Beralih dari Karyawan ke pengusaha itu ibarat sedang menyeberang jalan

Menjadi karyawan dengan karir cemerlang itu baik dan menjadi wirausahawan sukses juga bagus, keduanya merupakan pilihan yang membawa konsekuensi dan kenikmatan hidup yang berbeda, menjadi karyawan itu ada rasa aman akan mendapat penghasilan namun tidak punya kebebasan penuh secara waktu, sebaliknya menjadi pengusaha itu lebih bebas secara waktu, namun masalah penghasilan tergantung seberapa besar usaha yang kita lakukan sekaligus seberapa banyak keberuntungan dalam meraih hasil, Namun, Sah.. sah.. saja bagi pekerja yang ingin menjadi pengusaha, tapi perlu ilmu untuk menjalani masa peralihan agar sukses sebelum memulai usaha, Contohnya yaitu.. beralih dari Karyawan ke pengusaha itu ibarat sedang menyeberang jalan, gambaranya begini 🙂

 

Langkah aman menyeberang jalan dan persamaan dengan kesuksesan peralihan dari karyawan ke pengusaha

  1. Alasan tepat kenapa harus menyeberang, jika diseberang sana ada hal yang menjadi tujuan perjalanan kita maka menyeberang adalah keputusan terbaik, namun jika disini sudah kita temukan tujuan maka tidak perlu menyeberang, Nah.. seorang karyawan perlu alasan tepat apakah mau beralih menjadi pengusaha atau tetap sebagai pekerja dengan karir cemerlang.
  2. Memperhatikan kondisi lalu lintas jalan, kita perlu tahu seberapa banyak kendaraan yang lewat dan kapan saat tepat untuk menyeberang, nah.. begitu juga seorang karyawan yang punya niat jadi pengusaha, ia perlu melihat apa saja rintangan yang mungkin dihadapi, sehingga bisa mempersiapkan dengan tepat solusi untuk menghadapi setiap masalah yang mungkin akan timbul.
  3. Tidak pamer gaya ditengah jalan, kita bisa tertabrak kendaraan karena terlalu fokus untuk memamerkan baju kita yang bagus sehingga mengurangi sikap hat-hati agar tetap aman dari bahaya hilir mudik kendaraan, kalau begini, bisa-bisa kita berputar balik dan tidak melanjutkan penyeberangan. Nah.. seseorang yang sedang persiapan beralih menjadi wirausahawan harus pandai mengendalikan diri agar tidak terbawa arus gengsi gede-gedean, pamer kendaraan mewah, pamer gadget terbaru, sehingga memakan waktu, ilmu, dan uang yang seharusnya bisa dijadikan sebagai persiapan modal usaha kelak.
  4. Berjalan miring mengikuti arah arus tapi tidak terbawa arus, menyeberang jalan dengan cara ini akan lebih aman dibanding jalan lurus atau bahkan melawan arus, Nah.. seorang karyawan calon pengusaha hendaknya tetap menjalankan pekerjaanya dengan baik, tetap mengikuti peraturan perusahaan, sambil mempersiapkan usaha yang akan dijalani, dengan begitu kita bisa mendapatkan tambahan modal ilmu,partner, uang dll selama masih bekerja, jadi pada saatnya kita 100% menjadi pengusaha maka akan lebih matang.
  5. Fokus pandangan ke depan, samping kiri, dan kanan tanpa memandang kebelakang, ini dimaksudkan agar kita tetap waspada dari bahaya kendaraan yang akan melintas, jika kita melihat kebelakang mungkin akan melihat keindahan disana sehingga tidak jadi menyeberang.

karyawan jadi pengusaha

 

Tentunya masih banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran untuk meraih kesuksesan menjadi pengusaha, jadi marilah kita belajar dan berusaha lebih banyak 🙂

One Response

  1. ALI MUKMIN 30 December 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.