Apakah kuliah teknik sipil itu sulit?

Apakah kuliah teknik sipil itu sulit? jawabanya bisa iya bisa juga tidak, tergantung situasi dan kondisinya. Menurut saya pribadi mengganggap bahwa memang ambil kuliah jurusan teknik sipil itu ada pelajaran tertentu yang memang sulit bagi yang kesulitan, tapi banyak juga yang biasa-biasa saja. karena disitu kita juga belajar ilmu umum seperti agama, bahasa indonesia, pendidikan pancasila, dll. sedangkan sisi sulitnya bisa jadi terletak pada pelajaran berhitung yang memang membutuhkan konsentrasi dan ketelitian, ada juga menggambar teknik yang memerlukan imajinasi dan kesabaran, tapi sesulit apapun kalau kita sudah niat dan semangat insya Allah urusan menjadi mudah.

Apalagi pelajaran dikampus itu rata-rata tidak lebih dari 10% yang terpakai didunia kerja atau usaha, sisanya kita perlu belajar dari pengalaman saat bekerja. ditambah lagi di dunia kerja itu cenderung fokus disatu bidang saja, misalnya drafter tugasnya menggambar, quantity surviyor tugasnya menghitung volume bangunan, site manager tugasnya memanajemen proyek, konsultan teknik sipil tugasnya merencanakan struktur bangunan, dan beragam profesi lainya.

Belum lagi yang namanya teknologi bangunan itu terus berkembang, jadi besar kemungkinan yang diajarkan di bangku kuliah sudah ketinggalan jika diterapkan di dunia industri, misalnya di sekolah kita belajar kuda-kuda kayu, tapi dilapangan sekarang sudah banyak yang pakai baja ringan. jadi teknik sipil itu sifatnya terus belajar meskipun sudah lulus kuliah secara formal.

 

kuliah teknik sipil sulit?

kuliah teknik sipil sulit?

Mari kita simak pendapat dari rekan-rekan tentang sulit atau mudahnya ambil jurusan teknik sipil

Anri = “Bismillah…., Banyak yang bilang teknik sipil itu sulit,,,, walaupun sulit kita harus berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikannya dengan belajar. Tidak ada keberhasilan tanpa ada usaha, Mudah-mudahan lolos teknik sipil,,, untuk belajar menyelesaikannya dengan baik,,,, amiin.”

Citra Dika Sputra = “Serumit apa pun bila dengan niat pasti Mudah.”

Amrun Nasution = “saya sangat bersyukur bisa lulus di prodi teknik sipil meskipun banyak yang bilang teknik sipil itu susah… tapi saya akan berusaha untuk sukses dengan teknik sipil….”

Blank07 = Teory dan praktek seimbang, Memang benar ilmu sipil terkadang sulit untuk dipahami, walaupun jelas sekali tujuan dan manfaatnya, jadi ilmunya perlu kita asah kembali, agar jadi mantap.

Aldhijayaelfian = “Mudahan saya bertahan di teknik sipil karena orang banyak bilang teknik sipil itu susah tapi kalau dengan sunguh-sungguh insyaallah bisa asal ingat orang tua.”

Sayful = wah… pengen masuk teknik sipil…. tapi aku paling gqk suka pelajaran hitung”…. tapi apa salahnya mencoba dan berusaha…….”

 

Jadi intinya kuliah teknik sipil itu mudah bagi yang punya niat, kesempatan, kemauan belajar, dan semangat tinggi dalam menuntut ilmu, sebaliknya kuliah teknik sipil itu sulit jika kita hanya iseng-iseng di kampus dan malas belajar atau memang punya keterbatasan sehingga tidak mampu untuk menekuninya. Jadi pilihan tetap ditangan masing-masing, selamat belajar dan berjuang meraih cita-cita.

15 Comments

  1. Hadijah Astuti 29 March 2016
    • nur azizah 15 July 2016
  2. yeni amelia 6 April 2016
  3. ocazy harun 11 May 2016
  4. nur azizah 15 July 2016
  5. Annisa Aireka 13 September 2016
  6. juni siregar 19 October 2016
  7. yogi 16 January 2017
    • Robbi 17 January 2017
  8. melisa a 21 January 2017
  9. Wiranda kuspendir 28 May 2017
  10. anonim 1 June 2017
  11. vanny 15 June 2017
    • anonim 23 November 2017
  12. anggi I junas 9 April 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.