Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik

Sebuah air mancur di taman dengan suara gemiricik merupakan sebuah pemandangan yang dapat menciptakan suasana damai penuh ketenangan dalam sebuah rumah, berbagai tipe air mancur dapat dibuat dengan system pompa listrik yang banyak dijual dipasaran sehingga  dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera akan hadirnya sebuah tetesan air dikolam taman, dibalik kemudahan tersebut mari kita coba ber inovasi dengan memikirkan alternatif tentang bagaimana cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik, bagaimana caranya :-) mari kita pikirkan bersama

 

Dalam ilmu hidrolika  kita akan mengenal perilaku air yang dapat berjalan melawan gravitasi apabila diberikan sesuatu yang mampu mendorong atau menarik air untuk mengalir ke atas yang akhir-akhir ini banyak digunakan pompa listrik sebagai penarik air tersebut, nah disini mari kita buat air mancur abadi yang tidak memerlukan pompa listrik, gambaran berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif sebuah konsep air mancur abadi yang begitu murah dan mudah untuk dibuat bahkan dengan barang bekas kita sudah bisa membuatnya:

 

Gambar system Air mancur abadi

air mancur abadi Di alam ini kita dapat menemukan cara kerja air mancur tersebut dalam system hidrologi air hujan, dimana air menguap menuju ke atas lalu menggumpal menjadi awan dilangit untuk kemudian turun kembali ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan kemudian menguap ke langit lagi begitulah system pengairan dibumi berjalan secara terus menerus dan otomatis sebagai ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.
Contoh video eksperimen air mancur abadi


Material yang bisa dipakai untuk membuat air mancur abadi ini adalah Tabung : bisa menggunakan Drum bekas, gallon air dan bahan tabung lainya sedangkan tempat lewat air berupa selang air, untuk penyangga tabung agar bisa berada pada posisi yang tetap dapat menggunakan rangka besi beton bertulang, ini hanyalah konsep dengan material sederhana yang tentu dapat dikemas sedemikian rupa sehingga menarik misalnya dengan membuatnya berbentuk plastik model tertentu jika diproduksi secar masal di pabrik.

 

Demikian sebuah gambaran sistem air mancur abadi di kolam taman tanpa listrik jika mau silahkan kalau mau dibuat dirumah atau dibuat inovasi serta kreatifitas lainya sehingga dapat terwujud sebuah air mancur di kolam tanpa alat pompa listrik :-) sebuah ide kecil yang belum dicoba :-)

ilmu sipil
  1. rumus hidrolika
  2. Hidrolika adalah
  3. pengertian hidrolika
  4. Cara membuat kolam taman dengan air mancur abadi

256 Komentar

  • Rudy Anggara says:

    kalo pakek prinsip penguapan apa mungkin? toh menguap membutuhkan waktu yang lama.. lagian hujan terjadi karena adanya perbedaan suhu dan atau tekanan.dimana didaratan(bawah) panas dilangit(atas) dingin..

    yang mungkin adalah pakek prinsip beda tekanan tapi salah satu tempat/media harus terisi terus…

    sedikit berbagi gan, ane juga masi nubie di sipil..
    hehe

    peace :)

  • aga yuditra says:

    Idenya boleh juga..

    bisa di coba dirumah ne..

    ide ini aku tulis ulang di blog’ku boleh gak?

    *silahkan menulis ulang dengan menuliskan referensi sumbernya :-)

  • Imam FasTKab says:

    Sebaiknya dilakukan eksprimen dulu… karena Gerak abadi air mengalir sepertinya belum pernah berhasil !
    Buat reverensi bisa dilihat di
    http://paijo1965.wordpress.com/2007/02/21/pompa-air-tenaga-gravitasi/

  • Belajar menggambar autocad says:

    kayaknya bisa deh(kayaknya… hehe..) tp diameter lubang in dan out harus benar2 sesuai.misalnya outny yg kgedean bukanya air suply yg d isep tp udara yg menggantikan ruang kosong d tabung.(kyk nuang air galon,belebug~belebug deh.. hehe..) trs jg ktinggian air mancur+diameter tabung jg hrs d perhitungkan.sebab daya isap tabung d pengarui gravitasi jg kan?! bener ga? tar deh ane mo coba,tunggu hasilnya kawan2 ya hahaha…

  • aldi says:

    ide ini persis seperti ide saya waktu masih stm dulu dan waktu itu juga pernah saya uji coba…dan hasilnya gagal hehehe. Dasarnya memang masih konsep dan imajinasi, klo dasar ilmu fisikanya belum ada yang mendukung. Jika banyak orang Indonesia yang mau berpikir dan ber-eksperimen menemukan teknologi baru tentu akan sangat membantu peradaban di masa depan, so tetap jaga semangat untuk ber-inovasi!

  • bies says:

    masih kurang yakin gan…..penjelasan yang lebih

  • Wonk says:

    Sampai saat ini belum ada yg berhasil dng cara ini.

  • wong says:

    banyak yang udah coba hal serupa, mungkin bisa berjalan tapi ga’ abadi cz lama-lama energinya habis. untuk menaikkan air perlu energi, gitu juga pas air jatuh ada kehilangan energi.
    jadi prinsipnya ga’ didukung ama hukum kekekalan energi “Energi tidak dapat di ciptakan dan dimusnahkan tetapi berubah ke bentuk lain”

    • zomzom says:

      klo air abadi bukan seperti di atas , konstruksinya salah pakai aja adesive pasti sukses dan sederhana caranya. Dan hukum kekekal masa sudah runtuh mas pakai putaran galileo

      • ari says:

        hukum kekekalan massa udah runtuh karena apa ya? kok saya baru denger. lagian itu secara hidrolika bisa loh. buktinya di youtube aja bisa. tapi pasti lama2 berenti karena ada gesekan (head loss).

    • esemku says:

      boleh sedikit masukan ?

      saya sependapat untuk menaikkan air perlu energi, TAPI bukankah ketika pas air jatuh dia malah membawa energi? betul ga, kenapa air yang jatuh tadi tidak dimanfaatkan energinya.. seperti PLTA.. pake air terjun.

      jadi pendapat anda belum sepenuhnya sesuai dengan teori Energi ataupun hukum kekekalan energi

  • Witono Hardi says:

    Kayaknya gak bisa. Tidak ada suatu siklus yang terjadi tanpa adanya energi dari luar. Ini kayaknya belum pernah dibuat. hanya ide penulis saja. Ada YOU TUBE nya?

    • Ade Ahmadi says:

      permasalahan ini sudah pernah ada dan sudah prnah dibahas sebelumnya pada forum2 yang lain..prinsip diats bisa berjalan hanya ketika keadaan didalam ruangan belum vakum . ketika kesetimbangan sudah terjadi maka air tidak bisa mengalir kagi karena sistem sudah vakum.

  • Witono Hardi says:

    BTW, saya pernah mencoba menbuat gerak abadi dengan magnet, yg saya gantung. Itu pun gagal juga. Jika bisa membuat maka INSYA ALLAH hadiah nobel di tangan. Bukan meremehkan, tapi justru menyemangati. Karena jika ini bisa kita lakukan…… Hukum Kekekalan energi akan runtuh

  • gundul says:

    ide ngawuurrrrr….saya mo nanya, emang yg bikin artikel udah praktekin belum…..jangan cma asal gambar aja…..pernah temen ku bikin begitu….waktu selang bawah di buka awal nya sich ada keluar air tapi lama2 malah udara yg masuk ke tabung……kalo gk prcaya silakan anda coba and rasa kan kerugian nya….Salam..

  • esemku says:

    ada beberapa alternatif pengganti motor listrik penggerak aliran air agar mampu melawan gravitasi,
    prinsipnya adalah memanfaatkan gerakan air searah gravitasi (turun) yang bertekanan untuk menggerakkan baling2 pemutar air ini kembali,
    baling2 bertenaga air jatuh ini dimanfaatkan untuk memutar baling2 lain yang lebih kecil dan berada didalam tabung silinder aliran air sehingga mampu mendorong air untuk terus mengalir menekan, tabung silinder air ini harus dijaga agar mampu mengalirkan air kembali ke atas, setibanya air di atas tempat penampungan akan dialirkan/dijatuhkan kembali,
    saat air jatuh mengenai baling2 akan memutar baling2 tersebut dan menggerakkan baling2 di dalam tabung silinder, begitu seterusnya.
    :)

    • afifuddin says:

      Yg ini baru betul “Konsep dgn Grafitasi Alam” yg memanfaatkan energi putaran roda air dari tekanan air yg turun ke kolam taman dengan memakai beberapa roda tambahan agar air yg di kolam bisa naik ke atas melalui tabung selinder sbg jalur aliran air ke penampungan air yg diatas..
      ;-)

      • esemku says:

        thanks.. ternyata tulisan saya bisa dipahami dan ditangkap gambarannya.. meskipun belum ada gambar real bahkanvideo pendukungnya.
        mudah2han ide ini bisa diaplikasikan.. selamat mencoba

        • kiddie says:

          brarti kalu gitu kan nggk jadi air mancur gan..
          bukan.ya kita sekarang sedang mmbahas tntang cara membuat air mancur abadi??

    • Afan says:

      Udah pernah dicoba belum. atau mungkin punya referensi. atau gambar detailnya seperti apa sehingga bisa kita tinjau bersama. soalnya selama ini BELUM PERNAH ada yang berhasil membuat gerak abadi.

      • esemku says:

        pada prinsipnya.. “Hukum kekekalan energi” tetap dipakai.
        seperti video di atas, tetap harus ada trigger atau pemacu yang bermuatan energi (potensial) dalam hal itu gelas berisi air sejumlah volume melebihi volume awal (selang) yg ” sengaja dituang ” dengan mencurahkan atau meninggikan posisi atau lebih sederhananya menambahkan energi potensial pada air dalam gelas (yaitu gravitasi) sehingga ketika air dalam gelas tersebut “dicurahkan/ dituang dari jarak tertentu ke dalam tabung uji mampu menekan air eksisting ke atas kemudian mengalir mengelilingi selang dan akhirnya jatuh kembali ke dalam tabung. Lagi2 tekanan air jatuh yang membawa energi potensial ini “ditambah” dengan energi potensial yang lebih besar dalam hal volume (berat) sehingga air mampu mendorong air dalam selang terus menerus.

        Namun, (ini yang unik) sehingga bisa disebut abadi karena energi potensial akibat tekanan, gerakan, gravitasi dari perputaran air itu sendiri dari volume dan tekanan besar ke selang volume kecil dan tekanan melemah TIDAK semerta-merta HILANG namun secara terus menerus dikunci dan dialirkan ke tempat yang sesuai.

        sementara ide saya di atas mengganti tangan yang menuang gelas berisi air tersebut dengan roda berputar mirip kincir air berputar sambil membawa energi potensial berupa air yang nantinya akan jatuh menimpa roda satunya.. begitu seterusnya.

  • abduh says:

    ak sdh nyoba tp ga berhasil daya tarik air ke tabung tidak kuat sehingga hanya mampu mengeluarkan air yang sdh ada didalam tabung dan waktu airnya keluar juga bluk-bluk krn udara masuk melalui saluran air yang keluar td….
    coba bisa penjelasan yang lebih detai atau anda sdh punya alat tbs yang sdh jadi/siap pakai?
    kalau ada bisa dikirim ke saya.

  • masdar says:

    saya yakin ini bisa…dengan catatan,
    1. selang yang ke atas itu jangan langsung dicelupkan ke air waktu air dri tabung keluar…
    2. pengisian tabung jangan penuh (ada rongga udara)

  • sisar says:

    tahun 1990 pernah ane coba tu… pake botol aqua yang 1500 ml, emang airnya bisa ngalir keluar sebentar truz berhenti alirannya, tapi air dalam botol nggak nambah karena botolnya jadi kempot. Ane penasaran lalu pake botol kaca eh… malah airnya kagak ngalir sama sekali. Jadi berpikir… kayaknya mustahil dech… sebab kan untuk naikkan air ke tong perlu energi.. lah energi yang dibutuhkan itu diambil dari mana ya…. Nah disini yang bikin saya rada bingung… tolong dech klo ada yang lebih mudeng tentang hal ini kita sharing soalnya ilmu gua pas-pasan banget

  • Andik says:

    Ehmm…. kayak’e ok jg,n mungkin slang masuk (in) d buat lbih besar dr lubang kluar (out) n tinggi tabung d buat agak tinggi agar gaya gravitasi lbih besar. jg sblum air kluar dr tabung pastikan tidak ada udara dalam slang maupn tabungx.so bgitu air keluar air dari kolam akan lngsung tersedot masuk ke tabung n krn (in) lbh besar dr (out) maka akan da daya dorong ke tabung menuju lubang (Out) ni rencana yg akn aq bwt…. hehehehehe

  • roedi says:

    ah…. itu hal yang mustahil kawan, karena melawan hukum kekekalan energi,…. gk percaya ? buktikan dan praktekkan…. saya sudah praktek sejak di SMA dulu

    • budi says:

      itu bisa di aplicacikan tapi bukan untuk jarak pendek ,,
      kalau , untuk jarak jauh jauh bisa ,, intinya selang oulet nya panjang di banding inlet ,,
      saya pernah menngaplikasikan ,, perlu di ingat tabung jangan sapai bocor ,, dan di posisi inlet harus di di kasih valve , untuk menghidari air kembali pada posisi debit air berkurang

      • Brigadir says:

        nah ini baru mantap gan, teman saya sudah coba berhasil kok, cuma saya tidak akan jelaskan disini, masih ada lagi hal kecil yg riskan yg perlu dijelaskan, selain valve tadi.

  • reva says:

    sesuatu yg sangat mustahil,,,,,, mustahil,,,,,,,

  • ucup says:

    apa sudah memperhitungkan kesetimbangan energinya?

  • agus says:

    gambar di atas tidak akan mungkin bisa berjalan ( Air tidak akan Ngocor ) karena melawan hukum alam air tidak akan naik ke atas kalau tabung atau galon sangat kuat ( tidak Bocor, Kempet krn tekanan udara) mengalir hanya sebentar karena setelah mengalami titik singkron tekanan udara di dalam tabung dan di luar tabung pasti air tidak akan ngalir lagi ! ( Cobalah Kalau Gak Percaya ) Pasti hanya bung bung waktu dan biaya.

  • ucup says:

    Gunakan pipa 3/4″ untuk input, jangan lupa klep harus bagus, tanki +-1000 ltr, dengan ketinggian yang cukup +- 5 m, bagian output pipa 2″, dibentuk leher angsa pada bagian akhir output agar udara tidak naik ke tangki, ide ini sudah pernah berhasil dibuat di salah satu desa di NTT oleh orang Solo yg skrg berusia 60th, namun karena debit yang keluar kecil, cara ini dianggap tidak efisien. semoga ide ini bisa menambah semangat anda untuk berkreatif

  • cenko says:

    ud coba ga bisa bro… udara masuk dari keluarnya air dari tabung, hisapan slang tidak dpt menarik air dari bawah…

  • esempe says:

    ngawur.

    jgn2 cm copas/copy paste dr blog org .
    N blm dipratekan.
    memalukan
    bego

    • tomcat says:

      tp menurut sy luweh ngawur wonk sing pingin’ne hal2/ilmu yg praktis-cepat saji.

      klo blm dpraktekin, dcoba dewe lah..
      ngko ne iso, gawe hak paten pinaten – pompa “esempe” non gravitasi

      piss mas brow..slm kenal.

  • pamungkas says:

    Yang bilang ini bisa berhasil…itu BENAR, yang bilang hal ini Mustahil… itu juga BENAR. Yang paling BENAR adalah coba kalian mulailah bereksperimen sendiri-sendiri dan gali terus sumber ilmunya… jangan menyerah. Mr.Edison aja gagalnya sampai 1000x untuk menciptakan sebuah lampu, yang saat itu masyarakat sekitarnya pada saat itu mengatakan MUSTAHIL… tapi nyatanya dia berhasil dan kita semua kini menikmati hasil karyanya dan terus mengembangkan penemuannya, maka terciptalah lampu neon, dsb… tetaplah berfikiran positif. Jangam meremehkan orang lain,dan juga jangan merasa sombong bila dirimu merasa lebih “pintar”

  • mustova says:

    insya allah bisa mas brow……jadi untuk mengangkat air dari bawah ke tabung itu pakai alat tusen yg biasa di pakai untuk pompa listrik yg terletak di ujung paling bawah pipa penyedot air yg menuju keatas,sebelum tabung penyedot di aktifkan sebaiknya pipa penyedot dari bawah ke atas itu di kocok dulu hingga keluar airnya lalu disambung ke tabung,jangan lupa tabung cukup berisi air 70atau 80% saja ……..selamat mencoba……

  • reza says:

    mas, air mengalir karena beda tekanan, dari tek tinggi ke tek rendah, nah ini konsep dasar fisika, cara buat beda tekanan ini yg perlu improvisasi

  • nizar says:

    harusnya ada perhitungan terperinci dan perhitungan detail

  • tomcat says:

    Anda sekalian pernah nyedot bensin pake selang?? mungkin inilah yg dimaksudkan oleh penulis.
    selang dimasukan ke bensin, dikocok2 sambil ditutup ujung selang, muncrat deh bensin’ne he2

    peristiwa tersebut muncul krna adanya perbed tekanan. kaya tukang bangunan meh ngukur ketinggian air..

    so menurut ane bisa aja sob, cm asumsiny harus tepat. Energi potensial si air cukup ga buat naikin air sampai ke level ketinggian tertentu.

    salam kenal, kunjungi fb ane
    http://www.facebook.com/thomascrish

  • daeng lodaya says:

    ah bisa ndak ya,perlu di coba juga,tp kalo nunggu penguapan alami lama agaknya.kan lebeh baek memanfaatkan tenaga angin plus kincir air,ilmu nya nenek moyang kita dulu2 he he he

  • wahyu nugraha says:

    Jadi penasaran ny, kykx gak sabar ni mu nyobain Air mancur Abadi Tanpa bantuan Listrik…. Thank’s ya???

  • orang awam says:

    Yah yang kayak gini jangan dibahas, nggak ada logikanya air bisa naik melawan grafitasi, kalau air dari atas kebawah benar 100%, kalau air dari bawah naik keatas tanpa ada daya dorong(enargi)/TEKANAN , namanya MUSTAHIL
    BISA BISA AIR LAUT NAIK KEGUNUNG SEMUANYA ??????, LAUT KERING GUNUNG BANJIR
    DASAR

    • esemku says:

      justru itulah yg ingin dipecahkan di tema ini.. yaitu mengganti energi listrik dari pompa pendorong air ke atas dengan alternatif lain tanpa listrik dan biaya murah.. Anda punya ide??

      lagian skup pembicaraan / tema nya adalah air mancur taman.. knapa juga Anda nglantur ke Laut, dan ke Gunung..

      coba berinovasi !! jangan merasa benar terhadap hal besar kalo hal kecil saja anda sudah salah kaprah

    • sunar says:

      orang awan anda benar tapi kurang benar, pendapat anda itu pendapat orang dulu/orang purba, sebab jaman purba besi itu tidak bisa terbang dan besi itu tidak bisa terapung dan pasti tengelam yakan? jaman itu mustahil bisa terjadi kalau ada oang mengatakan bisa itu dianggap gila/bertentangan pada hukum alam pada jaman itu?

      nah apa yg terjadi sekang kan bisa contoh kapal terbang, kapal laut tetapi menggunakan cara dan ilmu yg baru yg tidak terpikirkan pada jaman itu. itu hasil orang2 yg bermimpi seperti teman2 kita yang getol berexperimen dan mencoba terus mencoba.

      bukan mas yg nganteng sekali sedikit2 bertentangan dngan hukum alam, mustahil dll. bahwa mas menunjukkan orang hanya suka meniru tanpa ingin berfikir untuk maju. kalau indonesia manusianya seperti mas makan indonesia akan jadi negara ediot/bodoh hanya bisa menghina orang. kalau ada yg berhasil tingal meniru/ pakai keberhasianl orang lain.

      kita kita ini semuanya sering kalau ide itu bisa di wujutkan sekarang itu yg kita inginkan kalau tidak ketemu sekarang mungkin yg menemukan ide tersebut anak kita. tetapi kita sudah berfikir untuk meberi/menemukan ide tersebut. gitu lo……mas. jangan sedikit sedikit2 melawan hukum alam/mustahil/muak/ ide gila

      • Mr, YOK TK BANGUNAN says:

        Yes,,,,,,,,,,,, saya dukunng ide2 gila anak muda, jangan kayak yg di tv cuma rakit dibilang bikin mobil,,,,,,,,,,,yes ide gila!!!!!!!!’

    • Nanang Nailu says:

      good idea…. Teori orang Gila.. yang sok Pintar.. aslinya sangat Bodooooooooooooooooooh….

  • MasBrow says:

    Masbro kabeh
    Ide ini sudah pernah diluncurkan dan rame dibicarakan ketika aq masih kelas 2 SMA (tahun 1986), seolah-olah sih berhasil. Namun ndak ada yg bisa mbuktikan secara real pompa model ginian,
    Sudah banyak percobaan oleh Amatir sok ahli, juga gagal.
    Sepertinya sih ini percampur adukan ngawur antara fisika biasa dengan mekanika fluida yg mencoba membubarkan prinsip kekekalan energi. Yg nggak jelas juntrungannya, namun berhasil membuat banyak orang penasaran, seperti jaman dulu.
    Ada positifnya, yaitu membangkitkan rasa ingin tahuan masyarakat, shg banyak yg kembali mempelajari ilmu2 fisika dll.
    Nice try….

  • hari says:

    saya pernah menjumpai artikel ini di suatu majalah. tapi tampaknya tidak akan berhasil karena debit air yang keluar lebih besar dari yang masuk, kalaupun warga solo itu berhasil, tapi lama kelamaan air dalam tangki akan habis. trims

  • udin says:

    Ada ide entah baru ato tidak, tentang kaca surya yang hanya sebesar kacamata saja difokuskan bisa membakar kertas. Bagaimana kalau 1 m2 difokuskan, apa tidak mungkin diubah jadi energi listrik misalnya dengan bahan bakar air. Mungkin atau tidak itu ya. Kala bisa, luar biasa kemungkinannya. miftahuddintambakboyo@gmail.com

  • masnyo says:

    saya ingin merealisasikan mimpi saya membuat aliran sungai KALIGUNG (tegal) dari muara menuju hulu tahun 2007? kebetulan saya berkebun dipinggir kaligung, sy akan coba menaikkan air sungai dari kedalaman 20 ke pekarangan tanpa listrik&BBM? anggarannya mungkin 2jt?

  • nunu says:

    tidak ada efisiensi 100%, pasti ada yang yg terbuang dan lama kelamaan akan habis juga, dan outputnya pun hanya tetesan2 saja, kalau menggunakan sistem kapilerisasi

  • Narto Djalapati says:

    Saya pernah dengar cerita dari teman saya alat seperti itu sudah pernah dibuat, bahkan bukan sekedar prototype tapi sudah diaplikasikan untuk pembangkit listrik dan berhasil, tapi sampai sekarang saya cari referensinya gak pernah ketemu.

  • Bjo Bless says:

    jika menginginkan air dapat tersedot ke atas pipa output harus lebih besar dari pipa input ke tabung, dan resikonya jika air yg terbuang dan suplay air yg masuk ke tabung tidak seimbang maka akan mengakibatkan kekosongan didalam tabung, tapi saya salut terhadap sebuah gagasan atau ide walau kadang tdk berhasil, selamat berjuang kawan…..

  • kustamar says:

    itu ide yang saya temui sdh cukup lama. tahun 1993. sudah jadi perdebatan antara 2 kelompok pakar di 2 perguruan tinggi di jawa tengah. dimuat beberapa kali di harian pikiran rakyat. saya juga sudah coba sebelum diperdebatkan itu. hasilnya tdk bisa. kalau mau lihat uraian tanyakan ke redaksi pikiran rakyat yang jawaban terakhir dari t sipil s1 ugm. tks

  • kakseta says:

    coba lihat ini…………setelah itu kasikomentar……..
    http://www.youtube.com/watch?v=287qd4uI7-E

    • ilmusipil.com says:

      Trimakasih atas bukti keberhasilan pembuatan air mancir abadi ini, langsung ditambahkan videonya ke post. semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan :-)

      • dwi hajir says:

        itu yg dimasukkan bukan air biasa mas,air yg sudah dirubah berat jenisnya seperti air bir.kalo yg dimasukkan air biasa pasti gak bergerak,tapi tetap semangat buat anak muda indonesia biar banyak jadi innovator.

  • Agus Permana says:

    ikut nimbrung, itu gambar masih kurang lengkap, seharusnya lubang keluar dihubungkan dengan pipa / selang sampai masuk ke permukaan air dibak sehingga tidak akan kemasukan udara, klo tanpa pipa pasti akan bunyi blubuk..blubuk.. karena udara yang masuk dari lubang keluar bukannya air yang terhisap dari lubang masuk. lubang keluar dan lubang masuk harus sama besar supaya air tidak tekor.

    • original kreasi says:

      kalau ujung outputnya dihubungkan pipa langsung ke bak penampungan air benda itu fungsinya apa ya? ?
      salam POSITIVE THINKING

  • original KREASI says:

    sebagai tambahan untuk memperjelas urun rembug saya-disaat kita mengisi tabung itu dengan air maka kedua ujung selang (input maupun output) harus dalam keadaan tersumbat-setelah isi tabung itu penuh (pas di bawah lubang selang input) barulah kita lepaskan kedua sumbatan tersebut.DAN agar air yang keluar pada lubang autput lancar/tidak terhambat diatas pada lubang output harus diberikan sebuah partisi-misalnya plate tipis (vortec breaker) fungsinya sebagai pemecah airkarena disaat air keluar di karena kan ada daya hisap/dorong yang kuat maka pada ujung lubang input tersebut akan terjadi turbulasi udara pada air/perputaran air disaat akan keluar dari lubang.

    salam POSITIVE THINKING

  • Afan says:

    Ini kebiasaan buruk bangsa kita copy paste tanpa pernah menguji benar atau tidaknya. apa yang dipaparkan dalam video tersebut TIDAK PERNAH SUKSES. Saya mau tanya apa ada dari kita yang pernah mencobanya dan berhasil. saya pribadi sudah beberapa kali mencobanya dan ternyata GAGAL.

    • H. KUAT SLAMET says:

      Rekan Afan yg saya hormati, teori tersebut memang benar adanya. Tapi saya belum bisa menghitung efektive pengetrapannya. Pada th 1976 saya bertugas disumbawa besar saya mencoba teori tsb dan hasilnya berjalan dengan baik. Yang saya pakai adalh blek Kong Guan berhasil mengangkat sampai ketinggian 2 meter. Karena sekarang ramai lagi masalah ini dibicarakan rasanya saya juga ingin mencoba lagi dengan yang lebih patent. Demikian informasinya dan terima kasih

      • Afan says:

        Pak Kuat Slamet trimakasih banyak atas tanggapannya. Saya pernah memcoba pakai Galon Aqua tapi gagal dan banyak lagi percobaan yang saya lakukan gagal. kalau Bpk pakai blek Kong Guan apa bleknya gak kempos soalnya itukan vakum. kalau Bpk ada gambar atau cara membuatnya saya mau memcobanya pak dengan spesifik materialnya misalnya pipanya berapa ini dll. trimakasih.

  • Mr.Muhdar says:

    Saya juga parnah cuba tapi belum berhasil masih menri di mana kesalahanx

  • alcot says:

    hmm….. ini bukan masalah copy paste gan,,, dengan adanya perdebatan dalam sebuah kreatifitas Insya Allah suatu saat pasti salah satu dari kita bisa berhasil,, dan kegagalan bukan masalah dari sebuah experiment,, tanpa kegagalan kita ga akan bisa membuat suatu pekerjaan menjadi sempurna,, karna kesempurnaan berawal dari kegagalan gan…. untuk yg teriak itu bohong, itu hanya copy paste atau tidak pernah berhasil,, kalian type yg mudah menyerah dan tidak sabar menjalankan sesutu yg membutuhkan waktu ketelitian dan ketelitian…..
    berbagi pengetahuan untuk sesuatu yg belom pernah ada itu bukan kesalahan,, tapi ide untuk berkreatifitas…
    salam damai dan mohon maaf klo salah ketik…

  • sahar says:

    Konsep ini sdh pernah di buktikan, bahkan ditayangkan di TV. waktu itu masih TVRI, kalau ga salah judulnya Pompa Air Tanpa Listrik. Dgn menggunakan Drum bekas & berhasil menghisap air dari sumur secara terus menerus. hanya saya lupa perbandingan Inlet & Outlet serta ketinggian ideal…

  • budi says:

    Brorr Sahar ,,
    bener teori ini menang bisa
    dengan sarat ,,
    tabung kedap , Air yang di sodot tidak habis kalu habis ,, tong kanginan ,,
    inlet ; oultet minimal sama ,, tapi panjang outlet harus lebih pajang dari inlet ,, minimal 10* panjang inlet ,,
    di posisi pipa inlet harus ada valve untuk menhidari arua balik ketika air persediaan di sumur habis

    Saya pernah mengplikasikan , pada awalnya saya jua jadi cemoohan orang ,
    Saya aplikasiakn untuk , air bersih masyarkat

  • budi says:

    Cara kerja .. pertama , Tabung dan pipa oulet isi Sampai penuh ,
    Untuk mengetasnya buka kran start ,, air bejalan ,, air dari sumur naik ,, ,,
    Tapi tidak bisa berputar ,, seperti teori di atas ,, coba temen temen comeni aje

  • Iwan Ken Arok says:

    Jelas tidak bisa, menyalahi hukum Kekekalan Energi. Ane pernah coba sekitar tahun 1996-an pas SMA. Waktu itu ane pikir bisa menerapkan rumus m1.g1.h1=m2.g2.h2. Intinya adalah jika kita hendak menaikkan sesuatu ke lebih tinggi, maka kita gunakan massa yang lebih besar. Makanya tabung yang tinggi lebih besar. Cuman ternyata ini salah logika, SALAH BESAR. Kenapa? karena tidak ada massa (m1) dan (m2) wong berhubungan dalam satu bejana. Massanya tidak terpisah tapi menyatu. Dus, sejak jaman baheula juga para ilmuwan telah berpikiran menciptakan mesin abadi, tapi TAK PERNAH BISA. Sudah sunnatullah-nya air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Mungkin akan bisa berhasil jika kita bisa menciptakan bahan yang menghasilkan gaya Van der Waals sangat besar terhadap molekul air sehingga mampu melawan gravitasi. Nano engineering mungkin dapat menjadi jawabannya, tapi itu baru mungkin.

    • arya says:

      ane ikutan nimbrung gan…… ane juga pernah coba taun 2005…..prinsssipnya sama aja seperti pompa grafitasi,,,,, hasil ny yg mau ngalir……

  • jay says:

    bisa tp tak abadi.
    ane udh coba ekperimen brkali2, hsil ny stiap siklus pasti outlet ny lbih bsar drpd inlet, shg dlm bbrapa jam debit air dlm tong brkurang.

  • udieee says:

    semua yang bergerak itu perlu energi, jadi apapun teorinya bagaimanapun cara kerjanya jika tidak menggunakan sumber energi, itu mustahil contoh dibumi ada hujan karena ada energi panas dari matahari (bukanya disedot pake tenaga air sendiri)l

    • Diki y says:

      Intinya madan magnet memiliki energi magnetik, la gravitasi itu juga termasuk energi magnetik, so bisa saja teori diatas diaplikasikan, meski membutuhkan energi untuk awal pembuatan, thanks salam kenal

  • ikinzz says:

    itu yg ngalir air murni atau ada unsur minyak.. yg ber experimen tuh yg ga bisa, saya yakin bisa .. contohnya sudah ada TAMAN GANTUNG BABILONIA

    • Afan says:

      Pak Ikinzz yth. untuk yang taman gantung yang Bpk maksud sebut itu dia pakai teknik Shipon dan itu memang bisa tapi tidah abadi.

  • yayat says:

    Bisa dan benar tapi dengan cara memanfaatkan tekanan air yang turun melalui lubang di bawah tabung dengan catatan tabungnya harus kuat dan tidak bocor, sewaktu air keluar dari bawah otomatis permuakaan air dalam tabung turun, nah sewaktu air turun itulah ada daya hisap ke bawah (itung-itung klep) dan diatas tabung dibuat lubang disalurkan dengan pipa ke kolam yang akan disedot airnya dengan menggunakan tenaga hisap air yang keluar dari tabung itu sebagai air mancur. selamat mencoba

  • aridi says:

    trims atas triknya tp dah sya coba gaberhasil tuh, cuma saya pikir sekarang kalau dalam selang besarnya dimasukin beberapa pipa kapiler 3 buah atau lebih kayanya bisa, saya lagi cari selang atau pipa itu mudah2an bisa, khan dalam pipa kapiler tdk berlaku prinsip bejana berhubungan sehingga air bisa naik lebih tinggi dari asalnya bejana biasa, selamt kita mencoba……………!

  • PERENCANAAN DESAIN DAN PENGERJAAN AIR MANCUR http://www.pusattoko.com/index.php says:

    air mancur – water fountain untuk hotel,perumahan,taman kota,alun-alun,taman bermain dan lain -lain baik statis maupun dinamis water fountain

    hal – hal yang mempengaruhi harga :
    – luas air mancur yang di maksud
    – tingkat kesulitan pengerjaan berkaitan dengan layout
    – bentuk,model,type fountain yang dimaksud
    – lokasi proyek
    – model dan gaya penerangan ( lighting )
    – untuk pengerjaan fountain secara keseluruhan , free biaya design
    – untuk biaya design antara 3 juta sampai dengan 30 juta

    untuk pekerjaan design ( tidak termasuk pengerjaan ) :
    – berupa gambar 3 dimensi ( cetak & digital yg di sertai freeware ), di sertai petunjuk pembuatan, sehingga orang awam dapat mengerti dengan mudah.
    – yang dimaksud design disini adalah design layout , sistem filtrasi,kelistrikan,dan lainya, yg disertai petunjuk lengkap.

    data yang di butuhkan :
    – gambar / foto calon lokasi disertai ukuran , akan lebih baik jika disertai foto suasana ( model / gaya bangunan sekitar lokasi ) untuk keselarasan estetika.
    – larangan / pantangan, misalkan 1 meter dari sudut lahan tidak dapat dimaanfaatkan karena tertanam tandon penampungan air dll

    catatan :
    kami hanya mengerjakan ukuran fountain tertentu saja untuk lokasi di luar wilayah malang, namun untuk pekerjaan design tidak ada batasan

  • arie jazz says:

    dgn segala kerendahan hati… bgm kl kita mensiasati posisi inlet dan posisi outlet yg tepat.jika drum terisi penuh dan outlet dibuka dimanakah tepatnya terjadi turbulensi atau pusat ‘pusaran’ air yg plg kuat ? Sy yakin pd saat air keluar, akan menarik molekul2nya dan akan ada pusat pusaran yg kuat dan disitulah harusnya posisi inlet.dlm hal ini sy brpndapat bhwa dr sekian bnyk kegagalan itu adlh sl statu penyebabnya, yaitu salah menempatkan psisi inletnya.apakah inlet dn otlet harus ditengah drum, inletnya harus agak masuk sekian centi ke dalam atau gimana kek.sy org bodoh, tp sy yakin air yg ada dlm drum yg letaknya diatas tanah saja pasti menyimpan energi gravitasi.hanya saja kita blm mampu mensiasati alat itu sehhngga tdk brlwanan dg hukum kekekalan energi.ujung inlet yg di sumur sy setuju pake klep dan menurut seorg teman, yg di drum juga hrs pake alat semacam itu.bisa dibuat pipa dipotong miring dan dibuat semacam lidah dr karet dgn maksud agar gravitasi kesumur akan menutup hbngan dgn isi drum.jadi keluarnya air dari outlet tdk akan dipengaruhi oleh gravitasi kesumur…….

  • arie jazz says:

    pas saat hbgn ‘terputus’ tadi maka akn terjadi kesmpatan air dlm drum utk mencuri ‘air diam’ di inlet tsb utk kmudian inlet menutup kembali karena gravitasi bereaksi kembali, begitu setrsnya akan trjadi sebuah siklus mengalir, terbuka, menutup lagi, mengalir lagi, terbuka dst.coba prhatikan pompa tangan dragon.pas kl klep bawahnya bocor kan dipancing dulu, trus dipompa kan jadi, tapi ketika dilepas maka akan trjadi getaran yg luar biasa ketika air brgerak turun kmbali ke sumur, trjadi semacam peristiwa ‘tarik ulur’ antara klep bawah dan diafragma pompa dlm meloloskam air dan menahannya, lolos lagi tahan lagi dst.mungkin kita harus kayak tuan edison… Pertama brangan2,lalu dipertimbangkan ilmiahnya, kemudian mencoba, pas gagal dipikirkan kemungkinan yg lain… Aku ini memang tukang hayal bro…coba bygkn baggimana membuat sebuah pinsil yg diberi magnet bisa melayang horisontal hanya ujung yg runcing brtumpu pd dinding…dan itu sangat bisa, dan itulah yg sy maksudkan dg ‘mensiasati’… Salam penghayal yg bodoh…

  • efendi says:

    dulu saya pernah coba prakteh kya gini. Tpi hasil nya gagal total. Drum yg d pke sbagei tabung malah penyok,dan air nya ga kuat naik lgi.

  • eka says:

    mungkin yang harus diperhatikan dari design ini adalah bentuk dari resorvoir nya, jika menggunakan reservoir dengan bentuk tabung/drum maka tekanan pada outlet di tabung kurang memenuhi syarat sehingga tidak dapat menarik air. Jika dicoba mengunakan tabung berbentuk kerucut seperti pada percobaan tersebut dengan volume air dan ketinggian yang sesuai kemungkinan air mengalir sangat besar karena selain gaya gravitasi akan bekerja pula gaya tekan pada reseroir.

  • agorsiloku says:

    Gambar dan pideonya menyalahi hukum engkel-engkelan energi. Jadi udah pasti boongnya. Nggak mungkinlah ada sistem air mancur abadi ini. Dalam video air yang berwarna hijau itu naik ke atas melalui pipa melewati batas permukaan airnya terjadi karena tekanan air yang jatuh ke gelas penampung itu, lalu mendesak ke saluran selang di bawahnya dan naik ke atas. Habis itu, sudah bisa dipastikan, setelah tekanan ke air itu habis, ya bakalan berhenti…. Itu sih pelajaran smp kan….
    Tidak ada itu di dunia ada air mancur abadi…..
    Jadi ini bukan ide kreatif, tapi ngebohongin pembaca……

  • arief yanuar iskandar says:

    menarik….seperti sisitem infus pada kompor minyak tanah…berarti tergantung elevasi dan diameter selang hehehe

  • arie jazz says:

    Ada jg nih: jungkat jungkit yg dihbngkan dg satu atw bbrp buah pipa k dlm sumur.pipanya brkatup,lepaskan pegasnya sambung dgn kerucut keluar agar waktu pipa turun katup akn mnbuka sempurna.taruh beban pd bgian yg berpipa.saat pipa kebawah,air yg muncul hrs ditmpung dulu dlm mangkok plastik.pd saat pipa mencapai ttk mati bwh ada semacam mekanik pembuka katup di bw mangkok plastik tadi(di bwh mangkok diberi katup), seterusnya air akan tumpah dg cepat dan dialirkan ke mangkok ke dua yg di gntung di ujung lengan sebelahnya.lengan ini hrs lb pnjng.air yg mengisi mangkuk ke dua secara ‘kaget’ akan menekan lengan kebwh dan pipa yg d sblhya akan naik.ketika mangkok kedua mencapai titik mati bwh,ada jg mekanis yg akan membuka katup dibwh mangkok.air tumpah, dan air ini yg dialirkan ke kolam dll.karena lengan sebelahnya berbeban maka ia akan turun sebab air d mangkok kedua sd kosong, dst… ADAPUN UTK KATUP DIMANGKOK SYARATNYA HRS MEMBUKA SEKETIKA DAN TDK MENUTUP SBLM AIR HABIS.DISINI KITA PAKAI KATUP ‘APUNG GRAVITASI…’ SEKIAN SEMOGA BRGUNA…

  • agus says:

    bisa di gambarkan secara jelas gk bagaimana sistem kerjanya..
    karena saya sudah bwt tp menggunakan konsep tekanan pascal dan bejana berhubungan..
    alhasil bisa menciptakan air mancur..
    tp saya menggunakan 2 tabung yang satu berisi air dan satunya berisi udara,..
    klo airx sudah pndah ke tabung yang kedua..
    maka air mancurx tdk bsa jlan lg..

  • Pandowo Electronic says:

    Saya jadi bingung baca komen2nya. Saya memamng belum pernah coba, namun secara teori saya percaya itu bisa berhasil. Teman saya juga pernah membuat dan berhasil, itu juga berlangsung lama. Namun katanya sekarang sudah rusak karena DRUM nya berkarat dan bocor.
    Di desa sebelah saya jg ada yg membuat dan berhasil juga. Namun untuk urusan tekor enggaknya saya tidak tau. Mgkn kalau tekor tinggal di isi ulang air dalam tabung (Drum) dan bisa bengalir lagi. Bukan abadi dan mengalir trs namun bisa bnr2 bekerja dengan cara itu. Karena di dunia ini tidak ada yg abadi. Jika ada yang bisa buat bahan2nya serba kuat dan tahan korosi samperatusan tahun, mgkn juga bisa abadi, namun untuk membuat bahan2nya tahan dan anti kerak, pasti memakan biaya yang cukup besar, dan itu tidak efisien untuk energi alternatif.. SEKUAT-KUATNYA BARANG DI MUKA BUMI INI PASTI AKAN RUSAK DAN HANCUR. JADI TIDAK ADA YANG ABADI. Kecuali Sang Pencipta alam semesta ini.

  • Pandowo Electronic says:

    Coba deh liat Video ini untuk bahan referebsinya.
    http://www.youtube.com/watch?v=NW1666WIjTs
    Semoga bisa jadi penyemangat untuk tetap berkreasi.
    Orang Indonesia jangan kalah dengan begara lain.
    Mereka sama dengan kita, yang membedakan hanya keuletan untuk meneliti dan mencoba sampe berhasil. Seperti tehnologi sekarang yang serba canggih, semua berawal dari khayalan, namun semua bisa terwujud karena keuletan mereka..

  • arie jazz says:

    atw reservoir jg dttup atasnya, biar air d outlet jadi deras krn udara masuk.derasnya air di out gunakan utk memutar turbin(modifikasi pompa aquarium) apa ini bs memompa air dr bwh utk mengganti air keluar td ? Cb dl dg ukuran kecil. Sy sndri blm mencobanya…

  • Rudy says:

    ini ide yg sangat bagus, cuma sayang komen2nya banyak yg ga mutu…yg pernah gagal nyobanya mbok ya jangan langsung ambil kesimpulan bahwa ternyata teori yg sedang anda eksprimenkan itu salah, sudah berapa kali anda mencobanya? sudah berapa banyak buku2 yg anda pelajari untuk mendukung eksprimen anda?? sudah berapa ahli yang anda tanya untuk memperbaiki kegagalan eksprimen anda?? sudah berapa tahun anda mencoba membuktikan teori ini???…

    bagi yang pernah gagal ekspriemnnya, coba simak lebih lanjut pembahasan disini, sapa tau ada jawaban dari kegagalan eksprimen anda. Bagi yang masih bereksprimen, lanjutkan terus sampe berhasil…sudah sewajarnya eksprimen itu mesti dilakukan berkali2. Satu kali kegagalan berarti satu tambahan ilmu tentang kekeliruan terhadap eksprimen tsb.

    Bagi saya pribadi, selagi teorinya memang didasari oleh ilmu2 eksak & fisika, saya yakin bisa, karena itu adalah sangat ilmiah….selamat bereksperimen kawan2….

  • budijamus says:

    Secara teoritis bisa dibuktikan dengan perhitungan G = konstanta x G x h dengan memperhitungkan perbandingan diameter pipa air masuk dan pipa air keluar dan jangan sampai ada udara masuk ketabung.

  • jhony says:

    berapa besar volume yg dibutuhkan untuk reservoar yg diatas (yg dipasangi oleh 2 selang inlet dan outlet ) ? kemudian berapa besar diameter inlet dan outlet ? ketinggian minimal untuk reservoar berapa sehingga bisa menghasilkan nergi yg cukup untuk terjadinya siklus air tersebut ?

  • alan alfarisi says:

    ooo,,,, jgn langsung dikomen, aku pernah coba dg kapasitas kecil tp gagal karena ada kebocoran, dicoba lg dg kapasitas lebih besar dan berhasil tapi karena daya hisab yang trlalu besar sehingga tabung tertarik kedalam. insyaallah akan saya coba lg……

  • CAE says:

    saya mengerti apa yang anda maksudkan adalah ketika air keluar dari selang output menimbulkan gaya tarik di dalam tabung sehingga tabung dapat menarik air yang berada dibawah melalui selang input. tapi setelah saya coba ternyata ketika tabung mengalami daya tarik maka tekanan udara akan cenderung meningkat. dan karna masa jenis dari udara lebih ringan dari masa jenis air maka udara akan memaksa masuk kedalam tabung dengan tekanannya yang kuat melalui selang input. dan apabila daya tarik didalam tabung semakin besar maka tekanan udara diluar juga akan semakin besar.

    mungkin!
    apabila ketinggian tabung semakin ditambah dan selang input dibuat kecil serta ujung pada selang output dibuat bercabang menjadi ukuran yang lebih kecil dari selang input maka ada kemungkinan berhasil. tujuannya agar tekanan udara yang ada diluar tabung dapat dikalahkan oleh masa air. sehingga udara tidak mampu mendorong air yang berada di selang output. sehingga tabung mengalihkan daya tariknya pada selang input yang sudah disediakan.

  • Pahlul Waton says:

    Saya kira Video nya berupa gambar contoh yang sudah jadi ( hasil percobaan ), eeh …. taunya msh gambar teori.

  • as budy says:

    saya pernah baca/dengar dari seorang pakar tapi saya lupa siapa ..ia berkata bhw teori/rumus dibuat berdasar gejala .jk gejala dapat atw bisa, baru kmudian dbuatkan teori/rumusnya ..jadi bukan sebaliknya.
    perlu diketahui setiap gejala baik yg alami maupun di manipulasi/dikondisikan scara manual brupa alat dll.. itu memiliki rumus yg brbeda tuk tiap gjala jadi jangan hanya brpatokan pd rumus yg tlh ada saja.
    rmus umum tdk berlaku tuk rumus yg lebih khusus..
    bkankh rumus fisika newton tdk brlaku fska qwntum

  • erna irvan philya says:

    teknologynya boleh juga… hal ini udah pernah saya lakukan sebelumnya untuk mengganti air ikan di toren tapi gak pake tabung air sprti digbr..disini harus diperhatikan seberapa tinggi air untuk diturunkan krn dgn sistim ini memiliki h yang terbatas….

  • ris says:

    yang ada bukti berhasil silahkan sms ke 081215315452

  • ris says:

    yang ada berhasil silahkan sms ke 081215315452

  • Bardi Jalu says:

    tekanan air tidak tergantung lebar bejana,hanya tergantung tinggi rendahnya permukaan air.
    hi>h2.
    h1=h2 saja air gak bisa ngalir.

  • Bardi Jalu says:

    nggak usah di coba,buang2waktu,biaya,pikiran. diyakinkan gak berhasil.

  • bardi jalu says:

    semua maaf atas komentar saya diatas

  • zomzom says:

    maksud saya kita pakai adesiv kapiler (sumbu kompor) saya pernah mencoba sungguhan : air di ember kita kasih sumbu 30 batang ambil timba taruh di atasnya sumbu sampai timba dan ujungnya harus mengarah ke bawah +/- 10 cm pasti airnya mengalir klo kurang jelas hub 083846664560

  • hilman says:

    klo ada waktu sy mo coba….sepertinya ini masuk akal….cm sy yakin debit yg dihasilkan kecil, tp tergantung volume tabung dan diameter in outnya….
    prinsipnya dpt sy mengerti, ini bekerja berdasarkan kondisi vacuum didalam tabung…..cm perlu dicari komposisi yg pas volume tabung vs diameter pipa masuk vs diameter pipa out….perlu eksperimen berulang2.

  • nurman says:

    apakah mungkin jika bisa ditemukan prinsip mekanis listrik abadi tanpa bahan bakar mas???
    kalau bisa di buat aja biar bisa menanggulangi krisis global warming di dunia ini,,,
    #INSPIRASIKU

  • kefin says:

    td nonton tv merajut asa bisa tuh pompa tanpa tenaga listrik n dua fungsi menggunakan air sungai sbagai penggerak tuk mengambil air dalam tanah yg bersih tanpa tercampur dngan air sungai

  • yons says:

    Kalau menurut saya air yang dari tabung ( air terjun ) dimanfaatkan untuk menggerakan kincir
    kemudian air buangan dari kincir untuk mengisi tabung,mungkin kincirnya harus lebih besar atau melibihi tinggi tabung,he..he…he.. barangkalibegitu.

  • Sontolowo says:

    Yang penting jangan buang air sembarangan yo bro?

  • anam says:

    siip

  • qalby says:

    bukan maksudku mengejak yach…..
    aku mencari jawabannya di sini tapi aku tdk dapat. catatannya ngga lengkap. ngga asyk dech…
    :(

  • sibeng says:

    Itu video cuma dibuat untuk pembelajaran, alat-alat yang digunakan tetap menggunakan energi dari luar (Listrik, motor, cairan tertentu dll) udah dijelasin di webnya kok, simulasi aja untuk pembelajaran dan hiburan.

    Please, be advised:

    These Videos are of motorized versions that were built to illustrate how these machines were supposed to work in the minds of Inventors.

    dan ini video eksperimen aslinya ttg pompa diatas:
    http://www.youtube.com/watch?v=OS1KXMsE2qk&feature=plcp

  • dwi says:

    saya yakin bisa itu,asal tepat perhitunganya,,,wong secara bodon aja itu bisa di fahami,,,namanya experimn ya jngn nyerah kalo lom bisa,,,,sperti kemarin saya coba buat pembangkit listrik menggunakan dua generator wlau awalnya gagal tp akirnya bisa juga dan ternyata itu cuma sederhana bngt mekanismenya,,,,kalo tk percaya ketik di youtube generator free energi,,,

  • adi says:

    mantab ane mau nyoba

  • drakula says:

    hallo all:
    sy kira ini hal yg berat, utk d lkuin dlm arti hal mustahill !!!!
    dlm skala kcil emng bisa lewat di ” sedot ” pakai cocot. dlm skala besar impossible!!, yg yg bisa q ksh uang 4 miliar!!!!,,.
    jd utk awal air naik k atas tak ada teknn, tu j pmsalahny!!!! DASAR BABOOOOOOO!!!,,

    • sunar says:

      jangan begitu mas. daya pikir orang itu tdak sama. pada jaman dulu orang pergi kebulan itu adalah mustahil besar. tapi sekarang? penemu tv itu gila gambar di sana kok bisa di lihat di sini. ide2 itulah yang memunculkan ilmu2 baru dan hukum2 baru dan teori2 yg baru karena ada penemuan. penemuan itu muncul karena ada percobaan. sedangkan percobaan itu tida 1 kali dan 2 kali tapi beribu-ribu kali. oleh karena itu berfikirlah ke belakang melihat sejarah sang penemu. sangat2 menguras tenaga uang, harta bahkan umur habis untuk experimen. kalau anda experimen sekali duakali sudah memutuskan mustahil tak akan bisa berhasil. berarti jiwa anda bukan jiwa experimen tetapi jiwa pemakai. kalau itu bisa di temukan makan muncul teori baru dan hukum baru makan uang anda 4 miliar itu tidak ada artinya/ terlalu kecil bahkan tidak ada gunannya.

      • andi says:

        setuju dg mas Sunar……4 miliar itu harga bt otak tukang cacinya…otak orang pemikir ga bs dinilai dg uang..

  • one_male says:

    sebagai orang awam yang dangkal pengetahuannya saya juga sudah berapa kali melakukakan percobaan ini dan Alhamdulillah saya belum berhasil, saya sangat bersyukur karena dengan begitu saya masih memiliki kesempatan untuk belajar-belajar dan terus belajar. Pro kontra itu akan selalu ada mengiringi perjalanan hidup kita, dan itu sangat manusiawi. Mari kita bersama-sama mendedikasikan ilmu yg kita miliki untuk kesejahteraan bersama.

  • fajar setiadi says:

    oalah gan gan…kalau kamu bisa menemukan angka terakhir dari hasil 1/3 tanpa pembulatan aku yakin banget kamu dapat meraih penghargaan nobel…karena titik mekanika abadi sangat amat rumit dan kecil, bahkan lebih kecil daripada atom yang sekarang ini ada, sedang meleset sedikit saja pasti tidak akan terjadi kekekalan energi.

  • enceng cahyadi says:

    antara selang sama tabung perbandinganya berapa berapa,,, ketinggian air yg di sedot maxsimalnya berapa ???

  • herfani says:

    Ini sebatas ide
    Modifikasi bentuk tabungnya
    Beri ruang udara dlm tabung*yg menarik air ke atas(ruang hampa)
    Volume tabung di perhitungkan*semakin dalam/besar pipa hisap makin besar tenaga yg dibutuhkan
    Ujung pipa di buat ke atas*panciing*

  • nggabisa says:

    hukum kesimbangan, kalo daya hisap diruang tabung sudah seimbang dengan panjang selang dan berat air sudah sama, artinya sudah seimbang, hasilnya : semuanya diam :)

  • yayo says:

    ada bbrp faktor kritis, yg menghambat realisasi air mancur ini:

    energi yg dipakai untuk mengeluarkan air dari galon, ancaman “invasi” udara saat air keluar dari lobangnya.

    Energi yg dipakai untuk menaikkan air, dan memasukkannya ke dlm tank. Bisa memanfaatkan beda tekanan, tapi sebesar apa ia diperlukan ?

    • agus.mtoha says:

      pak,mohon maaf tanya nih,itu galon/drumnya diatas ada berapa lubang,dan yg dibawah lubangnya sebesar apa?dan ketinggian galon dan kolam berapa meter?sy ucapkan terimakasih sebelumnya tolong dibalas

  • kadek says:

    Saya masih ingat kisah dr alexandre fleming,,penemu obat penicilin,,teman2 nya mengejek nya karena merasa lebih pintar,mereka menganggap mana mungkin jamur bisa membunuh infeksi,sampai ada seseorang yg menyempurnakan dan malu lah temen pleming..semangat…kadang hal yg tak mungkin bisa menjadi mungkin,,teori fisika jg ditemukan manusia,,tentu lebih indah kalo ada teori baru yg belum ditemukan sebelum nya..salam

  • opik says:

    ikut nimbrung ah,,sdrku smua ide ini sy optimis brasil,awal 90 an ku coba drum bekas inlet 1/4,outlet 2 stlah terisi penuh out dibuka,air mengalir bbrapa saat dan in mulai masuk sayang drum kempot krn trllu tipis.artinya air pada sisi in kan ngalir dari bawah ke atas,,kalo saja drumnya tebal kan bs lain ceritanya.,.,.,

  • anggun says:

    wah TANTANGAN ini…
    setelah q pikir2 agar berhasil ini melibatkan beberapa rumus fisika dan matematika,dan kini sedang q dalami.aq sudah menemukan desainnya,cuma ada tambahan sedikit desain,dan aq akan mencoba prakteknya.
    INSYA ALLAH berhasil atas ijin-NYA.
    (YAKIN BANGET?…KAYAK SUDAH BERHASIL AJA)
    jika ingin berhasil kita harus YAKIN.
    SALAM SUKSES.

  • mas says:

    Teori Keseimbangan Alam, Rumus Perbandingan 1:1.

    Volume Tabung
    VT = VS x 2

    Diameter Lubang in/out
    L = LS x 1

    Keterangan
    VT = Volume Tabung
    VS = Volume Selang
    L = Lubang
    LS = Lubang Selang

    Semoga Bermanfaat, Salam.

    • agus.mtoha says:

      maaf nih ikut numpang tanya,outletnya dipasang selang atau selangnya lurusan keluar airnya dibakolam atau gimana?tolong dibalas ya

  • Darui says:

    juragan yg berhasil di email ke ane yah … dadi_zalfarisi@yahoo.com

    ane juga mao nerapin kalau beneran bisa, lumayan buat di kolam ikan .

  • arie jazz says:

    ahaa… mari kita lupakan semua rumus dan hukum2x… santai aja… yg penting tdk ada kebcoran dan tabung harus kuat. mari kita fokus ke output ! problm: udara masuk dr pipa output.ide sy, perpanjg/prbesar output.sy prnh pake 1stengah inch utk pipa output dan sy sumbat, trs tbg diisi air, lalu atasnya sy kunci.pas output dibuka air turun dg deras kemudian udara masuk ke tbg.lalu sy ambil baskom diisi air, mengulangi langkah tadi lalu output sy ‘sumbat’ dgn baskom td.ternyata air tdk mengalir.tusen klep dibawah inlet itu sdh harga mati. SILAHKAN DIKEMBANGKAN…

    • mas_trie says:

      Kalau masih menggunakan TABUNG TUNGGAL sebagai ruang HAMPA
      saya pastikan sirkulasi air dari inlet ke outlet tidak akan pernah terja:di.
      Sekalipun dicoba menggunakan berbagai ukuran diameter inlet.
      Berbagai ukuran diamater outlet.
      Sirkulasi akan berhenti ( SETIMBANG )
      pada minus (-) 300 mmHg yang ditunjukan pada skala VACUM METER yang terpasang pada tabung.
      Kalau masih mau mencoba saya sarankan gunakan TABUNG GANDA.
      itupun harus dihitung benar input – outputnya supaya jangan tekor.
      Sehingga sirkulasi akan ABADI .

      @trie

  • kholid aljohani says:

    satu kalimat ja.
    .
    goblok yang ndak ketulungan parahnya dipamerin di blog goblognya.
    .
    duh malu malu indonesia aja kalo dibaca netter tetangga jiran.
    .
    pake ilmi dikit napa?????

    • Nanang Nailu says:

      well Aku setuju dgn Anda Mas Kholid… Orang bodoh bertori hasilnya ya GILA……… Mau jadi pintar justru kelihatan bodohnya…

    • iwan says:

      Jangan cuma bisa menghina,mencaci ide orang mas…
      Setidaknya si admin mau berbagi sedikit ilmu dengan kita2.
      Sedangkan anda sendiri bisanya cuma menghina.
      Buat inovasi, buat ide baru, bagi dengan saodara2 kita, itu baru orang cerdas namanya.

  • kholid aljohani says:

    saran ja…..
    .
    mending buat pompa dengan tenaga fluidyne stirling. lebih jelas manfaatnya. murah meriah. pake energi matahari ja beres dah naik airnya meski kecil debitnya.
    .
    hati hatila.
    .
    sesuatu yang tidak dikerjakan oleh ahlinya (yg punya ilmu) maka tunggulah kehancurannya. hadist nabi.

  • itong says:

    Kok ngributin inlet outlet…. Sadarlah bahwa air itu bukan benda padat yang bisa bergerak berkesinambungan… air terdiri dari partikel2 yang kalo deket bener jadi es (padat) agak deket jadi air kalo jauh jauhan ya jadi uap (gas)….. nah pada saat air mengalami underpressure atau tekanan yang sangat rendah>>> bim salabim, air akan berubah jadi gas….. peristiwa ini dinamakan KAVITASI… coba googling kata kunci tersebut…. insaf yahhh

  • Ali says:

    Klo Ngasih artikel di uji coba dulu dan paparkan semua rumus2nya. gitu gan!

  • Nanang Nailu says:

    Teori EDAN teori EDAN>>>>

  • mas_trie says:

    Apapun TEORI nya
    Apapun RUMUS nya
    kalau masih menggunakan TABUNG TUNGGAL
    sebagai ruang HAMPA
    saya pastikan SIRKULASI AIR dari INPUT. ke. OUTPUT. tidak akan pernah jalan.
    Karena sirkulasi akan berhenti ( SETIMBANG ) setelah mencapai minus (-) 300 mmHg seperti yang ditunjukan pada skala VACUM METER yang terpasang pada tabung.
    Jadi kalau mau ber EXPERIMEN saya sarankan menggunakan TABUNG GANDA.

    SELAMAT MENCOBA

  • kholid aljohani says:

    semoga dibaca admin.
    .
    .
    min admin mending njenengan hapus postingan nie ya, menyesatkan umat yang tak paham fisika. mereka terbawa anggan anggan kemudahan kesimpulan “gratis”.
    .
    selain itu min.
    .
    ente juga menjatuhkan nama baik almamater anda dan prodi anda.
    .
    dulu ada yang saya komen langsung di hapus postingan blognya. sama idenya kaya ini cuma pake kincir tingkat gitu harapan energi gratis lagi..
    .
    mungkin disinilah bedanya teknik banyak praktek maaf dangkal ilmu. beda dengan sains murni yang ilmu minimal teori dulu baru merancang disain alat percobaan.
    .
    jangan samakan dengan alfa edison dan penemu penemu yg lain. mereka membuat mendisain alat dengan modal ilmu hukum teori dulu. orang yg mengolok olok mereka itu orang awam yg hukum archimedes aja ndak tau.
    .
    kalo kasus ini forum. yg mengolok paham ilmu hukum teori fisika fluida. yg mendukung admin malah orang awam yg dalilnya kun fayakun aja. .
    .
    ok min admin dipikir pikir lagi ya.
    .
    o ya saya alumni fisika unnes. sorry ngapunten jika ada kata kata inyong yg kurang sopan di coment sebelumnya. tetep semangt berkresi.
    .
    cogito ergo sum

  • Okie says:

    Saya cukup terinspirasi gan untk teori di atas,tapi gimana kalau sedikit kita rubah menggunakan 3pompa air 220v untuk menaikkan airnya?nah air turunanya kita pakai buat gerakin turbin?tetapi debit air harus seimbang dengan kekuatan pompa itu?kalau bisa cukup dc12v10a saja listrik yg keluar,dg 2 dinamo,nah output dinamo yg1 kita modif pake inverter 12vke 220v 300w kalu perlu pake aki bwt transferan,.kan bisa buat gerakin tuh 3pompa??jadi bersirkulasi.untuk ke beban tinggal nambah aki buat transferan dinamo ke 2.dan inverter 1lagi??

    • Mr, YOK TK BANGUNAN says:

      yes ,mas saya ada ide mudah2an blun pernah yang pos ” MOBIL LISTRIK ABADI ” mungkin kalau amerika, eropa masih perlu di cas batrenya, jepang hibrit, mudah2an ngak bertentangan dengan hukum kekekalan energi, thank

  • anggun says:

    waduh coment2nya banyak yg tdk setuju dng pompa gravitasi.
    jika anda tdk mendukung lebih baik jng coment yg macam2lah,jika ini BERHASIL anda jg bisa ikut menikmati,dan bila GAGAL anda jg tdk rugi,
    atau jangan2,anda adalah ORANG YG MERASA DIRUGIKAN BILA INI BERHASIL????

    Dan utk Agan @MAS thanks atas masukan Rumusnya,sangat berguna bagi sy dlm berexperimen.
    SALAM SUKSES TUK ADMIN DAN SEMUA

  • andez says:

    yang mo mencoba ya selamat mencoba
    tp ingat hukum kekekalan energi dan hukum kesetimbangan
    kayanya seh mission imposible, kecuali ada act of god he..he.. :D

  • as Budy says:

    Hukum fisika tdak berlaku global
    hukum fisika newton tidak berlaku pada hukum fisika quantum
    hukum fisika untuk tiap spesifik modifikasi alat tertentu tidak sama
    hukum fisika timbul setealh ada fakta
    jadi hukum fisika tentang mesin energi gratis juga timbul nanti setelah ada faktanya
    jadi hukum fisika suatu kejadian tertentu memeang belum ada bila blm ada faktany …,,tapi bukan berarti tidak ada atau tidak bisa.

    eh sebenarny kalau kita smua jeli dari hukum fisika sederhana yg ada ternyata energi itu memeng bisa dibuat ,,,, tapi anehnya kita tlah termakan teori hk kekekalan energi yg telah nyata dari rumus fisika yg ada tidak benar…..
    ….yg paling tidak tidak berlaku global untuk smua kejadian fisika
    ….ada konspirasi besar dibalik smua kebohongan publik ….oleh suatu kepentingan politik dan dagang minyak dunia ….
    …agar kita tetap bergantung pd dagangan mereka
    hormat saya buat semua rekan komentator
    A Setya Budy balikpapan

    • kholid aljohani says:

      smp sma dulu dapet fisika 3 ya dek
      .
      .
      komennya sok tahu ja………
      .
      .
      dah jawab ni pertanyaan kenapa bulan ditarik bumi ndak jatuh.
      .
      kalo bener paparan ente mayanlah ilmu fisika ente dek…..
      .
      cari di google sana n pahami…..
      .
      baru nanti belajar kekekalan energi. mekanika newton ma mekanika kuatum.

      • kuswandari says:

        ampuuunn..
        sepertinya semua jadi ribet kayak saya.. hehehe..
        wahai orang indonesia.. inget dunk,.
        semua percobaan dan latihan pasti akan menghasilkan..
        untuk yang satu ini , saya pernah mencobanya.. 8 x testy, 1 kali 90% berhasil, sisanya nyapein…
        tapi ternyata emang itu bisa dilakonin alias bisa berhasil..
        tapi saya belum bisa upload video nya..
        sederhana koq, pake cara di atas di gabung dengan system pompa tangan jaman jahiliyahh,..
        mau tahu video nya ?

  • as Budy says:

    maaf mas boleh saya tanya balik kalo elektron yg mengitari inti itu katanya tanpa energi… ia baru melepas atau menerima energi bila pidah level energi alias pindah orbit….blaa bla – blaa

    menurut hk.newton sebuah benda akan tetap pada kecepatn tertentu bila tidak ada gaya yg mempengaruhi
    Sekarng boleh anda jelaskan gimana bulan mempertahankan kecepatan padahal
    1. Tidak ada gaya lagi yg bekerja mendorong bulan
    2. yga ada tingggal gaya tarik bumi
    3.padahl agar tetap pda orbit bulan butuh gaya yg mendorong nya resultan gaya gravitasi thd bulan sama dg nol
    Jadi seharusnya ada 2 gaya yg bekerja

  • as Budy says:

    sebenarnya seorang yg tahu itu kalo saya yg bodoh ini dianggap so tau harusnya jelaskan saj apa yg saya katakn bukan hanya komentari anda ini sok tau…. baru jelas dari cara anda tsb spertinya ga punya sopan santun dalm bicara di forum.

    buat rekan rekan komentator Justru dari fisika newton itu sendiri sudah saya katakn bahwa enrgi itu bisa dibuat ……
    sebab
    1.energi tidak linier
    2.enrgi total akhir tetap… tapi enrgi sytem bisa bertambah besar berkali-kali…lipat…saya ada contoh hitungan sederhana dg rumus fisika …yg sangat simple. cobadeh hitung sebuah sytem yg balance misal roda gila disitu akn ditemukan bahwa energi total tetap tapi enrgi dalm bertambah
    3…..sebenarnya banyak contoh hitungan dan gejala ygnyata telah saya hitung … tapi…kalau bertemu langsung boleh deh saya kasih contoh dan hitungannya agar mata fikiran kita tidak selalu memakai sudut pandang yg itu itu saja dan sudah sok tau tanpa melihat apa sya yg bodoh ini tidak pantas menemukan sesuatu yg orang lain tidak tau
    ….
    wasalam

  • as Budy says:

    oya seperti sebuah metode tafsir sebenarnya siapasih yg menafsirkan maksud dari Hukum kekekalan energi tsb,, apa sudah ada yg menjelaskan bahwa ia berlaku global…. atau mungkin ada dinatara anda yg bisa menrangkan apakah isck newton mngatakn demikian -demikian tentang hukum kekekalan energi tsb….
    tolong pencerahanya
    wsl

  • as Budy says:

    coba anda terangkan
    jk sebuah benda seberat 1ton diankat dg sebuah elektromagnet atau dg tali paki tenaga manusia… berpa energi listrik yg diperlukan untuk menahanya selama 100 tahun
    sekarng bandingkan jika anda menganti elektromagnet tadi dg magnet yg cara buatnya setau saya dari energi listrik .. pd ferromagnet yg dipanskan lalu diberi medan elektromagnet…lalu didinginkan shengga energi listrik tsb menghasilkan medan magnet permanenn yg dapat bertahan sampai 400th nah coba anda bandingkan dan hitung sendiri

    mungkin anda scara konyol akan jawab ganti aja dg tongkat penyangga beban….
    nah disini kita kembali tidak jeli pasti kita pakai rumus w=f x s
    karena s=0 maka usah=0 itulah jika paki w untuk cari besarnya energi

    sekarng anda coba sling dorong dg gaya yg sama karena sigma F atu gaya =nol maka s juga akan nol… itu benar tapi apa anda akan mengatakn kedua orang tadi tidak mengeluarkn energy bahkan total energi yg dikeluakan keduany hrusnya juga energi dikali 2 sebab ada dua (2) oarng yg sling mendorong

  • anggun says:

    MANTAP GAN
    Jadi tambahan ilmu buat saya.terima kasih
    SALAM HORMAT dari saya

  • kholid aljohani says:

    to dek As Budy
    .
    benar dugaan inyong kan. ente ndak paham fisika. padahal pertanyaan tentang bulan adalah jebakan untuk mengetes saudara.
    .
    jawabannya adalah sebenarnya bulan jatuh ditarik bumi. buktinya adalah bulan tidak lepas meninggalkan bumi. ingat tarikan adalah gaya yg punya arah dan efek jatuhnya bulan ke bumi terlihat dari gerakannya yang membelom melingkar. dan dicatat lagi bahwa bulan dapat dikatakan memiliki kecepatan tetapi kelajuan.
    .
    ini adalah mungkin salah guru smp sma yg terlalu berkutat di soal hitungan pake rumus cepat kilat macam lks sehingga konsepnya salah total….. banyak kasus salah konsep di fisika macam ino…..
    .
    untuk orbit elektron ente juga salah konsep dan masih pake kata “katanya” lagi. pada kasus ni energi elektron tersimpan dalam bentuk energi mekanik alias kinetik potensia. mungkin yg ente maksud adalah pancaran gelombang elektromagnetik klasik…..
    .
    dan untuk kasus magnet listrik permanen orang dorong dorongan. ni menandakan anda tidak bisa membedakan mana energi mana gaya….
    .
    saran ja googling pakarfisika atau fisika salah konsep nanti anda akan paham dengan sendirinya………
    .
    jika sesuatu tidak dikerjakan oleh ahlinya maka tunggulah kehancurannya…….

    • kholid aljohani says:

      edit ya…
      .
      bulan tidak memiliki kecepatan tapu kelajuan…
      .
      membelok melingkar bukan membelom melingkar….
      .
      maklum ngetik pake android……

      • Samin says:

        Orang mau kreatif kok malah dilecehin harusnya bantu dong biar tarif pln nggak naik terus

  • Prast says:

    jika berhasil lama2 udara akan masuk dan kehabisan gaya untuk menarik,, ohya panjang slang <76cm ?

  • as Budy says:

    maaf buat mas yg suka ngelecehkan orang , bahkan sekerang di mulai ngelecehkan guru saya,,,, tobat mas

    Tolong anda jelaskan gimana caranya bulan mempertahan kelajuannya sehingga sehingga bulan tsb dapat tetap ada diorbit,,sementara bulan tsb ditarik ke arah pusat bumi,,,setahu saya hrs ada gaya yg bekerja pada bulan sehingga bulan mempunyai keceaptan sudut alias berputar
    Gaya yg bekerja pada bulan (F1) >>sehingg bulan dapat berputar>>> selnjutny karena berputar terjadi gaya sentrifugal yg melawan gravitasi bumi

    Gaya F1 yg rsultan nya melwan Gaya gravitasi bumi F2

    Nah tolong anda jelaskan sebagai orang yg ngaku pintar dari mana gaya F1 itu berasal??????

    Note coba saudara-saudaraku yg berilmu tinggi tolong jelaskan bagaimana sebuah pesawat terbang dapt mempertahan kan posisi ketingianya jika tidak gaya dari mesin,,, mungkin ada yg menjawab ah itu beda dg bulan kan bulan tidak ada gaya gesek dg udara ,,, oya betul tapi bukan kah baik pesawat maupun bulan ditarik ke pusat bumi,sehingga anadaikata tanpa gaya gesek sekalipun ia tetap butuh gaya yg mendorong tetap memiliki velocity(kecepatan)

    Oy mas yg terhoramt anda tidak bisa memisah energi kinetik dg gaya sebab tanpa gaya yg bekerja tidak akan bisa ada energi

    Energi kinetik baru bis terjadi bila ada gaya yg bekrja selang tertentu
    Gaya adalah intinya energi
    Gaya adalh penyebabb energi
    Gaya adalh mbah -nya energy

    Oya mas yg tentang eletron mengitari inti atom tsb saya pakai kata “katanya” sekali lagi sya katak anda sebagai orang pintar hrs nya bukan melihat “katanya” tsb tapi jelaskan saja apa katanya tsb benar atau salah atu gmn?

    Mungkin ini sebuah inspirasi sudut pandang

    Kalau saya sendiri berpendapat Justru karena dialam ini ga ada yg gratis … Semua butuh energi ( [berupa gaya dan waktu ]=alias impuls) yg baru jika dan selama ada gaya ayg mengganggu atu pengaruhi sbuah benda …mesti ada cara sbuah elktron maupun yg lebih besar seperti bulan …,,untuk beredar pada orbitnya tanpa tertarik dan menbrak inti yg menarinya kepusat edar nya

    Temuan baru yang sudah usang karena ketidak jelian kita
    Slah satu caranya menurut analisa saya yg bodoh dan lemah ini adalah dg cari mebuat lintasan orbit tidak lingkaran tapi oval atau elips ,….
    mungkin anda pernah baca gmna sebuah pesawat yg dikirim ke mars memanfaatkan energi gravitasi planet untuk melenting menuju planet lainya….saya telah baca artikel ini semnjak saya SD. Kelas 4

  • kholid aljohani says:

    saudara atau adek ni salah paham. saya sudah minta maaf pada admin tentang post yg kasar. kemudian nyaranin dia agar hapus ni postingan karena menjatuhkan nama baik almamater n prodi dia. atau mungkin adik nie ya adminya ilmu sipil..
    .
    saya katakan “ini mungkin salah”. disitu ada kata mungkin karena sebagian besar guru seperti itu ketika jadi panitia plpg dan pengamatan ppl dulu. n satu saya ini juga guru fisika smp sma negeri. maka dari itu saya biasanya mengajar bukan hanya itungitungan melulu tapi konsep juga. karena untuk soal olimpiade soalnya ya konsep ini salah satunya bulan itu.
    .
    kalo situ masih sma tanya gurunya lagi tentang bulan itu. sama ndak dgn yg saya paparkan.
    .
    dan ini juga salah konsep lagi nampak. gaya sentrifugal itu tidak ada. dan gaya sentrifugal itu bukan aksi reaksi dengan sentripetal.
    .
    bingungnya tambah kan……..
    .
    kalo mau jelas silahkan add aja akun fb saya kholid aljohani nanti dengan senang hati saya jawab sesuai konsep…
    .
    saya kadang agak jengkek ada yg tanpa babibu menghina ilmuan fisika menganggap beliau salah padahal yg komentar ndak paham tentang yg beliau beliau tulis dan wariskan. ya salah satunya adik ini…..

    • kholid aljohani says:

      oya tambahan…..
      .
      kita nie lumayan deket karena sama sama di borneo….
      .
      kebetulan tugas mengajar di kec. meranti kab. landak prop. borneo barat

    • Samin says:

      Ya kalau kamu guru mbok cari ide nggak usah mengolok-olok dan buatlah kreatifitasmu tunjukkan disini baru kamu bisa komentar

  • as Budy says:

    yg bingung itu anda karena jika anda mengatakan “.. gaya sentrifugal itu tidak ada ..berarti anda hrs jelaskan maksud anda tsb
    ke 2.
    anda katakn gaya sentrifugal itu bukan aksi reaksi…bla bla bla ..itu anda yg berkata
    padahl saya hanya jelaskan bahwa mesti ada cara sbuah benda agar terus berputar pada orbit yaitu sbuah cara agar tetap ada energy gerak (Energi kinetik) yg mana energi initerdiri dari komponen gaya dan waktu
    gaya tersebut harus terus mendorong bulan kedepan shingga proyeksi gaya yg berlawanan dd gaya gravitasi bumi menyebakan bulan tidak jatuh dan tidak pula leps dari orbit

    maaf ya mas awalnya saya juga termakan dg Hukum Kekekalan energi Yg memang berlaku benar pada contoh-contoh yg guru dan kita dapatkan dsekolah maupun buku2
    tapi setelah saya coba dg angka2 yg berpariasi dan variabel yg berbeda saya dapati rumus
    tersebut tetap benar tapi hasilnya justru menunjukan bahwa energi itu dapat diperbesar enrginya terutama enrgi kinetiknya yg sangat tidak linier
    kalo mas mau melihat temuan temuan nokola tesla tentang mesin energi saya melihat mereka coba menjelaskan bahwa mesin enrgy yg mereka buat bisa bekerja bukan karena melawan hukum kekekalan energi… inimereka kamuplasekan dengan Vakum Energi ,energi dari luar yg masuk kedalam sistem… padahal saya melihatny lebih pada sgar tidak berbenturan Publikasi umum yg msih kuat tntang Hukum Kekekalan energi…terlabih lagi pubikasi ini bisa saja ditunggangi pedagang minyak yg ga mau dagangannya ga laku.
    Mungkin seperti yg pernah ditampilkan di metro berita CNN bahwa tersnagka bersalah yg menyebabkan tiba2 dihentikanya proyek mobil listrik oleh sebuah perusahaan semikonduktora terkenal di amirika …tersngka disitu disebutkan atara lain pejabat pejabat pemerintah amerika.
    tenteng hitungan yg saya katakan ….itu bisa anda teliti sendiri karena sangat simple asal anda mau…sya yakin anda pasti lebih bisa dari saya.
    mungkin anda pernh coba n2 + n + 41 merupakan bilangan prima .. tapi gagalnya klo n = 41
    nah kalo anda tdak terus mencoba dg berbagai bilangan pada sebuah rumus fisika makanda tidak akan tahu bah ternyata rumus tersebut memiliki anomali pda bilangan tertentu….apakah anda sudah mencobany>>>>>????????
    Kalau saya sendiri sebagai seorang muslim setahu saya Tidak begitu saja menafsirkan sebuah Dalil …. nah apalagi ini kan hanya tafsir Orang tentang Hukum Kekkalan Energi yg Bisa saja benar bisa juga salah.
    Yg G bisa salh itu cuma Allah semata

  • kholid aljohani says:

    sebenarnya pengen juga buat blog tentang miskonsepsi di fisika. cuma sayang koneksi internet sini lemotnya ndak ketulungan..
    .
    njelaskan fisika kadang butuh gambar. bahkan kadang perlu animasi flash biar lebih jelas.
    .
    nantilah kalau dah da kesempatan kita buat blog “sang pencerah” dunia fisika..
    .
    gigih juga saudara belajar fisika. semoga nanti bisa dengan benar sehingga bermanfaat.
    .
    saya coba terangkan pake bahasa saya. tapi nanti dicek di forum forum fisika di google ya biar tambah yakin.
    .
    gaya sentrifugal adalah gaya pseudo alias gaya hayal aka tidak ada. ia diadakan atau dianggap ada hanya untuk mempermudah perhitungan. cara pemakainnya jika pengamat berada pada kerangka yang dipercepat..
    .
    bahasa gampangnya adalah jika bulan dilihat atau dianggap tidak bergerak mengelilingi bumi. padahal bulan kan ditarik bumi maka untuk bisa diam ditempat harus ada gaya penyeimbang yg biasanya dinamai sentrifugal. perlu dicatat sentrifugal haya untuk mempermudah perhitungan dan diadakan oleh pengamat yg berada di kerangka acuan dipercepat.
    .
    jika kita sebagai pengamat di kerangka acuan tidak dipercepat maka bulan.dilihat dalam keadaab bergerak. jadi sentrifugal tidak ada yg ada sentripetal saja yg menjadikan bulan membelok arah geraknya alias dipercepat kecepatannya. jangn bingung antara kecepatan velocity dengan kelajuan speed.
    .
    contoh gampang adalah anda naik sepeda motor yang melewati sebuah pohon (tidak menuju pohon). maka pada awalnya anda akan mendekat dan kemudian menjauhi pohon tersebut karena tidak ada yg menahan laju kecepatan anda.
    .
    coba sekarang ada tali yg mengikat saudara dengan pohon tadi. maka pada suatu jarak tertentu sepanjang tali anda akan dibelokkan oleh tali dan tidak bisa lepas dari pohon. nah gaya penahan tali inilah analogi sederhana dari gaya gravitasi atau gaya tarik bumi terhadap bulan yg mana bekerja sebagai gaya sentripetal.
    .
    lebih tepat jika disebut efek sentrifugal.
    .
    semoga bisa dipahami…..
    .
    rumus berbentuk persamaan fisika hanyalah mesin dalam fisika sehingga jika tidak paham konsep malah keliru menafsirkan persamaan tersebut. sehingga banyak kawan guru mtk ketika diberi tugas tambahan ngajar fisika mereka mengeluh karena bingung dengan fisika. jarang terjadi sebaliknya. bahkan guru fisika banyak yg mahir mengajar mtk dan merasa lebih mudah mengajar mtk daripada fisika..
    contoh sederhana pada hukum ohm tentang arus listrik.
    .
    v=ir
    .
    bukan berarti r bergantung pada v atau i
    .
    tapi r bergantung pada panjang bahan. jenis bahan. dan luas penampang bahan.
    .
    salah fatal pada mereka yg mencitacitakan listrik abadi tanpa sumber (bedakan dgn gratis karena gratis dapat diartikan dari angin air matahari) tidak faham dengan hukum lenz tentang arus yg timbul pada kumparan yang dilewati medan magnet.
    .
    lebih jauh lagi akan ditemukan bahwa magnet itu tidak ada. ia hanyalah efek dari gaya listrik yg muatannya bergerak.
    .
    jika ada tulisan maklumlah karena pake android di hp…….

  • kholid aljohani says:

    nie adalah beberapa soal konsep untuk mengetes teman mahasiswa guru dan bahkan iseng dengan dosen.
    .
    pertama. adalah tentang bilan ini. mengapa bulan tidak jatuh padahal ditarik oleh bumi.
    .
    kedua. pada persamaan gaya gravitasi misal antara bulan bumi yang mana yang ditarik dan mana yg menarik.
    .
    ketiga. kita tahu bahwa listrik adalah elektron yg mengalir. jika pln mati kemudian nyala lagi nampak bahwa kecepatan nyala lampu rumah hampir serempat atau sangat cepat dari pusat pln. apakah ini berarti elektron yg bergerak sangat cepat secepat serempaknya nyala lampi rumah rumah.
    .
    keempat. berkaitan dngn isi blog di sini. kita tahu bahwa fluida cair atau gas akan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan yg lebih rendah. kita juga tahu bahwa tekanan air yg lebih dalam akan lebih tinggi dari yg dangkal. pertanyaannya mengapa air dalam satu gelas tidak mengalir dari bagian bawah ke atas karena kita tahu di bagian bawah tekanannya lebih tinggi dari pada bagian atas.
    .
    kelima. mengapa ban motor gp di buat mulus padahal kita telah dijejali bahwa ban yg kasar memiliki gaya gesek lebih besar. harusnya ban moto gp dibuat beralur banyak agar lebih aman karena tidak licin.
    .
    keenam. apa salah jika saya mengatakan pada kasus benda yg melayang dan terapung di air keduanya sama sama berlaku gaya berat=gaya apung.
    .
    ke tujuh. bilamana suatu sistem atau peristiwa dikatakan berada dalam kerangka fisika klasik atau dalam kerangka fisika modern.
    .
    ke delapan. mengapa kita ketika memegang testpen dan memasukkannya ke salah satu lubang stop kontak pln lampunya menyala. padahal hanya satu kabel. sedangkan alat lisrtrik yg lain butuh dua kabel yg berhububungan.
    .
    itu yg dalam pelajaran fisika smp.sma. kalo dalam. fisika kuliah lebih banyak lagi.
    .
    jika mau mencari jawabannya pastilah sedikit hilang miskonsepsi akan ilmu fisika saudara saudara

  • tera says:

    coba upload video sistem pompa ini yg sudah work : kl hanya teori gak bisa dibilang WAH

  • anita says:

    wah menarik sekali ulasannya. pingin membuat pompa air tanpa listik sama sekali. kunjungi web saya juga ya http://www.positivebrain.asia

  • zen says:

    kalau lihat prinsip kerja diatas,kayaknya bisa,tanpa penguapan,tp namanya bukan air mancur tapi air terjun……..

  • afrizal says:

    ide ini sudah ada sejak saya masih sd kelas 5 SD (sekitar tahun 1970). waktu itu berbarengan dengan kompor minyak tanah dengan tabung bertekanan. untuk mendapat kan tekanan yang biasa menggunakan tabung yang dipompa. sebagai gantinya kita tidak perlu memompa tabung tetapi menempatkan tabung pada posisi lebih tinggi beberapa meter dengan cara di kerek atau digantung. ide tentang kompor bisa terbukti berhasil sedangkan ide pompa abadi tanpa energi. Sampai sekarang tidak pernah terbukti…. saran saya pikirkan hal lain yang lebih produktif.

  • amir says:

    Air Mancur Abadi atau apa namanya itu nomor dua, yang jelas air bisa naik.
    pakai drum, inlet pakai pipa (jangan selang), outlet terserah.
    diameter outlet = diameter inlet
    diameter =< 1 cm

    saya tidak peke rumus apa apa namanya yang disebut orang "sok" pintar, yang jelas prinsip kerjanya begini:
    1. air dalam drum menekan air keluar dari outlet,
    2. air permukaan dalam drum menurun menyebabkan ruang yang bertekanan rendah dari tekanan di luar drum
    3. ruang bertekanan rendah tersebut akan terisi melalui inlet, karena ujung inlet berada dalam air, maka air yang akan masuk. dengan catatan ketinggian drum tidak wah (semeter lah)

    • kuswandari says:

      setuja.. aeh SETUJU.. ANE SUDAH MENCOBANYA DAN BERHASIL BERHASIL BERHASIL..
      HANYA ADA 2 SYARAT..
      1. SAAT MAU DI COBA, JANGAN PERNAH ADA BOCOR WALAUPUN SE TITIK DJARUM.
      2 SAAT DICOBA, ISI DRUM / TANGKI / ATAU APA LAH ITU HARUS BERISI AIR SAMPE DI PIPA YANG MASUK AIR KOLAM
      SATU LAGI, yang saya coba, selang inlet pake yg 1 inch selang serat panjang sampai 1/2 dalam air kolam.. outletnya 1 1/2 ” pake dop bentuk kerucut panjang 25 cm.
      Tapiu SAYA PAKE BEKAS AQUA GALON 2 BUAH.. HEHEHE.. KUAT DUA MINGGUAN KARENA BOCOR MELULU INLET NYA..
      GITU PAK ‘e….

  • hens says:

    ni orang guru fisikanya siapa? bisa di ketawain orang sekampung..

  • koplak says:

    murid durhaka sama guru smp sma
    .
    mahasiswa durhaka sama d0senya
    .
    makanya ilmunya ndak keserap
    .
    kalau kuliah di jurusan fisika pasti di bantai dgn makian sampe keingat hampir mati ni orang

  • As Budy says:

    Maaf ya mas saya blm sempat lanjutkan dialog yg lalu,,, sebenarnya wkt itu udah saya tulis ,,, pas saya mau upload ehhh ada rumus rumus yg mendasar yg juga contoh contoh yg sangat rahasia sebab ide dan konseb tsb baru saya beberkan dg beberapa kenalan dekat saya termasuk rekan saya yg lulusan UGM.

    adapun tentang miskonsepsi dlm rumus .seperti yg v=ir yg anda utarakan itu benar.. dan hal
    itu pula yg terjadi pada kita tentang W=FS
    W atau usaha itu bukan lah penyebab tapi ia dalah akibat saja dari F dan t
    untuk mempersbesar W kita tidak bisa memperbesar jarak (s) sebab s juga akibat dari F yg bekerja pd benda selama t detik yg menghasilkan V kecepatan lalu karenany terjadilah perubahan jarak …s=Va*t + 1/2 * F/m t^2

    kesimpulanya anda tidak bisa berkata untuk bergerak dibutuhkan W(energi) tapi akan sebab W bukan penyebab tapi untuk bergerak kita perlu F dan t sebagai penyebab.
    W hanyalah sebuah besaran untuk mengukur energi yg dihasilkan F dan t pada benda bermasa m,
    ….hukum kekekalan energi itu berlaku untuk Konversi enrgi
    dari w1 ke w2 dari W ke Ek (energi kinetik), atu dari W je energi panas dst…
    besarnya selalu tetap bahkan menurun karena efisiensi dibawah 100%
    hukum kekekaln energi tidak berlaku jika sumber penyebabanya F dan t pd energi kinetik
    diubah besaran nilainya dan pada variasi F dan t Tertentu.
    Bukan kan Ek=1/2 m V^2 itu saja sudah cukup bagi saya menjelaskan bahwa energi yg dihasilkan tidak linier ,,, inatn V (kecepatan tsb) bukan penyebab tapi hari diurai ke variabel penyebab V ….. selamat mengotak atik

    Kita ini sering terperangkap dg sesuatu yg bukan penyebab seperti si W (usaha) ,,, dan akhirnya kita mengabaikan sesuatu yg menjadi penyebab (F dan t)
    sesuatu yg bukan penyebab jelas tdak akan bisa mengubah dirinya menjadi lebih besar…
    ia hanya bisa berubah wujud atau kita kenal dg konversi energi,,, hala ini berbeda sekali dg F dan t yg bisa memperbesar W

    Untuk contoh sederhana anda dapa memnerapkan rumus kecepatan dg mengubah besaran m(masa) dan anda akan melihat bahwa W tidak sama untuk m yg berbeda….
    jadi apanya yg kekal dan sama………………………………….
    wasalam

    semoga bermanfaat.

    bagi yg udah mencoba …. tlg kirim koment ke saya… terimakasih
    Smoga jadi ilmu yg bermanafaat

  • as Budy says:

    Di dunia ini tidak ada yg kekal …. termasuk enrgi, energi bisa tercipta ,lalu musnah , lalu terbentuk lagi,,,, itulaha yg terjadi pada bulan yg telah lama mengitari Bumi,,,,ia mendapatkan energinya dari siytem yg dibuat oleh sang Pencipta.

    Hukum kekalan enrgi tidak salah yg salah adalah kita yg menafsirkan tanpa hitungan bahwa Energi Kekal dan tidak dapat bertumbuh lebih besar… itu hanya benar untuk kasus konversi energi…. tapai tidak berlaku untuk selain konversi energi.

    Konversi energi yg dimaksud adalah mengubah wujud dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain yg tentu saja nama mengubah bentuk tidak akan mengubah besarnya ,,,tapi sekali lagi hanya bentuknya… misalnya energi gerak diubah jadi enrgi listrik…
    ,disini tentu saja 10 J energi gerak akan tetap jadi 10j dlm bentuk energi listrik dg asumsi efisiensi 100%

    Analoginya seperti ini Jika anda Mengubah satu kg beras menjadi tape tentu saja jika efisinsi dianggap 100% maka semu beras akan menjadi satu kg tape…jadi tiak mungkin jadi lebih berat dari 1kg(beras)

    Tapi beda halnya jika beras yg masih ada kulitnya anda tanam maka ia akan tumbuh menjadi lebih besar karena adanya tambahan nutrisi dari tanah

    Dalam kasus energi maka W1 analog dg beras yg dikonversi Ke w2 yg analog dg Tape
    Sedang Proses menanam dan nutrisi dari tanah analog dg F(gaya) dan t(waktu) yg terus membesar

    nah dg proses itu yaitu kita kembalikan pada faktor penyebab energi yaitu F dan t yg sperti halnya menanam beras sehingga beranya bertambah lebih besar tersebut maka membesarlah energi (W)…
    Munkin anlogi tsb belum terlalu tepat ,,tapi smoga dapat mambantu cara pandang kita.

    Smoga bermanfaat,

    Prinsipnya Jangan pangkas pohonya sebelum waktunnya panen,,,
    jangan pangkas energinya sebelum bertambah.
    Jangan lawat gayanya agar energi membesar
    jangan besar pasak dari pada tiang…..karena akan habis modal nya ..habis pulalah energinya

  • cogito ergo sum says:

    sama ny0ng juga baru buka nie bl0g.
    .
    bagaimana menjelaskannya ya, ini agak filsafatik jadi tulisan ny0ng mungkin amburadul.
    .
    usaha W dan energi E pada dasarnya berbeda penggunaan tapi karena menunjukkan kuantitas yg sama maka kadang saling tukar. b0leh2 saja sebenarnya saling ditukarkan.
    .
    maaf dulu sebelummya karena maksud kekal di energi jangan dikaitkan agama. bisa rancu nanti karena d0gma dgn sains harus hati2 menyikapinya.
    .
    0k pertama tama kita bahas dulu usaha W. usaha pada awalnya didefinisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda ketika dikenai gaya. trus jika diberi gaya tapi tak bergerak bearti tidak melakukan usaha d0ng? sesuai definisi memang begitu mau tidak mau.
    .
    lha kita kan sudah lelah mend0r0ng meski m0bil ndak bergerak, nah disini kadang kita memperukarkan istilah usaha dalam fisika dan dalam kehidupan sehari hari kita. nanti akan dijelaskan kemana usaha kita dilakukan.
    .
    nah sekarang kita bahas energi, energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. bahasa gampangnya energi adalah wujud dari perubahan usaha. disini dikatakan energi kekal sudah jelas bahwa ia hanya bisa berpindah atau berubah wujudnya dari bentuk satu ke bentuk lain. misal dari kinetik ke p0tensial atau sebaliknya.
    .

  • cogito ergo sum says:

    lanjut
    .
    sekarang gaya F. gaya didefinikan sebagai sesuatu yg dapat merubah arah dan atau bentuk benda. arah berkaitan dgm gerak benda yg pada akhirnya berkaitax dgn m0mentum yg mana m0mentum juga kekai. bentuk berkaitan dgn struktur mikro partikel yg pada akhirnya berkaitan dgn perubahan letak antar partitkel lengkap dgn kerumitan perubahan gaya antar partikel.
    .
    mari dimulai pembahasannya.
    .
    kita ambil c0nt0h air bermasa m yg berada pada ketinggian h. dalam hal ini air memiliki energi p0tensial E=mgh. c0ba dilihat bahwa mg adalah bentuk gaya lebih khusus gaya berat w dan h adalah jarak maka akan nampak lagi mgh bentuknya sama dgnt Fs.
    .
    nah jika air tersebut tetap diam diatas yg berarti tidak ada usaha oleh air meski gaya tetap ada yakni berat air dan energi masih dalam bentuk p0tensial.
    ,
    sekarang jika air turun kebawah. gaya berat anggap aja tetap nilainya, usaha terjadi karena ada perubahan kedudukan. dan terjgdii perubahan energi p0tensia.
    .
    nampak bahwa perubahan energi akan menunjukkan peristiwa usaha. perhatikan pula bahwa diatas atau dibawah air tetap dikenai gaya berupa gaya berat.
    .
    nah sekarang ke kasus d0r0ng m0bil.
    .
    jika sudah memberikan gaya d0r0ng tapi m0bil tetap diam bearti kita tidak melakukan usaha ke m0bil sesuai definisi. mungkin jadi pertanyaan kemana energi kita hilang? nah energi kita tidak nampak pada usaha m0bil tapi berubah dalam diri kita sendiri seperti bertambahnya suhu tubuh dan rekasi kimia yg lain. dapat diartikan gaya kita tidak nampak tersalur ke m0bil alih2 ke angg0ta tubuh lainya.

  • yohanis senggo says:

    pembahasan yang sangat menarik, setelah saya baca-baca debatnya, dapat disimpulkan bahwa Mr.Kholid dan As Budy, orangnya sama-sama percaya dgn ilmunya masing-masing yg diperolah dr pembelajaran yg lama dan penuh percobaan. dan sy senang sekali melihat anak bangsa jika semuanya begini. sy jg pengen tp bukan jurusan sya.

    kalo masih muda dan pengen dilakoni, bs-bisa dapat penemuan baru, atau penyempurnaan dari ilmu sebelumnya.

    tp saran buat pak Kholid, kalo komen hasil karya teman2 onliners kita, ada baiknya dgn kata yg santun, krna org jengkel membaca komentar bapak.

    dan setelah disimak, kayaknya bapak sudah mulai gak ngotot dan sudah baik-baikan.. itu artinya, ilmu bapak masih bs dipengaruhii….

    saran aja yahhh,,, jgan marah!!!!!!!!!!!!

    krna amarah itu mendatangkan mala petaka kalo g bisa diredamm…

    sebelum bertindak, dinginkan hati dulu!!!! bukan cuma buat pak Kholid, tp smua yg suka memberi komentar!!!

    Bravo to You!!!

  • cogito ergo sum says:

    iya si ada benarnya juga
    .
    diterima sarannya.
    .
    jujur saja kalau ada yg bertanya baik2 maka dijawab dgn baik. hanya saja kadang tanpa aling2 langsung jedet newt0n salah, ilmuan memb0h0ngi publik. nah itu yg kadang langsung jengkel saya. karena mereka mempelajari mengamati dan merumuskan dgn taruhan nyawa.
    .
    salam kh0lid alj0hani
    .
    bagaimana kalo kembali ke t0pik bl0g ini lagi?

    • esemku says:

      (tersenyum dan bangga) dengan kalian berdua pak Aljo dan pak asBudy, sepertinya semangat Newton dan para penemu2 itu mulai muncul di sini..

      jika saja kalian berdua bertemu :) subhanalloh

      terus terang sy bingung dengan penjelasan rumus2 fisika kalian..
      hehe (knpa dulu waktu sekolah ga serius belajar fisika ..)

      tp sy pribadi lebih mengapresiasi dan menghargai praktek percobaan nyata walaupun belum berhasil, daripada perdebatan kepintaran kalian dalam berargumen tentang rumus2 dan hukum2..
      adakah solusi sederhana untuk tema blog ini?

  • Sucahyo says:

    salam kenal…

    indonesia banyak menghasilkan juara-juara dalam lomba fisika internasional…

    tapi…

    kok sedikit ( kalo ada ) yang berhasil menemukan penemuan ilmiah…

    Ayooo….. kreatif….terus berinovasi….dengan ide2 yang bermanfaat bagi semua

  • As Budy says:

    wah bagus- komentny,,,
    mengenai gaya yg kita berikan pada mobil yg didorong…dan mobil tak bergerak ,,,lalu kemana energinya….ada yg bilang mungkin suhu tubuh kita yg bertambah naik…lantas kalo bleh saya bertanya gimana kalo saya ganti gaya dorong saya dg gaya gravitasi. ..dimana meski tidak bergerak gaya itu terus bekerja mendorong mobil tsb lewat seutas tali. wah bukankah justru tidak terjadi perubahan /konversi energi ke bentuk panas dan lainya,
    hal yg sama dapat anda bandinkan terhadap sebuah batu yg disangga tongkat yg padanya
    bekerja gaya gravitasi hingga ribuan detik…. tdk terjadi perubahan suhu ,,bunyi, dll.

    Dari uraian saya tentang Energi ,,,disitu terlihat bahwa enrgi itu Jika kesepakatannya hanya
    berdasar kemampuan melakukan usaha maka kita tidak akan bisa menghitung besarnya energi tsb yg dilakukan oleh sebuah gaya F(newton) yg bekerja salama selng wktu t(detik) …jika sigma Gaya (F) berlawan arah dan sama besar
    Apa anda masih ingat bahwa Usaha(W) itu adalah akibat Dari Gaya yg bekerja pada benda bermasa m selama selang wktu t sehingga
    1.Jika sigm F tdk sam dg nol maka akan terjadi perpindahan / kecepatan
    2.Jika sigma F = 0 (nol maka besarnya perpindahan =nol alias tdk bergerak alias kecepatn nol … dan sekaligus kita tidak bisa menghitung potensi enrgi dan besarnya Energi yg dapt dilakukan si F dan t thd masa m tsb

    tapi menurut saya itu bukan berarti tidak ada enrgii pada kejadian tsb ,,melainkan itu sebuah ketrbatasan Definisi Usaha itu sendiri yg membatasi dan terbatas untuk mengitung besanya energi yg terjadi pada kejadian tsb.

    pada intinya saya ingin samapaikan Bahwa W itu hanyalah sebuah cara itu mengetahui salh satu besaran energi.
    yg mana enrgi itu sebenanya bukan disebabkan oleh W tapi oleh F ,t

    F dan t yg bekrja sebagai komponen dsar Energi …
    Jadi Jika Kita bicara energi Kita Tidak hanya Bicara W=F x S(jaraK)
    SEbab S itu sendiri Juga Hasil dari Kerja F pda benda bermasa m selang t (detik)>>>>
    >>>> S=1/2 (F x t/m)…

    Sekali Lagi F dan t adalah komponen penyebab utama dan mendsar
    jadi kita tidak bisa bilang Jika ada gaya yg bekerja pada sebuah benda meskipun
    tidak terjadi perubahan jark,,,maka tidak ada energiny,,,
    Jika sepenyebab talah beraksi maka pasti ada hasilny meski jarak tetap nol…
    Besaran Energi tidak bisa kita batasi dg perpindahan jarak saja….
    tugas kita mencari besaran lain yg lebih luas ketimbang besarn W, besarn Ek(energi kinetik),
    besaran Energi Panas ,dll.

    Kira kira Besarn apa yg Yg cocok untuk gaya yg bekerja pd Benda namun sigma gaya(F) nya sama dg nol…………………………….????????????????????

    Oya saya ada dg dari salh satu tv yg nonstop isisnya ceramah dan qiro’ah…
    Sebuah pertanyaan yg bagus sebenarnya merupakan sebuah jawaban.
    (bukankah dibalik pertanyaan tersimpan Jawabanya)

    Kira-kira Brasaran apa yg cocok buat menghitung Sebuah gaya yg bekerja pada Benda X (yg diletakan diatas meja yg ditarik gaya tarik bumi selama ribuan detik )

    Oh Lebih terasa gayanya bila batu tsb diltakan ditangan Kita sehingga menghabiskan tenaga kita untuk menahan gravitasi bumi pada batu tsb agar jaraknya tetap nol skalipun.

    wassalam
    as Budy

  • Samraka says:

    Berbicara tentang teknologi, saya berprinsip:
    SEGILA APAPUN SUATU GAGASAN, HARUS DICOBA.
    Artinya: Semua gagasan terkait teknologi, baik yang sederhana maupun yang canggih, harus diterapkan melalui percobaan. Percobaab tersebut tidak cukup satu kali, tapi harus berkali-kali sampai berhasil atau gagal sama sekali.
    Gagasan air mancur abadi ini memang sudah lama ada (sekitar tahun 70-an). Saya ingat waktu itu ayah saya yang seorang ustadz (di pesantren terkenal) membicarakan teknologi ini. Saya yang pelajar di bidang kimia kesehatan tidak tertarik. Sekian puluh tahun pembicaraan tersebut seolah terlupakan dan ingatan tentang hal itu dibangkitkan lagi oleh sekelompok mahasiswa saya (di FKM UNTB) sekitar tujuh tahun lalu. Mereka mencoba menerapkan teknologi itu untuk penyediaan air bersih (PAB) dalam Praktikum Kesehatan Lingkungan, suatu matakuliah yang bertujuan melatih mahasiswa menerapkan segala macam teknologi guna menanggulangi masalah kesehatan lingkungan. Walaupun menurut pemikiran saya tidak akan berhasil, namun saya terus memberi semangat kepada mereka untuk mencobanya. Berbagai usaha dilakukan untuk mengatasi kegagalan-kegagalan yang yang terjadi selama percobaan. Mulai dari mengatasi kebocoran sambungan pipa sampai megubah konstruksi. Pada setiap kegagalan saya haruskan mereka memberi penjelasan tentang penyebabnya dan rencana perbaikannya.
    Air bisa mengalir cukup lancar untuk beberapa waktu sampai pada akhirnya terhenti sama sekali. Ada udara di dalam drum! Dari manakah asalnya udara itu, padahal semua sambungan sudah cukup rapat.
    Hal ini membuat mahasiswa saya bingung. Tapi bagi saya tidak, karena memang sudah saya duga dari semula. Apa penyebabnya? Selamat merenungkan!!!

  • As Budy says:

    Udara yg anda maksud…saya memiliki sumur pompa tertutup… kalau saya menghirup dg mulut pada lubang out put tangki akan tersa seperti yg kita rasakan saat minum sprite soft drik…
    saya menduga itu adalah kumpulan co2 yg berdifusi pada air yg akhirnya keluar saat tekanan di air menurun karena divakum…lalu terkena adukan propelar mesin pompa….
    Jadi dugaanya udara tsb bersal dsari udara yg berdifusi pd air yg berada pada kedalam yg mana tekan udara di kedalam dibawh titik nol lebih besar dari tekannan yg berada diatsnya yg menyebabkan udar berdifusi krena pengaruh tekanan

    • Samraka says:

      Sebenarnya bukan hanya CO2, tapi O2 dan N2 juga. Secara alami, dalam tekanan udara noirmal (1 atm atau 76cmHg), udara selalu berdifusi ke dalam air dengan berbagai kadar. Karenanya ikan bisa hidup di air.

  • Sabrina says:

    kenapa kita ndak meniru tumbuhan, dibagian kulit dalam tumbuhan terdapat beribu-ribu pembuluh kapiler yang menyalurkan liquid dari dalam tanah lewat akar sampai kedaun, MELAWAN GRAVITASI BUMI. Ganti selang saluran yang menyedot air dari bawah dengan beberapa selang kapiler. Masalah selesai. Air mancur akan terus mengalir dengan lancar.

  • Samin says:

    Untuk pak kholid air laut pasang itu naik apa turun terus pake energi apa tolong itu klarifikasi dan terapkan disini serta kasih solusinya

  • As Budy says:

    Saya pernah googling bahwa pada sebuah pohon yg sangat besar perhari bisa menguapkan air sebesar 200 kg… buakankah itu berasal dari energi dan juga gaya kapileritas plus pemansan pda daun

    oya ada juga berita tentang pohon yg bisa menangis alias keluar air dari daun nya….

    Oya mengenai pompa tenaga gravitsasi
    Gimana jika diperhatikan dulu titik kesetimbangannya diposisi berapa? lalu apakah titik setimbang itu dapt dimanipulasi kesetimbangannya,,, dngan per kombinasi dg berat / gaya berat air

    Apapun ceritanya disini kita hendak memanipulasikan agar gaya tabung kira lebih kecil dari tabung kanan …agar didapat w yg sama dg Jarak sebelah kanan lebih pendek sehingga kita dapatkan ketingiian yg lebih tiggi maka harus dikombinasi dg penghasil gaya berat dg delta h yg pendek …seperti per ….sepertinya lebih mudah menerangkan dsertai gambar…..tapi disini gabisa upload gambar

    wah maaf nulisnya blm dikonseb jadi kuarng jelas.

    smoga bermanfaat…..!!!!????

  • As Budy says:

    Paang surut …wnergi gravitasi,,,interaksi gaya magnet bumi dan bulan …perubahan medan magnet tersebut mengasilkan perpindahan materi air laut setinggi +- 2m dikalikan …wah energi yg melimpah,,,energi yg bersal dari gaya magnet benda2 langit……..
    energi gratis dari sang pencipta,
    coba lihat tentang Ek ek yg tergantung pada V (kecepatn) yg memiliki enrgi yg berbeda bahkan berlipat pangkat dua pd stiap stiap keliptan V
    http://www.veljkomilkovic.com/Docs/Jovan_Marjanovic_Basic_Principles_of_Overunity_Electro_Machines.pdf
    http://www.hasslberger.com/tecno/tecno_1.htm

  • wendy says:

    Proses terjadinya air hujan yaitu air menguap karena perbedaan tekanan udara dbawah tekanan panas dan diatas tekanan udara dingin lalu uap air diatas dikawinkan dengan uap air dari ombak yang yang terjadi dilepas pantai saat bertabrakan dengan karang partikel kecil dari ombak yang mengandung garam dibawa oleh udara naik untuk dikawinkan dengan air yang sudah terkumpul di atas jadi lah air hujan jadi konsepnya untuk menaikkan air keatas harus menggunakan energi.

    proses air hujan sampai dibumi itu panjang dan banyak sekali energi

  • Anonymous says:

    1. Apakah pipa pengisap dengan pipa pembuangan sama besarnya?
    2. Berapa max kedalaman / panjang pipa pengisap terhadap pipa pengeluaran air?

    • kholid says:

      mampir lagi

      silahkan cari jawaban 7 soal tes konsep yg saya coment sebelumnya. Insaallah saudara paham sendiri.

      untuk kapilaritas silahkan baca wikipedia versi inggris perpetual m0ti0n engine. dan tumbuhan juga menggunakan energi kimia dalam bentuk tekanan osm0sis untuk m0mpa air, jadi tidak hanya kapilaritas. tentu saja energi dari matahari untuk tumbuhan hijau.

      gravitasi bukan magnet. bahkan magnet itu sendiri adalah listrik. baca juga dulu bulan lebih dekat dengan bumi, disana diterangkan hubungan jarak dan gravitasi bulan terhadap rotasi bumi dan air laut.

      untuk usaha energi, silahkan baca lagi intr0duction of thermodinamic. disana lengkap dan pas bagaimana menggunakan istilah usaha, energi kalor, dan energi dalam. disana juga anda akan tahu apa itu sebenarnya suhu temperatur.

      Gravitasi dan listrik adalah gaya lemah. Gaya kuat adalah gaya dalam inti atom.

  • Ketupat Edan says:

    luar biasa pemikirannya.

  • ok siiipppp,,, kesel nimboo truuusss.

  • jos gandos, bisa saya aplikasikan di rumah.

  • Itu Baru Teori… Diprkatekkan tidak bisa.

  • Hendri Ping says:

    malu malu in aja. guru fisika ente bisa bunuh diri liat murid sok pinter kayak gini

    • kholid says:

      aja seru2 kang

      mundak dipisuhi mengko rika

      silahkan yg sudah bisa dan terbukti jalan

      hubungi iny0ng di 0852909778ab

      ab adalah 8 tambah 5

      saya bantu untuk mendapatkan n0bel untuk fisika dan ketahanan energi

      semangat

  • Anonymous says:

    Bener2 hebat gan… air mancur abadi ini, abadi nunggunya… hehehe… yang bener bukan air mancur gan, tapi air netes.. itu masih mungkin.

  • Apies says:

    Gobloklah koe

  • wong-wongan says:

    wah saya jadi judeg !!!!
    pokoke ilmu fisika ra mlebu.
    ilmu donyo opo wae ra ketemu.

    sik iso muk buktine piye. sarate iso berjalan benar2 abadi !

    trus iki wong JEPANG WAE RA ISO ! EISTEIN YO RA MUDENG ! NEWTON blazzzz ra dong !opomane liyane………

    hanyaTuhan yang tau !!!! hehe….

  • bakrun ajah says:

    ho oh mas bro !!!
    opo maneh aku …… guru fisika ning yo…..mumet !!!!
    pernah ber xx dicoba berhasil dan tabung ……… tabungnya kempot. atau berhenti GREG !

    RAMPUNG !!!!

  • agus says:

    My freand semua…sekarang ko pada mumet…apa artinya tu mumet…kalau udah pake ilmu pisika atau ilmu apa tapi makin pusing…sekarang coba aja…Drum isi air….yang penuh jangan ada yang kosong..pembuangan air yang bawah harus lebih besar dari yang atas tapi pake pipa agak panjang sekitar 0.5 meter yang atas lebih kecil dari yang bawah…jangan dulu pake selang yang panjang pake juga 0.5 meter..terus keluarin air dari bawah coba tutup pake tangan lubang yang diatas, nah baru kalian hitung berapa kekuatan tabung atau drum itu menyedot air…tinggal kalian pikirkkan berapa radian lingkaran yang bawah dan berapa besar radian lingkara yang atas untuk besar lubangnya….insya Alloh ketemu solusinya gan gan and freand semuanya….Salam IPTEK…..

  • Sukron says:

    Yang jelas air turun gampang. Air naiknya ini yg sulit bahkan gak mungkin. Prinsip kapilaritas tumbuhan karena tumbuhan punya energi intuk nyedot sama matahari. Tubuhan hidup, selang gak hidup.

  • Williamson says:

    Pompa tanpa listrik sudah lama ditemukan dengan nama pompa hidrolik (dengan tekanan alami). Ditemukan di Inggris 1772, belum dipatentkan. http://en.wikipedia.org/wiki/Hydraulic_ram

  • daku says:

    ternyata itu membutuhkan energi negatif seperti kerja pompa karena begitu enegi negatif dipompa tidak didapat maka pompa gede pun ga akan bsa ngisep.jadi volume dan tinggi hsrus dihitung perbedaan p1 dari tangki harus lebih besar dari p2 = berat jenis x gravitasix tinggi
    intinya pi bisa dhitung dari v kwardat = 2gh maka tekanan p1 dapat dicari.

  • godax says:

    ngarang aja loe……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

  • Cogito Ergo Sum says:

    Tak kira dah dihapus

    Lama tak bisa dibuka
    eeeeeeeeee…… ternyata masih ada

    Sudahlah

    semoga tercapai “mimpimu”

    Viva………………….

  • Herman says:

    Coba perhatikan ini, mungkin memberikan ide :)
    http://www.youtube.com/watch?v=287qd4uI7-E

    Perpetual motion machines (hypothetical )
    Self Flowing Flask

  • sadam says:

    Salam semua,saya seorang mahasiswa saya pernah akan menggakat ini sebagai TA saya dan hasil nya setelah berulang ulang memikirkn nya,wakrtu bnyk terbuang krna gagal lagi dan gagal lagi namun saya tak berhenti sampai disitu saya coba lagi dan hasil air yang ada pada tangki memang bisa mengalir melalui out put namun bila permukaan air berada diatas permukaan tenki. Dan bila setara pun dari permukaan air,maka outlet pun berhenti karna terjadi pemakumman,apalagi kalo diastas seperti ini tidak akn perna ter jadi,bnyak teori yg saya gunakan bahkan saya telah memakai hitung”an yg rinci krna saya sebagai anak teknik juga bimbingan dosen saya,dan hasil nya begitu la,trims buat smua nya

  • Darsono Resadikara says:

    maaf saya ikutan, tapi bukan masalah fisika dsb (saya gak ngerti), tapi saya buka blog ini ketika saya cari teknik pembuatan sistem pompa kedap air sumur dangkal (pernah ditayangkan di TVRI Aceh tahun 1986an), pas dilihat teknisnya kayaknya sama dengan pembuatan “air mancur abadi ini. Walaupun untuk saya ini masih kurang lengkep penjelasannya, tapi apapun tengkeyu untuk infonya.
    Terus kembangkan iptek untuk dapat berbagi, saling melengkapi/menyempurnakan.

  • Brigadir says:

    SUKSES GAN…..!!!
    Masih ada yg belum percaya ?, Kita tentu dapat memaklumi
    Saya dan teman sukses membuat aliran air tanpa listrik ini seperti yg dimaksudkan dengan teori diatas tapi ada hal-hal kecil yg riskan memang dalam membuatannya, salah sedikit GAGAL.
    kami menggunakan drum plastik, ketinggian sekitar 2,5 m, pipa input 1/2″, pipa output 3/4″
    drum plastik ditutup rapat dan diisi air penuh (tidak boleh ada udara sedikitpu), pipa Output kasi KRAN AIR, jika sudah Siap Tingga buka KRAN, selamat mencoba.
    masih ada yg saya sembunyikan 1, silahkan dipikirkan lagi, kalau mentok gak bisa hubungi saya bro.

    http://www.multiagro.co.id

  • Arifin Buwana says:

    thanks atas opini para master…like my fpku yah..Miniatur Air Terjun

  • sena says:

    Gw yakin bisa kok… baca ini bikin wa inget waktu kecil dulu liat tetangga sebelah wa sedot bensin pake selang kecil

  • sigit ph. says:

    saya mau tanya, ukuran selang keluaran dengan selang penghisapnya sama atau tidak ?
    jika selang keluaran > selang penghisap otomatis air dalam tabung secara perlahan akan habis karena keluaran lebih besar. kedua jika selang penghisap > selang keluaran apakah mungkin air bisa mengalir ? sebab jika selang penghisap lebih besar berarti gaya ke bawah lebih besar daripada gaya hisapnya kan ?
    mohon penjelasanya , , , karena jujur saya tertarik dengan konsep anda ini.
    terimakasih !!!

  • u.ginting says:

    pompa ini bisa sukses ada.beberapa ke tentuan yang harus di perhitungkan dan tehnik/cara pada awal pengoperasian pertama,karena air tersedet/naik ke atas tabung diakibatkan adanya ruang hampa udara di dalam tabung dan besarnya kehampaan/ke vakuman juga ada nilai tertentu.sehingga air dengan sendirinya naik sendiri karena adanya hapa udara{tek dibawah nol atmosfir}jadi adanya perbedaan tek di permukan sumur{1 bar} dengan tek di dalam tabung{bawah nol bar} jadi air naik ke tabung.
    masalah kedua.dari sisi out let juga ada perhitungannya.sisi ini harus bisa melawan tekan udara luar,supaya udara tidak bisa masuk ke dalam tabung,jadi panjang pia juga ada perhitunganya yaitu ,tek udara luar 1 bar=1….kg/cmharus bisa dilawan oleh tek air dalam pipa out let,juga debit air keluar harusdi siasati sama debit masuk itu lah kuncinya.kuarng jelas hub.081212248458

  • edy says:

    ide bagus mas,, tp kl di praktekin.. air yg terjun kebawah tidak bisa menarik air yg ada di selang menuju tabung, karena udara bisa masuk bersamaan saat air turun kebawah, lihat aja galon dispenser… saat kita mengeluarkan air pada kran.. saat itu juga udara masuk lewat kran.

  • Arisnur says:

    Saya setuju dengan analisa sdr U.Ginting, untuk menaikkan air diselang dibutuhkan vacum kondisi/ hapa udara, karena dengan tekanan -(minus) akan menyedot air diselang ke tanki, Dan dengan perhitungan yg tepat hal ini bisa berhasi.
    Secara teknis untuk memulai proses ini tabung dan selang harus terisi penuh dengan air tidak boleh sedikitpun ada udara terjebak didalamnya (ini bedanya dengan prinsip dispenser, coba perhatikan bahagian atasnya ada ruang kosong yang tidak berair. dulu waktu STM pernah mencoba hal ini, tapi karena tidak pakai perhitungan seperti yang dijelaskan sdr Ginting, air sempat mengalir sebentar lalu apa yang terjadi drum yang dibuat kempot karena kevakumannya cukup besar.
    Jadi menurut saya hal ini bukanlah rekayasa tapi bisa berhasil tapi dengan syarat perhitungan yg tepat itu tadi.

    Demikian
    Salam berkreasi, maju terus jangan putus arang.

  • sagdermo sumeleh says:

    lihat hasil video kok yang muncul semut jalan2 dan tulisan this vedeo does not exist apa saya harus pasang antena

  • ksatria gebleq says:

    gak ada yg gak mungkin selama masih di usahain. gak ada yg mustahil selama masih ada yg mau ngerjain jgnkan cuma mindahkan air dari tempat yg rendah ke tempat yg tinggi. mindahkan air ke planet yg tinggi pun klw memang di usahain knapa nggak mungkin?!
    sst.. sifat air mgalir ktempat yg rendah itu betul pi bkn bearti air gak bisa mengalir ke tempat yg tinggi. btul nggak ? air bisa mgalir ketmpat yg tinggi bkn cuma karna ada nya bantuan energi. tanpa energi pun bisa apa iya ?!!!! sst… nih tak kasih contoh: isi botol kosong dengan air jangan penuh2 cukup seperempat atau setengahnya saja
    lalu masukan kain kecil panjang atau sumbu ke dalam botol sampai basah. dan setelah basah tarik ujung kain itu lalu sandarkan di atas kepala botol dgn ujung kain sedikit keluar dan menjuntai ke arah tanah eng..ing..eng… apa yg trjadi ternyata sang air mengalir dari dasar botol yg rendah melewati kepala botol yg tinggi sebelum jatuh menitik ke bumi apa dlm hal ini anda lihat ada nya energi ?

  • yudi haspiyanto says:

    saya sangat tertarik dengan artikel ini, saya akan mencoba dengan enggunakan dru besi da kuat, udahudahan akan tercapai apa yag saya dan penulis harapkan,,,,,,,jangan lah menfonis apa yag beu pernah kita kerjakan,,,,,,siapa tahu tuhan meridhoi. amin seoga sukses seua

  • Setiawan says:

    Alhamdulillah saya sukses membuat pompa abadi tanpa arus listrik ini meskipun dengan sedikit penjelasan diatas Dan beberapa kali bereksperimen, terima kasih sangat membantu sekali. Terus kembangkan iptek untuk masyarakat yang kurang mampu, semoga pemikiran anda ini menjadikan berkah bagi banyak orang dan saudara penulis.

  • aleg geblek says:

    saat bang tom berkata ” sy akan membuat alat penerang tanpa api, tinggal pencet lngsung byar “. semua orng tertawa… saat ada orng yg bkt ” sy akan membuat alat untk bicara dngn orng lain di luar kota pd wkt yg bersamaan “. dia malah di anggap gila … bahkan malah ada yg dipaksa untuk diberi terapi di dokter jiwa . . .

    jika semua orng di muka bumi ini berotak normal seperti kita, mungkinkah dunia ini menjadi seperti sekarang ???

    perbedaan orng pintar dan orng bodoh adalah :
    1 . orng bodoh berfikir di dalam kotak, sedangkan orng pintar berfikir di luar kotak .
    2 . saat melihat dan mendengar sesuatu yg di luar pemikirannya, orng bodoh akan tertawa menghina , sedangkan orng pintar memikirkannya dan mencoba untuk mencari tau lbih bnyk . artinya , sifat alamiah ( refleksitas ) orng bodoh adalah cacian dan cemooh . sedangkan orng pintar , adalah rasa penasaran dan keingintahuan.

    jadi seperti yg manakah kita ?

    sepuntenipun asal nulis hehehe

    • linda says:

      Mantab mas sindirannya.hahaha.kebetulan sy mau buat aquaponik siapa tahu bs pk sistem ini

    • Linda says:

      Sayangnya ga boleh ada udaranya kl buat aquaponik ga bs ya ntar ikannya mati.harus mikir cara lain

  • pikiran cupet says:

    Model koyok ngono lek iso tak sembah silitmu ger ^o^

  • benox says:

    teori di atas akan sukses jika tidak ada udara di dalam tabung

  • Leo. says:

    Maaf,agak melenceng dari topik adakah diantara kalian berfikiran menghasilkan listrik rumahan tanpa bahan bakar,selain solar cell?

  • Joge says:

    Mau ane coba dulu memakai galon..

    • Adi says:

      Dear Joge,

      Pakai satu gallon kemungkinan besar gagal gan, karena gallon air di desain untuk bisa bernafas (Glebug-glebug),karena ketika air turun dan terjadi vacuum dalam gallon, justru air yang tadinya turun tertarik lagi keatas. saya sudak korban 2 gallon aqua dan gagal.
      Pada akhirnya bisa sih, tapi harus 3 galon aqua disusun secara seri. bagian bawah pada gallon pertama yang letaknya dipasang paling tinggi(posisi kerucut galon dibawah) dipasang selang ke bagian atas gallon kedua sedangkan bagian atas gallon pertama ini dipasang selang sebagai suction atau jalur masuk air dari bawah,kemudian pada bagian bawah gallon kedua dipasang selang ke bagian atas gallon ketiga, bagian bawah gallon ketiga ini dipasang selang minimal 1,5 meter kebawah ukuran selang semuanya 0.5 inch.

      Ternyata, didaerah sragen Jateng,model seperti ini ada yang jual dipinggir jalan. Ini hanya untuk kolam dangkal ya…, jangan dipakai disumur yang dalam, karena berat jenis air yang digalon harus lebuh besar minimal 30 kali lipat dari volume air yang di selang inlet,ini tekananya baru 3 pascal.( Berat jenis air adalah: 1 liter= 1 Kg)

  • rudy says:

    2o thn yg lalu. waktu masih duduk bangku sd saya pakai drum bekas oli juga ngempet pas waktu buat sedot air di sumur kedalaman 2 m. akhirnya setelah pikir di bantu ayah dan coba2 akhirnya bisa ketemu pakai tabung beton.
    intinya harus banyak2 try n eror.
    slmt berfikir n coba pe brhasil

  • Ano says:

    air mancur itu muncrat ke atas, ini sih air netes
    judulnya menyesatkan

  • kia says:

    Teori ini terbukti berhasil, efisien n merupakan energi terbarukan yg menjaanjikan. Diaplikasikan ke prototipe pembngkit listrik tenaga air wadah air digunakan aquarium. Dengan memanfaatkan putaran kincir air dengan sudu melengkung seperti sendok. dapat menghasilkan listrik berdaya kecil. Untuk skala besar masi perlu riset lg. Untuk pengalir aair digunakan teknik hampa udara. Ruang vaakum diBuat dengan plastik . Untuk menghindari udara masuk keruang vakum pasang valve dari bahan karet disisi saluran inlet dan outlet , keluaran inila yg nanti mendorong sudu kincir yg dibuat kayak lekukan sendok berputar dan menghasilkan energi, syg ny daya yg dihasilkan sgt kecil hanya sebgai eksperimen. Coba dikembangkan. Siapa tau agan2 dri teknik ada yg bisa.

    • Yessiko says:

      Wah, keren juga nih ide. Tapi kayanya agak gagal paham sayanya. Terlalu banyak yang bertentangan dengan aliran fluida yang konvensional.

      1. Fluida mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan yang rendah (dalam sistem tertutup seperti diatas)
      2. Kesetimbangan termodinamika, dimana dinyatakan Win = Wout
      3. Kapilaritas fluida, tapi yang ini membutuhkan energi dari luar.

      Tapi btw, thanks deh atas share nya, siapa tau emang bisa diprakterkkan, harus buruan dipatenkan sebelum diembat sama orang luar negeri….. ;)

  • aaron cox says:

    jadi inget istana2 abad pertengahan di eropa taman tamannya ada air mancurnya, malah istana Versailles prancis di tamannya ada 1800 air mancur beraneka model, bisa bertahan ber abad abad, apa menggunakan teknik begini?

  • mars says:

    yang jelas saya kagum dengan pembahasan di atas…….kebetulan saya bagian mekanik mesin proses,kurang lebih hampir 6 tahun….

    sedikit bocoran.
    1.yang harus di perhatikan adalah tabung pemancingan yang kuat dan volume harus lebih banyak dari volume padan selang input(jangan lupa memasang klep pada bagian bawahnya)

    2.untuk besar pipa 1 berbanding 2
    kalau inputnya 1 inci tentu autpunya 2 inci…..

  • BanGoeN says:

    Patut dicoba,
    Cuma pengin naikin air 1-2 meter aja dh cukup, debit kecil ga masalah yg penting mengalir continue tanpa listrik.

    *yen wedi ojo wani-wani, yen wani ojo wedi-wedi*

    Salam hormat

  • kempes says:

    cok repot2 pki teori,la wong tinggal paki embr trus di tuangin aj ke kolam.kan gk perlu pki tori n gk ptrlu pki mesin. ya gk?

  • cah semarang says:

    saya pernah experimen serupa tapi belum berhasil, biaya hampir 1 jt, tetep aja masih ingin coba, mungkin suatu saat nanti…

Komentari

*
*

Current ye@r *