Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Analisa pekerjaan plesteran

Cara menghitung RAB pekerjaan plesteran adalah dengan menghitung volume luasan dinding yang akan dihitung dalam m2, kemudian volume tersebut dikalikan harga satuan pekerjaan plesteran per 1 m2, untuk menghitung harga plesteran per 1 m2 dapat menggunakan koefisien analisa harga dibawah yang bersumber dari Standar Nasional Indonesia ( SNI ) 2008.

Cara Menggunakanya kita pilih salah satu koefisien dibawah ini yang sesuai dengan bahan yang akan digunakan kemudian kalikan saja koefisien tersebut dengan harga material atau tenaga, kemudian dijumlahkan, nah hasil penjumlahan tersebut merupakan harga per 1 m2.

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 1 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC  = 15,504 KG
PP  = 0,016 M3
Tenaga kerja
Pekerja  = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang  = 0,015 OH
Mandor  = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 2 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 10,224 KG
PP =  0,020 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor =  0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 3 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 7,776 KG
PP = 0,023 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 4 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC =g 6,240 KG
PP = 0,024 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 5 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 5,184 KG
PP = 0,026 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 6 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 4,416 KG
PP = 0,027 M3
Tenaga kerja
Pekerja =0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 7 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 3,936 KG
PP = 0,028 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor =0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 8 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 3,456 KG
PP = 0,029 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : ½ KP : 3 PP, tebal 15 mm

Bahan
PC = 5,760 KG
KP = 0,003 M3
PP = 0,013 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,360 OH
Tukang batu = 0,120 OH
Kepala tukang = 0,012 OH
Mandor = 0,018 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 2 KP : 8 PP, tebal 15 mm

Bahan
PC = 3,000 KG
KP = 0,005 M3
PP = 0,020 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,360 OH
Tukang batu = 0,120 OH
Kepala tukang = 0,012 OH
Mandor = 0,018 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 SM : 1 KP : 1 PP, tebal 15 mm

Bahan
SM = 0,009 M3
KP = 0,009 M3
PP = 0,009 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,360 OH
Tukang batu = 0,120 OH
Kepala tukang = 0,012 OH
Mandor = 0,018 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 SM : 1 KP : 2 PP, tebal 15 mm

Bahan
SM = 0,007 M3
KP = 0,007 M3
PP = 0,015 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,360 OH
Tukang batu = 0,120 OH
Kepala tukang = 0,012 OH
Mandor = 0,018 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 2 PP, tebal 20 mm

Bahan

PC = 13,632 KG
PP = 0,027 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,400 OH
Tukang batu = 0,200 OH
Kepala tukang = 0,020 OH
Mandor = 0,022 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 3 PP, tebal 20 mm

Bahan

PC = 10,368 KG
PP = 0,031 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,260 OH
Tukang batu = 0,200 OH
Kepala tukang = 0,020 OH
Mandor = 0,013 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 4 PP, tebal 20 mm

Bahan

PC = 8,320 KG
PP = 0,032 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,400 OH
Tukang batu = 0,200 OH
Kepala tukang = 0,020 OH
Mandor = 0,022 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 5 PP, tebal 20 mm

Bahan

PC = 6,912 KG
PP = 0,035 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,400 OH
Tukang batu = 0,200 OH
Kepala tukang = 0,020 OH
Mandor = 0,022 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 PC : 6 PP, tebal 20 mm

Bahan

PC = 5,888 KG
PP = 0,036 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,400 OH
Tukang batu = 0,200 OH
Kepala tukang = 0,020 OH
Mandor = 0,022 OH

  • Membuat 1 m2 plesteran 1 SM : 1 KP : 2 PP, tebal 20 mm

Bahan
SM = 0,009 M3
KP = 0,009 M3
PP = 0,018 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,440 OH
Tukang batu = 0,220 OH
Kepala tukang = 0,022 OH
Mandor = 0,022 OH

  • Membuat 1 m2 Berapen 1 PC : 5 PP, tebal 15 mm

Bahan

PC = 5,184 KG
PP = 0,026 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,150 OH
Tukang batu = 0,075 OH
Kepala tukang = 0,008 OH
Mandor = 0,008 OH

  • Membuat 1 m’ Plesteran Skoning lebar 10 mm 1 PC : 2 PP.

Bahan

PC = 0,500 KG
PP = 0,013 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,080 OH
Tukang batu = 0,400 OH
Kepala tukang = 0,040 OH
Mandor = 0,004 OH

  • Membuat 1 m2 Plesteran Granit , 1 PC : 2 Granit, tebal 10 mm

Bahan

PC = 10,000 KG
Batu granit = 15,000 KG
Tenaga kerja
Pekerja = 0,450 OH
Tukang batu = 0,225 OH
Kepala tukang = 0,023 OH
Mandor = 0,023 OH

  • Membuat 1 m2 Plesteran Teraso , 1 PC : 2 Batu Teraso, tebal 10 mm

Bahan

PC = 10,000 KG
Batu teraso = 15,000 KG
Tenaga kerja
Pekerja = 0,450 OH
Tukang batu = 0,225 OH
Kepala tukang = 0,023 OH
Mandor = 0,023 OH

  • Membuat 1 m2 Plesteran Ciprat / Kamprotan 1 PC : 2 PP

Bahan

PC = 4,320 KG
PP = 0,006 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,100 OH
Kepala tukang = 0,010 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 finishing siar pasangan dinding bata merah (=20 m’)

Bahan

PC = 3,108 KG
Tenaga kerja
Pekerja = 0,150 OH
Tukang batu = 0,075 OH
Kepala tukang = 0,008 OH
Mandor = 0,008 OH

  • Membuat 1 m2 finishing siar pasangan dinding conblock ekspose (=8 m’)

Bahan

PC = 1,600 KG
Tenaga kerja
Pekerja = 0,070 OH
Tukang batu = 0,035 OH
Kepala tukang = 0,004 OH
Mandor = 0,004 OH

  • Membuat 1 m2 finishing siar pasangan batu kali adukan 1 PC : 2 PP

Bahan

PC = 6,340 KG
PP = 0,012 M3
Tenaga kerja
Pekerja = 0,300 OH
Tukang batu = 0,150 OH
Kepala tukang = 0,015 OH
Mandor = 0,015 OH

  • Membuat 1 m2 acian

Bahan

PC = 3,250 KG
Tenaga kerja
Pekerja = 0,200 OH
Tukang batu = 0,100 OH
Kepala tukang = 0,010 OH
Mandor = 0,010 OH

koefisien Berdasarkan: SNI 2837:2008

ilmu sipil
  1. analisa harga satuan bekisting
  2. Menghitung RAB Pondasi plat jalur
  3. Cara menghitung koefisien analisa harga satuan bangunan
  4. cara menghitung volume material pasangan bata
  5. Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond
  6. menghitung keuntungan borongan
  7. Cara menghitung kebutuhan keramik
  8. Rekapitulasi rencana anggaran biaya
  9. Cara mudah menghitung RAB rumah
  10. RAP rencana anggaran biaya proyek pembangunan
  11. Analisa pekerjaan plesteran
  12. Rencana Anggaran Biaya Bangunan
  13. Menghitung berat besi tanpa tabel
  14. Cara menghitung volume besi beton bertulang

23 Komentar

  • aditya says:

    Pak, saya orang awam nih, mau tanya apakah artinya PC, PP, SM, KP yang tertera di hitungan pekerjaan plesteran? terima kasih banyak pak.

    • ahadi says:

      PC = Portland Cemen / Semen , PP = Pasir plester , SM = semen merah , KP = Kapur , OH = ongkos harian, sama pak saya juga masih belajar :-)

      • anto says:

        Pak mau tanya,klo 1 m2 pasangan batako hbis brapa pasir ma pc nya,,bgtu juga dengan plester aci,1 m2 habis brapa ya pc dan pp nya,trims

  • andre says:

    pak, saya ingin tahu bagai mana cara menghitung koefisien bahan dan tenaga kerja secara detail? terimah kasih banyak pak.

    • Dwi Yuli H says:

      sudah dari SNI dan SNI didapat dari pengalaman (percobaan & pengamatan)

      hehehe q jg awam…:)

  • semnamudala says:

    pak sy minta tlg cara menghitung RAB rmh yg lengkap dr pek.awal sampai pek.finishing bersama contoh2nya.mksh sblmx.

  • rozali says:

    tolong donk bantu saya, untuk menghitung analisa harga satuan pekerjaan pasangan bata ringan,dan finishing (plester dan acian ) bata ringan?

  • sugito says:

    pak minta tolong, gimana cara menghitung RAB bak beton ukuran 2 x 3 x 2 m, tks

  • Belajar menggambar autocad says:

    pak saya pernah d tanya temen ttg uk.kolom(P x L). dia mo bkin tandon air cap.800 lt dg tinggi 4.5 meter. pertanyaanya berapa uk.kolom yg aman? brp diameter bsi yg d pakai? terakhir bagaimana rumus prhitungan u/menentukan uk.(P x L) kolom bangunan(rumah)? kl boleh jawaban lsg k email pak.maaf kl kurang sopan,terimakasih.

  • robi says:

    ada gak analisa keseluran bwt bangunan gedung?

  • Panca Suwasana says:

    Analisa bahan dan Upah untuk plesteran itu apa sudah termasuk bahan dan tenaga untuk Acian jadi Acian itu dihitung sendiri diluar plesteran apa sidah termasuk

  • napoleon says:

    pak kalo untuk plesteran saluran irigasi bagusnya saya pake spesifikasi yang mana pada uraian diatas? terimakasih

  • aquiles pacheco gonjaga says:

    pak sayamasih bingun pak bagaiman mengitung rumah berlantai

  • wahyu says:

    Pak mohon beri contoh dong
    misal Luas 5 m2
    tebal 1.5 cm
    menurut koefisin dari atas maka 15,504 kg x 5 m2 =…….zak
    apakah begitui cara poerhitungannnya pak? trims

  • jhon peris says:

    pak,saya mau nanya apa artinya 2 pp,3pp trus satuanya apa trus saya mau nanya berapa bahan yang dibutuhkan untuk plesteran contohnya luas yang mau diplester 10 mtr2 dengan tebal 10 mm

  • yono says:

    saya mau nanya pak, apa maksud kg m3 itu makasih

  • Before_x says:

    Thanks mas, sudah sangat membantu..semoga sukses selalu, amin

  • arif says:

    berarti kalo plesteran 1 : 3 tbal 20 mm, untuk 1 m3 pasir bisa dapet 30 m2 kurang lebihnya pak ya………banyak amat ya….kalo prakteknya kok kurang dari 30 m2 ya…..

  • kayaet_te says:

    q bangga pd klyan smua ….
    yg bgtu smngt dlm mlngkh…

  • haris says:

    bang mo nanya, sebenarnya jika kita hitung berapa sih harga per M2 kalau pk SNI (yg 2008)??? kan kl kontraktor biasany udah pk perhitungan sendiri…
    Thnkx bang…

  • kalau memasang bata merah itu per m2 nya membutuhkan pasir berapa m3.

  • Prabowo says:

    makasih bang,udah bagi2 pengalaman.saya tinggal nelen doang. …tapi dengan adanya ini saya dapat mengerti…

  • Saya mau taya gimana caraya mengitung ongkos tenaga kerja ya..

Komentari

*
*