Cara kontraktor mendapat keuntungan dari proyek konstruksi

Cara kontraktor mendapat keuntungan dari proyek konstruksi bisa melalui berbagai hal, terkadang kita mendengar ada oknum kontraktor tertentu yang korupsi bahan bangunan agar mendapat keuntungan, itu hanyalah ulah kontraktor yang kurang kreatif dan inovatif saja sehingga owner dirugikan, karena seharusnya cara seperti itu tidak perlu dilakukan karena masih banyak cara lain yang tergolong halal dan lebih memberikan laba besar, untuk itu mari kita jabarkan.

 

Mempercepat penyelesaian pekerjaan

Dengan selesai lebih cepat  berarti ada sisa upah yang tidak perlu dikeluarkan, sisa waktu juga bisa dipakai untuk melakukan pekerjaan lain yang pastinya akan memberikan keuntungan tambahan. untuk kontrak proyek tertentu juga menerapkan sistem denda keterlambatan, sehingga itu akan memberikan kerugian bagi kontraktor.

Menyeleksi supplier material

Menemukan supplier sebanyak mungkin lalu meminta penawaran harga untuk pengadaan material tertentu, yang terpilih adalah supplier termurah dengan kualitas bahan bangunan sesuai standar, jadi disini ada celah untuk mendapatkan laba.

Menggunakan metode kerja terbaik

Satu jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang terbaik adalah cara yang paling murah dan bisa selesai secepat mungkin.

Meminimalisir sisa material terbuang

ini bisa dilakukan dengan membuat shop drawing terlebih dahulu untuk menentukan posisi penggunaan material beserta ukuranya, jadi disitu bisa diatur bagaimana caranya agar tidak terlalu banyak material yang terbuang sia-sia. contohnya pada pemasangan keramik lantai maupun dinding.

Memanfaatkan material sisa pekerjaan

beberapa jenis bahan bangunan ada yang terpaksa sisa apabila digunakan, misalnya  pada pemesanan beton readymix ada kemungkinan terjadi kelebihan volume sehingga rata-rata orang akan berpikir untuk membuangnya, padahal itu bisa diolah lagi menjadi benda-benda berguna contohnya dicetak menjadi kanstin, paving block.

Efisiensi penggunaan alat kerja

Misalnya pada penggunaan bekisting perlu direncanakan dengan baik jenis material yang akan dipakai, dan bisa digunakan untuk berapa kali cetakan. jika memakai multriplek atau plywood maka perlu juga diperhatikan pada sistem pemotonganya agar diusahakan jangan sampai ada material yang terbuang sia-sia.

Pengaturan urutan pelaksanaan pekerjaan

Dengan mengatur urutan dengan benar, maka pekerjaan bisa selesai lebih cepat, rapi dan menghabiskan biaya yang lebih murah.

Menggunakan tenaga kerja terbaik

Produktifitas tukang atau karyawan juga sangat mempengaruhi untuk rugi borongan, untuk itu perlu diseleksi dengan baik siapa saja yang punya keahlian dan etos kerja terbaik lalu menempatkan personil tersebut pada posisi yang pas.

 

Tentunya masih banyak lagi cara lain yang bisa dilakukan agar kontraktor meraih keuntungan, apapun itu boleh-boleh saja asalkan masih dalam koridor “halal”. intinya yaitu owner alias pemilik bangunan merasa senang karena bangunan dikerjakan sesuai apa yang menjadi kesepakatan, sedangkan kontraktor mendapatkan sisa anggaran yang tidak perlu di gunakan alias keuntungan.

Leave a Reply