Cara membuat beton precast half slab

Kali ini kita jelaskan tentang cara membuat beton precast half slab untuk struktur lantai gedung dimulai dari proses perencanaan, produksi, transportasi sampai dengan pemasangan di area lokasi proyek. sebelumnya kita tahu bahwa half slab adalah sistem pengerjaan struktur plat lantai beton bertulang dengan cara separuh lantai bagian bawah dibuat precast, sedangkan lantai atasnya di cor secara manual ditempat. hal ini dimaksudkan untuk mempercepat waktu proses pelaksanaan serta menghemat biaya pekerjaan bekisting.

 

Membuat gambar denah plat lantai yang mau dipasang precast half slab

tidak semua posisi plat bisa di pasang atau terlalu rumit jika memakai half slab, misalnya pada struktur tepi kantilever gedung, sedangkan bagian yang bisa dipasang misalnya pada sisi tengah gedung yang berbentuk persegi.

Menghitung struktur half slab

Setelah diketahui bentuk dan ukuranya panjang, lebar dan tebalnya maka sudah bisa dihitung berapa dimensi serta jumlah besi yang diperlukan, ditentukan juga tipe beton K berapa. hal ini menyesuaikan beban yang akan ditanggung oleh struktur plat lantai.

Menentukan titik angkat half slab

selanjutnya yaitu menghitung dimana posisi titik teraman untuk mengangkatnya dengan alat berat seperti mobile crane, atau tower crane.

Membuat cetakan bekisting half slab

setelah direncanakan dengan baik maka bisa dilanjut ke proses produksi yaitu pembuatan bekisting, cetakanya bisa dibuat dari plat besi agar dapat dipakai berulang-ulang tanpa mengalami kerusakan. atau jika hanya sedikit half slab yang dibuat maka bisa memakai polywood sebagai cetakan.

Pemasangan pembesian pada half slab

Lalu besi dengan kulitas, diameter serta jumlah sesuai perhitungan dipasang pada cetakan, pastikan agar dirangkai dengan benar serta kuat agaar bisa menghasilkan struktur terbaik.

Pengecoran half slab

Adukan beton dengan kualitas K sekian sesuai perencanaan dituang kedalam bekisting, ditunggu sampai cetakan siap dilepas dan umur beton sudah cukup kuat untuk diangkat dan dipasang ke lokasi proyek.

Pengiriman half slab dari batching plant ke lokasi proyek

setelah beton sudah cukup kuat lalu dilakukan pengiriman ke area proyek menggunakan truck container atau kendaraan lain yang kuat mengangkut beban half slab.

Pengangkatan half slab dari truck ke lokasi pemasangan

half slab yang masih berada diatas truck container diangkat menggunakan tower crane, mobile crane atau alat berat angkat yang lainya.

pengangkatan precast half slab dengan tower crane

pengangkatan precast half slab dengan tower crane

Pemasangan half slab pada struktur bangunan

kemudian half slab di taruh di lokai struktur sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, lalu diatasnya dipasang pembesian dan di cor beton sehingga jadilah struktur plat lantai beton secara utuh.

 

Begitulah gambaran mengenai proses cara membuat beton precast half slab, bermacam inovasi serta kreatifitas bisa dilakukan agar bisa menghasilkan kualitas hasil pekerjaan yang terbaik. dalam pelaksanaan pembuatan struktur lantai half slab biasanya general kontraktor seperti PP, adhi karya, hutama karya, waskita karya, wijaya karya, atau yang lainya bekerjasama dengan batching plant supplier beton precast seperti adhimix, pp precast, wijaya beton, piyoner, serta yang lainya.

Leave a Reply