Arsitektur rumah 2 lantai

Arsitektur rumah 2 lantai bisa dibuat menyesuaikan keinginan, kebutuhan dan norma-norma atau adat masyarakat setempat, berbagai macam model standar bisa dipilih dari mulai yang minimalis, mediterania, rumah tropis dan beberapa model lainya. Berdasarkan model pasaran tersebut kemudian dapat dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan beberapa bentuk dan pernak pernik sehingga dapat dihasilkan desain rumah dua lantai yang benar-benar dapat mewakili harapan kita sekeluarga. Atau jika punya kemampuan lebih maka bisa menciptakan suatu model desain rumah terbaru sehingga terkesan unik beda dengan yang lain.

 

Agar desain rumah bisa tergolong bagus maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sehingga suatu bangunan dapat berdiri dengan indah,kuat  serta nyaman untuk dihuni. berikut ini macam-macam syarat asitektur rumah 2 lantai yang bagus.

  1. Mempunyai ventilasi udara yang cukup, setiap ruangan bisa selalu segar karena ada lobang tempat udara keluar masuk secara teratur.
  2. Pencahayaan yang cukup, kalau bisa yang alami, mengingat persediaan listrik yang katanya terbatas jadi perlu dipikirkan cara pengoptimalan cahaya matahari didalam rumah atau menggunakan energi alternatif lain.
  3. Bangunan aman dari gangguan luar, entah itu bencana alam, ganggunan binatang buas, pencurian dll.
  4. Rumah yang ramah lingkungan, atau istilah umumnya “green building” sehingga pembangunan tidak perlu merusak alam sekitar, bahkan kalau perlu dengan adanya bangunan tersebut maka bisa lebih menjaga kelestarian lingkungan.
  5. Perletakan denah setiap ruangan yang bagus sesuai dengan fungsi dan aktifitas keluarga, misalnya posisi ruang keluarga dekat dengan ruang makan dan dapur, posisi tangga strategis dan mudah diakses.
  6. Prinsip umum kriteria bangunan yang baik adalah indah, kuat dan murah. jadi perlu direncanakan dengan matang agar bisa tercapai ketiganya.
  7. Pembuatan desain rumah dipersiapkan untuk pengembangan masa depan, misalnya jika anggota keluarga bertambah dikemudian hari sehingga harus merubah rumah menjadi 3 lantai, maka harus dipersiapkan pondasi dan strukturnya dari awal agar tidak terjadi pekerjaan bongkar pasang.

Contoh desain rumah 2 lantai

desain rumah 2 lantai

 

Dan masih banyak kriteria lainya menyesuaikan kebutuhan dan kondisi rumah yang akan dibangun, untuk bisa mendapatkan desain rumah yang bagus maka perlu direncanakan terlebih dahulu dalam bentuk gambar bangunan sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan dan dasar untuk mengurus izin mendirikan bangunan rumah 2 lantai, selamat merencanakan rumah idaman 🙂

6 Comments

  1. iman syarifudin 21 March 2013
  2. Maulana Ibrahim 14 April 2013
  3. Noor Ahmad Guntoro 24 May 2013
  4. Jasa renovasi rumah 22 June 2013
  5. arsitk bali 5 October 2015
  6. dwi serename 2 May 2016

Leave a Reply