Cara kerja di kontraktor sambil kuliah S1 ekstensi Teknik sipil

Bekerja di perusahaan kontraktor bisa jadi suoer sibuk karena banyak proyek pembangunan di indonesia yang menerapkan sistem kontrak hari kalender sehingga hari minggu atau libur tetap masuk, ditambah lagi jam pulang kerja seringkali diatas jam sembilan malam. Namun ditengah kesibukan kerja di kontraktor tersebut apakah masih mungkin untuk sambil kuliah S1 Teknik sipil ekstensi? tentu saja bisa apabila ada kemauan kuat dan tahu beberapa tips untuk berhasil dalam dua profesi sekaligus yaitu sebagai pekerja dan mahasiswa.

 

Bagi pengusaha kontraktor mungkin tidak jadi masalah karena mempunyai kebebasan mengatur waktu usaha asalkan bisnis tetap jalan. namun bagi pekerja yang masih terikat waktu dan biaya maka memerlukan semangat tinggi untuk maju serta bagaimana kemampuan membagi waktu dan keuangan. berikut ini beberapa cara yang mungkin berguna bagi yang berniat atau sedang menjalani kuliah ekstensi.

 

Tips kerja sambil kuliah S1 ekstensi Teknik sipil

  1. Pertama kita lihat terlebih dahulu apakah kondisi perusahaan dan peraturan yang ada didalamnya masih memungkinkan untuk berbagi waktu kuliah, apabila tidak memungkinkan maka buat agar bisa mungkin 🙂
  2. Pilih lokasi kampus yang paling dekat dengan lokasi kerja untuk menghemat waktu transportasi pulang pergi kuliah.
  3. Pilih kampus yang tidak terlalu ketat dalam menerapkan absen kehadiran dan keterlambatan sehingga masih dapat mengikuti proses belajar mengajar.
  4. Pilih kampus yang menyediakan jam kulaih ekstensi yang tidak berbarengan dengan jam kerja, milsanya kuliah malam hari atau hari sabtu minggu.
  5. Jika punya atasan ditempat kerja maka lihat dahulu apakah atasan tersebut tergolong orang baik atau seenaknya sendiri, apabila dia baik maka bisa berterus terang minta izin untuk sambil melanjutkan kuliah S1, apabila dengan izin justru akan menghambat proses kuliah maka lakukan saja tanpa pemberitahuan yang penting tugas pekerjaan selesai.
  6. Dalam perjalanan kuliah bisa jadi akan muncul rekan kerja atau atasan yang tidak menyukai kita saat meninggalkan jam kantor untuk kuliah, cuek saja gak usah dipikirin karena akan mengganggu proses belajar mengajar di kampus.
  7. Cara yang paling sering dilakukan atasan jika tidak menyukai kita kuliah ekstensi adalah dengan meberikan tugas saat jadwal sedang akan berangkat ke kampus. terima saja tugas tersebut lalu limpahkan kepada rekan lain atau simpan untuk dikerjakan diwaktu lain setelah selesai kuliah, jadi walaupun tugas banyak usahakan tetap berangkat belajar.
  8. Bagi yang kekurangan modal belajar karena gaji kerja tidak mencukupi untuk biaya kuliah, tidak perlu patah semangat karena bisa mengajukan beasiswa atau mencari usaha sampingan atau tetap kuliah dengan menunda biaya kampus yang penting tidak sampai dikeluarkan akibat tidak bayar uang kuliah.
  9. Jalin hubungan baik dengan rekan kampus agar proses belajar dapat berjalan mudah.

 

Ingat tujuan kita kuliah ekstensi S1 Teknik sipil disini adalah untuk mencari ilmu dan pengalaman bukan mencari gelar atau meningkatkan gelar dan gaji ditempat kerja. Karena dengan memiliki ilmu yang cukup setidaknya kita punya modal yang kuat apabila terkena black list karena sering bolos ditempat kerja lama demi alasan kuliah maka masih dapat menggunakan ketrampilan  diperusahaan lain atau usaha mandiri dengan modal upgrade ketrampilan yang didapat dari kuliah teknik sipil ekstensi sambil kerja di kontraktor sebelumnya.

One Response

  1. Syaiful bahri 1 June 2012

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.