Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara membuat bestat besi tulangan

Dalam membuat struktur beton bertulang sebelumnya dihtung terlebih dahulu bahan bangunan yang dibutuhkan yaitu besi dan beton, dalam menghitung besi dilakukan pembuatan bestat sehingga dapat diketahui jumlah yang perlu didatangkan dalam satuan meter panjang atau kilo gram (kg),  berikut ini contoh cara membuat bestat besi tulangan.

 

Misalnya kita akan membangun rumah satu lantai dengan 10 kolom praktis ukuran 15 cm x 20 cm setinggi 3 meter, besi tulangan yang digunakan adalah empat dimater 10 mm dan tulangan sengkang diameter 8mm dipasang dalam jarak 20 cm, tebal selimut beton adalah 2 cm jarak antara besi tulangan dengan sisi beton luar, beginilah gambar penampakan potongan kolom praktis :-)

detail-besi-sengkang

Nah.. dari gambar diatas dapat kita lihat bentuk besi sengkang dimater 8 panjang total perbuah adalah jumlah dari semua sisi besi termasuk dua buah tekukan didalamnya sebesar 6D atau 6x8mm = 4,8mm dibulatkan 5 cm

  • Panjang besi sengkang perbuah 15cm + 15 cm +10 cm + 10 cm + 5 cm + 5cm = 60 cm atau jika dikonversikan kedalam satuan meter adalah 0,6 m.
  • Jumlah panjang keseluruhan 10 kolom praktis dengan tinggi perbuah 3 meter adalah 10 x 3m = 30 m.
  • Karena besi sengkang dipasang setiap jarak 20 cm atau 0,2 m maka dapat dicari jumlah terpasang untuk panjang 30 m yaitu 30 : 0,2 = 150 bh.
  • Jika kita membeli ditoko bangunan dalam bentuk jadi maka bisa langsung memesan 150 besi sengkang dengan menambahkan faktor keamanan 10 buah jadi 160 bh.
  • Jika kita ingin membuat sendiri besi sengkang tersebut sehingga hanya membeli besi batangan dimater 8 mm maka kita hitung terlebih dahulu panjang kesuluruhan besi sengkang yang dibutuhkan.
  • Cara menghitung total panjang besi sengkang yaitu mengalikan jumlah dengan panjang perbuah atau 150 bh x 0,6 m = 90 meter
  • Karena panjang satu batang besi dipasaran adalah 12 m maka dapat kita ketahui jumlah besi yang dibutuhkan dalam satuan batang yaitu 90 m : 12 m = 7.5 dibulatkan 8 batang diameter 8 mm.

 

Dari perhitungan diatas dapat kita ketahui kebutuhan besi sengkang yaitu 150 bh atau 8 batang besi. sedangkan untuk tulangan pokok perhitunganya lebih mudah karena hanya mengalikan panjang keseluruhan kolom dikalikan 4 bh yaitu 4 x 30 m = 120 m dan untuk mengetahui dalam jumlah batang maka tinggal membaginya dengan panjang besi perbatang 12 m yaitu 120 : 12 = 10 batang. hasil perhitungan :

  1. Besi D 8 mm = 8 batang
  2. Besi D 10 mm = 10 batang

Untuk mengetahui dalam satuan kg bisa dilakukan dengan jumlah batang dikalikan berat per meter yang dapat dilihat pada artikel tabel berat besi :-) , untuk mempermudah dalam membaca perhitungan bestat dapat dibuat dalam bentuk tabel disertai gambar masing-masing tulangan, beginilah kurang lebih cara membuat bestat besi tulangan untuk mengetahui volume material yang dibutuhkan :-)

ilmu sipil
  1. Memanfaatkan sisa cor beton pada proyek besar
  2. Pekerjaan cor beton di malam hari
  3. Contoh menghitung kebutuhan cor beton
  4. contoh perhitungan struktur Bangunan
  5. cara pengetesan tulangan besi beton
  6. Tabel konversi beton 3 sampai 28 hari
  7. cara tes kuat tekan beton
  8. pekerjaan MASS CONCRETE beton volume besar
  9. Keruntuhan pada Beton Bertulang
  10. perencanaan campuran beton
  11. ANALISIS SPECIFIC GRAVITY DAN PENYERAPAN AGREGAT HALUS
  12. Tanya perhitungan struktur rumah 2 lantai
  13. pemeriksaan berat isi agregat
  14. menghitung kekuatan plat beton bertulang
  15. pemeriksaan kadar air pada agregat
  16. Cara penggunaan lem beton Calbond
  17. analisa saringan agregat kasar dan halus
  18. Tips pekerjaan cor beton yang bagus
  19. Menghitung struktur balok

20 Komentar

  • harli says:

    gimana dengan bendratnya…..ap perhitungannya kita anggap ls……

  • Arianto Sumantri says:

    Keliru hitung itu, kalau 1 sengkang panjangnya 0.6m, maka 1 btg besi panjang 12m bisa menghasilkan 20 potongan sengkang. Maka kebutuhan besi panjang 12m adalah 150/20 = 7.5 ~ 8btg

    bagaimana jika panjang sengkang 0.65m ? berapa kebutuhan besi batangan panjang 12 m ?

    • ilmusipil says:

      Trimakasih sudah dikoreksi, langsung dibetulkan semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari tutorial perhitungan besi ini :-)

    • kudalumping says:

      sama aj perhitungan mas Arianto dg mas ilmusipil. Ga ada yg keliru atau dikoreksi.
      Perhitungan mas Arianto: 1 batang besi 12 m menghasilkan 20 sengkang, jumlah sengkang yg diperlukan 150 sengkang, jadi 150 sengkang / 20 sengkang per batang besi 12m = 7,5 batang besi 12m.
      sedangkan mas ilmusipil: 150 buah sengkang memerlukan panjang besi 150 x 0,6 m = 90m,
      jadi jumlah batang besi 12m yg diperlukan = 90m/12m per batang = 7,5 batang.

    • Hamid says:

      Jika panjang sengkang 0,6m bagaimana dengan selimut betonnya? berarti ukuran kolom tidak akan jadi 10 x 15 tetapi bisa jadi 13 x 18 karena pada kedua sisinya ada jarak selimut beton. Menurut saya begitu.. Mungkin bisa dihitung lagi dan saya rasa kurang dari 0,6m.

  • deri says:

    Mantaps infonya walau kurang lengkap

  • agusaremahermawan says:

    sya mau tau lbh dlm lgi kira2 btw di mn di tmpt solo ni da pembelajaran atau perkumpulan teknik sipil krna saya pngin pntar

  • hbo says:

    ada yg tau gimana cara menghitung kebutuhan sengkang spiral per m’ pada kolom bulat atau strauss? selama ini saya asumsikan seperti menghitung sengkang persegi namun dgn bentuk lingkaran. rasanya tidak benar (hasilnya kebanyakan dibanding kenyataan di lapangan)

  • andre says:

    Ada yang tau gak cara menentukan Diameter besi yang digunakan pada beton bertulang, jika di ketahui sebuah plat lantai beton ukuran 5 x 3 dengan ketebalan 20cm dan beban maksimal 50 ton

  • ASHAR says:

    terim kasih atas foto cara pembuatan beton deking, mohon kalau ada macam bentuk beton deking lainya mohon di uplod

  • mujahid says:

    mas berapa biaya tenaga kerja untuk pembuatan jalan beton, dari perataan, begisting dan pengecorannya…cor pakai ready mix. thanks

  • jaya ragil says:

    terimakasih oinfonya gan,,,

  • Wahyu says:

    podo wae cakk ora sah debat.. selarang kalau plat tapi bulat dengan ketebalan 120cm diameterplat bulat 13 m gimana??? pakek besii diameter 25 jarak 9 cm?? bagaimana?

  • Rahmad says:

    Mau tanya mas, saya sudah punya dinding yang tingginya 1,5 meter. Kolom berisi besi 6 buah ukuran 12 mm, ukuran kolom 8×20 cm dan tingginya diberi lebih sekitar 50 cm untuk bakal stek. Nah, kalau kolomnya mau saya tinggikan jadi 3 meter untuk dak beton, kira kira struktur kolomnya kuat tidak ya mas ? Untuk bangunan 2 lantai (mengingat tiang kolomnya stekan). Tks

  • Kanster Kapu says:

    Di daerah saya banyak yang membuat sengkang segi4 dibuat model spiral, lebih kuat mana dibandingkan dengan yang dipotong”?

  • yanto says:

    berapa kg besi yang di butuhkan untuk 1 cakar ayam untuk persiapan rumah 2 lantai ya mas.?dan harus nya besi ukuran berapa mm?

  • yanto says:

    soalnya saya mau bikin rumah cuma modalnya gak cukup,,jadi mau nyicil dikit2 gitu mas.hehehe…sedangkan saya bukan org tehnik.jadi saya tanya sama mas.

  • sarastiono says:

    Terimakasih sekali.Yang menjadi masalah para tukang ndak mau untuk membengkok tulangan dengan kira2 sudut 135 derajat tersebut.Paling hanya lurus/sejajar besi begelnya.

Komentari

*
*

Current ye@r *