ANALISIS SPECIFIC GRAVITY DAN PENYERAPAN AGREGAT HALUS

Bagamaimana cara melakukan analisis specific gravity dan penyerapan agregat halus? Percobaan ini bertujuan untuk menentukan bulk dan apparent specific gravity dan penyerapan (absobsion) dari agregat halus menurut prosedur ASTM C128. Nilai ini diperlukan untuk menetapkan besarnya komposisi volume agregat dalam adukan beton.

PERALATAN

  1. Timbangan dengan ketelitian 0,5gr yang mempunyai kapasitas minimum 1kg.
  2. Piknometer dengan kapasitas 500gr.
  3. Cetakan kerucut pasir.
  4. Tongkat pemadat dari logam untuk cetakan kerucut pasir.
  5. Alat bantu lainya.

BAHAN – BAHAN

Bahan contoh agregat halus disiapkan sebanyak 1000gr. Contoh diperoleh dari bahan yang diproses melalui alat pemisah atau cara perempatan. pengambilan sample pasir dilakukan secara acak dari kesuluruhan material yang ada sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam menilai seluruh agregat yang ada 🙂

PROSEDUR Pelaksanaan analisis specifiv gravity

  1. Agregat halus yang jenuh air dikeringkan sampai diperoleh kondisi kering dengan indikasi contoh tercurah dengan baik.
  2. Sebagian dari contoh dimasukkan pada metal sand cone mold. Benda uji dipadatkan dengan tongkat pemadat (tamper). Jumlah tumbukan adalah 25 kali. Kondisi SSD diperoleh, jika cetakan diangkat butiran-butiran pasir longsor / runtuh.
  3. Contoh agregat halus seberat 500gr dimasukkan kedalam piknometer dengan air sampai 90% penuh. Bebaskan gelembung- gelembung udara dengan cara menggoyang-goyangkan piknometer. Rendamlah piknometer dengan suhu (73,4 ± 3)ºF selama 24 jam. Timbang berat piknometer yang berisi contoh dan air.
  4. Pisahkan contoh benda uji dari piknometer dan keringkan pada suhu (213 – 230)ºF. Langkah ini harus diselesaikan dalam waktu 24 jam (1 hari).
  5. Timbanglah berat piknometer yang berisi air sesuai dengan kalibrasi pada temperatur (73,4 ± 3)ºF dengan ketelitian 0,1 gram.
  6. Gambar alat uji tes analisis gravity beton.

analisis spesivic gravity

untuk download file ini beserta contoh perhitungan hasil percobaan dalam bentuk microsoft word 2003 bisa  klik dibawah

http://www.ziddu.com/download/7748187/ANALISISSPECIFICGRAVITYDANPENYERAPANAGREGATHALUS.doc.html

Secara sederhana dapat kita ketahui bahwa pengujian analisi gravity adalah untuk mengetahui besarnya air yang diserap oleh pasir atau disebut juga dengan agregat halus, penyerapan agregat halus ini akan mempengaruhi faktor air semen saat pasir digunakan sebagai campuran adukan pembuat beton sehingga dapat direncanakan campuran yang baik 🙂

7 Comments

  1. Leonardo Michael Sirami 6 March 2010
  2. adam ridho maulana 31 March 2010
    • ahadi 31 March 2010
  3. yeni purwati 2 April 2010
  4. Aji 7 September 2011
  5. huseinalitu 9 April 2013

Leave a Reply