ilmusipil.com


Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil Cara belajar ilmu desain rumah

| 22 Comments

Membuat desain rumah yang indah bisa jadi merupakan kepuasan terndiri yang nilainya justru melebihi rasa bangga ketika kita berhasil membangunya, kenapa demikian? karena disitu kita bisa berkreasi dalam menuangkan ide-ide segar yang selama ini tersembunyi. Namun permasalahanya adalah tidak semua orang mengerti dan pernah tahu cara belajar ilmu desain rumah sehingga lebih memilih untuk mempercayakanya kepada arsitek atau orang lain yang dianggap lebih menguasainya. nah.. disini kita bahas rahasia mudah untuk bisa membuat desain bangunan sendiri khususnya rumah tinggal. bermacam jalur pendidikan dapat kita tempuh sebagai tempat belajar entah itu lembaga formal maupun nonformal dengan latihan secara mandiri.

 

Belajar ilmu desain rumah di dunia formal

  • Di dunia pendidikan jenjang SMK / STM kita bisa sekolah dengan mengambil jurusan teknik gambar bangunan, teknik konstruksi bangunan, desain grafis dan sejenisnya.
  • Di bangku kuliah kita bisa mengambil jurusan Teknik Arsitektur, Teknik sipil dan perencanaan.
  • Mengikuti kursus ketrampilan penggunaan software desain rumah yang diadakan dunia sekolah.

Belajar ilmu desain rumah secara mandiri

  • Membaca buku tutorial yang membahas tentang cara membuat gambar rumah, misalnya buku tutorial autocad, buku tutorial 3d max dan lain sebagainya.
  • Bekerja pada bidang bangunan, ingat bahwa pengalaman merupakan guru yang berharga. bisa jadi sekarang kita bekerja sebagai tukang bangunan lalu setelah menguasai ilmunya maka bisa membuat perusahaan kontraktor sendiri atau bahkan pemilik bangunan.
  • Membaca dan berjalan-jalan di blog seperti ilmusipil.com untuk mempelajari artikel yang secara khusus membahas tentang tahapan dalam membuat gambar rumah idaman.

 

Macam-macam ilmu desain rumah

Untuk dapat membuat desain rumah yang bagus tidak cukup hanya memiliki ketrampilan menggambar saja namun ada hal-hal lain yang harus menjadi pertimbangan dalam menentukan model bangunan terbaik, berikut ini daftar ilmu minimal yang sebaiknya dipelajari.

  1. Teknik gambar bangunan.
  2. Perhitungan rencana anggaran biaya bangunan.
  3. Perhitungan struktur bangunan ( beton, baja, kayu ).
  4. Ilmu ukur tanah.
  5. Ketrampilan penggunaan software desain rumah.
  6. Ilmu pemasaran ( jika kita hendak menjual jasa desain rumah )
  7. Ilmu agama.

Yang terpenting untuk mewujudkan  keberhasilan menguasai ilmu adalah bagaimana niat kita dan kemauan tinggi untuk bisa, tidak ada hal sulit selama kita masih mau berusaha dan mencoba-coba, kegagalan adalah hal biasa karena dari kecil kita sudah terlatih menghadapi gagal secara berulang-ulang, misalnya ketika seorang bayi belajar berjalan maka seringkali terjatuh namun masih ada kemauan keras untuk bangkit lagi sehingga benar-benar mahir dalam berjalan, selamat belajar, berusaha dan meraih cita-cita :-)

22 Comments

  1. Thnks pengetahuannya saya sebagai pelajar di SMKN 3 YOGYAKARTA bidang teknik gambar bangunan semakin tau tentang ilmu – ilmu bangunan. :)

  2. Thak’s untuk informasi y ..

  3. Thak’s untuk ilmu y ..

  4. oke deh.. :)

  5. MANTEBBBBBBBBBBBBBB,,,,,,,,,,,,,,,??????????????????

  6. informasinya sangt menarik bgi saya yang berskolah di SMK NEGERI 2 KENDAL jurusan teknik arsitektur…

  7. thx gan…sangat membantu dan memberikan inspirasi buat blog saya tentang desain rumah..

    http://omaharchi.blogspot.com/

  8. Hebat jd mkin th e

  9. sangat bermanfaat sekali…………….!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. pengen belajar teknik arsitektur gimana caranya yaaaaaa…???

  11. jd pengen belajar nih,,,,,,,,,,,,,,,,,,,tp yg harus dipljri ap dlu ea,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  12. melihat dari semua pelajarannya …….. saya jadi tertarik untuk mencoba menjadi arsitektur ….
    karna semua itu berawal dari nyoba nyoba …………….
    keep smile :)

  13. Ilmu agama buat desain rumah? Gak nyambung!!!!!

  14. Mantab Artikel nya mengenai desain rumah

    Kujungi juga website saya : http://flashcomindonesia.com/kursus-desain-interior-surabaya.html

  15. Untuk mempelajari ilmu desain rumah secara lengkap memang tidak mudah dan memerlukan waktu yang panjang. Seorang arsitek minimal 4 tahun kuliah, seorang drafter 3 tahun belajar di SMK atau 3 tahun kuliah di program D3, semuanya melalui jalur pendidikan formal. Lantas bagi yang awam, apakah mungkin bisa dengan cara belajar mandiri? Benar! seperti yang dijelaskan ilmusipil.com bahwa selain jalur formal kita bisa belajar mandiri, sebab pada jaman modern seperti sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin, yang terpenting ada keinginan, tekun, dan berusaha keras. Salah satu caranya mempelajari halaman demi halaman situs ilmusipil.com, atau mengunjungi http://www.menggambarrumah.com sebuah website khusus membahas tips dan cara menggambar desain rumah.

  16. Thank bangettt….dari STIT BINA PUTRA BANJAR

Leave a Reply

Required fields are marked *.


Current ye@r *