Bangun Rumah Dengan Baja Ringan

Perkembangan teknologi material bangunan kini memungkinkan kita untuk bangun rumah dengan baja ringan. tidak hanya kanopi saja yang menggunakan material ini, tapi seluruh bagian termasuk tiang, dinding, dan atap. apakah itu bisa? tentu saja. ada bermacam jenis profil baja ringan dengan berbagai bentuk dan ukuran yang dapat dipakai menyesuaikan perletakanya.

 

Kelebihan bangun rumah dengan baja ringan

  1. Cepat dalam pelaksanaan pembangunan
  2. Dapat dibongkar pasang jadi cukup mudah apabila hendak memindahkan rumah atau bangunan.
  3. Biayanya lebih murah jika dibanding rumah struktur beton bertulang dengan dinding pasangan batu bata.
  4. Lebih awet dibanding kayu, karena tidak mudah rusak dan habis dimakan rayap.
  5. Bentuk dan ukuranya seragam sesuai standar produksi pabrik sehingga bisa dengan mudah dipilih dan dipasang sesuai dengan peruntukan serta keinginan.
  6. Dapat dijual bangunan saja tanpa tanah, caranya yaitu dengan dibongkar lalu dipasang lagi ditempat yang baru sesuai dengan harapan pembeli rumah.

    rumah dengan atap baja ringan

    rumah dengan atap baja ringan

Kekurangan bangun rumah dengan baja ringan

  1. Perlu perhatian ekstra pada keamanan instalasi listrik, pastikan tidak ada kebocoran pada kabel maupun alat-alat listrik yang digunakan, hal ini mengingat sifat baja itu bisa dengan cepat menghantarkan listrik sehingga bisa menimbulkan bahasa tersetrum.
  2. Sisi tepi seng galvalum itu tajam hampir seperti pisau sehingga perlu penempatan yang bagus serta pengamanan ekstra pada bagian ini agar tidak melukai penghuni rumah.
  3. Atap galvalum tergolong sebagai material yang berisik saat terkena air hujan turun, namun hal ini bisa diantisipasi dengan memasang lapisan peredam diatas atap yang terbuat dari glass wool atau material lainya.
  4. Ruangan yang singin dan atapnya terbuat dari seng galvalum itu lebih panas jika dibanding dinding bata dan atap genteng tanah bakar.

 

Begitulah gambaran kelebihan serta kekurangan membangun rumah dengan baja ringan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan apakah hendak menggunakan material ini atau tidak. yang jelas namanya kekurangan itu bisa disiasati dengan berbagai hal sehingga tertutup oleh kelebihan, contohnya dalam mengatasi bahaya tersetrum bisa dilakukan dengan cara mengamankan instalasi listrik pada rangka atap baja ringan atau hollow

2 Comments

  1. Tedy Rusmana 3 December 2017
  2. Pondok Jeruk 8 December 2017

Leave a Reply