Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara membeli rumah kpr

Membeli rumah melalui kredit kepemilikan rumah ( KPR ) bisa jadi cara untuk memiliki rumah impian dengan dana terjangkau dan dalam waktu yang cepat, namun jika kurang perhitungan tentunya dapat menimbulkan beban dikemudian hari, kali ini ilmusipil berbagi pengalaman membeli rumah kpr melalui bank  mengenai pertimbangan dalam memilih lokasi, menentukan harga rumah, dan bagaimana agar keinginan kita disetujui bank penyedia KPR.

kenapa memlih membeli rumah melalui KPR?

jika belum punya rumah

saat ini sedang mengangsur KPR seharga 300 ribu/ bulan dan nantinya setelah 8 tahun rumah sudah menjadi milik sendiri kalaupun  tidak sanggup membayar angsuran ya anggap saja bayar kos. sedangkan biaya sewa kos atau rumah kontrakan di jakarta berkisar antara 300 ribu s/d 2,5 juta perbulan dan tentunya harga tersebut  terus naik tanpa bisa memiliki rumah tersebut.

jika punya uang banyak

sekarang ini mencari uang pinjaman tunai kepada bank cukup sulit, jadi alangkah baiknya uang tersebut digunakan sebagai modal usaha, kita dapat pahala karena membuka lapangan kerja, sementara hasilnya disisihkan untuk angsuran rumah KPR.

Bagaimana cara memilih rumah KPR?

berbagai pertimbangan perlu dipikirkan dalam memilih lokasi rumah KPR diantaranya:

  • lokasi rumah sebisa mungkin dekat dengan lokasi kerja atau usaha
  • Akses jalan ketempat kerja atau usaha bagus, melewati alam atau pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran.
  • dekat dengan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah favorit, rumah sakit dll.
  • Arah hadap rumah juga menentukan. arah hadap ke timur akan mendapat sinar matahari yang sejuk diteras rumah dipagi hari. arah hadap barat dapat melihat matahari tebenam disore hari tapi kepanasan pada teras disiang hari, dapat di imbangi dengan penanaman pohon peneduh.
  • disetujui anggota keluarga tentunya.

Bagaimana memilih model rumah KPR ?

Rumah KPR rata – rata mempunyai konstruksi standar dengan kualitas dan model desain yang belum tentu sesuai harapan, jadi lebih baik fokus untuk memilih lokasi tanah yang baik dan masalah model rumah nanti bisa direnovasi.

Bagaimana cara agar keinginan kita membeli rumah KPR disetujui bank ?

nah.. ketika sudah berhasil memilih lokasi dan model rumah yang tepat, tentunya kita tidak ingin kalau permohonan KPR kita ditolak oleh bank. sederhana sekali cara perhitunganya

  • bank hanya akan menyetujui angsuran maksimal 30% x gaji perbulan kita, lebih dari itu angsuran dinilai memberatkan kita.
  • saat ini jika gaji kita dibawah 2,5 juta / bulan. selamat! kenapa? karena masuk nominasi untuk mendapat subsidi pemerintah dengan syarat untuk pembelian rumah pertama. dan tentunya mendapat nilai angsuran yang lebih kecil bahkan bisa sampai setengahnya.

Bagaimana menentukan jumlah dan waktu angsuran KPR?

jumlah angsuran adalah harga beli rumah yang di tawarkan pengembang dikurangi uang muka yang kita bayar. nantinya bank akan menentukan jumlah angsuran dan lamanya, untuk menghtungnya dapat menggunakan fasilitas kalkulator KPR dari bank BTN caranya masuk ke web http://btn.co.id/ kemudian klik pada menu kalkulator KPR pada pojok kanan atas.

BANK apa saja yang menyediakan KPR?

Dalam memilih bank yang akan di gunakan sebagai penyedia jasa KPR, sebaiknya kita memilih bank yang sudah terpercaya dalam menyediakan KPR. hal ini demi keamanan angsuran kita dan dokumen surat – surat rumah yang jadi jaminan. misalnya:

  • BANK BTN
  • BANK MANDIRI
  • BANK BRI
  • BANK BNI

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membeli rumah KPR ?

Pada saat mengajukan permohonan KPR ke bank kita gak perlu repot – repot karena biasanya pengembang akan memberi tahu kita apa dokumen dan syarat – syarat yang dibutuhkan. sebagai gambaran dokumen tersebut diantarany:

  • Surat keterangan gaji yang bekerja/ penghasilan bagi yang usaha
  • Surat keterangan belum memiliki rumah atau sedang menumpang dari RT dimana kita sekarang tinggal, ini bagi yang ingin mendapat subsidi pemerintah.
  • Foto kopi ktp
  • foto kopi kartu keluarga
  • foto kopi tabungan di bank tersebut.

setelah semua syarat dipenuhi, dan disetujui, tentunya kita harus mengangsur tepat waktu agar tidak  terkena denda tunggakan atau rumah KPR kita disita dan ditempel stiker ” RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK … “

ilmu sipil
  1. memilih developer perumahan
  2. desain atap kontemporer
  3. membangun rumah kos atau kontrakan
  4. Jenis Penutup Atap
  5. membangun rumah di desa atau kota
  6. Cara agar cat luar rumah tidak cepat rusak
  7. Gambar Desain denah Atap Rumah
  8. desain Interior homey Kenyamanan dalam rumah
  9. cara membuat rumah dengan software arsitektur
  10. Merubah tanah kosong menjadi perumahan
  11. Cara menggunakan asuransi kesehatan di rumah sakit
  12. Rumah tinggal terapung diatas laut
  13. Ide mendirikan pusat jual beli properti Indonesia
  14. Berbagai Macam Rumah Adat Indonesia
  15. Design rumah minimalis
  16. Rumah bekas kuburan
  17. Cara investasi properti
  18. Cara memasang kusen pintu jendela aluminium
  19. Cara membeli rumah kpr

96 Komentar

  • Wahyu Eko Setiawan says:

    ijin copas master ahadi…to my web..hehehehe…

    • ahadi says:

      @Wahyu Eko Setiawan, silahkan mas eko, bersyukur karena apa yang dipikirkan, dirasakan kemudian ditulis bisa berguna bagi orang lain. :-)

    • Yazid Darwish Alk-Busstomi says:

      Saya bekerja di luar negri tapi belum mempunyai rumah dan keluargatinggal d jakarta. Apakah memungkinkan kalau saya ambil KPR? sebab saya menyewa atau kontrak rumah 1500.000.00/bulan. Adkah KPR di daerah Pondok melati Bekasi? yang dapat memudahkan anak2 pergi kesekolah, tolong beri penjelaskan agar saya bisa memiliki rumah secepatnya.

      T. Kasih

  • dinar septiyani says:

    maaf,
    mau nanya..
    itu syaratna kalo mau nyicil rumah KPR
    ada ga ketentuan harus sudah bekerja
    selama berapa lama?
    sangat membutuhkan informasi
    terima kasih

    • ahadi says:

      @dinar septiyani, kelihatanya gak ada syarat masa bekerja, yang penting angsuran nantinya tidak melebihi 30% kali gaji saja, sama dokumennya benar insyalllah langsung di setujui..

  • panca says:

    mas…keingin memiliki rumah sangat besar…
    uang dp sudah siap…
    lokasi sudah ada…
    namun ada yang mengganjal…takut di tolak bang karena status kerja saya…
    butuh pencerahhan..maksaih

    • Tony Ahmad says:

      Hasrat untuk punya rumah sendiri sangat bersar, tetapi bagaimana caranya ?
      Terima Kasih

  • Sujatmiko says:

    Mau tanya saya sudah kpr btn Town House Tetapi ternyata kualitas tidak sesuai dengan di janjikan dan sudah 1 tahun lewat listrik juga belum terpasang dan akte jual beli belum dikasihkan baik sof copy Nya bagaimana cara penyelesaian masalah demikian

    • ilmusipil.com says:

      semoga masalahnya terselesaikan pak sujatmiko, untuk KPR rumah melalui bank, kewajiban untuk pengurusan pemasangan listrik dan akte jual beli ada pada pihak developer atau pengembang perumahan, jadi bapak bisa komplain atau mengurusnya ke pengembang selaku penjual rumah untuk menyelesaikan masalah bapak, dan sebaiknya bekerjasama dengan kumpulan tetangga rumah bapak untuk bersama-sama mengurus penyelesaian KPR rumah bapak

  • ratna says:

    sy mau tanya,,,brp lm kita dlm pengajuan KPR???
    trus apa disurvei jg???
    thx

    • leny yati says:

      sy mau beli rumah di jakarta timur mau kpr ke bank btn tetapi sy tidak tau bole tak mitak bantuan staf bank membantu tks

  • ahadi says:

    pengajuan kpr biasanya selesai dalam waktu yang cepat, asalkan rumah, setifikat tanah / atau rumah yang dibuat jaminan sudah tersedia, untuk pembelian ke perumahan / developer biasanya sudah ada kerjasama antara bank dengan pihak pengembang jadi tanpa disurvey bisa, kalau rumah pribadi spertinya harus melalui survey sebelum disetujui KPR nya :-)

  • Veby says:

    Hmm….. biasanya bunga bank kasi berapa yah per bulannya?
    Untuk Bunga Bank apa sudah ditentukan dari bank yang kita pilih?
    bisa tolong advice bank mana yang bunga KPRnya tidak terlalu tinggi?

  • dedi ramdani says:

    apa yang berpenghasilan dibawah 2 juta bisa ikut kpr? dan apa bisa untuk dp kpr nya 10% dari harga rumah yang mau dibeli?

    • hafid says:

      klu mau rumah murah ada di taman kirana angsuran bisa 300 rb,,truss klu oper kridit bisa kena 20jt mau g?

      • maulana says:

        Taman kiran di mana ya??? Sya mw kredit kpr yg angsuranny di bwah 500rb/bulan mhon pnjelsnya

  • anita says:

    untuk lokasi rumah yang mau dibeli apa boleh di dalam gang tidak dekat jalan besar? kalau rumah bekas yang mau dibeli itu ada syarat ketentuan dalam lokasi atau bangunan rumah tersebut? untuk pengajuan nominal kpr apa bank kasih semua yang diajukan oleh nasabah atau dari pihak bank yang menentukannya?

  • aya says:

    untuk kpr bersubsidi dari pemerintah batas pinjamanx brp yak, klo salary qt dibawah 2jt ?

  • Rita says:

    Kalau kita kerja di luar jabotabek,mau beli rumah di daerah bekasi atau depok bisa gk ea,mas…
    Mohon pencerahanya dan salery di bawah 2jt..makasih

  • dimas says:

    apakah KPR itu harus persetujuan melalui notaris apa tidak ?
    atau pihak bank saja udah cukup untuk beli rumah ?

    terimakasih

  • rosi says:

    saya bingung mau KPR rumah, saya juga sudah tanya tanya ke bank untuk hal ini, tetapi saya kurang puas dengan jawabannya.
    apakah ada diantara salah satu teman yg berprofesi sebagai agen atau pengembang KPR rumah ?
    Mohon bisa memberikan no yang bisa saya hubungi.
    agar saya bisa dapat info.

    Terima kasih

  • dede supriyatna says:

    Aq berminat untuk membeli lewat kpr, tpi aq blm tau secara detail syarat dan ketentuannya.
    Bantu informasinnya ya pak

  • irwan says:

    saya atas nama teman kerja sangt ingin kridit rumah tanpa dp, peminat nya banyak,tipe yang kami ingin kan tipe 36, hampir 5 thn teman2 cuma menyewa rumah, untk yg mau kerja sama email ke irwan_kusmawan@yahoo.com pembayaran gaji kami lewat bank mandiri

  • irwan says:

    dari pada kami menyewa terus,mending di kredit kan rumah.nyata keliatan hasil nya. kami bekerja di perusaha an kontraktor di bidang batu bara yang terletak di daerah sungai danau,satui,tanah bumbu,kalsel.

  • Fuad says:

    Mohon infonya trik agar kpr di acc bank & bagaimana dengan gaji apa harus di upkan serta bank mana yg bunganya bersahabat . Tq a lot

  • widi says:

    mau tanya dong, dengan penghasilan 3,7500.000, karyawan tetap

    saya mau ambil rumah di KPR BTN, Saya sudah DP 14.000.000. Harga rumah 94.000.000
    ko tidak di setujui ya saya ambil yang 15 tahun dengan cicilan sekitar 800 ribu kurang, untuk biaya KPR dan notaris sendiri seharga sekitar 12 jt an, saya bingung padahal suami saya juga punya penghasilan,

    team analis bank bilang harus tambah uang muka sekitar 40 juta, saya terus terang saja keberatan, terus turun jadi 13 juta lagi supaya cicilan lebih ringan katanya,saya juga tidak mau bayar karena saya bingung, ko uang muka bisa buat maenan.mengingat tipe rumah 33/90m, kan rumah kecil itu letaknya di daerah lagi bukan di jakarta,
    bank BTN syariah bagaimana komentarnya???? katanya mudah,
    yang lebih lucu lagi pas sudah interview, kan saya karyawan swasta, ko analis maksa minta SPK(SURAT PENGANGKATAN KARYAWAN) Saya bilang tidak ada, mereka tetap tidak percaya

    sudah banyak waktu yang terbuang buat saya bolak balik pulang pergi jakarta-jateng capeee, suruh lengkapi ini itu, eh giliran udah lengkap malah di gantung dan tidak di setujui

    TERLALU

  • widi says:

    Saya sampai di tertawakan oleh orang orang kantor, mereka bilang seharusnya dengan penghasilan seperti itu saya sendiri bisa mengajukan tanpa suami, ini udah dua2nya mengajukan ( oya biaya KPR Dan Notaris tidak termasuk di Biaya KPR itu biaya sendiri lagi,
    kalau tahu susah seperti ini saya tidak mungkin ambil KPR DI BANK BTN SYARIAH,

    O ya nambah pula, apa seorang istri tidak boleh ambil KPR ya padahal sudah ada persetujuan suami dan kami dua duanya BERPENGHASILAN TETAP, NPWP, JAMSOSTEK ada,

    tapi lucunya team analis bilang kalau saya tidak tambah uang muka takutnya tidak bisa bayar, karena saya perempuan, LUCU Kan . saya bingung BINGUNG Terus terang dengan ANALIS BANK BTN SYARIAH, cara menganalisisnya seperti apa ya, uang muka langsung di muka ,

    otomatis dengan saya ambil rumah tersebut saya mampu bayar,

    tapi aneh sungguh aneh , ya inilah kenyataan saya di gantung
    BTN SYARIAH

  • anna says:

    Apabila syarat gaji untuk angsuran sudah memenuhi syarat tapi masih karyawan kontrak, apakah menjadi masalah dlm pengurusan KPR .. Mohon infonya ya..terimakasih

  • iin says:

    bagaimana bila nama kita terkena bi cheking? apakah masih bisa kpr? dan bank apakah yang menyediakannya.tq

  • zeni says:

    apabila msh ad cicilan di bank, apakah msh bs untuk ambil kpr?

  • indah setiawati says:

    saya mau bertanya, saya kuliah di NTB LOMBOK, orang tua tigal di JAMBI, yang saya mau tanyakan bagai mana cara membeli rumah BTN di NTB LOMBOK, sedangkan orang tua berada di JAMBI, trimakasih sebelumnya,

  • Harun Rosid says:

    Saya sudah mengajukan kredit ke BTN bulan Aug 2011 wawancara bulan Nov 2011 tanggal 03
    January 2012 sudah keluar sp3 dijadwalkan akad kredit tgl 10 Jan 2011, Tapi anehnya sehari
    sebelum akad kredit mendapat telp katanya akad kredit dtunda setelah ditelusuri katanya
    program subsidi lagi dibekukan tunggu keputusan kemenpora….. Pertanyaanya itu gim nasib
    saya udah terkatung2 masih harus nunggu, yang kedua emang klo udah sp3 bisa dibatalkan…? Mohon infonya,,,, Terimakasih

  • Ahmad sofian sitorus says:

    Aku sangat ingin membeli rmh kpr melalui bank, tp sy msh bingung caranya. Krn slama in sy ngontrak rmh, yg setiap tahunya naik terus. Gaji sy perbulan diatas 3 jt. Mohon kpd bpk utk informasi detailnya..

  • fachry says:

    pak mau tanya? mana yang lebih baik, ambil rumah dengan cara take over dari suatu bank melalui prose tender ( dari kridit macet bank > atau ambil rumah dari perumahan yang di sediahkan developer. Saya pegawai Pemerintah dengan penghasialan bulanan > 2,5 JUTA. Istri juga PNS dengan gaji yang hampir sama. Trims

  • miszyseob says:

    untuk info lengkapnya gimana ya ?
    tolong kirim link nya ke e mail saya….

  • wiwik/fia says:

    pak mau tanya? bagaimana caranya mendapatkan rumah di daerah lombok,dan kebetulan suami saya dari lombok tapi saya menetap di bali karna saya dan suami saya bekerja di bali,saya seorang karyawan tetap, yang saya tanyakan bisa tidak saya ambil rumah di lombok dengan cara mencicil tiap bulan dengan gaji saya 3,5 jt dan suami 4,5 jt. dan gaji saya di transfer melalui bank mandiri. terima kasih saya tunggu pendapat anda

  • Gie says:

    wah makasih ya webnya membantu sekali nih..
    saya mau tanya nih, kalau saya mau membeli rumah (kondisi rumah masih dalam tahap pembangunan oleh developer, tetapi sudah terjual ke pihak pertama, si pihak pertama ini mau menjual ke saya) melalui kpr bank, apakah syarat2nya sama? dan apakah bank akan meyetujui aplikasi saya dan apraisalnya bisa tinggi karena rumah masih dalam tahap pembangunan?
    mohon pencerahan.

  • abdullah says:

    sy sangat kecewa kepada perumahan panorama wanasari.
    Sy boking agustus 2011 oktober 2011 wawancara.tp sampe kekarang masih blm jelas.
    yg anehnya lagi perjanjian cicilannya flet mlh skrng blng klu mau cpt komersil g flet/ngikuti suku bunga bank.
    Udh 8 bln sy nunggu kohasilnya blm jls aja gmnsi carakerjanya g profesional banget.

  • anitapurba says:

    mantap indo nya gan,,,,,,,,,,,,,

  • jeni says:

    maaf mau tanya, diatas tertulis syaratnya harus punya buku tabungan di bank tersebut. nah yang saya tanyakan minimal berapa jumlah uang yang harus ada ditabungan bank tersebut. terimakasih.

  • jaya says:

    penghasilan saya 2 juta perbulan bisakah saya ikut KPR?

  • jual rumah makassar says:

    membeli rumah dengan kpr adalah cara terbaik untuk cepat punya rumah
    rumahsempurna.blogspot.com

  • Yayan says:

    Hehehe..ikutan copas jg ya Mas..coz gie bth info mo cari KPR. Thanks atas info’na…GBU

  • Evi Mariana says:

    Selamat siang…

    Saya mau tanya, adakah ketentuan khusus dari BTN saat kita akan ambil KPR? Misalnya lokasi rumah harus bisa dilalui mobil. Atau aspek tsb diabaikan jika nilai appraisal rumah sudah melebihi nilai plafon yg kita ajukan ke BTN?

    Mohon informasi segera….:)

    Terima kasih

  • komarudin says:

    untuk beli rumah via kpr, coba mintakan copy perjanjian kerjasama antara bank dengan developernya, karena pastinya pihak bank sudah melakukan verifikasi terhadap developer tersebut dan dinyatakan bankable, kalau perlu telp pihak bank apakah PKS nya masih berlaku

  • DESI RAHMATITIN says:

    SAYA MAU KREDIT RUMAH LEWAT BANK, ITU ADA PANJAR ATAU TIDAK YAH….? TRUS BERAPA RUPIAH PANJARNYA DAN ANGSURANNYA BERAPA BULAN JIKA SAYA AMBIL YG 10 TAHUNNYA….? ATAU BISA DIKIRMKAN DAFTAR PILIHAN ANGSURANNYA….?

    tERIMA KASIH

  • rajendra says:

    bagaimana jika ingin beli rumah yang lokasinya tidak masuk mobil, tidak di kompleks perumahan/ tipe rumah pribadi yang ingin saya beli tapi dgn meminjam dananya sebagian dari bank atau bisakah dgn jamsostek karena kok tdk banyak info ttg hal ini,,jk membeli dgn tunai saya tidak mampu

  • nanang says:

    untuk daerah pondok gede ada gak ya

  • wahyu hernawan says:

    met sore…kalo daerah cibinong ada gah yang KPR…makasi

  • wahyu hernawan says:

    kalo ada tolong kabari ……..

  • Tony Ahmad says:

    Ass. P’Ayip
    Saya mau tanya apakah bisa dengan gaji/bulan Rp.3.000.000,- untuk dapat memiliki rumah tsb. Terima Kasih

  • teguh says:

    berarti klo gajih cm 2 juta g bs yh?

  • original KREASI says:

    untuk mengenai keinginan kita memiliki rumah adalah hal yang klasik dan memang ini adalah kebutuhan yang sangat primer bagi manusia.saran saya bagi yang ingin memiliki rumah tinggal dengan pembiayaan yang ringan dan sudah pasti siapa pun yang ingin memiliki rumah dan fokus untuk itu insya allah akan terwujud.Sebab hal ini sudah saya lakukan dan alhamdul;illah sudah terwujud apa yang saya dan keluarga keinginkan.Saran saya adalah dengan tahapan sbb.
    1.Belilah lahan kosong yang ideal menurut Anda baik dari segi Harga,Lokasi,Transfortasi dan prospek lainnya.Abaikan dahulu tentang jauh dekat lokasi lahan yang nanti kita akan bangun dengan tempat kita bekerja saat ini.
    2.Setelah lahan tersedia lanjutkan dengan menabung berupa bahan/material untuk pembuatan rumah itu sendiri.mungkin yang pertama kali harus kita sediakan adalah Pasir,Batu kali,besi behel,bata merah/batako dan jika masih ada biaya lanjutkan dengan buat pondasi rumah terlebih dahulu sebagaimana bentuk rumah yang kita inginakan.Berarti disisi kita menggunakan konsep Rumah Tumbuh dalam hal untuk memiliki rumah tinggal
    2.Lanjutkan dengan menabung bahan/material yang diperlukan untuk pembangunan selanjutnya mungkin pasir,batamerah/batako,balok kayu,besi behel,genteng/asbes /kaso. Jika memang kita merasa tidak bisa untuk saat ini untuk membangun rumah sebagai mana bentuk rumah yang kita inginkan,Fokus lah untuk membangun terlebih dahulu Kamar Tidur + kamar Mandi dan Dapur atau Kamar Tidur + Ruang Tamu.Pada tahap ini maka sangat di perlukannya gambar denah rumah dan bentuk rumah yang ideal untuk bisa di kerjakan dengan konsep Rumah Tumbuh.
    Jika Tahap 2 ini kita telah mampu melekukannya berarti kita sudah separuh jalan memiliki Rumah Idaman yang kita inginkan.Dan saya sangat yakin ketika pumya rezeki cukup lebih,pasti kita tidak akan menggunakan untuk hal lain selain untuk menyelesaikan/merapihkan rumah itu sendiri.Dan secara otomatis kita akan lebih giat lagi bekerja dan berhemat untuk untuk dapat segera mewujudkan hal tersebut.
    Dalam ulasan ini saya memang tidak memberikan solusi dengan topik ini.Kenapa.Karena cara ini lah yang paling sangat memungkin kan dan ideal bagi kita-kita yang memang kurang beruntung untuk memiliki rumah via KPR.Dan satu hal yang perlu di ingat selama kita belum Lunas Kredit Rumah yang kita tempati-apa lagi 15 tahun cukup lama lho- rumah itu mutlak buakan milik kita dan apa pun bisa terjadi.
    Sebagai catatan penutup di sini saya tidak menulis/menyebutkan manabung bahan/material semen-bukan berarti membangun rumah tidak pakai semen-sebab jika menyimpan semen terlalu lama akan beresiko membeku/keras disaat kita akan gunakan.
    Pada kesempatan ini juga saya ingin berbagi pengalam dengan Pecinta ILMUSIPIL.COM baik dalam hal Gambar Design/Denah Rumah maupun cara membangun rumah yang cukup ekonomis dan memungkinkan dengan menghubungi surel saya di alamat myass2470@yahoo.co.id
    Di akhir kata semoga uraian pendapat saya ini berguna bagi yang ingin memiliki rumah.Dan selamat Berjuang semoga Impian Anda dapat segera terwujud menjadi kenyataan.Amin.

    Salam POSITIVE THINKING

  • sri rubi says:

    saya mempunyai rumah kpr btn di daerah cisoka,berhubung disana rumahnya akses kemana mana jauh,terus air susah tidak ada saluran pam,saya sudah ngebor air 2 lubang sedalam 60m,tapi tetap selama 2 thn sudah tidak ada airnya.
    karena masalah tersebut,maka saya bermaksut membeli rumah yang sekalian ada falilitas airnya,nah pas saya mengajukan kpr btn( rumah yang saya beli di daerah citra raya tangerang)tapi belum diacc dari bank katanya kolep 3 dari bi,ternyata setelah dicek karena pembayaran rumah saya yang lama pembayaranya tidak teratur,padahal saya memang suka membayar rumah 3bulan 1x karena suami saya sering keluar kota dan di daerah tempat saya tinggal jauh dari bank pembayaran dan kantor pos harus naik 2 x angkot,tapi saya selalu membayar 3bln 1x rutin beserta dendanya.
    bagaimana solusinya ya pak supaya kpr saya disetujui? saya sudah membayar DP ke perumahan citra raya sebesar Rp.25.000.000. Mohon bantuanya

  • Yudie says:

    Ass..
    Mau tanya, Saya punya rumah yg ingin saya jual, tetapi rata2 calon pembeli menanyakan ke saya apakah saya bisa membantu utk proses kpr’nya.
    mohon info’nya yg bisa membantu utk proses kpr’nya…
    trims…

  • peppy says:

    mau nanya? 1. ada gak ketentuan kalo ngambil KPR-BTN>>

  • mohammad tamrin says:

    mau nanya bagaimana dg KPR syariah, kelihatannya cocok bagi kami penghasilan yg tdk tetap mohon jawabannya gan?

  • Nadzar Kamal says:

    Ijin copy mas admin, ilmunya sangat bermanfaat, semoga berkah

  • faisol roji says:

    syarat syarat pake dp enggak ya

  • yulan says:

    persyaratan gampang untuk penghasilan dibawah 2juta apa bisa ?

  • yayan setiawan says:

    saya mau nanya,untuk rumah yang bisa dibeli pa harus yang diperum,atau bisa juga rumah yang second orang lain,mohon bantuanya.makasih sebelumnya.

  • winata says:

    saya mau ngambil btn melalui asabri tapi menurut depeloper masa kerja saya tinggal 6 thn, sedangkan angsuran yang ditentukan oleh pihak pengembang btasnya smpe 10 thn. jadi saya hrus menambah uang dp yang sisanya 4 thn dri sisa msa kerja saya. yang ingi saya tanyakan berapa sya harus membayar dpnya? sdangkan dp dri pengembang sbesar 9,5 jt. mksh.. mhon jwbannya..

  • renny says:

    maaf nih saya mau tanya,saya mau beli rumah dng cara kredit.tapi yg mau saya beli rumah ibu saya.bisa gk? tp sertifikat rumah ibu saya masih di developer.sy gk ada uang untuk menebusnya.bs gak kalo bank dulu yg menebus srtifikat itu dulu…makasih

  • ahmad farok says:

    Info dr btn disamarinda kurang memuaskan padahal kami pingin sekali mengikuti kprbtn flpp

  • eko says:

    pengen punya rumah gan g mana cara nya tapi gaji cuma 2 jt

  • katree says:

    berapa uang mukanya untuk cicilan 300 rb/bln selama 8 thn?

  • Umi hafidho says:

    Pelaut bisa gak ajukan kpr?sy bth bgt,pgn py rmah.tp uang blm kmpl bt bli chas?gmn ya?

    • ilmusipil.com says:

      Bisa pak, kalau beli rumah KPR di perumahan pasti diberitahu persyaratan dokumen yang perlu disiapkan dan dibantu developer mengajukan ke Bank agar disetujui. pembayaran angsuran KPR bisa debit potong rekening tabungan jadi asalkan saldo masih ada maka tidak masalah ketika berada di laut dan tidak bisa datang ke Bank.

  • gustav says:

    saya membeli umah melalui koperasi & saya merasa angsuran terlalu mahal pertanyaan saya apakah bisa kita melakukan take over dari kopeasi ke KPR bersubsidi?

  • styakurniawan says:

    Pengen punya rmh..tpi lokasi tanah bagus..gmana ya bisa ngajuin kpr biar bisa kredit lewat bank saja..bingung caranya.?apakah pake dp dulu,atau bebas dp .tolong dunk bantu saya

  • Begix Zls says:

    Saya sebagai anggota polri , apakah saya bisa mengajukan KPR, dan saya sudah berkeluarga, karena saya belum memiliki rumah pribadi. Trim's

  • Leni Icha says:

    Ach abang,,,ya bisa doooong,,,,lebih gampang ngambil KPR kalo anggota daripada ngambil ato kredit kendaraan bang,,,,

  • novi says:

    maav mau nanya, kerja saya hanya caddy
    tidak punya surat gaji bulanan
    apa saya masih bisa pakai KPR dari bank ??
    please reply ..

  • Erwan Setiawan says:

    Mantap banget nie infonya.
    Super lengkap, bisa buat bahan untuk membeli rumah di kawasan Citra Indah Bogor

  • wiraswasta says:

    saya seorang PNS di Pemkab. Lombok Barat – NTB, penghasilan saya saat ini 2,5 jt/bln dan kebetulan saya belum ada rumah, bagaimanakah cara supaya saya bsa mndapatkan fasilitas KPR, terutama di wilayah KAb. Lombok Barat

    • wiraswasta says:

      untuk informasi tambahan, saat ini saya masih ada potongan kredit pada bank BRI selama 10 th kedapan,

  • sudiartini says:

    tolong dibantu donk cariin kpr murah di Denpasar n saya dan suami cuma memiliki gaji 1,5 juta per bulan. gimana caranya mendapatkan subsidi pemerintah apakah enggak ribet prosedurnya. saya di denpasar masih numpang tinggal ama kakak. keinginan untuk punya rumah sangat besar tapi penghasilan sedikit, bisa enggak ya ??????

  • rudiansyah says:

    tanya :

    pada saat akad kredit saya diberitahu bahwa saya jangan hiraukan suku bunga naik karena angsuran RP. 585.600 ( plate ) kata pihak karyawan bank btn tersebut.

    nah pada angsuran pertama saya, tercatat di rekening koranya RP. 683.826.00 kan artinya ini semua naik dan tidak sesuai kenyataan.

    rumah yang saya ambil adalah tipe 36 dan ikut program subsidi pemerintah. jd saya ini bengong pusing dan strees bila angkanya tidak sesuai kenyataan. tolong informasinya ya bapak ibu pejabat berwenang ……..

  • tiara says:

    Saya umur 26 th..mau mengajukan kpr subsidi pemerintah, gaji 2,8juta.. tpi masi ada pinjaman di bank lain 1,1jt perbulan masih 5tahun.. belum pernah pengajuan kpr .. saya bisa ngambil berapa di btn??

  • nissa says:

    Maaf says MW Tanya Kira Kira do rumah tu brpa ya

  • Luchen says:

    saya seorang PNS di Pemkab. Siau Tagulandang Biaro – Prov.Sulut, penghasilan saya saat ini 3,3 jt/bln dan saya ingin membeli rumah di manado untuk orang tua saya, bagaimanakah cara supaya saya bsa mndapatkan fasilitas KPR.

  • hartato says:

    permisi bos, sy mau Tanya, kl surat2 msh AJB bisa di KPR kan ga, kl bisa pake nya BANK apa? saya tinggal di Jakarta, PNS

  • asep sumpena says:

    sore pak,gaji saya 3,5jt/bln kira” harus cari rumah yg harga max berapa ya di daerah purwakarta

  • Aim Subarjat says:

    Cukup lengkap tips-tipsnya… Terimakasih.

  • Aaj Kal says:

    SELAMAT DATANG DI BESAR KUIL ILLUMINATI.

    Apakah Anda seorang pebisnis, Perempuan, politik yang, musik, mahasiswa dan Anda ingin menjadi kaya,kuat dan menjadi terkenal dalam hidup. Anda dapat mencapai impian Anda dengan menjadi anggota Illuminati. Dengan semua impian Anda dan keinginan hati dapat sepenuhnya mencapai, inisiasi saat ini terjadi jika Anda tertarik email agen online kami di illuminati.in@outlook.com

  • rizky says:

    Mau kredit rumah yg dp nya bisa dicicil dp sekitar 10 jutaan.ada ga ya gan????

  • muhendi bedur says:

    mau tanya….penghasilan saya cuma 2.5 jt per bulan,,,bisa nggak ya saya ambil kpr,,,soal nya saya belum punya rumah,,,,

  • siti fatimah says:

    Bisa gak kridit rumah gak pakek dp

  • Naroso says:

    Maaf. saya mau tanya .Bisakah KPR untuk membangunkan rumah saja karena saya sudah punya tanah ? trima kasih

  • tian says:

    jadi pengen punya rumah huniann :( sayangnya gaji ane cm 1 juta

  • eduard manik says:

    saya pingin beli rumah namun uang kontan tidak ada !!!! Rumah zaman dan sdh cocok menurut saya .. Apakah saya memiliki nya dgn kpr ??

  • budi says:

    beberapa bulan lalu sy mendapat brosur perumahan JAVA LEND di kota lamongan jatim di situ tertulis tipe 36 DP 42juta kemudian sy dtg kekantor pemasaranx n mendaftar kebetulan memiliki tabungan sebesar 42juta tetapi setelah melalui proses tanpa konfirmasi sy diberitahu bahwa pengajuan sy diterima oleh BTN gresik dgn DP 112jt sedangkan uang sy sdh masuk 42jt dan sisax hrs segera dibayar sedangkan sy tdk punya uang kemudian sy berniat menarik uang sy n dari pehak JAVA LEND mengatakan ini namax pembatalan sepihak n uang sy di potong 20% apakah seperti itu BTN melakukan transaksi dgn nasabah tanpa konfirmasi yg akhirnya memberatkan nasabah mohon saranx.trim

    • Ahadi says:

      Setahu saya, BTN akan memanggil dan menjelaskan kemudian tanda tangan diatas materai sebelum Kredit KPR Disetujui, dalam kasus yang bapak alami, kami rasa permasalahan masih antara Bapak dengan pihak developer perumahan, Developer membuat kebijakan agar bapak jadi memutuskan untuk membeli rumahnya, solusinya bapak bisa negoisasi dengan pengembang untuk mencari Bank lain, ganti rumah yang lebih murah, atau kesepakatan mengangsur uang muka selama jangka waktu tertentu kepada developer

  • adi says:

    Apa benar sebelum membayar angsuran rumah kita harus membayar pajak dulu?

  • hermanto says:

    apakah bisa mengajukan permohonan dengan berkas ( ktp, kk) diluar daerah, misalnya kita bekerja di kota A, tapi berkas kita beralamat dikota B? mohon infonya

Komentari

*
*