Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Cara belajar menulis artikel teknik sipil

Budaya baca tulis adalah kebiasaan negara maju karena dari situlah kita dapat berbagi permasalahan untuk bisa dibaca oleh pembaca yang kebetulan mempunyai solusi atas persoaalan tersebut atau sebaliknya menulis untuk memberi. Bisa kita bayangkan betapa besarnya manfaat yang bisa diperoleh dari budaya baca tulis  namun ternyata untuk dapat menulis sebuah rangkaian kata-kata menjadi kalimat yang bermakna ternyata membutuhkan keahlian atau semangat belajar tinggi. Demikian halnya dalam dunia bangunan akan sangat disayangkan sekali jika potensi ilmu yang tersebar ke seluruh sumber daya manusia handal di Indonesia harus hilang satu persatu terbawa mati karena tidak bisa menuliskan ke dalam media yang dapat dipahami generasi selanjutnya. Ikatlah ilmu dengan menuliskanya :-) disini kita coba menguraikan beberapa hal yang dapat membantu peningkatan kemampuan cara belajar menulis artikel khususnya dibidang teknik sipil dan arsitektur.

 

Menulis juga merupakan solusi handal bagi yang kesulitan mencari lapangan pekerjaan, apalagi dengan perkembangan teknologi informasi yang memberikan kesempatan kepada setiap pribadi untuk membuat media online seperti website atau blogger dimana penulisan dibuat dalam bentuk artikel 300 sampai dengan 1500 kata. apabila sudah pandai menulis maka pekerjaan tersebut justru bisa menghasilkan lebih dari lowongan kerja yang di incar sebelumnya. misalnya seorang blogger bisa bekerja tanpa terikat tempat dan waktu serta boleh menentukan sendiri berapa penghasilan yang didinginkan sesuai tingkat kerajinan. nah.. dari semua potensi besar tersebut tidak ada salahnya kita belajar menulis artikel yang sesuai dengan bidang keilmuan dan keahlian masing-masing.

 

Cara mudah menulis artikel bangunan

  1. Sering-seringlah berkomunikasi lewat SMS Handphone atau menulis status jejaring sosial karena ternyata dari situ kita sebenarnya sedang latihan menulis kalimat pendek yang apabila sudah terbiasa maka bisa dikembangkan lebih jauh.
  2. Anggap kita sedang berkomunikasi tanpa suara dengan seseorang yang dalam hal ini calon pembaca sehingga kita mengubah bahasa yang seharusnya dikeluarkan lewat suara dirubah kedalam bentuk tulisan.
  3. Tinggalkan kebiasaan copy paste karena cara itu justru mematikan potensi diri yang bisa jadi akan jauh lebih baik hasilnya dari artikel yang sudah ada.
  4. Menulis topik atau ilmu yang dimengerti akan lebih mudah, misalnya dengan menuliskan pengalaman atau pelajaran yang sudah didapat dari bangku sekolah maupun universitas kehidupan.
  5. Dalam menulis abaikan terlebih dahulu kebagusan kata-kata dan ejaan yang benar, setelah selesai baru dibaca ulang kembali untuk membetulkan bagian yang kurang benar.
  6. Temukan hal-hal baru yang menarik dalam kehidupan sehingga akan lebih termotivasi untuk menuliskan dan berbagai pengalaman lewat bahasa tulis.
  7. Ikhlaskan tulisan yang akan dibuat semata-mata hanya agar bisa bermanfaat bagi pembaca karena disinilah kunci bermacam tujuan lain akan ikut tercapai dengan sendirinya.
  8. Banyak praktek dari pada mempelajari buku tutorial menulis, karena dengan mencoba menulis langsung kita akan tahu dimana letak kekurangan dan kelebihan yang bisa dikembangkan.
  9. Apabila tulisan kita dikritik oleh pembaca maka terimalah karena hal tersebut dapat membangun keahlian untuk jadi lebih baik, namun apabila ada kritikan tidak jelas yang tujuanya menjatuhkan maka abaikan saja dan tetap semangat menulis :-)

Begitulah beberapa tips cara menulis artikel dibidang bangunan atu teknik sipil arsitektur semoga bermanfaat,  bagi yang hendak menambahkan cara mudah bisa berbagi disini.

ilmu sipil
  1. Membuat blog khusus bursa kerja teknik sipil
  2. Mari membangun negeri
  3. Tsunami aceh : semua bangunan rusak tapi masjid tetap utuh
  4. Bingung mau menulis apa?
  5. Pengumunan hasil lomba 17 Agustus 1945
  6. Mengenal Tuhan dengan ilmu tukang bangunan
  7. Konstruksi ramah Gempa sekarang juga!
  8. Mau jadi Sarjana foto copy atau Sarjana copy paste?
  9. Pengunjung ilmu sipil com lebih hebat dari penulisnya
  10. Membangun Indonesia dengan memajukan desa
  11. Keuntungan jika ibu kota indonesia pindah dari DKI Jakarta
  12. Manfaat email dan internet dalam proyek konstruksi
  13. Malam hari masih di proyek bangunan
  14. Blogger sebagai profesi baru warga teknik sipil
  15. Kuis berhadiah kaos teknik sipil dan arsitektur
  16. Setiap hari menulis satu artikel bangunan
  17. Cara membuat kusen cor beton
  18. Mari bersama membangun indonesia
  19. Cara belajar menulis artikel teknik sipil

1 Komentar

Komentari

*
*