Analisa dampak reklamasi pada daerah pesisir pantai

Mari kita analisa bersama mengenai bermacam dampak reklamasi daerah pesisir pantai yang banyak dilakukan pada negara atau kota maju dalam rangka memperluas daratan sehingga bisa digunakan untuk area bisnis, perumahan,wisata rekreasi dan keperluan lainya. selalu ada dampak positif dan negatif dalam setiap kegiatan termasuk dalam hal pengurugan tepi laut ini, bisa jadi yang melakukan kegiatan hanya mendapat keuntunganya saja sementara kerugian harus ditanggung oleh pihak yang tidak mengerti apa-apa, tanpa disadari banyak daerah pesisir pantai terpencil yang hilang karena aktifitas reklamasi ini contohnya sudah pernah kita uraikan pada artikel yang berjudul “Banyak daerah di pulau jawa indonesia tenggelam” dapat dilihat disini. Tentang dampak reklamasi pantai lainya mari kita buat rincianya.

 

Dampak positif atau keuntungan reklamasi pesisir pantai

  1. Ada tambahan daratan buatan hasil pengurugan pantai sehingga dapat dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan.
  2. Daerah yang dilakukan reklamasi menjadi aman terhadap erosi karena konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan gempuran ombak laut.
  3. Daerah yang ketinggianya dibawah permukaan air laut bisa aman terhadap banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai.
  4. Tata lingkungan yang bagus dengan perletakan taman sesuai perencanaan, sehingga dapat berfungsi sebagai area rekreasi yang sangat memikat pengunjung.

 

Dampak negatif atau kerugian reklamasi pesisir pantai

erosi pantai

  1. Peninggian muka air laut karena area yang sebelumnya berfungsi sebagai k0lam telah berubah menjadi daratan.
  2. Akibat peninggian muka air laut maka daerah pantai lainya rawan tenggelam, atau setidaknya air asin laut naik ke daratan sehingga tanaman banyak yang mati, area persawahan sudah tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam, hal ini banyak terjadi diwilayah pedesaan pinggir pantai.
  3. Musnahnya tempat hidup hewan dan tumbuhan pantai sehingga keseimbangan alam menjadi terganggu, apabila gangguan dilakukan dalam  jumlah besar maka dapat mempengaruhi perubahan cuaca serta kerusakan planet bumi secara total.
  4. Pencemaran laut akibat kagiatan di area reklamasi dapat menyebabkan ikan mati sehingga nelayan kehilangan lapangan pekerjaan.

 

Melihat kelebihan dan kekurangan reklamasi tersebut nampaknya tetap lebih banyak dilakukan karena dampak negatif lingkungan justru ditanggung daerah lain yang terkadang tidak tahu apa-apa tentang adanya reklamasi pantai yang letaknya jauh dari tempat tinggal. solusi terbaik bisa dilakukan dengan mencari teknologi terbaru mengenai pemanfaatan wilayah laut untuk aktifitas hidup manusia contohnya dengan membuat gedung atau rumah terapung di atas permukaan laut, namun hal ini tentu perlu penelitian yang dalam sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai, bagi yang hendak memberikan uraian atau solusi mengenai kegiatan reklamasi pantai bisa berbagi disini 🙂

9 Comments
  1. 4 years ago
    wahyu nugraha

    Mungkin cocok dengan pepatah yang seperti ini: Semakin besar kita merusak dunia maka semakin besar pula kita dirusak alam.

    Reply
    • 2 months ago
      naughty boy

      tepat sekali brother..

      Reply
  2. 4 years ago
    erna irvan philya

    alam memberi kita pelajaran bukan kita yang memberi pelajaran ke alam

    Reply
    • 3 years ago
      SANTOSA

      Di sini saya tidak mengatasnamakan tuhan tapi ingat wahai engkau manusia yang setuju dengan adanya reklamasi..sakali kali BERSYUKUR dan INGAT PESAN LELUHUR semoga tetap BERFIKIRAN LUHUR,,//.’;[] coba buka mata hati anda,kepulauan NUSANTARA ini adalah merupakan PETA,DENAH,GAMBARAN,LUKISAN secara ABSTRAK poros ROTASI dari pada alam semesta ini dengan kata lain kita yang tinggal di negeri nusantara harus tetep bersyukur karna di negeri kita inilah tuhan menitipkan segala sesuatu untuk mengungkapkan isi dunia ini dari mulainya tanah leluhur JAWA KUNO..sayangilah anak anak kita,generasi kita semoga damai senantiasa sebelum alam menghakimi kita,,belajarlah dari cerita DONGENG sebelum tidur sampai EPOS besar dunia.///.SEKALI LAGI SAYA TIDAK SETUJU DENGAN ADANYA REKLAMASI DI TANAH NUSANTARA TERCINTA INI.salam buat teman teman yang lain..

      Reply
      • 2 years ago
        suartadana agung

        Saya melihat reklamasi adalah mementingkan golongan pelaku bisnis di sekitar tempat itu..di sisi lain mebahayakan golongan di pesisir lain, apalagi warisan dari leluhurnya tenggelam,dgn setuju REKLAMASI sama halnya menari bahagia di atas tangisan penderitaan orang lain…

        Reply
  3. 3 months ago
    umiawan

    Sblmya sya mau bertya untuk melakukan hal itu tentuya hars ada ijin dri pemerintah luas lautan indo dgn negara lain bukankah ada bts. Jadi tdk perlu ada percek cokan yg itu hrs ats dasar hukum spya yg melakukan tdk meraja lela dan org bawahan tdk tertindas ,dan untuk membgun rumah ato tmpat rekreasi sya rasa bkan lautan yg hrs di gali tpi cba lihat jika ada bendugan bukakah itu lbh baik di mampaatkan untuk membgun tempat rekreasi di atasya otomatis keadaan org bwh tdk tergagu

    Reply
  4. 1 month ago
    Ihsan

    Ada pertambahan wilayah tentunya ada juga pengurangan wilayah. Gundukan tanah atau elemen lainnya untuk wilayah baru tentunya didapat dengan pengerukan besar-besaran di wilayah daratan.

    Reply
  5. 1 month ago
    sada

    Mudah mudahan kita bisa menjadikan cermin dari kasus reklamasi ini sebagai contoh dari keserakahan beberapa gelintir manusia yang gak pernah merasa cukup . dan bagai mana dengan diri kita apa kita sudah bisa mensyukuri nikmat yang telah di berikan oleh Allah kepada kita mari kita belajar untuk bisa bermanfaat untuk alam ini. untuk tetangga kita .untuk desa kita .

    Reply
  6. 4 weeks ago
    Santa

    indonesia memiliki hampir 17 ibu pulau tetapi yang tercatat di PBB hanya sekitar 13 ribu. jadi, jika memiliki pulau sebanyak itu untuk apalagi menambah daratan. Indonesia negara maritim maka seharusnya kita berjaya di lautan bukan di daratan. Saya setuju dengan pendapat teman-teman, karena reklamasi memang lebih banyak mengutungkan kalangan atas dari pada masyarakat kebawah. Reklamasi bukan untuk mensajaterahkan rakyat tetapi reklamasi adalah pembunuhan secara perlahan.

    Reply

Beri Komentar

Alamat Email tidak akan ditampilkan.

*