Cara membersihkan keramik yang terkena semen setelah dipasang

Dewasa ini banyak beragam jenis keramik dengan bermacam tekstur dari mulai yang halus, licin sampai kasar. Untuk keramik berjenis halus akan lebih mudah dalam membersihkanya, sedangkan yang bertekstur kasar memerlukan kehati-hatian dalam proses pemasangan serta upaya pembersihan yang lebih ekstra agar permukaan bisa terlihat rapi dan bersih. tapi jangan khawatir, karena disini kita berikan spesial tips cara membersihkan keramik yang terkena semen setelah dipasang.

 

membersihkan keramik setelah dipasang

membersihkan keramik setelah dipasang

Cara membersihkan keramik yang terkena semen setelah dipasang

Menjaga kebersihan saat proses pemasangan keramik

  1. Upaya pembersihan dimulai dari kehati-hatian saat proses pemasangan, usahakan permukaan keramik selalu dalam keadaan bersih dari adukan atau semen.
  2. Segera lap dengan kain bersih setelah memasang masing-masing keramik, hal ini dimaksudkan agar semen belum sempat mengering sempurna, sehingga akan lebih mudah dibersihkan.
  3. Hati-hati dalam memasang nad keramik agar tidak meninggalkan noda pada permukaan yang nantinya memerlukan pekerjaan pembersihan.

Membersihkan keramik setelah selesai dipasang

  1. Setelah keramik terpasang kuat dan nad sudah keras, maka saatnya melakukan pembersihan pada permukaan keramik memakai kain lap yang sebelumnya dibasahi dulu dengan air secukupnya.
  2. Tunggu hingga permukaan kering.
  3. Kita siapkan cairan khusus pembersih keramik, bisa pakai prostex , vixal atau yang lainya. misalnya disini saya memakai prostex.
  4. Tuang cairan prostex kedalam ember atau wadah yang lainya.
  5. Celupkan kuas kedalam cairan yang sebelumnya sudah dituang diember.
  6. Oleskan kuas pada permukaan keramik sehingga semua basah, atau jika pembersihanya hanya sebagaian maka bisa dioleskan pada bagian yang kotor saja.
  7. Tunggu hingga beberapa menit agar semen yang menempel pada permukaan keramik bisa mengelupas.
  8. kuas kembali permukaan keramik untuk membentu pengelupasan kotoran.
  9. Terakhir siram dengan air bersih dan tunggu hingga kering agar ketahuan hasilnya.
  10. Jika perlu, ulangi proses pembersihan sampai permukaan benar-benar kinclong.

 

Begitulah cara membersihkan keramik yang terkena semen setelah dipasang, oh ya.. untuk kotoran semen atau adukan yang tebal sebaiknya dilakukan pekerjaan bobokan kecil terlebih dahulu, atau istilahnya di ketrik agar semen lebih mudah mengelupas.

One Response

  1. Ilmubeton 1 March 2018

Leave a Reply