Cara membeli rumah kpr

Membeli rumah melalui kredit kepemilikan rumah ( KPR ) bisa jadi cara untuk memiliki rumah impian dengan dana terjangkau dan dalam waktu yang cepat, namun jika kurang perhitungan tentunya dapat menimbulkan beban dikemudian hari, kali ini ilmusipil berbagi pengalaman membeli rumah kpr melalui bank  mengenai pertimbangan dalam memilih lokasi, menentukan harga rumah, dan bagaimana agar keinginan kita disetujui bank penyedia KPR.

kenapa memlih membeli rumah melalui KPR?

jika belum punya rumah

saat ini sedang mengangsur KPR seharga 300 ribu/ bulan dan nantinya setelah 8 tahun rumah sudah menjadi milik sendiri kalaupun  tidak sanggup membayar angsuran ya anggap saja bayar kos. sedangkan biaya sewa kos atau rumah kontrakan di jakarta berkisar antara 300 ribu s/d 2,5 juta perbulan dan tentunya harga tersebut  terus naik tanpa bisa memiliki rumah tersebut.

jika punya uang banyak

sekarang ini mencari uang pinjaman tunai kepada bank cukup sulit, jadi alangkah baiknya uang tersebut digunakan sebagai modal usaha, kita dapat pahala karena membuka lapangan kerja, sementara hasilnya disisihkan untuk angsuran rumah KPR.

Bagaimana cara memilih rumah KPR?

berbagai pertimbangan perlu dipikirkan dalam memilih lokasi rumah KPR diantaranya:

  • lokasi rumah sebisa mungkin dekat dengan lokasi kerja atau usaha
  • Akses jalan ketempat kerja atau usaha bagus, melewati alam atau pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran.
  • dekat dengan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah favorit, rumah sakit dll.
  • Arah hadap rumah juga menentukan. arah hadap ke timur akan mendapat sinar matahari yang sejuk diteras rumah dipagi hari. arah hadap barat dapat melihat matahari tebenam disore hari tapi kepanasan pada teras disiang hari, dapat di imbangi dengan penanaman pohon peneduh.
  • disetujui anggota keluarga tentunya.

Bagaimana memilih model rumah KPR ?

Rumah KPR rata – rata mempunyai konstruksi standar dengan kualitas dan model desain yang belum tentu sesuai harapan, jadi lebih baik fokus untuk memilih lokasi tanah yang baik dan masalah model rumah nanti bisa direnovasi.

Bagaimana cara agar keinginan kita membeli rumah KPR disetujui bank ?

nah.. ketika sudah berhasil memilih lokasi dan model rumah yang tepat, tentunya kita tidak ingin kalau permohonan KPR kita ditolak oleh bank. sederhana sekali cara perhitunganya

  • bank hanya akan menyetujui angsuran maksimal 30% x gaji perbulan kita, lebih dari itu angsuran dinilai memberatkan kita.
  • saat ini jika gaji kita dibawah 2,5 juta / bulan. selamat! kenapa? karena masuk nominasi untuk mendapat subsidi pemerintah dengan syarat untuk pembelian rumah pertama. dan tentunya mendapat nilai angsuran yang lebih kecil bahkan bisa sampai setengahnya.

Bagaimana menentukan jumlah dan waktu angsuran KPR?

jumlah angsuran adalah harga beli rumah yang di tawarkan pengembang dikurangi uang muka yang kita bayar. nantinya bank akan menentukan jumlah angsuran dan lamanya, untuk menghtungnya dapat menggunakan fasilitas kalkulator KPR dari bank BTN caranya masuk ke web http://btn.co.id/ kemudian klik pada menu kalkulator KPR pada pojok kanan atas.

BANK apa saja yang menyediakan KPR?

Dalam memilih bank yang akan di gunakan sebagai penyedia jasa KPR, sebaiknya kita memilih bank yang sudah terpercaya dalam menyediakan KPR. hal ini demi keamanan angsuran kita dan dokumen surat – surat rumah yang jadi jaminan. misalnya:

  • BANK BTN
  • BANK MANDIRI
  • BANK BRI
  • BANK BNI

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membeli rumah KPR ?

Pada saat mengajukan permohonan KPR ke bank kita gak perlu repot – repot karena biasanya pengembang akan memberi tahu kita apa dokumen dan syarat – syarat yang dibutuhkan. sebagai gambaran dokumen tersebut diantarany:

  • Surat keterangan gaji yang bekerja/ penghasilan bagi yang usaha
  • Surat keterangan belum memiliki rumah atau sedang menumpang dari RT dimana kita sekarang tinggal, ini bagi yang ingin mendapat subsidi pemerintah.
  • Foto kopi ktp
  • foto kopi kartu keluarga
  • foto kopi tabungan di bank tersebut.

setelah semua syarat dipenuhi, dan disetujui, tentunya kita harus mengangsur tepat waktu agar tidak  terkena denda tunggakan atau rumah KPR kita disita dan ditempel stiker ” RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK … “

Cara membeli rumah kpr | Ahadi | 4.5
102 Comments
  1. 10 months ago
    eduard manik

    saya pingin beli rumah namun uang kontan tidak ada !!!! Rumah zaman dan sdh cocok menurut saya .. Apakah saya memiliki nya dgn kpr ??

    Reply
  2. 10 months ago
    budi

    beberapa bulan lalu sy mendapat brosur perumahan JAVA LEND di kota lamongan jatim di situ tertulis tipe 36 DP 42juta kemudian sy dtg kekantor pemasaranx n mendaftar kebetulan memiliki tabungan sebesar 42juta tetapi setelah melalui proses tanpa konfirmasi sy diberitahu bahwa pengajuan sy diterima oleh BTN gresik dgn DP 112jt sedangkan uang sy sdh masuk 42jt dan sisax hrs segera dibayar sedangkan sy tdk punya uang kemudian sy berniat menarik uang sy n dari pehak JAVA LEND mengatakan ini namax pembatalan sepihak n uang sy di potong 20% apakah seperti itu BTN melakukan transaksi dgn nasabah tanpa konfirmasi yg akhirnya memberatkan nasabah mohon saranx.trim

    Reply
    • 10 months ago
      Ahadi

      Setahu saya, BTN akan memanggil dan menjelaskan kemudian tanda tangan diatas materai sebelum Kredit KPR Disetujui, dalam kasus yang bapak alami, kami rasa permasalahan masih antara Bapak dengan pihak developer perumahan, Developer membuat kebijakan agar bapak jadi memutuskan untuk membeli rumahnya, solusinya bapak bisa negoisasi dengan pengembang untuk mencari Bank lain, ganti rumah yang lebih murah, atau kesepakatan mengangsur uang muka selama jangka waktu tertentu kepada developer

      Reply
  3. 9 months ago
    adi

    Apa benar sebelum membayar angsuran rumah kita harus membayar pajak dulu?

    Reply
  4. 8 months ago
    hermanto

    apakah bisa mengajukan permohonan dengan berkas ( ktp, kk) diluar daerah, misalnya kita bekerja di kota A, tapi berkas kita beralamat dikota B? mohon infonya

    Reply
  5. 5 months ago
    sandra

    saya lgi cri kpr yg angsuranya 1 jta prbulan ada gak ya

    Reply
  6. 4 months ago
    suroso

    pak’ q mau tanya, rumah yang bersubsidi itu di surabaya ada gak?

    Reply
  7. 3 months ago
    Rosi

    Saya sdh memilki rmh kpr btn, tapi stelah tinggal disini 2th saya merasa sangat tdk nyaman lingkungannya,
    sy sudah sangat tdk betah tinggal disini. Bisa tidak saya pindah rmh tp kpr yg sama.

    Reply
  8. 2 months ago
    indri dianti

    saya sudah bekerja lumayan lama dan sudah menjadi pegawai tetap disuatu perusahaan besar mini mrket di indonesia.saya ingin mengajukan kpr tetapi persyaratan nya yg ga ribet ada ga sih? bank yg meminjamkan dana untuk pengajuan pembelian rumah atau bekerjasama dg perusahaan biar org kecil seperti saya bisa beli rumah yg harganya minim tpi ga ribet soal persyaratannya tinggal motong dari slip gaji.
    kira2 ada ga ya pa?
    terimakasih..

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*