Cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik

Sebuah air mancur di taman dengan suara gemiricik merupakan sebuah pemandangan yang dapat menciptakan suasana damai penuh ketenangan dalam sebuah rumah, berbagai tipe air mancur dapat dibuat dengan system pompa listrik yang banyak dijual dipasaran sehingga  dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera akan hadirnya sebuah tetesan air dikolam taman, dibalik kemudahan tersebut mari kita coba ber inovasi dengan memikirkan alternatif tentang bagaimana cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik, bagaimana caranya :-) mari kita pikirkan bersama

 

Dalam ilmu hidrolika  kita akan mengenal perilaku air yang dapat berjalan melawan gravitasi apabila diberikan sesuatu yang mampu mendorong atau menarik air untuk mengalir ke atas yang akhir-akhir ini banyak digunakan pompa listrik sebagai penarik air tersebut, nah disini mari kita buat air mancur abadi yang tidak memerlukan pompa listrik, gambaran berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif sebuah konsep air mancur abadi yang begitu murah dan mudah untuk dibuat bahkan dengan barang bekas kita sudah bisa membuatnya:

 

air mancur

air mancur

Gambar system Air mancur abadi

air mancur abadi Di alam ini kita dapat menemukan cara kerja air mancur tersebut dalam system hidrologi air hujan, dimana air menguap menuju ke atas lalu menggumpal menjadi awan dilangit untuk kemudian turun kembali ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan kemudian menguap ke langit lagi begitulah system pengairan dibumi berjalan secara terus menerus dan otomatis sebagai ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.
Contoh video eksperimen air mancur abadi


Material yang bisa dipakai untuk membuat air mancur abadi ini adalah Tabung : bisa menggunakan Drum bekas, gallon air dan bahan tabung lainya sedangkan tempat lewat air berupa selang air, untuk penyangga tabung agar bisa berada pada posisi yang tetap dapat menggunakan rangka besi beton bertulang, ini hanyalah konsep dengan material sederhana yang tentu dapat dikemas sedemikian rupa sehingga menarik misalnya dengan membuatnya berbentuk plastik model tertentu jika diproduksi secar masal di pabrik.

 

Demikian sebuah gambaran sistem air mancur abadi di kolam taman tanpa listrik jika mau silahkan kalau mau dibuat dirumah atau dibuat inovasi serta kreatifitas lainya sehingga dapat terwujud sebuah air mancur di kolam tanpa alat pompa listrik :-) sebuah ide kecil yang belum dicoba :-)

Cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik | Ahadi | 4.5
263 Comments
  1. 5 months ago
    A. Rifnaldi

    Semoga dapat menjadi lebih canggih

    Reply
  2. 5 months ago
    agus_ato

    Saudara2 dr pd debat kusir yg tak berkesudahan, sebaiknya buktikan dulu. Secara teori emang menarik…air mancur tnp pompa listrik. Tp bnrkah bs seperti itu selamanya….coba kita rasionalkan pd sirkulasi hujan. Uap air bs terjd sepanjang hari….tp terbentuknya siklus hujan hy sewaktu2 kr bnyk faktor yg mempengaruhi. Bg jg dg teori di atas….sy yakin curahan air hnya berlangsung singkat. Sebaiknya gunakan teori seni rupa….bgmn bs menciptakan limbah bs menjd nilai seni jg pny nilai jual walau hrs di adopsi tenaga listrik dsbnya. Dari hsl kreasi sdh dpt di perhitungkan keuntungannya. Terampilah tangan kita dan berpikirlah apa yg bs mendatangkan keuntungan. Nah….berdasar dr nilai kreatif niscaya seonggok sampah bs pny nilai jual karena dikemas dg nilai estetis dlmnya. Lihatlah sirkulasi air mancurku di you tube my video. Kl susah telusuri di you tube dg tema my body atlet….nnt lihat my video di dlmnya ada sirkulasi air mancur…dr barang2 rmh tangga….coba lihat ya….kali yg ini asli ada buktinya d sdh dibuktikan oleh sy…..selamat melihat dan monggo di kreatifkan menurut mediamu. Gampangkan…

    Reply
  3. 4 months ago
    Ogie

    wkkkkkk…saya mah ga ngerti fisika secara detail..tapi ini mah video bego (tuh video ke 3)..itu mah ngandalin gravitasi…coba ujung selang keluarnya air 5 cm lebih tinggi dibanding permukaan air…bisa nyedot ga ?

    Reply
  4. 4 months ago
    heri

    Yg dah pasti bli ja slang pompa minyak bensin,mnyk lampi ato solar yg sring d pakai kedai2 itu,,

    Reply
  5. 3 months ago
    robet

    energi itu tidak ada yang kekal yang kekal itu Allah SWT

    Reply
  6. 1 day ago
    Zade

    Sy kira bisa teorinya masuk akal… hanya kucuran air ketika turun harus disesuaikan dengan air yg naik secara hidrolik tanpa pompa…. karena murni menggunakan tekanan udara secara hidrolik… dan bentuk lingkungan jg disesuaikan untuk menjaga agar batas air tdk mencapai batas minimum sehingga air penampungan air menjadi kosong plus kondisi selang atau pipa harus disemen agr tdk goyang akibat sapuan angin.

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*