Arti dan Makna Sumpah Pemuda

Arti dan makna sumpah pemuda bagi generasi muda, pelajar, atau masyarakat indonesia itu sangat penting dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan negara sehingga pembangunan bisa berjalan dengan lebih lancar dan cepat, dengan begitu maka seluruh rakyat diharapkan bisa meraih kesejahteraan dan keadilan sosial, hal ini sesuai dengan cita-cita bangsa yang tertuang dalam kelima sila pancasila. berikut beberapa penjelasanya.

 

isi sumpah pemuda

Pada intinya ada 3 sumpah yang disebutkan oleh para pemuda indonesia. sumpah pemuda dalam ejaan lama Van Ophuysen yang tertulis pada prasasti dinding museum sumpah pemuda di jalan kramat raya no 106 Jakarta Pusat.

sumpah pemuda

sumpah pemuda

Isi ikrar sumpah pemuda dalam ejaan lama

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Isi sumpah pemuda dalam ejaan baru

Pertama: Kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua: Kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia.
Ketiga: Kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia.

Jelaskan arti sumpah pemuda!

Arti sumpah pemuda yaitu para putra dan putri indonesia bersumpah dalam tiga hal yang merupakan dasar dari persatuan dan nasionalisme indonesia, seluruh rakyat bersumpah bahwa bertumpah darah satu tanah indonesia, berbangsa satu bangsa indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia.

Mengapa terjadi sumpah pemuda?

Merupakan ikrar yang memuat cita-cita berdirinya negara indonesia yang merupakan keputusan dari kongres pemuda kedua selama dua hari tanggal 27 – 28 oktober 1928 yang dipimpin oleh soegondo Djojopuspito yang sekaligus menjadi pembaca pertama, selanjutnya dijelaskan secara panjang lebar oleh Muhammad Yamin.

Soegondo dalam memberikan sambutan berharap bahwa kongres pemuda dapat mempererat semangat persatuan dan kesatuan dihati sanubari para pemuda, kemudian Muhammad yamin menjelaskan bahwa setidaknya ada lima faktor yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan dan kemauan. kongres tersebut menghasilkan rumusan 3 ikrar sumpah pemuda yang oleh para pemuda yang hadir diucapkan sebagai sumpah setia.

Pentingnya sumpah pemuda bagi pergerakan kemerdekaan indonesia

Dengan adanya sumpah pemuda tersebut maka perjuangan menuju kemerdekaan bisa menjadi lebih bersatu sehingga semakin kuat, dengan adanya persatuan tersebut maka perjuangan menuju kemerdekaan indonesia bisa menjadi lebih cepat dan mudah, sehingga indonesia bisa berhasil meraih kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang proklamasinya dibacakan oleh Soekarno dan Hatta.

Makna sumpah pemuda bagi generasi muda

Pembangunan dan pengisian kemerdekaan indonesia bisa berjalan baik apabila seluruh masyarakat bersatu, hal ini digambarkan dengan prinsip “bhineka tunggal ika” berarti ” berbeda namun tepat satu juga” yang dicengkeram kuat di kaki garuda pancasila. dengan adanya sumpah pemuda maka generasi muda masa kini tahu bahwa kita adalah satu tanah air indonesia, satu bangsa indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan indonesia.

Makna sumpah pemuda bagi pelajar

Para pelajar indonesia diberikan penekanan dengan adanya sumpah pemuda, agar turut aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan indonesia.

Museum Sumpah Pemuda

Kementrian kebudayaan dan pariwisata indonesia mengelola museum sumpah pemuda yang didirikan berdasarkan SK Gubernur Jakarta pada tahun 1972, alamatnya berada di jalan kramat raya nomor 106 jakarta pusat yang isinya bertema tentang sejarah perjuangan bangsa indonesia. didalamnya terdapat juga koelsi foto, prasasti serta benda-benda yang berkaitan dengan sejarah sumpah pemuda indonesia pada tahun 1928.

Kita bisa datang ke museum ini untuk melihat-lihat dan mendapatkan informasi lebih lanjut, Berikut ini jam buka museum sumpah pemuda untuk masyarakat umum

  • Hari selasa sampai dengan jumat dibuka jam 08.00 – 15.00 WIB.
  • Hari sabtu dan minggu dibuka jam 08.00 – 18.00 WIB.
  • Senin dan hari besar nasional ditutup untuk umum.

 

Demikian arti dan makna sumpah pemuda beserta beberapa penjelasan yang berkaitan denganya, semoga semangat sumpah pemuda ini selalu tertanam di hati seluruh rakyat indonesia, sehingga bisa kokoh dalam persatuan dan kesatuan dalam rangkan membangun negara pasca melewati pintu gerbang kemerdekaan.

Leave a Reply