Cara agar masyarakat mau naik angkutan umum

Dewasa ini kita sering mendengar kabar tentang kemacetan di kota-kota besar indonesia yang terkesan sulit sekali penangananya, misalnya di Jakarta sudah dilakukan banyak langkah agar macet tak lagi ada, dari mulai pemberlakuan kebijakan jalur mobil 3in1, pembangunan jalan baru, pembatasan jam lewat kendaraan sampai melakukan beragam cara agar masyarakat mau naik angkutan umum. Nah.. berbicara masalah angkutan umum ternyata masyarakat masih enggan untuk menggunakanya meskipun beberapa program telah dilakukan pemerintah seperti membuat jalur bus way, peremajaan angkutan umum, subsidi bensin premium dll. lalu cara apa yang mesti dilakukan agar rakyat berbondong-bondong beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum sehingga jalanan menjadi lenggang tanpa kemacetan, jawabanya ternyata sangat sederhana yaitu “angkutan umum gratis” namun dalam pelaaksanaanya mungkin ada banyak kendala, untuk itu mari kita ungkap lebih lanjut 🙂

 

Angkutan umum gratis

  1. Indonesia mempunyai jutaan ladang minyak, seandainya itu dikelola dengan baik secara mandiri maka akan cukup untuk menyediakan bahan bakar gratis bagi masyarakat selama sekian ratus tahun. belum lagi beragam sumber daya alam lain yang dapat dikonversi menjadi bahan bakar kendaraan. dengan berbekal kekayaan tersebut maka rakyat tak lagi dipusingkan dengan biaya transportasi, rakyat hanya cukup fokus berpikir bagaimana cara berkarya dengan baik sehingga produktifitas negara meningkat pesat.
  2. Sopir dan kenek angkutan umum diangkat pegawai negeri, jadi tak akan ada lagi angkutan umum yang ugal-ugalan, ngetem disembarang tempat, saling serobot memperebutkan penumpang. kendaraan umum menjadi teratur karena sopir dan kenek sudah merasa aman dengan gaji yang diberikan pemerintah, ada banyak dana yang bisa digunakan untuk menggaji mereka karena pada poin pertama diatas menyebabkan produksi rakyat meningkat sehingga eksport negara naik, devisa negara otomatis naik.
  3. Kendaraan umum dan fasilitasnya yang bagus, kalau lebih nyaman dan cepat naik angkutan umum maka naik kendaraan pribadi akan menjadi pilihan kedua.

 

Pelaksanaan angkutan umum gratis ini bisa dilakukan secara bertahap misalnya kendaraan sekolah gratis. Dalam lingkup yang lebih kecil, pemerintah juga bisa membuat peraturan yang mewajibkan badan udaha atau kementrian agar menyediakan angkutan khusus karyawan dengan biaya ditanggung perusahaan atau negara. pola pikir sederhananya begini “misalnya sebuah keluarga diibaratkan sebagai negara indonesia, sang ayah dan ibu bertindak sebagai presiden dan pegawai pemerintahan, sedangkan anak-anak dan anggota keluarga lain diibaratkan sebagai rakyat, rumah diibaratkan sebagai tanah air, Nah.. transportasi anak-anak sekaligus orang tuanya dari satu ruang ke ruangan lain sebaiknya gratis, dengan begini maka anak bisa fokus belajar atau berkarya tanpa harus pusing-pusing mencari uang untuk biaya transportasi. misalnya ketika berpindah dari halaman depan ke belakang rumah, bisa jalan kaki, naik sepeda ontel, naik sepeda motor atau mobil, biaya perjalanan ditanggung orang tua sebagai pelaku pemerintahan” 🙂 , bagaimana? apakah syarat yang engkau ajukan agar bersedia naik angkutan umum?

One Response

  1. M iqbal Shorfana 9 May 2017

Leave a Reply