin agar bs di download simulasi sistem kerja air mancur abadi.. Trims

    Reply
  11. 1 year ago
    saya orang bodoh

    Yang bisa bikin kaya konsep diatas tanpa tambahan energi lain. Cuman selang +air kolam. Tolong saya bikinkan satu saya bayar berapapun mintanya.

    Reply
  12. 1 year ago
    abdi

    percobaan somplaak..itu air bukannya asep

    Reply
  13. 1 year ago
    arie

    ng akan berhasil bro.. harusnya lebih selektif memberikan informasi. atau paling tidak dicoba dulu. Kalau air mancur sudah pasti bisa, artinya air akan memancur lebih tinggi dari sumbernya. Tapi akan mati setelah sumber air habis. Jadi tidak akan lama apalagi abadi.

    Reply
    • 1 year ago
      andri

      Bisa mas tapi ga terlalu kenceng , langkah pertama saya jelasin boleh di coba lah di rumah , saya jelasin cara kerjanya dikit ya , air dari kolam masuk kedalam tabung yg rapet ( tabungnya cuma ada 2 saluran , saluran masuk dan saluran keluar) syaratnya saluran air yg masuk harus lebih besar dari saluran keluar . silahkan di coba

      Reply
  14. 1 year ago
    Warsito

    Sudah dicoba dan berhasil..

    Reply
  15. 1 year ago
    eka karunia

    nggak mudeng saya konsepnya

    Reply
  16. 1 year ago
    mfaisaldewantara

    Drum ato galon bawah nya di lobangin 2.satu in satu out.di dalem tabung/drum/galon.selang yg in lebih panjang dari out klo gk berhasil potong kelapa berbei

    Reply
  17. 1 year ago
    Key

    Klo air yg ada gas nya pasti berhasil… Ente smua kga usah bingung ngetes nya… Ente voba aja minum air mineral dalam botol pke sedotan yg bengkok mengalir terus gak… ??? Yg logis dong brooo klo air ber gas ya jelas lah pedagang bensin eceran pun klo nuang dari jerigen ke jerigen ya pke selang trus di sedot

    Reply
  18. 10 months ago
    Tamari

    yang penting pipa keluaran jangan besar-besar,
    sudut kolam bawah agak mengerucut buat sudut V,, untuk focus tekanan ke bawah
    cari coba hukum air menekan ke semua arah, dengan melalui pipa kecil air akan mengalir ke tempat yang lebih tinggi untuk tekanannya,
    beri sarangan di bawah biar lancer tar tersumbat ,beri tanaman mengapung misalnya teratai, untuk tambahan tekanan ke bawah . oke boleh cobadiberi beban ikan juga.

    Reply
    • 3 months ago
      arta

      kemungkinan besar kalau cara ini bisa berhasil asal sudut kolam bawah di buat sudut
      v dan pipa keluarannya ga terlalu besar. cuman kendalanya adalah lama-kelamaan akan tersumbat walaupun di beri sarangan.

      Reply
  19. 10 months ago
    Tamari

    bias juga:
    1.buat sudut kolam mengerucut ke bawa Leter V
    2. pipa kecir untuk keluaran misalnya pipa instalasi listrik
    3. beri beban di atas air tumbuhan teratai, ikan besar sebagi pemberat, atau batu apung diberi pemberat
    4. ingat air menekan ke semua arah,ke bawah karena greafikasi menekan ke atas melalaui pipa keluaran.
    5. wajar air bias naik.

    Reply
  20. 9 months ago
    wong ndeso

    Ahirnya , , setelah coba gini coba gitu berhasil juga….
    Mantaaaaffff.

    Reply
  21. 6 months ago
    amir

    ajarin donk…aku sudah bolak bolik..gatot mulu

    Reply
  22. 3 months ago
    tjetjep

    bohong besar

    Reply
  23. 1 month ago
    ilyasa

    Ini adalah pembodohan intelektual
    Belum experiment, sudah dipublikasikan
    Ilmu belum dikuasai, tapi berlagak profesor.
    Saya yang baca jadi malu karena keminternya pemuda Indonesia

    Reply
  24. 2 days ago
    devil

    ilmu pengetahuan yang gak terbukti di aquarium + kolam… suruh penulisnya praktekin kalo emang bener bisa…!!!

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*