Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

teknik sipil Analisa harga dan bahan pekerjaan plafond

Analisa harga satuan pekerjaan plafond dihitung dalam satuan m2, sedangkan untuk lis plafond dihitung dalam satuan m1.

contoh perhitungan volume pekerjaan plafond
suatu kamar tidur berukuran 3 m x 3 m akan dipasang plafond motif multiplek berukuran 120 x 120 cm, berapakah jumlah multiplek, lis plafond dan rangka plafond yang harus dibeli atau disediakan?

untuk menganalisa harga pekerjaan plafond untuk kamar tersebut, pertama kali kita hitung luasan ruangan yaitu:

L = 3 m x 3 m = 9 m2

berikutnya kita analisa kebutuhan multiplek yang harus disediakan

menghitung kebutuhan multriplek sebagai bahan plafond

1 lembar multriplek dipasaran berukuran 1,2 m x 2,4 m. sedangkan kita akan memakai ukuran 1,2 m x 1,2 m. berarti 1 multriplek utuh nantinya akan kita potong menjadi dua bagian.

luas ruangan = 9 m2
luas 1 motif multriplek ukuran 1,2 m x 1,2 m = 1,44 m2
maka kebutuhan multriplek = 9 m2 : 1,44 m2 = 6.25 buah ukuran 1,2 m x 1,2 m
berarti jumlah murtiplek yang harus dibeli ( ukuran 1,2 m x 2,4 m ) adalah = 6,25 :2 = 3,125 buah dibulatkan 3,5 buah

pada saat pengerjaan plafond mungkin terjadi resiko kerusakan, cacat atau sisa pemotongan plafond tak terpakai, jadi sebagai angka keamanan kita tambahkan 1 lembar dalam membeli menjadi 3,5 + 1 = 4,5 lembar. dan jika tidak diperbolehkan membeli multriplek separuh lembar maka kita membeli sejumlah 4 lembar murtlipek

Menghitung kebutuhan kayu rangka plafond
jumlah rangka kayu yang dibutuhkan dapat kita analisa dengan cara sebagai berikut
ukuran ruangan 3 m x 3m maka rangka kayu yang menempel pada dinding adalah sepanjang 3m x4 bh = 12 m1
ukuran 1 motif plafond adalah 1,2 m x 1,2 m, maka kebutuhan kayu rangka plafond adalah 3 m x 4 bh = 12 m1
kayu rangka penggantung 5 bh x 1 m = 5m
maka jumlah total kebutuhan kayu rangka plafond adalah 12 m + 2 m + 12 m = 36 m1

menghitung kebutuhan lis plafond
lis plafond kita pasang pada pertemuan antara pinggir plafond dengan dinding maka lis plafond yang dibutuhkan adalah sepanjang 3 m x 4 bh = 12 m1

menghitung kebutuhan cat plafond
jika kita menambahkan cat sebagai finishing plafond, maka untuk menghitung kebutuhan cat plafond kita memerlukan luasan ruangan yaitu 3 m x 3 m = 9 m2 pekerjaan cat plafond.

untuk kebutuhan tenaga dan Material pembantu seperti paku, benang dll bisa disesuaikan dilapangan, dan nantinya bisa memperkiakan kebutuhan material pembantu tersebut sebagai acuan pekerjaan plafond berikutnya.

setelah kita mengetahui jumlah volume tenaga, bahan atau material tentunya kita sudah dapat memperkiran biaya yang nantinya diperlukan dengan mengalikan volume material tersebut dengan harga dipasaran. :-)

Macam – macam bahan yang dapat digunakan sebagai plafond rumah

  • plafond Multriplek
  • Plafond Beton Ekspos ( finish semen aci dan cat )
  • Plafond Alumunium composit
  • Plafond Beton finish walpaper
  • Plafond plastik
  • Plafond Kaca
  • Plafond Rangka atap existing finish cat
  • Plafond Gypsum
  • Plafond Asbes
  • Plafond Rumput alang – alang kering.

begitulah kurang lebih analisa pekerjaan plafond, dan jika ada tambahan silahkan dimasukan melalui form dibawah :-)

ilmu sipil
  1. Desain Ruang kerja
  2. Berbagai Motif Keramik Untuk gambar 3 dimensi
  3. Pekerjaan dinding keramik
  4. mengenal bagian ruang rumah
  5. Membuat desain dapur bersih minimalis
  6. Cara menghitung kebutuhan keramik

29 Komentar

  • aditya says:

    Jika anda mencari gambar dan literatur tentang pemetaan, please visit our new blogspot at BeelninzyaArchMap.blogspot.com… thanks

  • Grent says:

    wah bingung aku untuk masalah teknik sipil ini penjelasannya terlalu tinggi bos bisa minta tolong untuk dikasih pentunjuknya yang singkat biar aku bisa nganalisa sendiri bos….
    ya berupa anggaran dan tipe stuktur bangunan dan tipenya……………….

    ok thxs……………plesss tolong untuk difollow up..

  • Abu Rifqi says:

    Kok saya tidak melihat ada analisa harganya mencakup :
    1. kebutuhan material
    2. Kebutuhan upah

  • jo says:

    tolong ditambah skalian untuk analisa rangkanya dong..terutama yg pke hollow…
    di analisa SNI nda ada apa untuk itu..

  • abu fiya says:

    total kayu yg digunakan u plafon pd contoh ko jumlahnya ga nyambung ya?..ak masih bingung ..bukannya 27m

  • kamal says:

    hitungan rangka furing fullsistem dong …….
    sama hollow skalian……… lewat autocad ya
    trims

  • asep supriatna says:

    Bagaimana cara meghitung dan memasang rangka plafond dari hollo beserta ukuran hollo yang dibutuhkan untuk plafon dari gypsum (1.2 x 2.4)m? terima kasih

    • Robert says:

      Mas tolong aku minta cara menghitung dan memasang rangka plafon gypsum dengan rangaka hollow. kalo bisa kirimin ya …..trim’s

    • a yuhendar says:

      tu ada 2 cara , 1. yg hemat kita pake ukuran 1 arah jarak 0,60.cm. 2 kita pasang ukuran normal d bikin 0,60.cm persegi .kekuatan sama itu yg bisa saya sampaikan menurut pengalaman yg bisa km smpaikan.

  • tirta says:

    jika anda butuh kontraktor atau desain interior di wilayah kalimantan hub aja http://WWW.EMINTERIOR.COM

  • chepy sugiharto says:

    gmn cr penghitungan materuial pembuatan box culvet?????

  • calol says:

    mksh infonya pak…..nambah & untuk mengulang pelajaran…thanks…

  • fahmi says:

    Salam kenal Om T. sipil :
    untuk kebutuhan cat, perlu saya komentari…
    kok ndak jumlah liternya atau kg dengan luasan tersebut..
    mungkin bisa din tambahkan. untuk pengecatan yang di pakai koefisien pemakian jadi untuk orang awam yang di butuhkan tdk luasannya aja, tp di perlu beli berapa kaleng dengan jumlah liter tertentu.
    Koef pengecata 10-11 m2/ liter.

  • Adrian says:

    Salam super..:D
    om Sipil..saya ada tugas nih dari dosen saya..untuk menghitung analisa upah dan bahan dari kolom beton bertulang..langkah-langkah pengerjaanny bgmaina?atau om sipil mau memberikan sdkt jawaban biar soalny saya kirim??smga om sipil bersedia..terima kasih..

  • nickmem says:

    Untuk pemasangan gipsum memakai bahan hollow jarak rangka 60cm.perlu dicermati hollow buat isian harus berbeda 2×4 & 4×4
    Untuk hollow gantunganya beri jarak 120cm.

  • merix says:

    Terima kasih atas forum ini, saya sebagai secretaris @finishing contractor bisa mmbantu pekerjaan pimpinan saya. Namun, jika untuk proyek besar apabila dengan perhitungan manual saya kira akan terlalu melelahkan.mohon beri saran kepada saya untuk perhitungan cepat.

  • Syahtryan says:

    Pak,tolong kasih tau saya harga borog kerja,di kalimantan,mulai nol sampe serah trima kunci,untuk rumah sederhana,tipe 45 per (m2)berapa.?trims.

  • wah…terima kasih nich, udah bisa memperkirakan berapa anggaran biayanya, thanks ya sangat bermanfaat.

  • Mohammad Nur Misbah says:

    Mas ismail,.alhamdulillah.ketahuan lagi bangun rumah idaman ya..

  • Radifan Satu Hati says:

    Terimakasih atas semua ini…..

  • a yuhendar says:

    berbung bbm naik tolong minta harga jasa borongan kuntruksi secara detil dari mulai kolom sampe ps kramik

  • putuagus says:

    saya mau bangun rumah 3 x 7 m, 2 lantai bentuk persegi los tanpa sekat didalam.
    plafon cor, atap asbes. anggap tanpa keramik, dan tanpa dicat, kira-kira berapa biaya bahan + ongkos tukangnya ? trims.

    putuagus

  • wisnu says:

    perhitungan keliru tuh,, apa saya yang keliru, mungkin yg posting agak buru- buru kali yah.. hehehe satuanya mesti sama semua dari awal biar tepat heheheh 😀

  • Zubeir Ahmad Harahap says:

    Cara menghitung analisa dan BOQ dari pekerjaan Pembuatan Reflika Gedung uk. 7 x 3 x 2,5 M
    dan analisa serta BOQ dari pemasangan Papan Reklame

    Mohon bantuannya….

    Terima kasih.. dan mohon maaf merepotkan

    • Zubeir Ahmad Harahap says:

      Untuk Pekerjaan papan reklame, Papan Reklame ini dipasang dibelakang Panggung, pemasangan Reklame menggunakan baan2 besi dan Wallpaper Backdrop 450 Gr
      Papan Reklame Uk. 3,10 M (Lebar) x 7,75 M (Panjang)

    • Zubeir Ahmad Harahap says:

      Atau kalau memang memang tidak lengkap, setidaknya tolong bantu untuk Koefesien bahan dan Upah untuk Pembuatan Reflika Gedung dan Pembuatan Rangka Besi serta Wallpaper untuk Reklame dimaksud…
      terima kasih

  • ady says:

    Tambahan dikit ya,
    cara perhitungan keb plafondnya sudah bagus, cuman perhitungan total material plafondnya masih harus di lanjut…Misal :
    -Rangka kaso sdh oke
    -Tripleks sdh jelas.
    -Kaso Penggantung berp m3 ?
    -Paku brp kg ?
    -List pLafond brp m’ ?
    -Reng Klos brp m3
    -Benang rami brp glg ?
    -Upah brp ?
    Jadi informasinya jelas dan akurat…

  • Mawan says:

    Permisi gan Sya mo nanya untuk perhitungan meter panjang plafon drop ceiling dihitung dri mana ya??? contoh ukuran Drop nya bentuk U ukrn, lebar 40cm, tinggi 10cm, panjang 10 meter, pa bener langsung dihitung pnjang 10m’? thanks

  • bayu says:

    Selamat Siang,
    Dimanakah saya bisa mendapatkan HSPK Kota Bandung tahun 2015 ?
    Terima kasih

Komentari

*
*