Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara membeli rumah kpr

Membeli rumah melalui kredit kepemilikan rumah ( KPR ) bisa jadi cara untuk memiliki rumah impian dengan dana terjangkau dan dalam waktu yang cepat, namun jika kurang perhitungan tentunya dapat menimbulkan beban dikemudian hari, kali ini ilmusipil berbagi pengalaman membeli rumah kpr melalui bank  mengenai pertimbangan dalam memilih lokasi, menentukan harga rumah, dan bagaimana agar keinginan kita disetujui bank penyedia KPR.

kenapa memlih membeli rumah melalui KPR?

jika belum punya rumah

saat ini sedang mengangsur KPR seharga 300 ribu/ bulan dan nantinya setelah 8 tahun rumah sudah menjadi milik sendiri kalaupun  tidak sanggup membayar angsuran ya anggap saja bayar kos. sedangkan biaya sewa kos atau rumah kontrakan di jakarta berkisar antara 300 ribu s/d 2,5 juta perbulan dan tentunya harga tersebut  terus naik tanpa bisa memiliki rumah tersebut.

jika punya uang banyak

sekarang ini mencari uang pinjaman tunai kepada bank cukup sulit, jadi alangkah baiknya uang tersebut digunakan sebagai modal usaha, kita dapat pahala karena membuka lapangan kerja, sementara hasilnya disisihkan untuk angsuran rumah KPR.

Bagaimana cara memilih rumah KPR?

berbagai pertimbangan perlu dipikirkan dalam memilih lokasi rumah KPR diantaranya:

  • lokasi rumah sebisa mungkin dekat dengan lokasi kerja atau usaha
  • Akses jalan ketempat kerja atau usaha bagus, melewati alam atau pemandangan yang dapat menyegarkan pikiran.
  • dekat dengan fasilitas publik seperti tempat ibadah, sekolah favorit, rumah sakit dll.
  • Arah hadap rumah juga menentukan. arah hadap ke timur akan mendapat sinar matahari yang sejuk diteras rumah dipagi hari. arah hadap barat dapat melihat matahari tebenam disore hari tapi kepanasan pada teras disiang hari, dapat di imbangi dengan penanaman pohon peneduh.
  • disetujui anggota keluarga tentunya.

Bagaimana memilih model rumah KPR ?

Rumah KPR rata – rata mempunyai konstruksi standar dengan kualitas dan model desain yang belum tentu sesuai harapan, jadi lebih baik fokus untuk memilih lokasi tanah yang baik dan masalah model rumah nanti bisa direnovasi.

Bagaimana cara agar keinginan kita membeli rumah KPR disetujui bank ?

nah.. ketika sudah berhasil memilih lokasi dan model rumah yang tepat, tentunya kita tidak ingin kalau permohonan KPR kita ditolak oleh bank. sederhana sekali cara perhitunganya

  • bank hanya akan menyetujui angsuran maksimal 30% x gaji perbulan kita, lebih dari itu angsuran dinilai memberatkan kita.
  • saat ini jika gaji kita dibawah 2,5 juta / bulan. selamat! kenapa? karena masuk nominasi untuk mendapat subsidi pemerintah dengan syarat untuk pembelian rumah pertama. dan tentunya mendapat nilai angsuran yang lebih kecil bahkan bisa sampai setengahnya.

Bagaimana menentukan jumlah dan waktu angsuran KPR?

jumlah angsuran adalah harga beli rumah yang di tawarkan pengembang dikurangi uang muka yang kita bayar. nantinya bank akan menentukan jumlah angsuran dan lamanya, untuk menghtungnya dapat menggunakan fasilitas kalkulator KPR dari bank BTN caranya masuk ke web http://btn.co.id/ kemudian klik pada menu kalkulator KPR pada pojok kanan atas.

BANK apa saja yang menyediakan KPR?

Dalam memilih bank yang akan di gunakan sebagai penyedia jasa KPR, sebaiknya kita memilih bank yang sudah terpercaya dalam menyediakan KPR. hal ini demi keamanan angsuran kita dan dokumen surat – surat rumah yang jadi jaminan. misalnya:

  • BANK BTN
  • BANK MANDIRI
  • BANK BRI
  • BANK BNI

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk membeli rumah KPR ?

Pada saat mengajukan permohonan KPR ke bank kita gak perlu repot – repot karena biasanya pengembang akan memberi tahu kita apa dokumen dan syarat – syarat yang dibutuhkan. sebagai gambaran dokumen tersebut diantarany:

  • Surat keterangan gaji yang bekerja/ penghasilan bagi yang usaha
  • Surat keterangan belum memiliki rumah atau sedang menumpang dari RT dimana kita sekarang tinggal, ini bagi yang ingin mendapat subsidi pemerintah.
  • Foto kopi ktp
  • foto kopi kartu keluarga
  • foto kopi tabungan di bank tersebut.

setelah semua syarat dipenuhi, dan disetujui, tentunya kita harus mengangsur tepat waktu agar tidak  terkena denda tunggakan atau rumah KPR kita disita dan ditempel stiker ” RUMAH INI DALAM PENGAWASAN BANK … “

  1. Pasangan batu bata
  2. desain kamar mandi
  3. Cara mempercepat pembangunan rumah tinggal
  4. Lanjutan seri tutorial desain rumah
  5. Cara mengatasi penampakan hantu di rumah
  6. membangun rumah di desa atau kota
  7. Jenis Penutup Atap
  8. Cara membeli rumah kpr
  9. Rumah tipe 36 dijual di Wahana Harapan Bekasi
  10. membangun rumah kos atau kontrakan
  11. memilih warna interior rumah
  12. Desain rumah lengkap
  13. blog khusus denah rumah denah-rumah.com
  14. Seperti apa rasanya menginap di rumah sakit
  15. Desain Rumah Bambu dan Keuntungannya
  16. Keuntungan Investasi rumah KPR di perumahan
  17. PERJANJIAN SEWA MENYEWA RUMAH
  18. Perbedaan rumah kontrakan dan kost
  19. Peluang usaha jasa sedot WC septictank

105 Responses to “Cara membeli rumah kpr”

  1. Aditya Yanu Kurniawan says:

    Mas, kalau gaji 3 juta per bulan idealnya saya harus mengambil perumahan yang berapa juta?
    Mohon dibalas.
    Terima kasih.

  2. Yudie says:

    Ass..
    Mau tanya, Saya punya rumah yg ingin saya jual, tetapi rata2 calon pembeli menanyakan ke saya apakah saya bisa membantu utk proses kpr’nya.
    mohon info’nya yg bisa membantu utk proses kpr’nya…
    trims…

  3. peppy says:

    mau nanya? 1. ada gak ketentuan kalo ngambil KPR-BTN>>

  4. mohammad tamrin says:

    mau nanya bagaimana dg KPR syariah, kelihatannya cocok bagi kami penghasilan yg tdk tetap mohon jawabannya gan?

  5. riki roder says:

    tx buat infona mampir ke web saya yahhh…http://www.grandhermon.com/ ada rumah murah dijual

  6. Nadzar Kamal says:

    Ijin copy mas admin, ilmunya sangat bermanfaat, semoga berkah

  7. dedy says:

    Numpang PROMO nich bang Admin..

    saya punya Info KPR BTN di KAWASAN KABUPATEN TIGARAKSA TANGERANG.

    Hagra Sangat Terjangkau.

    Type 36/60 Rp. 87.600.000

    Dp bisa di Cicil.
    klik aja di Mari..

    http://rumahdijual.com/94390

  8. faisol roji says:

    syarat syarat pake dp enggak ya

  9. yulan says:

    persyaratan gampang untuk penghasilan dibawah 2juta apa bisa ?

  10. yayan setiawan says:

    saya mau nanya,untuk rumah yang bisa dibeli pa harus yang diperum,atau bisa juga rumah yang second orang lain,mohon bantuanya.makasih sebelumnya.

  11. winata says:

    saya mau ngambil btn melalui asabri tapi menurut depeloper masa kerja saya tinggal 6 thn, sedangkan angsuran yang ditentukan oleh pihak pengembang btasnya smpe 10 thn. jadi saya hrus menambah uang dp yang sisanya 4 thn dri sisa msa kerja saya. yang ingi saya tanyakan berapa sya harus membayar dpnya? sdangkan dp dri pengembang sbesar 9,5 jt. mksh.. mhon jwbannya..

  12. renny says:

    maaf nih saya mau tanya,saya mau beli rumah dng cara kredit.tapi yg mau saya beli rumah ibu saya.bisa gk? tp sertifikat rumah ibu saya masih di developer.sy gk ada uang untuk menebusnya.bs gak kalo bank dulu yg menebus srtifikat itu dulu…makasih

  13. ayip says:

    Rumah tingkat dengan 3 kamar tidur 2 kamar mandi masuk mobil bebas banjir air jernih pinggir jalan dekat alfamart, luas tanah 76 luas bangunan 72 daerah kalisari cijantung jakarta timur, harga 300 juta (nego), 088210146736

  14. ahmad farok says:

    Info dr btn disamarinda kurang memuaskan padahal kami pingin sekali mengikuti kprbtn flpp

  15. eko says:

    pengen punya rumah gan g mana cara nya tapi gaji cuma 2 jt

  16. ayip says:

    bang numpang jualan nih, rumah minimalis cuma ada 3 unit, masing masing luas tanah 100 meter, luas bangunan 70 kamar tidur 2, kamar mandi 1, ruang tamu ruang keluarga, dapur, taman dan carport, anti banjir, air jernih, harga 300 juta bisa kurang, KPR langsung ke pengembang (murni tanpa bunga) lokasi pekayon kalisari jakarta timur 088210146736

  17. katree says:

    berapa uang mukanya untuk cicilan 300 rb/bln selama 8 thn?

  18. Umi hafidho says:

    Pelaut bisa gak ajukan kpr?sy bth bgt,pgn py rmah.tp uang blm kmpl bt bli chas?gmn ya?

    1. ilmusipil.com says:

      Bisa pak, kalau beli rumah KPR di perumahan pasti diberitahu persyaratan dokumen yang perlu disiapkan dan dibantu developer mengajukan ke Bank agar disetujui. pembayaran angsuran KPR bisa debit potong rekening tabungan jadi asalkan saldo masih ada maka tidak masalah ketika berada di laut dan tidak bisa datang ke Bank.

  19. gustav says:

    saya membeli umah melalui koperasi & saya merasa angsuran terlalu mahal pertanyaan saya apakah bisa kita melakukan take over dari kopeasi ke KPR bersubsidi?

  20. styakurniawan says:

    Pengen punya rmh..tpi lokasi tanah bagus..gmana ya bisa ngajuin kpr biar bisa kredit lewat bank saja..bingung caranya.?apakah pake dp dulu,atau bebas dp .tolong dunk bantu saya

  21. Begix Zls says:

    Saya sebagai anggota polri , apakah saya bisa mengajukan KPR, dan saya sudah berkeluarga, karena saya belum memiliki rumah pribadi. Trim's

  22. Leni Icha says:

    Ach abang,,,ya bisa doooong,,,,lebih gampang ngambil KPR kalo anggota daripada ngambil ato kredit kendaraan bang,,,,

  23. mau tanya,
    kalo mau beli rumah seharga 250jt tp pndaptan tiap bulan 6juta apakah bisa d acc?
    trima kasih.

    1. bisa pak..di bni syariah semarang, masa cicilan 15 tahun dengan tingkat margin flat.tidak dikenakan biaya apraisal dan provisi.pembiayaan bank sesuai hitungan yang saya coba di sistem, dengan harga 250 juta, perbulannya sekitar 2.632.000. itu sudah termasuk pokok + margin. jd, dengan pendapatan 6 juta, saya rasa bisa d acc.trima kasih

  24. Nasrul Ulla says:

    Bisa dong bos cewe sj bisa kt dpt aplg rumah.

  25. Popoh Maniez says:

    Lagi nyari kpr yg di bwh 100…ada g yaaaaaa zaman skrang di sekitaran jkrt,, kyanya suliiiitt..:(

    1. Ԃï daerah serpong ato parung masih ada tuh yang ԃï bawah 100 mah… Kalo ԃï jakarta mah udah gada kale….

    2. dda nttu di bantar gerbang, di samping pembuang'n sampah..!!
      Wkwkwk..!!

    3. dijakarte udeh g ade tuh! mungkin diluar kota jakarte masih ada entu.coba aje cari informasinya langsung aje tentang kpr,barang kali masih ade.

  26. novi says:

    maav mau nanya, kerja saya hanya caddy
    tidak punya surat gaji bulanan
    apa saya masih bisa pakai KPR dari bank ??
    please reply ..

    1. triyanto says:

      Saya bisa batu email ke sanntryanaone@yahoo.com atau tlp 08997385509 dijamin goal…………………………………………………………………………………..

      …………………………………………………………………………………………
      ……………………..

  27. triyanto says:

    Bagi yang susah mendapatkan KPR saya bisa bantu…bisa email ke sanntryanaone@yahoo.com atau sms or tlp ke 0899 7385 509. .dijamin goal…

  28. Erwan Setiawan says:

    Mantap banget nie infonya.
    Super lengkap, bisa buat bahan untuk membeli rumah di kawasan Citra Indah Bogor

  29. wiraswasta says:

    saya seorang PNS di Pemkab. Lombok Barat – NTB, penghasilan saya saat ini 2,5 jt/bln dan kebetulan saya belum ada rumah, bagaimanakah cara supaya saya bsa mndapatkan fasilitas KPR, terutama di wilayah KAb. Lombok Barat

    1. wiraswasta says:

      untuk informasi tambahan, saat ini saya masih ada potongan kredit pada bank BRI selama 10 th kedapan,

  30. sudiartini says:

    tolong dibantu donk cariin kpr murah di Denpasar n saya dan suami cuma memiliki gaji 1,5 juta per bulan. gimana caranya mendapatkan subsidi pemerintah apakah enggak ribet prosedurnya. saya di denpasar masih numpang tinggal ama kakak. keinginan untuk punya rumah sangat besar tapi penghasilan sedikit, bisa enggak ya ??????

  31. Bendy says:

    malam,

    saya mau tanya saya ingin memiliki rumah di daerah cituis tangerang type 36/90 kisaran harga 90jt, jika tanpa DP bisa gak yah, saya mampu angsuran perbulannya 700-750/bln, please bantu saya, telp saya 08176436329

    terima kasih

  32. rudiansyah says:

    tanya :

    pada saat akad kredit saya diberitahu bahwa saya jangan hiraukan suku bunga naik karena angsuran RP. 585.600 ( plate ) kata pihak karyawan bank btn tersebut.

    nah pada angsuran pertama saya, tercatat di rekening koranya RP. 683.826.00 kan artinya ini semua naik dan tidak sesuai kenyataan.

    rumah yang saya ambil adalah tipe 36 dan ikut program subsidi pemerintah. jd saya ini bengong pusing dan strees bila angkanya tidak sesuai kenyataan. tolong informasinya ya bapak ibu pejabat berwenang ……..

  33. collins scott says:

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar utang Anda? Jika ya hubungi kami via collinsscotthelpfunds@gmail.com

  34. tiara says:

    Saya umur 26 th..mau mengajukan kpr subsidi pemerintah, gaji 2,8juta.. tpi masi ada pinjaman di bank lain 1,1jt perbulan masih 5tahun.. belum pernah pengajuan kpr .. saya bisa ngambil berapa di btn??

  35. nissa says:

    Maaf says MW Tanya Kira Kira do rumah tu brpa ya

  36. Mr Excel says:

    menawarkan pinjaman

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak? Jika ya hubungi kami di (excelservices.managementonline@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

  37. Luchen says:

    saya seorang PNS di Pemkab. Siau Tagulandang Biaro – Prov.Sulut, penghasilan saya saat ini 3,3 jt/bln dan saya ingin membeli rumah di manado untuk orang tua saya, bagaimanakah cara supaya saya bsa mndapatkan fasilitas KPR.

  38. lewis says:

    KAMI MEMBANTU ORANG SANA KE RUMAH DAN GETINGE retrived
    PINJAMAN KEMBALI KE SANA, KONTAK SEKARANG, VIA
    {I} lewismartins2015@gmail.co
    Nama pertama:
    Nama tengah (s):
    Lainnya / Maiden Nama:
    Tanggal Lahir:
    (DD / MM / YYYY)
    Nomer HP:
    Jenis kelamin: Laki-laki Perempuan
    Alamat Email:
    Rumah / darat
    Nomor:
    Sarana Identifikasi:
    Conutry …….?
    Kunjungi website kami?
    UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT?

Leave a Reply

Current ye@r *