Cara agar diterima di sekolah SMK

Sekolah menengah kejuruan (SMK) saat ini tingkat kepopuleranya hampir sama dengan SMA atau bahkan bisa dibilang jauh lebih unggul, “Lulus bisa langsung kerja” itulah kelebihan yang mampu menjadi magnet penarik bagi para alumni sekolah menengah pertama SMP untuk berduyun-duyun mendaftarkan diri ke sekolah tujuan, disatu sisi jumlah sekolah dan kapasitas kursi yang ada belum dapat menampung dan menerima seluruh pendaftar. Hal ini tentu menciptakan persaingan ketat setiap kali berlangsung penerimaan peserta didik baru. Nah.. disini ilmusipil akan mencoba memberikan beberapa tips cara agar diterima di sekolah SMK idaman 🙂

 

Cara agar diterima di sekolah SMK

Masa persiapan ( saat masih sekolah SMP )

  1. Siapkan diri sejak dibangku SMP atau bahkan SD, misalnya dengan mengikuti les tambahan, kursus privat atau belajar ekstra agar bisa mendapatkan ilmu lebih unggul dari siswa lainya.
  2. Raih nilai tertinggi saat ujian nasional, kita tahu bahwa nilai ujian SMP masih digunakan sebagai pedoman dalam seleksi siswa SMK, semakin tinggi nilai ujian maka peluang untuk diterima menjadi besar. untuk itu perlu rajin belajar dan berdoa.
  3. Ikuti lomba antar sekolah, entah itu tingkat kota, provinsi, nasional maupun internasional. jika kita berhasil meraih juara maka bisa menjadi modal tambahan untuk kelancaran masuk sekolah.
  4. Rajin olahraga renang atau sejenisnya yang berpotensi menyehatkan badan, perlu diketahui bahwa untuk masuk SMK ada syarat tinggi badan minimal sekian puluh cm.
  5. Sesekali mengunjungi sekolah SMK incaran, disitu kita bisa melihat-lihat bagaimana suasana sekolah, bertanya pada kakak kelas tentang pengalamanya dll.

Masa pendaftaran ( saat hendak mendaftar sekolah SMK )

  1. Memilih sekolah, Melihat nilai dan kemampuan diri, ini sangat besar pengaruhnya dalam menentukan sekolah mana yang akan dipilih, beberapa sekolah favorit membutuhkan nilai yang tinggi untuk bisa bersaing dengan pendaftar lain. jadi pastikan memilih sekolah SMK yang sekiranya disitu kita masih dapat bersaing dan ada kemungkinan untuk diterima.
  2. Memilih jurusan, sekali lagi melihat kemampuan diri apakah pada jurusan tersebut ada peluang untuk diterima, jika tidak maka bisa mencari alternatif jurusan lain atau mencari sekolah lain yang pada jurusan tersebut lebih sedikit peminatnya.
  3. Disiplin dalam mendaftar, kita perlu mencari tahu dan memantau jadwal pendaftaran lalu mendaftar tepat waktu agar bisa diproses oleh panitia.
  4. Ukur tinggi badan, jika tinggi badan kita lebih tinggi dari minimal persyaratan maka sudah ada modal tambahan untuk diterima.
  5. Berdoa, hendaknya usaha keras kita juga disertai dengan doa agar dipermudah jalan menuju cita-cita.

Itu saja dulu yang bisa disampaikan, semoga lancar dalam mendaftar dan diterima disekolah SMK idaman 🙂

6 Comments

  1. putri hariyanirahayu 15 October 2013
  2. Sbhan 7 December 2014
  3. shonyc junior 12 June 2015
  4. dini madriani 10 November 2015
  5. Lidya 19 June 2016
  6. dahlia putri utami 23 June 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.