Calon Gubernur Jawa Barat 2018

Indonesia merupakan negara besar yang wilayah administrasinya terdiri dari puluhan provinsi, setiap provinsi dipimpin oleh seorang gubernur yang dipilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun sekali, pada tahun 2018 ini akan kembali dilakukan pemungutan suara untuk memilih gubernur baru menggantikan pejabat sebelumnya yaitu Dedy Heryawan dan Dedy Mizwar. semua nama punya peluang untuk terpilih oleh rakyat, apalagi berkaca dari proses pemilu pada tahun 2017 di provinsi sebelahnya yaitu daerah khusus ibu kota jakarta yang ternyata sebagian besar rakyatnya memutuskan untuk punya gubernur dan wakil gubernur baru yaitu Anis Baswedan – Sandiaga Uno menggantikan sang petahana yaitu Basuki tjahaja purnama – Jarot Seful Hidayat. jika kita mengikuti perkembangan berita di berbagai media nasional, terdapat slentingan nama-nama yang berpotensi di usung oleh partai atau secara independen menjadi calon gubernur jawa barat 2018, berikut ini daftar cagub dan jawagub jabar tahun dua ribu delapan belas.

 

jawa barat

jawa barat

Calon gubernur jawa barat 2018

Berikut ini daftar nama cagub dan jawagub jabar tahun 2018. Urutan nama tidak menunjukan peringkat suara, prosentasi kemungkinan akan menjadi calon atau segi popularitas, hanya diurutkan berdasarkan abjad saja, supaya lebih mudah dalam melihat informasinya. adapun nama yang berada didalam tanda kurung merupakan nama julukan, brand, atau nama populer.

  • Dedi Mulyadi ( Kang Dedy) –¬† Bupati purwakarta 2013 – 2018 dan ketua DPD partai Golkar Jawa Barat.
  • Deddy Mizwar – Wakil gubernur jabar 2013-2018.
  • Dede Yusuf
  • Netty Prasetiyani – istri gubernur jabar 2013 – 2018 Ahmad Heryawan
  • Ridwan Kamil (Kang Emil) – Walikota bandung periode 2013 – 2018.
  • Nama-nama cagub lain masih berpeluang muncul.

Calon wakil gubernur jawa barat 2018

Pada dasarnya seluruh cagub yang disebutkan diatas juga berpeluang menjadi cawagub, namun ada beberapa nama yang banyak disebut di media nasional sebagai cawagub jabar yaitu

  • Mohammad Idris – Walikota Depok 2016 – 2021.
  • Desy Ratnasari – Angota Dewan perwakilan rakyat (DPR-RI) dari partai PAN.
  • Ineu Puwadari – Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Jabar 2014-2019.
  • Nama-nama cawagub lain berpotensi muncul.

 

Perlu kita ketahui bahwa nama-nama calon gubernur dan wakil gubernur jawa barat 2018 tersebut barulah sebatas prediksi menurut berbagai sumber berita, masih ada waktu tahapan proses dari mulai seleksi di internal partai, koalisi, pendaftaran calon, hingga pengumuman resmi cagub dan cawagub jabar oleh komisi pemilihan umum indonesia, siapapun yang terpilih semoga bisa memimpin jawa barat ke arah yang lebih baik, beliau wajib didukung oleh 100% rakyat jawa barat meskipun berbeda pendapat dan pilihan saat musim kampanye. hal lain yang juga bikin penasaran yaitu mengenai nama-nama calon presiden indonesia 2019.

Leave a Reply