Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Berbagai Macam Rumah Adat Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Hal ini memang benar, secara Indonesia memang memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil yang terdiri dari berbagai suku dan adat. Indonesia memiliki 33 provinsi dari ujung barat hingga ujung Timur Indonesia. Setiap bagian tersebut memiliki ciri dan karakteristik masing-masing yang unik dan sangat khas. Dari budaya setiap provinsi mungkin sebagian besar orang yang hanya mengenal budaya tari dan bahasa, namun tidak banyak yang mengetahui rumah adat Indonesia. Padahal rumah adat Indonesia tidak kalah menarik dengan budaya yang lainnya.

 

Rumah adat Indonesia yang Unik

Jumlah rumah adat Indonesia sama dengan jumlah provinsi yang ada di Indonesia yaitu 33. Dari semua rumah adat yang ada, terdapat 10 rumah adat yang sangat unik dan hanya bisa kita temukan di Indonesia. Rumah adat Indonesia unik yang pertama adalah rumah Gadang milik suku Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat. Arti dari rumah Gadang sendiri adalah rumah besar, dan jika kita melihatnya secara langsung kita bisa melihat bahwa memang ukurannya cukup besar. Saat ini tidak semua daerah di Minangkabau boleh mendirikan rumah Gadang, hanya beberapa daerah yang memiliki status nagara saja yang boleh mendirikannya. Yang membuat rumah adat Indonesia ini sangat unik adalah arsitekturnya dengan bentuk atap yang mirip dengan tanduk kerbau yang dulunya terbuat dari bahan ijuk. Selain itu, rumah Gadang juga memiliki ukiran yang merupakan hiasan pada bidang-bidang tertentu.

 

Rumah adat Indonesia kedua yang cukup unik adalah Tongkonan yang berasal dari Toraja Sulawesi Selatan. Tongkonan sendiri berasal dari kata Tongkon yang memiliki arti duduk bersama-sama. Arsitektur dari Tongkonan juga cukup unik karena memiliki atap melengkung yang menyerupai perahu. Dulu orang membuatnya dari susunan bambu, namun saat ini sebagian besar telah menggunakan seng. Pada bagian depan rumah, kita akan melihat beberapa deretan tanduk kerbau yang menunjukkan status sosial sang pemilik rumah.

 

Selanjutnya adalah Malige atau yang juga disebut dengan Kamali. Rumah adat Indonesia yang berasal dari Sulawesi Tenggara ini memiliki cerita yang cukup unik dibandingkan dengan rumah-rumah yang lain. Hanya rumah seorang raja atau sultan yang boleh memiliki nama, sedangkan rumah penduduk biasa yang biasanya disebut dengan Buton. Rumah adat tersebut akan dikatakan Kamali jika raja/sultan tinggal di rumah tersebut dengan permaisurinya, sedangkan disebut Malige ketika raja/sultan tersebut sedang menjabat. Dari semua sebutan, nama Malige paling sering banyak digunakan karena memang rumah tersebut yang paling besar. Hingga saat ini kita masih bisa menemukan banyak rumah adat ini di kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

 

Ibukota Indonesia, Jakarta, pun juga memiliki sebuah rumah adat Betawi yang disebut dengan rumah Kebaya. Sama seperti rumah adat sebelumnya, salah satu letak keunikan rumah ini adalah pada bentuk atapnya yang perisai lkitai dan diterukan dengan pelana yang lebih lkitai lagi. Pada bagian lisplank rumah, kita juga akan menemukan ornamen berbentuk segitiga sejajar yang disebut dengan gigi balang. Dari informasi yang didapatkan, rumah adat Indonesia ini terancam punah karena tidak ada lagi yang merasa cocok dengan model rumah seperti ini.

 

Selain beberapa rumah adat yang telah disebutkan diatas, beberapa rumah unik lainnya adalah rumah batak, rumah adat NTT, rumah adat Bali, rumah Minahasa dan Honai. Namun semua rumah adat yang ada di Indonesia memiliki keistimewaan tersendiri sehingga harus selalu kita jaga dan dilestarikan :-)

ilmu sipil
  1. Ciri ciri perumahan yang baik
  2. memilih warna interior rumah
  3. Cara membuat desain tangga yang nyaman
  4. titik kritis pada pekerjaan atap rumah
  5. membangun rumah murah
  6. Design rumah minimalis
  7. Seperti apa rasanya menginap di rumah sakit
  8. Kelebihan rumah dekat fasum fasilitas umum
  9. Peluang usaha jasa sedot WC septictank
  10. Syarat rumah sehat
  11. Cara mendapat dana saldo tambahan dari rumah yang masih KPR
  12. memilih developer perumahan
  13. Jual Rumah Bekasi
  14. Cara agar cat luar rumah tidak cepat rusak
  15. jenis atap rumah
  16. Lanjutan seri tutorial desain rumah
  17. Cara mempercepat pembangunan rumah tinggal
  18. Desain denah rumah lantai 2

1 Komentar

Komentari

*
*