Cara agar cat luar rumah tidak cepat rusak

Bagaimana cara agar cat luar rumah tidak cepat rusak? terkadang kita temukan sebuah rumah yang sudah dilakukan pengecatan secara rapi dan sempurna, namun keindahan itu ternyata tidak bertahan lama, seiring berjalanya waktu maka terjadi pengelupasan sebagian lapisan cat sehingga terlihat kusam dan rumah tidak lagi terlihat menarik. apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini? banyak cara bisa ditempuh untuk mengawetkan cat dinding yang berada pada posisi luar, dari mulai perapihan permukaan dinding yang akan dicat, pemilihan merek cat terbaik sampai melakukan beberapa langkah untuk memeliharanya. sebelumnya kita cari tahu dulu daftar hal-hal yang mungkin bisa menyebabkan kerusakan pada cat dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab kerusakan cat sebelum dipakai

  • Cat menggumpal disebabkan oleh metode penyimpanan yang tidak benar, misalnya pada ruangan yang terlalu panas atau dinding. penggumpalan cat juga bisa disebabkan oleh kesalahan dalam tahap produksi sehingga bisa ditukar kepada produsen untuk mendapatkan ganti yang lebih baik.
  • Cat berbau busuk disebabkan oleh ketidaksempurnaan kemasan sehingga ada bakteri yang masuk kedalam cat.

Penyebab kerusakan cat setelah dipakai

  • Struktur bangunan tidak kuat sehingga terjadi keretakan tembok, akibatnya terjadi pengelupasan lapisan cat dan terjadi penjamuran pada lapisan acian semen.
  • Pengecatan yang dilakukan pada saat acian belum kering sempurna, ada hawa panas yang keluar dari campuran semen sehingga berpotensi merusak lapisan cat.
  • Penggunaan tipe produk yang tidak sesuai peruntukanya, misalnya cat untuk interior dalam ruangan digunakan untuk pengecatan eksterior luar ruangan.
  • Banyaknya noda yang menempel pada dinding.
  • Cara pengecatan yang salah, misalnya mengecat langsung tebal padahal dalam kemasan tertulis anjuran untuk mengecat tipis terlebih dahulu kemudian menjelang kering dilapis lagi agar hasilnya bagus.

 

Cara mengatasi kerusakan cat dinding

  1. Cat mengelupas bisa disebabkan oleh rembesan air hujan, cara memperbaikinya bisa dengan mencari celah yang menjadi tempat air masuk, menutup celah tersebut kemudian mengamplas sampai bersih cat exisiting lalu melakukan pengecatan ulang.
  2. Cat menggelembung terjadi karena tidak dapat menempel dengan sempurna antara cat baru dengan permukaan dinding atau lapisan lama. untuk mengatasinya bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara membersihkan permukaan dinding sebelum dicat.
  3. Cat berjamur bisa disebabkan oleh banyaknya kandungan air pada permukaan dinding saat pengecatan, benih-benih jamur lalu tumbuh pada dinding. untuk memperbaikinya bisa melakukan pengelupasan pada area cat yang berjamur lalu menyiramkan air kaporit pada permukaan dinding kemudian melakukan pengecatan ulang.

 

Yang paling penting untuk diperhatikan adalah penggunaan tipe cat exsterior untuk mengecat luar rumah agar tidak cepat rusak, karena cat ekstrior sudah diproduksi dengan bermacam bahan yang dirancang awet untuk digunakan diluar ruangan sehingga bangunan menjadi warna-warni berkilau penuh keindahan dalam waktu yang lama 🙂

6 Comments

  1. jeko robianto 14 January 2013
  2. fandi 16 January 2013
  3. Heru Puranol 30 May 2013
  4. Agustin Melta 31 March 2016
  5. Danang 20 March 2017
  6. Danang 20 March 2017

Leave a Reply