Cara membangun kerajaan bisnis

Terjun ke dunia usaha dari nol merupakan suatu tantangan tersendiri yang dalam menjalaninya besar kemungkinan tidak berani karena sudah membayangkan terlebih dahulu bermacam kesulitan yang mungkin ada sehingga menyimpulkan bahwa bisnis tersebut akan gagal, maka yang terjadi adalah mengalami kegagalan sebelum berjuang, ada juga yang berada dalam kondisi kepepet sehingga mau tidak mau harus bekerja keras padahal belum menyiapkan bekal khusus untuk menerjang segala bentuk rintangan, sambil belajar dan berdoa namun yang terjadi ternyata diluar perkiraan yaitu secara tidak diduga berhasil menuai kesuksesan dalam berbisnis, selain dua gambaran tersebut tentu masih banyak lagi cerita lainya yang berhubungan dengan perjuangan merintis, mendirikan, mengembangkan sampai mempertahankan kebesaran bisnis. lalu sebenarnya apa kunci sukses untuk membuka pintu gerbang yang selama ini tertutup rapat, kunci untuk bisa masuk kedalamnya sehingga bisa mengetahui cara membangun kerajaan bisnis. kenapa kita sebut kerajaan? karena manajemen bisnis yang profesional bisa diibaratkan dengan membangun kerajaan. disini mari kita berbagi pengetahuan dan pengalaman sehingga dapat terkupas tuntas sampai ditemukan kunci kesuksesan ini, sebagai permulaan kita buat terlebih dahulu beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi para calon pengusaha di Indonesia atau dunia.

 

Ukuran atau standar kesuksesan

Sebelumnya perlu kita gali terlebih dahulu apa itu arti sukses, apakah punya harta banyak seperti rumah gedung, mobil mewah? padahal hidup tidak pernah merasa tenang. Apakah sukses itu adalah prestasi gemilang berupa gelar juara,jabatan dan penghargaan dari setiap orang? padahal seringkali justru kita merasa terganggu dengan gelar tersebut. Apakah sukses itu berupa jalan kehidupan yang selalu senang tanpa pernah merasa sedih sedikitpun? sedangkan kita tahu bahwa orang yang bisa berbuat baik justru orang yang bisa memahami kondisi orang lain dan pemahaman tersebut akan lebih sempurna jika pernah menjalani kesusahan sendiri secara langsung. dan berbagai gambaran kesuksesan lainya yang masing-masing pribadi tentu mempunyai standar berbeda. Mari kita berpikir sejenak bahwa dalam pergantian siang malam adakalanya gelap dan terang datang bergiliran secara teratur, begitulah kiranya kehidupan kita pasti adakalanya mengalami gelap dan terang jadi kesuksesan adalah ketika kita bersedia menerima dengan ikhlas bermacam kondisi yang menerpa, berhasil memanfaatkan segala potensi dan bekal kehidupan untuk menebar kemanfaatan karena manusia terbaik itu bukan yang paling banyak hartanya, bukan yang paling tinggi jabatanya, tapi manusia terbaik adalah orang yang paling dekat dengan Tuhan sehingga bisa berbuat baik dan bermanfaat bagi makhluk lainya. mungkin inilah kurang lebih gambaran puncak kesuksesan yang sesungguhnya. bagi yang mau protes atau tidak setuju silahkan! kita terima dengan senang hati 🙂

 

Cara membangun kerajaan bisnis

  1. Yang pertama kita buang terlebih dahulu segala bentuk pikiran negatif sehingga bisa yakin bahwa apa yang kita lakukan nantinya pasti dapat menuai keberhasilan.
  2. Membuat nama kerajaan agar mudah dikenal, dalam dunia bisnis kita kenal merek atu brand.
  3. Mendekatkan diri dan hanya menyembah Tuhan pencipta seluruh alam semesta seisinya, karena hal ini sangat besar pengaruhnya dalam kesuksesan usaha, karena untuk menjadi pengusaha sukses perlu bermacam sifat kebaikan seperti disiplin,jujur,amanat,cerdas,bekerja keras, rajin belajar dan sikap lainya yang hanya akan dimiliki secara sempurna oleh orang-orang yang benar-benar dekat dengan Tuhan.
  4. Rajin belajar dan mencoba-coba hal baru.
  5. Baik terhadap semua orang entah itu karyawan,konsumen atau siapapun karena kita tidak bisa mengembangkan usaha sendirian tanpa bantuan orang lain.
  6. Tugas kita hanyalah berjuang dan berusaha sebaik mungkin. masalah hasil biarlah urusan Tuhan yang maha tahu. bisa jadi kita menyukai sesuatu namun hal itu buruk bagi kita, sebaliknya bisa jadi kita membenci sesuatu namun sebenarnya hal itu sangat bagus untuk kita.
  7. Sedekah atau membazar zakat minimal 2,5% dari penghasilan yang kita peroleh untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan, ingat bahwa kebahagiaan dalam memberi seringkali lebih besar dari pada bahagia ketika mendapat.
  8. Ingat bahwa hidup kita di dunia ini sedang merantau dan suatu saat akan kembali ke kampung halaman di akherat, itulah masa yang akan kita jalani dalam waktu tidak terbatas entah jutaan, milyaran atau triliun tahun kita tidak tahu, jadi mengorbankan kesenangan dalam waktu lama hanya untuk senang selama beberapa puluh tahun merupakan suatu tindakan yang tidak pintar. jadi kita bisa dibilang sukses jika hasil bisnis dapat dibawa pulang ke kampung halaman dan secara tidak sadar kita juga mendapatkan kesenangan di dunia.

Begitulah kiranya beberapa uraian yang bisa disampaikan penulis, bagi yang tidak sependapat atau setuju namun melihat masih banyak kekurangan, maka silahkan mengkritik atau menambahkan tutorial dibawah tentang cara sukses membangun kerjaan bisnis 🙂

3 Comments

  1. Dina 24 January 2015
  2. fabregas 6 May 2015
  3. Arief 7 May 2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.