Apa fungsi pagar rumah?

Apa fungsi pagar rumah? Ini sangat penting karena seiring perjalanan waktu dan budaya masyarakat ternyata yang namanya pagar sudah bukan hanya berfungsi sebagai pembatas atau pengaman saja, tapi ada bermacam kegunaan lain sehingga desain pagar perlu disesuaikan dengan peruntukanya. Misalnya pagar yang fokus sebagai pengaman maka bisa terbuat dari kawat berduri tanpa harus memperhatikan sisi keindahanya karena jika dibuat dengan desain indah justru akan menghabiskan banyak biaya dan membutuhkan waktu lama untuk membangunya, sedangkan pagar yang fungsinya untuk memperindah tampak depan rumah maka desainya perlu disesuaikan dengan model arsitektur rumah. Lalu  apa saja fungsi yang lainya? disini kita akan mencoba menggali macam-macam kegunaan pagar rumah tinggal, barangkali dapat bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan gambaran tentang ini.

 

Macam-macam fungsi pagar rumah

  1. Sebagai pengaman rumah, jadi perlu dibuat tinggi dan dilengkapi dengan gembok pengaman agar hanya pemegang kunci saja yang bisa masuk.
  2. Untuk memperindah tampilan eksterior bangunan.
  3. Pembatas kepemilikan tanah dengan tetangga atau fasilitas umum seperti jalan, got, trotoar dan lainya.
  4. Menutup pandangan dari luar rumah agar tidak bisa melihat aktifitas keluarga di pekarangan. beberapa desain pagar menggunakan polycarbonat untuk melapis pagar.
  5. Tempat untuk menaruh pot bunga, atau langsung menanam pohon hias pada pagar, jadi perlu didesain sedemikian rupa untuk menyediakan fungsi ini.
  6. Menaruh lampu taman.
  7. Ada juga yang memfungsikan sebagian sisi pagar untuk bak sampah.
  8. Sebagai tempat duduk, atau santai-santai ngobrol dengan tetangga.
  9. Untuk sarana bermain anak-anak, contohnya main petak umpet 🙂
  10. Sisi depan pagar bisa dilengkapi dengan kotak pos untuk menerima surat masuk.
  11. Sebagai tempat untuk menempelkan iklan, meskipun seringkali kehadiranya tidak diinginkan oleh pemilik rumah. misalnya “terima jasa sedot WC” atau “Coblos dan pilih No.5”. barangkali perlu disiapkan sisi khusus untuk mengantisipasi iklan tak terduga ini agar tidak berantakan.

 

Begitulah kurang lebih beberapa daftar kegunaan pagar yang penulis ketahui, fungsi lain tentu saja masih banyak, apalagi yang namanya teknologi itu terus berkembang dan selalu ada yang baru. namun karena keterbatasan ilmu jadi belum bisa menuliskanya secara lengkap disini. Apa lagi fungsi pagar rumah yang lain? mengingat hal ini erat hubunganya dengan desain pagar terbaik maka bagi yang tahu bisa menuliskanya dibawah 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.