Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil BATCHING PLANT beton

Batching plant merupakan alat yang berfungsi untuk mencampur/memproduksi beton ready mix dalam produksi yang besar. Batching plant digunakan agar produksi beton ready mix tetap dalam kualitas yang baik, sesuai standar, nilai slump test dan strength-nya stabil sesuai yang diharapkan, untuk itu komposisi material harus terkendali. Dalam artikel kali ini, dipakai tipe dry mixed. Tipe dry mixed yaitu batching plant yang fungsinya hanya untuk menimbang saja, pengadukan beton ready mix dilakukan pada concrete mixer truck. Semua material yang akan diaduk, sebelumnya ditimbang sesuai dengan mix design dengan memperhitungkan kandungan air dalam material, baik dalam agregat kasar maupun agregat halus (pasir).

Gambar 1.2 Batching Plant

Bagian-bagian batching plant antara lain:

  1. Cement silo, berfungsi untuk tempat penyimpanan semen dan menjaga semen agar tetap baik.
  2. Belt conveyor, berfungsi untuk menarik bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) ke atas dari bin ke storage bin.
  3. Bin, berfungsi sebagai tempat pengumpulan bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) yang berasal dari penumpukan bahan di base camp dengan bantuan wheel loader untuk di tarik ke atas (storage bin).
  4. Storage bin, digunakan untuk pemisah fraksi agregat. Storage bin dibagi menjadi 4 (empat) fraksi, yaitu: agregat butir kasar (split), butir menengah (screening), butir halus (pasir), dan fly ash.
  5. Timbangan pada alat batching plant dibagi menjadi 3 (dua) macam, yaitu: timbangan untuk agregat, timbangan untuk semen, dan timbangan untuk air.
  6. Dosage pump, digunakan untuk penambahan bahan admixture seperti retarder.
  7. Tempat penampungan air yang berfungsi sebagai supply kebutuhan air pada ready mix.

batching-plan-beton

Spesifikasi Alat :

Type : Dry Mixed Batching Plant

Kapasitas            : 0,5- 2,5 m3

Jumlah Alat       : 1 Batching Plant melayani semua kebutuhan beton ready mix

Alat berat yang dibutuhkan pada batching plant antara lain:

Dump truck

berfungsi untuk mengangkut bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) dari quarry menuju ke base camp.

Wheel loader

berfungsi untuk alat angkut bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) dari tempat penumpukan material menuju ke bin. Wheel loader memiliki bucket untuk membawa material dan bergerak dengan menggunakan roda karet, sehingga mobilitasnya tergolong cepat.

Cement truck

berfungsi sebagai pengangkutan semen curah dari pabrik semen ke base camp.

Concrete mixer truck

adalah suatu kendaraan truk khusus yang dilengkapi dengan concrete mixer yang fungsinya mengaduk/mencampur campuran beton ready mix, sama dengan alat molen. Concrete mixer truck digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton ke lokasi proyek. Selama pengangkutan, mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran per menit agar beton tetap homogen dan beton tidak mengeras. Prinsip kerja concrete mixer truck ini secara sederhana adalah sebagai berikut.

Dalam drum terdapat bilah-bilah baja, ketika dalam perjalanan menuju lokasi proyek, drum ini berputar perlahan-lahan berlawanan putaran jarum jam sehingga adukan mengarah ke dalam. Perputaran di dalam bertujuan agar tidak terjadi pergeseran ataupun pemisahan agregat sehingga adukan tetap homogen. Dengan demikian, mutu beton akan selalu terjaga sesuai dengan kebutuhan rencana.

Ketika sampai di lokasi proyek dan pengecoran berlangsung, arah putaran drum dibalikkan searah putaran jarum jam dan percepatan putaran diperbesar sehingga adukan beton keluar. Proses pengiriman beton ready mix diatur dengan memperhatikan jarak, kondisi lalu lintas, cuaca, dan suhu, karena hal-hal tersebut dapat mempengaruhi waktu dalam pelaksanaan pekerjaan pengecoran. Pada proyek ini pengadaan concrete mixer truck menjadi tanggung jawab penyedia ready mix.


18 Komentar

  • chandra says:

    pak adakah zat kimia yg bisa mnghancurkan sisa”beton yg menempel di mixser batching plant……..

  • chandra says:

    pak numpang tanya.apa ada zat kimia yg bisa menghancurkan sisa beton yg menempel pada mixser batching plant….

    • eko says:

      HCL bisa buat bersihin TM.

  • aa indra says:

    ada gan….nama zat kimianya yaitu H2O dgn kecepatan 100 km/jam…..

  • jhenzron says:

    susah

  • herman says:

    saya sedang mencari concrete pump/ tipe kodok bekas dng kondisi baik & harga wajar

  • hendra says:

    jika usaha batching plant bapak memerlukan wheel loader untuk menunjang produksi.
    silakan hubungi saya. perusahaan kita merupakan distributor resmi wheel loader merek TIANGONG. kapasitas bucket 1.7 – 3 kubik.

    HARGA MENARIK !!

  • kiya says:

    Bapak saya ingin tahu alat berat pekerjaan beton yaitu concrete paving machine, saya sudah membaca uraian di atas tapi alat tersebut tidak ada.

    • fahrudin says:

      dear kiya, alat untuk concrete paving machine bisa menggunakan wirtgen slipform paver SP 500, dapat melakukan paving dengan pola offset maupun inset. untuk keterangan lebih lanjut boleh menghubungi kami. terima kasih

      Fahrudin | PT. Gaya Makmur Tractors – Head Office | Marketing Communications Manager | Lingkar Luar Barat No. 3 – Cengkareng, Jakarta-Indonesia |  +6221 581 6899 ext 130 |  +62 811 900 3230 | Fax: +6221 583 01788 | : fahrudin@gmtractors.net

  • Alhikmah St says:

    untuk hsil semen yg bagus yg bagai mana bentuknya yg serbuk atau yg sdh cair…

  • powerdraco says:

    Dear all,

    Saya Tony mewakili PT. Buana Industri Karya, kami bergerak dalan pembuatan rubber hose untuk udara, air, kimia, maupun material. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang usaha atau ingin bertanya tentang informasi apa saja tentang perusahaan kami, silahkan email ke powerdraco.hose@hotmail.com

    Best Regards,
    Tony
    PT. Buana Industri Karya

  • Anthony says:

    Saya ingin membuat business plan dan feasibility study untuk usaha concrete batching plant. Dimanakah saya bisa mendapat templatenya? Terima kasih.

  • Trisno says:

    Saya lagi proses tender, dan diminta persyaratan alat CONCRETE PAVER.
    Ada yang bisa bantu, kmn saya harus minta dukungannya.
    Thanks

  • rama says:

    Pa mau tanya kalau timbangan fly ash itu selalu oper masalahnya ada dimana ya pa????

  • firmansyah says:

    aktual volume fly ash melebihi target atau nilai yang tertera pada disply bisa di sebabkan karena adanya kebocoran pada timbangan tersebut. cek juga kondisi loadcell satu per satu karena jika salah satu loadcell rusak atau tidak menyangga timbangan/aligment timbangan tidak bagus menyebabkan sebagian dari beban material tidak terecord pada disply. jika semua alat tidak ada masalah kemungkinan alat anda harus d kalibbrasi.selamat mencoba.

  • Ria Yulidha says:

    Pagi pak,

    Saya lagi mencari dead weight utk kalibrasi Batching Plant diperusahaan kami, kami membutuhkan dead weight yang sudah terkalibrasi, jika ada yang bisa meminjamkan ke kami mohon utk dikirim quotationnya ke alamat email saya ria.yulidha@sindomasprecast.com

    Terimakasih

  • Ria Yulidha says:

    Pagi pak,

    Saya lagi mencari dead weight utk kalibrasi Batching Plant diperusahaan kami, kami membutuhkan dead weight yang sudah terkalibrasi, jika ada yang bisa meminjamkan ke kami mohon utk dikirim quotationnya ke alamat email saya

    Terimakasih

Komentari

*
*