Apakah buta warna parsial boleh kuliah teknik sipil dan bagaimana jika bekerja nanti?

Saya terharu membaca pertanyaan singkat dari saudara febri chacha tentang Apakah buta warna parsial boleh kuliah teknik sipil dan bagaimana jika bekerja nanti? tanyanya begini

Assalamualaikum, kalau buta warna parsial ambil kuliah teknik sipil apa boleh?. kalau boleh apakah BWP itu akan menyulitkan ketika mencari pekerjaan kelak?

waalaikum salam, pertanyaan tersebut mengingatkan saya untuk bersyukur dengan anugrah mata, sekaligus tergambar semangat untuk tetap belajar dan berdoa ditengah keterbatasan yang ada. mari kita coba jawab.

Apa itu buta warna parsial?

sebelumnya kita kenal lebih jauh tentang BWP, yaitu buta warna sebagian atau dengan kata lain bukan total, pengidap BWP misalnya kesulitan membedakan antara warna hijau dan merah, atau antara warna biru dan kuning. sedangkan pada situasi buta warna total hanya melihat warna monochrome alias hitam putih saja.

Seberapa pentingkah penggunaan warna dalam dunia kuliah dan kerja teknik sipil?

saat kuliah teknik sipil tidak banyak pelajaran yang fokus memperhatikan warna, lebih banyak hitung-hitungan struktur, pengenalan material konstruksi, manajemen pelaksanaan pembangunan, alat-alat konstruksi, ada juga pelajaran menggambar bangunan yang berhubungan dengan warna tapi tidak sedetail seperti jurusan arsitektur.

di dunia konstruksi, para lulusan teknik sipil juga tidak banyak bergulat masalah warna karena posisinya lebih condong sebagai leader, kalau menggambar itu tugasnya drafter, membangun juka tugasnya para tukang bangunan.

Jadi apakah pengidap BWP boleh masuk teknik sipil?

jawabanya tentu saja sangat boleh, memang ada sebagian kampus yang melakukan tes buta warna saat masa pendaftaran, tapi itu hanya sekedar sebagai data saja. dan lebih banyak kampus yang tidak menjalankan tes buta warna.

tes buta warna parsial

tes buta warna parsial

Bagaimana saat pengidap BWP mencari kerja dan bekerja?

Dunia ini luas, lulusan kuliah teknik sipil boleh bekerja dimana saja, dibidang apa saja, atau boleh juga jadi pengusaha. jadi tidak ada masalah dalam mencari pekerjaan atau bekerja.

Jadi pesan untuk mas Febry chacha sekaligus mewakili pengidap buta warna lainya. tetaplah semangat dalam meraih cita-cita, selamat belajar, bekerja, dan berusaha semoga sukses, kami doakan semoga bisa kembali normal penglihatanya.

One Response

  1. rambo 25 February 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.