Cara membersihkan sungai kali item yang dilakukan pemerintah indonesia

Mengikuti perkembangan berita tentang perjuangan pemerintah pusat dan daerah ibu kota jakarta dalam membersihkan serta memperindah kali item menjelang perhelatan pesta olahraga antar negara asia Asean games 2018, Kali item merupakan target area yang diharapkan bisa terlihat indah, tidak berbau serta aman bagi orang-orang yang berada disekitarnya. Apalagi sungai ini letaknya persis berada disamping wisma yang digunakan untuk menginap para atlet beserta official dari mancanegara selama perlombaan ini berlangsung dibulan agustus 2018. sebelumnya kali item itu warnanya hitam dan berbau, diharapkan airnya bisa berubah jernih dan tidak bau. setidaknya ada beragam cara membersihkan sungai kali item yang sudah dilakukan pemerintah indonesia, berikut diantaranya.

 

sungai kotor menjadi bersih

sungai kotor menjadi bersih

Membersihkan sampak di sungai

Upaya pengambilan sampah disungai dilakukan secara manual dengan tenaga manusia menggunakan rakit, juga memakai alat berat.

Menguras air kotor di kali item

Pengurangan debit air kotor yang berwarna hitam dilakukan dengan cara menguras menggunakan pompa untuk dialirkan ke sungai sunter.

Mengalirkan air bersih dari sungai lain ke kali item

Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) diwakili oleh direktorat sumber daya air direktur sungai dan pantai melakukan upaya dengan cara mengatur arus air yang berasal dari bendung katulampa bogor yang mengalir melalui kali baru timur menuju kali sentiong, caranya yaitu pintu air PA sentiong (Gang Kelor) dibuka sehingga air di kali sentiong bisa mengalir ke kali item. upaya ini dilakukan sejak bulan april 2018.

Memasang pompa air untuk mengisi kali item

Kurang lebih 1540 liter air per detik dialirkan ke kali item menggunakan lima mobil pompa berkapasatitas 160 liter/detik dan enam mobil pompa berkapasitas 250 liter/detik.

Memakai alat penjernih air kali item

Empat jenis alat dikerahkan untuk menjernihkan sungai yaitu blower, surface aerator, aerator, nano bubble. cara kerjanya yaitu alat-alat ini dengan sistem yang berbeda menghasilkan gelembung udara sehingga bisa merubah air menjadi lebih jernih sekaligus meningkatkan kualitas air.

Memasang jaring hitam diatas kali item

Pemerintah daerah ibu kota jakarta melakukan pemasangan jaring hitam diatas kali item dengan harapan agar area sungai menjadi sedap dipandang sekaligus mengurangi bau.

Memasang lampu hias dikali item

Lampu led dipasang untuk memperindah suasana sungai dimalam hari. lampu lainya dipasang agar sungai terlihat terang.

Memasang pagar besi ditepi kali item

pemasangan pagar besi dilakukan sebagai upaya untuk menahan orang agar tidak sampai tercebur disungi, hal ini mengingat posisi kali ini yang sangat dekat dengan jalan raya, juga area tepinya sering digunakan sebagai tempat nongkrong sebelum dipasang pagar besi.

 

Begitulah beberapa usaha yang telah dilakukan pemerintah guna membersihkan serta memperindah kali item ini, upaya lainya juga terus dilakukan, semoga berhasil sehingga namanya berubah dari yang tadinya kali item menjadi kali bening, bisa menjadi bahan percontohan untuk membersihkan sungai lainya di seluruh wilayah indonesia. saya rasa perlu dibuat kementrian yang secara khusus mengelola sungai, sebut saja “kementrian sungai” tugasnya membuat, membangun, menormalisasi, merawat, dan memperindah seluruh sungai di indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.