Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara membuat desain rumah 4 lantai

Membangun rumah 4 lantai itu ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, bukan hanya dilihat dari sisi keindahan arsitekturnya saja namun bagaimana bangunan tersebut dapat dibangun dengan biaya murah, kuat, nyaman dan indah. Untuk itu perlu direncanakan dengan matang. Membangun rumah 1 lantai mungkin masih bisa menggunakan kebiasaan sepertiĀ  menggunakan kolom praktis ukuran 15 cm x 15 cm namun ketika sudah berbicara 2lt 3lt atau 4 lantai yang sudah bisa disebut sebagai gedung maka perlu dilakukan perencanaan dengan detail. Disini kita bahas secara khusus tentang cara membuat desain rumah 4 lantai sehingga bisa terwujud rumah idaman yang kita impikan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain rumah 4 lantai.

  1. Struktur rumah harus dihitung sehingga mendapatkan data jenis, dimensi serta jumlah material minimal yang wajib digunakan agar konstruksi rumah dapat berdiri kuat.
  2. Hindari menggunakan faktor “biasanya” atau “katanya” dalam menentukan struktur rumah, misalnya dari pengalaman sering menggunakan kolom beton bertulang ukuran sekian meter, hal ini tidak bisa dijadikan pedoman kekuatan struktur rumah 4 lantai, karena setiap bangunan itu berbeda bentuk dan kondisinya maka cara menghitung kekuatanya juga berbeda sehingga dihasilkan ukuran minimal struktur yang kuat.
  3. Tes tanah untuk menentukan jenis dan ukuran pondasi yang kuat menahan beban bangunan.
  4. Perhitungan kekuatan rumah terhadap bencana gempa juga harus dihitung sehingga didapatkan perkiraan waktu daya tahan bangunan ketika terjadi gempa, meskipun bangunan tetap hancur ketika terjadi gempa besar namun tetap direncanakan minimal penghuni yang ada didalamnya masih sempat keluar untuk menyelamatkan diri.
  5. Sistem pemadam kebakaran juga harus direncanakan sehingga masih aman ketika kobaran api bersiap menjilat rumah 4 lantai.
  6. Instalasi listrik juga harus di desain dengan benar untuk menentukan ukuran kabel, MCB panel, lampu dan alat lainya agar aman dari bahaya konslet akibat panas atau hubungan arus pendek.
  7. Bekerja sama dengan arsitek untuk dibantu menuangkan ide-ide kita ke dalam gambar tentang bentuk rumah idaman yang diharapkan.
  8. Bekerja sama dengan insinyur teknik sipil untuk merencanakan kekuatan struktur bangunan, perhitungan rumah tahan gempa dan lainya.
  9. Setelah proses perencanaan rumah berjalan dengan baik maka masih perlu dilanjutkan dengan cara pelaksanaan pembangunan yang bagus sehingga rumah 4 lantai yang kita bangun benar-benar berkualitas maksimal.

 

Hasil dari desain rumah 4 lantai

  • Gambar kerja sebagai pedoman pelaksanaan dan mengurus izin mendirikan bangunan ( IMB )
  • Perhitungan rencana anggaran biaya bangunan.
  • Perhitungan struktur rumah
  • Perhitungan rumah tahan gempa
  • Perencanaan instalasi mekanikal elektrikal dan pemadam kebakaran.
  • Spesifikasi dan jenis material yang digunakan untuk membangun rumah.

 

Membuat desain rumah 4 lantai diawal dengan baik memang terkesan mahal karena ada biaya tambahan untuk membayar arsitek maupun sarjana teknik sipil, namun hal itu sebenarnya justru merupakan langkah menghemat biaya bangun rumah. kenapa bisa demikian? contohnya jika kita mengira-ngira ukuran kolom yang aman maka bisa jadi perkiraan itu terlalu besar dan menghabiskan banyak biaya padahal ketika dihitung oleh ahli teknik sipil ternyata hanya memerlukan kolom dengan ukuran dan spesifikasi yang lebih kecil. begitu juga dalam hal bentuk bangunan, dengan membuat gambar rumah secara detail maka tidak ada lagi pekerjaan bongkar pasang saat pelaksanaan akibat belum sesuai harapan. demikian uraian tentang cara membuat desain rumah 4 lantai ini, bagi yang hendak mengkritik atau menambahkan wawasan bisa dimasukan dibawah agar bisa kita pelajari bersama :-)

  1. Cara export merubah gambar autocad ke 3dmax
  2. Cara membuat material gambar 3 dimensi 3dmax realistic
  3. Menyiapkan pengembangan rumah tumbuh 2 lantai
  4. Gambar shop drawing untuk pelaksanaan pembangunan
  5. Cara belajar ilmu desain rumah

2 Responses to “Cara membuat desain rumah 4 lantai”

  1. BP Yoga says:

    Proses design langkah demi langkah yg bagus dan harusnya terus menerus disosialisasikan kemasyarakat luas….
    Murah bukan berarti rupiahnya yg kecil… tapi murah dalam beaya perawatan nantinya dan murah dalam hal menanggulangi resiko yg terjadi….
    PRINSIP… LEBIH BAIK BUANG KERTAS UTK RUBAH DESIGN… DARIPADA BONGKAR PASANG PEKERJAAN !!!!

  2. Kandar Zul says:

    oke suka saya ilmu sipil yang dipaparkan.

Leave a Reply

Current ye@r *