Cara agar alumni SMA IPS bisa kuliah teknik sipil

Setelah sebelumnya membahas tentang dilema yang dialami lulusan SMA IPS karena dalam beberapa kasus tidak diterima untuk melanjutkan kuliah di fakultas teknik beberapa universitas incaran, namun selalu ada jalan jika mau berusaha dan berdoa sehingga menemukan cara agar sebagai alumni SMA IPS bisa kuliah jurusan teknik. salah satu bukti adalah yang sudah disampaikan oleh rekan kita sebagai berikut

 

sahnan :ย kalau di unimed tidak boleh ips ke jurusan tekNik sipil..kalau ada pun itu salah jurusanโ€ฆโ€ฆ.hidup civil engginering

Agus : Saya Lulusan SMA Jurusan IPS.. Alhamdulillah Saya udah Lulus Sarjana Teknik Sipil.. heheheh

irfan :ย  Saya kurang setuju kalau alumni ips tidak bisa masuk kuliah di fakultas teknik, satu bukti saja yaitu teman dekat saya, dia waktu SMA di jurusan IPS, setelah lulus masuk kuliah di POLITEKNIK NEGERI BANDUNG JURUSAN SIPIL, alhamdulillah kita lulus tepat waktu dan melanjutkan S1 di UNIVERSITAS GADJAH MADA selama 2 tahun, Sekarang teman saya menjabat sebagai PROJECT MANAJER di salah satu perusahaan swasta, dan saya bekerja di perusahaan asing di bidang teknik sipil. Intinya,, siapa yang bersungguh sungguh, dia akan menuaikan hasil yg diinginkanya.

 

Nah.. dapat kita lihat bahwa tidak semua universitas yang ada di Indonesia menolak alumni SMA IPS untuk kuliah di fakultas teknik, jadi agar bisa melanjutkan cita-cita perlu mencari kampus yang tidak membuat aturan syarat jurusan pada ijazah SMA, dan kalaupun ingin tetap masuk ke universitas incaran tinggal berdoa saja semoga panitia seleksi mahasiswa meloloskan karena mungkin melihat nilai di ijazah SMA bagus-bagus semua sehingga punya potensi besar untuk memberikan nama baik dan memajukan kampus ๐Ÿ™‚

 

Dan jika berhasil masuk di fakultas teknik akan lebih mempunyai kelebihan tersendiri karena mempunyai ilmu sosial dan ilmu teknik yang keduanya jika digabungkan maka selain ahli dalam hal bangunan tetapi juga mampu mensosialisasikan karya tersebut ke masyarakat ๐Ÿ™‚ jadi tetap semangat dalam meraih segala cita-cita untuk dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara. bagi rekan-rekan alumni SMA IPS yang telah berhasil kuliah teknik bisa memberikan tips disini semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan informasi ini.

25 Comments
  1. 4 years ago
    andi ruslan sua sanana

    alhamdulillah saya di terima di fakultas teknik/sipil,.
    jurusan IPS juga biza horeeeeeeeeeeeeee!!!

    Reply
    • 3 years ago
      noval

      gimna mas carnya?? sya kls 3 MA IPS ,,,pa hrus kursus matem,,fisika..kimia??

      Reply
    • 12 months ago
      wigi

      Ngambil kuliah di universitas apa mas andi?

      Reply
  2. 4 years ago
    andi fogi sanana

    teknik sipil ok/yes………

    Reply
  3. 4 years ago
    dafril kompoy

    saya lulus MAN dan IPS lagi… tapi nilai mektek dan baja beton saya BBB smua.
    dan skrang sya lagi nyusun. dan bentar lgi sya jadi ST. hehehe

    Reply
  4. 4 years ago
    philip togatorop noris

    apakah bisa lulusan teknik sipil bekerja di kantor bupati, dan law bisa. Lulusan teknik sipil menjabat sebagai apa d kantor bupati atau intansi lain

    Reply
  5. 4 years ago
    andreashanaiga

    alhamdulillah saya di terima di Fakultas teknik…khususnya teknik sipil….meskipun saya orang IPS…tpi kloe da jaln dan niat pasti bisa,,,,ini merupakan motivasi yang baik bgi kita,,,,dan buktikan kalau orang IPS lebih baik dari pd IPA……..semanagt,,,alumni IPS ^^

    Reply
    • 3 years ago
      noval

      ea mas sya kls 3 MA IPS pngen bgt masuk FTS..,,dlu mas masuk teknik g mna cranya???
      pa harus kursus matem,,kimia…fisika???

      Reply
    • 8 months ago
      irfan aditya

      Mas gimna caranya biar bisa masuk pakultas tehnik sipil trus mas kuliahnya di universitas apa mas
      Makasih..

      Reply
  6. 4 years ago
    santos

    kalau sdh usia kepala 4 ,gmana..bisa nggak/apa mungkin?saat ini sy sdh bekerja di Konsultan Teknik Konstruksi and General Contractor

    Reply
    • 4 years ago
      ilmusipil.com

      Usia tidak jadi masalah untuk melanjutkan kuliah S1 lagi, bisa ambil kuliah ekstensi biar bisa kuliah sambil kerja ๐Ÿ™‚

      Reply
      • 3 years ago
        noval

        gi mna cranya jurusan IPS masuk FT ..,,p bsa? klo bsa?? gmna cranya??

        Reply
  7. 4 years ago
    ribkah

    mohon informasinya donk.universitas mana yg menerima jurusan ips untuk teknik sipil.mksh.soalnya adik saya pgn bgt masuk teknik sipil.plisss

    Reply
  8. 4 years ago
    yongkilunt

    Hehe.. kalau lihat bacaan dari atas sampai bawah kyknya susah yah lulusan SMA IPS masuk ke teknik sipil, alhamdulilah saya juga lulusan IPS dan masuk di teknik sipil UMM. Semoga bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dengan pengalaman2 yang akan saya tempuh. Teknik sipil, mantap jayaaa hahaha ๐Ÿ˜€

    #oh iya, buat teman2 yang baru akan masuk kuliah seperti saya, jangan melihat prospek pekerjaan yang akan kita peroleh dengan menempuh kuliah tersebut, tetap opimis dan raih kesuksesanmu dimasa yang akan datang ๐Ÿ™‚ jangan lupa juga, DOA

    Reply
  9. 4 years ago
    Donny

    owh dari jurusan IPS sangat bisa sekali kuliah di Jurusan IPA. Tmen saudara saya aja masuk teknik sipil padahal dari jurusan IPS. Intinya kalau yang dari IPS terus pas kuliah mau banting stir ke Jurusan IPA, Cari Universitas Yang swasta aja. sebenarnya SNMPTN Tulis pun bisa (PTN Bisa menerima siswa yang SMA nya IPS ke jurusan IPA) tapi ya itu akan terlalu sulit bersaing . .
    So, Di Dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, yang penting niat, bukan niat untuk ganti ganti jurusan, tapi niat untuk mengkombinasikan ilmu dan itu akan mmbuat power kita semakin luar biasa. misal pas SMA Jurusan ngambil Jurusan IPS, Pas kuliah ambil Jurusan Teknik sipil, pas uda mau lulus kuliah, join kursus kursus bahasa inggris, jepang, mandarin dan lain2. Na dari situ ilmu kita sudah tripel, dan yang paling penting kita manfaatkan secara total ketiga ilmu dari berbeda jurusan untuk kepentingan orang banyak dan khalayak di dunia ini, semangat ! so sekali lagi yang penting niat ! ingat pepatahnya detektif conan kan ? “Tidak ada teka-teki yang tidak dapat dipecahkan” jadi, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, semangat !

    Reply
    • 3 years ago
      noval

      ea mas sya kls 3 MA IPS pngen bgt masuk FTS..,,dlu mas masuk teknik g mna cranya???
      pa harus kursus matem,,kimia…fisika???

      Reply
  10. 3 years ago
    KIMO

    Saya Lulusan SMIP
    Perhotelan

    apa Bisa..?

    Reply
  11. 3 years ago
    Eko saputra

    Saya siswa sma dan saya jurusan ipa dan alahamdulilah saya selalu dapat 10 besar …
    Saya disini ingin bertanya ada nggak kemudahan untuk saya untuk masuk jurusan teknik arsitektur dgn prestasi yg saya peroleh di sma..

    Reply
  12. 3 years ago
    noval

    yng mnerima IPS ke FT hanya PTS??? apakah PTN bsa??

    Reply
  13. 3 years ago
    noval

    tolong Mas ,,,
    sya lgi bingung,,,. sya klas 3 MA IPS sya ingin masuk FT..tpi gmna cranya ??
    p hrus kursus Matem,,fisika,,kimia?? tolong mas kasih sya masukan ,,,
    krna sya ingin sekali mnjda ST..,,sya akan b’rusaha dan sungguh”..,

    Reply
  14. 3 years ago
    roby aditiansyah

    saya mahasiswa D3 politeknik ui atau sekarang berubah nama menjadi PNJ (politeknik negeri jakarta). saya sendiri adalah mahasiswa IPS. jujur politeknik ui melarang jurusan ips untuk masuk ke teknik sipil. tapi saya tetap mendaftarkan diri… alhamdulilah karna saya mampu mengerjakan tes yg diberikan saya diterima di politeknik ui.
    jadi semua hal itu memungkinkan jika kita berusaha dan berdoa…

    Reply
  15. 1 year ago
    Vahrizal azim

    maaf, mau nanyaa yang dari smk jurusan teknik komputer dan jaringan berpeluang ngga buat kuliah ambil fakultas teknik, teknik sipil?

    Reply
  16. 10 months ago
    Nefri wahendri

    alhamdulillah saya diterima di FTS, meskipun saya anak IPS

    Reply
  17. 2 months ago
    kamil

    mas/mba saya diri keles XI jurusan ips yg mempunyai k
    einginan masuk ke teknik sipil, gimana sarannya bagi sayannya mas/mba ๐Ÿ™‚

    Reply
  18. 4 weeks ago
    Abdillah khairu imam

    Saya pengen bnget masuk fakultas tekhnik,tp saya seorang spb dan pengen bnget ngelanjutin kuliah d fakultas tekhnik,bisa tidak ya?saya kuliah sambil bekerja

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*