Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara membeli tiket kereta api

Sudah pernah naik ular besi panjang yang mampu mengantarkan ratusan orang sampai ke tempat tujuan? ya disini kita akan uraikan cara membeli kereta api dengan mudah. banyak sekali kemudahan yang diberikan oleh manajemen perusahaan BUMN ini sehingga calon penumpang bisa memesan tiket dengan mudah melalui berbagai alternatif yang tersedia. perjalanan yang menyenangkan perlu dilakukan perencanaan dengan matang termasuk dalam hal mendapatkan tiket. berikut ini beberapa cara memesan tiket kereta.

 

Cara membeli tiket kereta api

  1. Datang ke stasiun terdekat kemudian menuju loket pembelian, mengisi formulir pemesanan kamudian menyerahkanya kepada petugas penjualan tiket dengan membayar sesuai tarif kereta yang dipilih. pastikan nama yang tertulis pada tiket sesuai dengan KTP karena jika berbeda maka dinyatakan tidak berlaku dan harus membeli ulang.
  2. Membeli melalui website resmi penjualan tiket kereta api online. www.kereta-api.co.id/layanan-produk/reservasi-tiket.html , caranya ikuti saja petunjuk pembelian yang ada pada website PT. kereta Api Indonesia ( persero )/ KAI.
  3. Memesan melalui indomaret atau pusat perbelanjaan lainya sehingga mendapat kode booking pemesanan dan nomor kursi untuk ditukarkan menjadi tiket asli di stasiun.
  4. Banyak calo yang menawarkan tiket dengan harga lebih tinggi, cara ini sangat dilarang oleh pemerintah namun seringkali ditempuh jika calon penumpang sudah tidak mungkin untuk membeli melalui jalur resmi sesuai tanggal dan jenis kereta yang dituju.
  5. Melalui agen atau biro perjalanan juga bisa melakukan pemesanan.
  6. Membeli melalui mesin ATM BANK, kemudian mendapatkan kode boking dan bukti pemesanan untuk ditukarkan di stasiun menjadi lembaran tiket resmi.

 

Kelas kereta api

Saat membeli tiket pastikan kita sudah merencanakan kelas kereta apa yang akan digunakan untuk perjalanan, karena beda tipe maka berbeda pula harganya. pembagian kelas kereta api kurang lebih seperti ini.

  • kereta barang
  • kereta konomi
  • kereta bisnis
  • kereta eksekutif
  • kereta lokal
  • kerata listrik

 

Pada tanggal atau hari-hari tertentu banyak orang yang melakukan perjalanan dengan kereta api sehingga ada kemungkinan tidak kebagian tiket apabila belum memesanya jauh-jauh hari, oleh karena itu bagi yang kebetulan terkendala waktu untuk datang langsung ke stasiun maka bisa menggunakan alternatif cara pembelian lain seperti melalui ATM atau INDOMARET lalu menukarnya dengan tiket resmi pada hari keberangkatan. beginilah beberapa cara membeli tiket kereta api yang dapat ditempuh :-)

  1. Manfaat ekonomi jalur rel ganda kereta api jakarta surabaya
  2. Jalan kereta api 2 arah solusi kereta penuh
  3. Beli tiket kereta api harus sesuai nama dan nomor KTP
  4. Cara CTM cetak tiket mandiri kereta api
  5. Kelebihan naik kereta api kelas eksekutif
  6. Mudik lebaran naik bus atau kereta api
  7. Cara membeli tiket kereta api online melalui internet
  8. Cara membeli tiket kereta api
  9. Kemajuan dan perubahan layanan kereta api indonesia
  10. Pembangunan kereta cepat indonesia jakarta-surabaya 2 jam

2 Responses to “Cara membeli tiket kereta api”

  1. hafid says:

    klu mesen kereta api ekonomi kok belum ada di indomaret yang jurusan Senen s/d Surabaya Pasar turi

  2. rian kota tulungagung says:

    kalo beli tiket ka nunggu in nya berapa hari ???

    nyampe 1minggu apa gak?

Leave a Reply

Current ye@r *