Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

sipil atap baja ringan bentang lebar

Rangka atap baja ringan untuk bangunan rumah tinggal Rasanya sudah biasa, tetapi untuk bangunan bentang lebar rasanya masih sedikit yang mengaplikasikannya, sampai ada kontraktor yang bilang bahwa atap baja ringan terbatas untuk bentang kecil saja, nah berbekal perhitungan yang dapat dipertanggungjawabkan bahwa selama masih bisa dianalisis bentang berapa pun baja ringan bisa dipasang. kasarnya selama analisis mengatakan OK, kenapa tidak dipasang. Pengalaman pemasangan juga menentukan OK atau tidak OK-nya rangka atap tersebut. Untuk aplikasi atap lain sebagai alternatif, sejauh ini rangka atap baja ringan masih OK, asal pengawasan serta quality controlnya dijaga.

Perkembangan rangka atap baja ringan di Indonesia dalam dunia konstruksi bangunan mengalami peningkatan yang signifikan, namun persaingan serta produktifitas yang tinggi itu kadang mengabaikan mutu dan kualitas baja ringan itu sendiri, maka tak heran bila kita mendengar sering terjadi kegagalan dalam pemasangan yang mengakibatkan sistem dalam struktur kuda-kuda menjadi lemah dan roboh.

Jika sebelumnya fokus kuda-kuda baja ringan hanya untuk pengganti kuda-kuda kayu pada proyek rumah tinggal, kantor dll. Perkembangan selanjutnya kuda-kuda baja ringan bisa menjadi alternatif pengganti kuda-kuda baja konvensional. Foto di bawah ini adalah contoh aplikasi kuda-kuda baja ringan untuk bentang yang besar pada proyek GOR dengan bentang 20m.

baja ringan bentang lebar

Perhatikan profil kuda-kudanya, setiap profil kuda-kuda memiliki kelebihan dan kekurangan. sejauh ini profil omega masih menjadi profil yang paling kaku karena aksesoris Diapragma Plate yang berfungsi sebagai pelat pengaku sehingga perlakuan terhadap puntir sempurna, letak momennya tetap berada ditengah-tengah. ini yang membedakan dengan profil lain. selain Diafragma Plate terdapat juga pelat kaki (foot plate) yang membuat dudukan kuda-kuda berdiri kokoh menyalurkan gaya yang bekerja di Kuda-Kuda ke Ring Balok dengan sempurna sehingga gaya yang ada menjadi nol di Ring Balok. Foto dibawah ini adalah proyek di Bandung dengan bentang bebas 10m.

Faktor lain yang paling menentukan selain perlakuan terhadap gaya-gaya yang bekerja dalam sistem struktur , terutama untuk rangka atap baja ringan bentang besar adalah ring balok. Pastikan bahwa ring balok yang akan dipasang kuda-kuda tersebut kuat.  Jangan sampai tercerabut oleh kuda-kuda. Umur ring balok harus benar-benar matang, jangan sekali-kali memasang kalau umurnya belum cukup.

Sebaik apapun rangka atap baja ringan yang dipasang, keputusan final baik buruknya ada ditangan orang-orang lapangan (Operasional dan Supervisi), segala hal teknis yang menyangkut kelayakan proyek rangka atap baja ringan berada ditangan mereka-meraka yang berpanas-panas ria, bergelayut di antara batang kuda-kuda dan reng serta di dinamika proyek yang menyangkut owner, kontraktor dan mandor sipil. Pastikan bahwa pemasangan rangka atap baja ringan tersebut sesuai dengan aspek teknis pemasangan baja ringan, kontrol kualitas yang dilakukan berkala akan menentukan kualitas pemasangan yang baik. profesionalisme, kejujuran, team work yang baik serta semangat yang positif adalah modal utama dalam membangun kepercayaan semua pihak.

  1. Menghindari Gagal Struktur pada Baja Ringan
  2. Rangka Atap Baja Ringan Galvalum-Zincalum dan Plafon gypsum
  3. baja ringan tidak ramah lingkungan
  4. Sejarah Baja dan Baja Ringan
  5. Self Driling Screw Baja Ringan
  6. Cara menghitung biaya atap baja ringan
  7. tumpuan sendi roll pada atap baja ringan
  8. rangka atap masjid dengan struktur baja ringan
  9. download software atap baja ringan
  10. Membeli Material Baja Ringan Batangan
  11. Kanopi baja ringan untuk rumah minimalis
  12. design rumah Baja Ringan
  13. Baja Ringan Carport dan Kanopi
  14. atap baja ringan bentang lebar
  15. Perbandingan Kayu dan Baja Ringan
  16. Rangka Atap Baja Ringan di Ekspose
  17. Alumunium foil atap baja ringan
  18. Attic Dan Rangka Atap Baja Ringan
  19. Ragam Atap Baja Ringan

One Response to “atap baja ringan bentang lebar”

  1. dani says:

    siang pa,ilmu anda sungguh bnyk sekali yg berguna pa,,,maaf kl sy suka ikut promosi di post anda pa……………………www.downloadsoftwarebajaringan.com

Leave a Reply

Current ye@r *