Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

Cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik

Sebuah air mancur di taman dengan suara gemiricik merupakan sebuah pemandangan yang dapat menciptakan suasana damai penuh ketenangan dalam sebuah rumah, berbagai tipe air mancur dapat dibuat dengan system pompa listrik yang banyak dijual dipasaran sehingga  dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera akan hadirnya sebuah tetesan air dikolam taman, dibalik kemudahan tersebut mari kita coba ber inovasi dengan memikirkan alternatif tentang bagaimana cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik, bagaimana caranya :-) mari kita pikirkan bersama

 

Dalam ilmu hidrolika  kita akan mengenal perilaku air yang dapat berjalan melawan gravitasi apabila diberikan sesuatu yang mampu mendorong atau menarik air untuk mengalir ke atas yang akhir-akhir ini banyak digunakan pompa listrik sebagai penarik air tersebut, nah disini mari kita buat air mancur abadi yang tidak memerlukan pompa listrik, gambaran berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif sebuah konsep air mancur abadi yang begitu murah dan mudah untuk dibuat bahkan dengan barang bekas kita sudah bisa membuatnya:

 

Gambar system Air mancur abadi

air mancur abadi Di alam ini kita dapat menemukan cara kerja air mancur tersebut dalam system hidrologi air hujan, dimana air menguap menuju ke atas lalu menggumpal menjadi awan dilangit untuk kemudian turun kembali ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan kemudian menguap ke langit lagi begitulah system pengairan dibumi berjalan secara terus menerus dan otomatis sebagai ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.

 

Material yang bisa dipakai untuk membuat air mancur abadi ini adalah Tabung : bisa menggunakan Drum bekas, gallon air dan bahan tabung lainya sedangkan tempat lewat air berupa selang air, untuk penyangga tabung agar bisa berada pada posisi yang tetap dapat menggunakan rangka besi beton bertulang, ini hanyalah konsep dengan material sederhana yang tentu dapat dikemas sedemikian rupa sehingga menarik misalnya dengan membuatnya berbentuk plastik model tertentu jika diproduksi secar masal di pabrik.

Hail Ini telah terbukti berhasil,lihat videoya disini

Demikian sebuah gambaran sistem air mancur abadi di kolam taman tanpa listrik jika mau silahkan kalau mau dibuat dirumah atau dibuat inovasi serta kreatifitas lainya sehingga dapat terwujud sebuah air mancur di kolam tanpa alat pompa listrik :-) sebuah ide kecil yang belum dicoba :-)

  1. ilmusipil.com rumus hidrolika
  2. ilmusipil.com Hidrolika adalah
  3. ilmusipil.com pengertian hidrolika

238 Comments

Add a Comment
  1. Saya pernah googling bahwa pada sebuah pohon yg sangat besar perhari bisa menguapkan air sebesar 200 kg… buakankah itu berasal dari energi dan juga gaya kapileritas plus pemansan pda daun

    oya ada juga berita tentang pohon yg bisa menangis alias keluar air dari daun nya….

    Oya mengenai pompa tenaga gravitsasi
    Gimana jika diperhatikan dulu titik kesetimbangannya diposisi berapa? lalu apakah titik setimbang itu dapt dimanipulasi kesetimbangannya,,, dngan per kombinasi dg berat / gaya berat air

    Apapun ceritanya disini kita hendak memanipulasikan agar gaya tabung kira lebih kecil dari tabung kanan …agar didapat w yg sama dg Jarak sebelah kanan lebih pendek sehingga kita dapatkan ketingiian yg lebih tiggi maka harus dikombinasi dg penghasil gaya berat dg delta h yg pendek …seperti per ….sepertinya lebih mudah menerangkan dsertai gambar…..tapi disini gabisa upload gambar

    wah maaf nulisnya blm dikonseb jadi kuarng jelas.

    smoga bermanfaat…..!!!!????

  2. Paang surut …wnergi gravitasi,,,interaksi gaya magnet bumi dan bulan …perubahan medan magnet tersebut mengasilkan perpindahan materi air laut setinggi +- 2m dikalikan …wah energi yg melimpah,,,energi yg bersal dari gaya magnet benda2 langit……..
    energi gratis dari sang pencipta,
    coba lihat tentang Ek ek yg tergantung pada V (kecepatn) yg memiliki enrgi yg berbeda bahkan berlipat pangkat dua pd stiap stiap keliptan V
    http://www.veljkomilkovic.com/Docs/Jovan_Marjanovic_Basic_Principles_of_Overunity_Electro_Machines.pdf
    http://www.hasslberger.com/tecno/tecno_1.htm

  3. Proses terjadinya air hujan yaitu air menguap karena perbedaan tekanan udara dbawah tekanan panas dan diatas tekanan udara dingin lalu uap air diatas dikawinkan dengan uap air dari ombak yang yang terjadi dilepas pantai saat bertabrakan dengan karang partikel kecil dari ombak yang mengandung garam dibawa oleh udara naik untuk dikawinkan dengan air yang sudah terkumpul di atas jadi lah air hujan jadi konsepnya untuk menaikkan air keatas harus menggunakan energi.

    proses air hujan sampai dibumi itu panjang dan banyak sekali energi

  4. 1. Apakah pipa pengisap dengan pipa pembuangan sama besarnya?
    2. Berapa max kedalaman / panjang pipa pengisap terhadap pipa pengeluaran air?

    1. mampir lagi

      silahkan cari jawaban 7 soal tes konsep yg saya coment sebelumnya. Insaallah saudara paham sendiri.

      untuk kapilaritas silahkan baca wikipedia versi inggris perpetual m0ti0n engine. dan tumbuhan juga menggunakan energi kimia dalam bentuk tekanan osm0sis untuk m0mpa air, jadi tidak hanya kapilaritas. tentu saja energi dari matahari untuk tumbuhan hijau.

      gravitasi bukan magnet. bahkan magnet itu sendiri adalah listrik. baca juga dulu bulan lebih dekat dengan bumi, disana diterangkan hubungan jarak dan gravitasi bulan terhadap rotasi bumi dan air laut.

      untuk usaha energi, silahkan baca lagi intr0duction of thermodinamic. disana lengkap dan pas bagaimana menggunakan istilah usaha, energi kalor, dan energi dalam. disana juga anda akan tahu apa itu sebenarnya suhu temperatur.

      Gravitasi dan listrik adalah gaya lemah. Gaya kuat adalah gaya dalam inti atom.

    1. aja seru2 kang

      mundak dipisuhi mengko rika

      silahkan yg sudah bisa dan terbukti jalan

      hubungi iny0ng di 0852909778ab

      ab adalah 8 tambah 5

      saya bantu untuk mendapatkan n0bel untuk fisika dan ketahanan energi

      semangat

  5. Bener2 hebat gan… air mancur abadi ini, abadi nunggunya… hehehe… yang bener bukan air mancur gan, tapi air netes.. itu masih mungkin.

  6. wah saya jadi judeg !!!!
    pokoke ilmu fisika ra mlebu.
    ilmu donyo opo wae ra ketemu.

    sik iso muk buktine piye. sarate iso berjalan benar2 abadi !

    trus iki wong JEPANG WAE RA ISO ! EISTEIN YO RA MUDENG ! NEWTON blazzzz ra dong !opomane liyane………

    hanyaTuhan yang tau !!!! hehe….

  7. ho oh mas bro !!!
    opo maneh aku …… guru fisika ning yo…..mumet !!!!
    pernah ber xx dicoba berhasil dan tabung ……… tabungnya kempot. atau berhenti GREG !

    RAMPUNG !!!!

  8. My freand semua…sekarang ko pada mumet…apa artinya tu mumet…kalau udah pake ilmu pisika atau ilmu apa tapi makin pusing…sekarang coba aja…Drum isi air….yang penuh jangan ada yang kosong..pembuangan air yang bawah harus lebih besar dari yang atas tapi pake pipa agak panjang sekitar 0.5 meter yang atas lebih kecil dari yang bawah…jangan dulu pake selang yang panjang pake juga 0.5 meter..terus keluarin air dari bawah coba tutup pake tangan lubang yang diatas, nah baru kalian hitung berapa kekuatan tabung atau drum itu menyedot air…tinggal kalian pikirkkan berapa radian lingkaran yang bawah dan berapa besar radian lingkara yang atas untuk besar lubangnya….insya Alloh ketemu solusinya gan gan and freand semuanya….Salam IPTEK…..

  9. Yang jelas air turun gampang. Air naiknya ini yg sulit bahkan gak mungkin. Prinsip kapilaritas tumbuhan karena tumbuhan punya energi intuk nyedot sama matahari. Tubuhan hidup, selang gak hidup.

  10. ternyata itu membutuhkan energi negatif seperti kerja pompa karena begitu enegi negatif dipompa tidak didapat maka pompa gede pun ga akan bsa ngisep.jadi volume dan tinggi hsrus dihitung perbedaan p1 dari tangki harus lebih besar dari p2 = berat jenis x gravitasix tinggi
    intinya pi bisa dhitung dari v kwardat = 2gh maka tekanan p1 dapat dicari.

  11. ngarang aja loe……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  12. Tak kira dah dihapus

    Lama tak bisa dibuka
    eeeeeeeeee…… ternyata masih ada

    Sudahlah

    semoga tercapai “mimpimu”

    Viva………………….

  13. Salam semua,saya seorang mahasiswa saya pernah akan menggakat ini sebagai TA saya dan hasil nya setelah berulang ulang memikirkn nya,wakrtu bnyk terbuang krna gagal lagi dan gagal lagi namun saya tak berhenti sampai disitu saya coba lagi dan hasil air yang ada pada tangki memang bisa mengalir melalui out put namun bila permukaan air berada diatas permukaan tenki. Dan bila setara pun dari permukaan air,maka outlet pun berhenti karna terjadi pemakumman,apalagi kalo diastas seperti ini tidak akn perna ter jadi,bnyak teori yg saya gunakan bahkan saya telah memakai hitung”an yg rinci krna saya sebagai anak teknik juga bimbingan dosen saya,dan hasil nya begitu la,trims buat smua nya

  14. maaf saya ikutan, tapi bukan masalah fisika dsb (saya gak ngerti), tapi saya buka blog ini ketika saya cari teknik pembuatan sistem pompa kedap air sumur dangkal (pernah ditayangkan di TVRI Aceh tahun 1986an), pas dilihat teknisnya kayaknya sama dengan pembuatan “air mancur abadi ini. Walaupun untuk saya ini masih kurang lengkep penjelasannya, tapi apapun tengkeyu untuk infonya.
    Terus kembangkan iptek untuk dapat berbagi, saling melengkapi/menyempurnakan.

  15. SUKSES GAN…..!!!
    Masih ada yg belum percaya ?, Kita tentu dapat memaklumi
    Saya dan teman sukses membuat aliran air tanpa listrik ini seperti yg dimaksudkan dengan teori diatas tapi ada hal-hal kecil yg riskan memang dalam membuatannya, salah sedikit GAGAL.
    kami menggunakan drum plastik, ketinggian sekitar 2,5 m, pipa input 1/2″, pipa output 3/4″
    drum plastik ditutup rapat dan diisi air penuh (tidak boleh ada udara sedikitpu), pipa Output kasi KRAN AIR, jika sudah Siap Tingga buka KRAN, selamat mencoba.
    masih ada yg saya sembunyikan 1, silahkan dipikirkan lagi, kalau mentok gak bisa hubungi saya bro.

    http://www.multiagro.co.id

  16. Gw yakin bisa kok… baca ini bikin wa inget waktu kecil dulu liat tetangga sebelah wa sedot bensin pake selang kecil

  17. saya mau tanya, ukuran selang keluaran dengan selang penghisapnya sama atau tidak ?
    jika selang keluaran > selang penghisap otomatis air dalam tabung secara perlahan akan habis karena keluaran lebih besar. kedua jika selang penghisap > selang keluaran apakah mungkin air bisa mengalir ? sebab jika selang penghisap lebih besar berarti gaya ke bawah lebih besar daripada gaya hisapnya kan ?
    mohon penjelasanya , , , karena jujur saya tertarik dengan konsep anda ini.
    terimakasih !!!

  18. pompa ini bisa sukses ada.beberapa ke tentuan yang harus di perhitungkan dan tehnik/cara pada awal pengoperasian pertama,karena air tersedet/naik ke atas tabung diakibatkan adanya ruang hampa udara di dalam tabung dan besarnya kehampaan/ke vakuman juga ada nilai tertentu.sehingga air dengan sendirinya naik sendiri karena adanya hapa udara{tek dibawah nol atmosfir}jadi adanya perbedaan tek di permukan sumur{1 bar} dengan tek di dalam tabung{bawah nol bar} jadi air naik ke tabung.
    masalah kedua.dari sisi out let juga ada perhitungannya.sisi ini harus bisa melawan tekan udara luar,supaya udara tidak bisa masuk ke dalam tabung,jadi panjang pia juga ada perhitunganya yaitu ,tek udara luar 1 bar=1….kg/cmharus bisa dilawan oleh tek air dalam pipa out let,juga debit air keluar harusdi siasati sama debit masuk itu lah kuncinya.kuarng jelas hub.081212248458

  19. ide bagus mas,, tp kl di praktekin.. air yg terjun kebawah tidak bisa menarik air yg ada di selang menuju tabung, karena udara bisa masuk bersamaan saat air turun kebawah, lihat aja galon dispenser… saat kita mengeluarkan air pada kran.. saat itu juga udara masuk lewat kran.

  20. Saya setuju dengan analisa sdr U.Ginting, untuk menaikkan air diselang dibutuhkan vacum kondisi/ hapa udara, karena dengan tekanan -(minus) akan menyedot air diselang ke tanki, Dan dengan perhitungan yg tepat hal ini bisa berhasi.
    Secara teknis untuk memulai proses ini tabung dan selang harus terisi penuh dengan air tidak boleh sedikitpun ada udara terjebak didalamnya (ini bedanya dengan prinsip dispenser, coba perhatikan bahagian atasnya ada ruang kosong yang tidak berair. dulu waktu STM pernah mencoba hal ini, tapi karena tidak pakai perhitungan seperti yang dijelaskan sdr Ginting, air sempat mengalir sebentar lalu apa yang terjadi drum yang dibuat kempot karena kevakumannya cukup besar.
    Jadi menurut saya hal ini bukanlah rekayasa tapi bisa berhasil tapi dengan syarat perhitungan yg tepat itu tadi.

    Demikian
    Salam berkreasi, maju terus jangan putus arang.

  21. lihat hasil video kok yang muncul semut jalan2 dan tulisan this vedeo does not exist apa saya harus pasang antena

  22. gak ada yg gak mungkin selama masih di usahain. gak ada yg mustahil selama masih ada yg mau ngerjain jgnkan cuma mindahkan air dari tempat yg rendah ke tempat yg tinggi. mindahkan air ke planet yg tinggi pun klw memang di usahain knapa nggak mungkin?!
    sst.. sifat air mgalir ktempat yg rendah itu betul pi bkn bearti air gak bisa mengalir ke tempat yg tinggi. btul nggak ? air bisa mgalir ketmpat yg tinggi bkn cuma karna ada nya bantuan energi. tanpa energi pun bisa apa iya ?!!!! sst… nih tak kasih contoh: isi botol kosong dengan air jangan penuh2 cukup seperempat atau setengahnya saja
    lalu masukan kain kecil panjang atau sumbu ke dalam botol sampai basah. dan setelah basah tarik ujung kain itu lalu sandarkan di atas kepala botol dgn ujung kain sedikit keluar dan menjuntai ke arah tanah eng..ing..eng… apa yg trjadi ternyata sang air mengalir dari dasar botol yg rendah melewati kepala botol yg tinggi sebelum jatuh menitik ke bumi apa dlm hal ini anda lihat ada nya energi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com