Apakah beton dengan tulangan bambu sebagai pengganti besi itu kuat?

Apakah beton dengan tulangan bambu sebagai pengganti besi itu kuat? jawabanya tentu saja kuat apabila beban tarik yang membebani struktur lebih kecil dari kuat tarik bambu, kenapa masalahnya ada pada gaya tarik? ya.. sebelumnya kita tahu bahwa yang namanya beton bertulang itu merupakan kombinasi struktur beton sebagai penahan gaya tekan dan besi tulangan sebagai penahan gaya tarik, jadi mengganti besi dengan bambu tentu syah-syah saja asalkan kuat tariknya lebih besar dari gaya tarik yang mau ditahan.

Foto konstruksi beton bertulang bambu

beton dengan tulangan bambu sebagai pengganti besi

beton dengan tulangan bambu sebagai pengganti besi

Pada gambar diatas bisa kita lihat sebuah tulangan bambu didalam bekisting yang sudah siap di cor beton, dipasang juga besi setiap jarak tertentu sebagai tambahan perkuatan. bambunya dipotong seragam, diambil yang ada kulitnya agar lebih kuat, perlu dipilih juga yang umurnya sudah tua. jenis bambunya bisa pakai ori, petung, wulung, dan yang lainya sesuai ketersediaan.

Cara mengetes kuat tarik bambu sebagai tulangan?

Bisa dilakukan dengan tes tarik seperti pengetesan pada besi, jadi akan keluar data seberapa kuat bambu tersebut mampu menahan gaya tarik, yang perlu diperhatikan yaitu pengambilan sample bambu sebagai benda uji harus benar-benar yang dipakai dilapangan, karena berbeda jenis bambu akan berbeda pula kuat tariknya, beda umur juga beda kualitasnya.

Pada jenis konstruksi apa beton bertulang bambu ini bisa dipakai?

Cukup untuk digunakan sebagai jalan desa, screed lantai halaman rumah, dasar kolam ikan, jalan sementara pada proyek, serta macam-macam konstruksi lainya yang tidak memerlukan penahan gaya tarik cukup besar.

Apakah sudah dilakukan penelitian?

Beberapa rekan kita sudah pernah menelitinya, misalnya mas Sigit Fajar =  “Saya kemarin pernah neliti tulangan menggunakan tulangan bambu bertakik V. Bambu yang digunakan bambu petung, ori, dan wulung dengan usia minimal 2,5 tahun. dengan asumsi usia segitu kadar air sedikit. Hasilnya bagus hampir sama dengan baja dengan A yg sama. Tapi memang disarankan kl beton bertulangan bambu hanya bisa dipakai untuk bangunan sederhana maksimal 2 lantai.”

Bambu yang akan dipakai sebaiknya melewati proses pengawetan dengan cara direndam, dan posisi pemasanganya tidak berhubungan langsung dengan udara luar atau tanah agar tidak mengalami kerusakan.

Begitulah beberapa gambaran awal mengenai inovasi penggunaan bambu sebagai pengganti besi pada beton bertulang, apakah ada tambahan menurutmu?

6 Comments

  1. alan 31 October 2016
    • M.yani 20 August 2017
  2. Asiacon Cipta 15 November 2016
  3. jaimito xavier 19 June 2017
  4. m. yanwar 19 November 2017
  5. feri asnofi 30 October 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.