Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

alat ukur waterpass dan theodolit

Waterpass dan Theodolite

Waterpass digunakan untuk menentukan elevasi/ peil untuk lantai, balok, dan lain-lain yang membutuhkan elevasi berdasarkan ketinggian titik yang diketahui. Alat ini digunakan untuk mengecek ketinggian penulangan agar tidak melebihi tinggi rencana dan mengecek ketebalan lantai saat pengecoran, sehingga lantai yang dihasilkan dapat datar. Selain itu juga dapat digunakan untuk pembuatan tanda/marking pada kolom/dinding sebagai acuan pekerjaan lain, seperti acuan untuk pekerjaan dinding panel precast, serta dapat digunakan dalam pengecekan settlement bangunan. Untuk keperluan pekerjaan struktur diperlukan keakuratan dibawah 1 mm pada jarak tidak melebihi 30 meter. Dalam penggunaannya, waterpass didirikan pada tripod (kaki tiga).

waterpass

Gambar 1.1 Detail dan Penggunaan Waterpass/Auto Level untuk Pengecekan Elevasi Tulangan

Spesifikasi Alat :

Type : Topcon AT-G6

Kapasitas            : 300 m

Theodolite digunakan untuk menentukan titik as bangunan, ketegaklurusan bangunan, menentukan elevasi bangunan, dan membuat sudut-sudut bangunan. Theodolite digunakan pada awal pelaksanaan proyek untuk menentukan peil dasar bangunan dan menentukan as-as bangunan. Setelah itu digunakan untuk penentuan as kolom, balok, core wall/shear wall, plat lantai dan lain-lain. Cara kerja alat ini adalah dengan mengatur nuvo dan unting-unting di bawah theodolite. Kemudian menetapkan salah satu titik sebagai acuan. Setelah itu, menembak titik-titik yang lain dengan patokan titik awal yang ditetapkan tadi. Theodolite dapat mengecek kondisi dalam arah vertikal, juga untuk menentukan ketinggian suatu titik. Obyek theodolite dalam hal ini antara lain as-as bangunan, titik penggalian, dan elevasi-elevasi/ peil-peil bangunan. Untuk keperluan pekerjaan struktur diperlukan keakuratan dibawah 1 mm pada jarak tidak melebihi 30 meter. Dalam penggunaannya, theodolite didirikan pada tripod (kaki tiga).

theodolit

Gambar 1.2 Detail dan Penggunaan Theodolite untuk Marking As Bangunan

Spesifikasi Alat :

Type : Topcon DT-200 Series (Digital Theodolite)

Kapasitas            : 300 m

Oleh : Chairil nizar

  1. ilmusipil.com Data ukuran tanah yang dibutuhkan untuk pembangunan
  2. ilmusipil.com Alat Penyelidikan Tanah
  3. ilmusipil.com Tugas surveyor pengukuran pada proyek gedung
  4. ilmusipil.com Teodolit sebagai alat ukur tanah
  5. ilmusipil.com Cara menggambar peta kontur Tanah
  6. ilmusipil.com Garis kontur adalah
  7. ilmusipil.com Cara surveyor mengukur kolom gedung
  8. ilmusipil.com pengukuran poligon terbuka
  9. ilmusipil.com cara mengukur tinggi gedung

38 Comments

Add a Comment
  1. maaf kawan…lam kenal z yah…sy masih pemula nich diautocad,,kira2 ada yang pnya gbr theodolite dan water pass versi autocad gak yah..??kalo ada ngammbilnya dmn yah…?
    thx..

  2. saya lagi belajar autocad 2007 dan saya seorang surveyor di bidang jalan dan jembatan pada dinas PU BINAMARGA PROVINSI SULTENG.Saya masih hitungan cara manual hasil data pengukuran lapangan…YG SAYA TANYAKAN BAGAIMANA MENGINPUT DATA UKUR SESUAI DATA LAPANGAN KE AUTOCAD DAN OTOMATIS HITUNGAN DATA LAP. MENJADI GAMBAR EXISTING DAN HITUNGAN DATA UKUR….DAN THEODOLIT TIPE APA YG COCOK MEMUDAHKAN PEKERJAAN PENGUKURAN JALAN DAN JEMBATAN UTK MENGINPUT DATA KE KOMPUTER/LAPTOP..TRIMA KASIH

    1. Untuk memudahkan input data hasil survey dilapangan harus ditambah alat navigasi seperti GPS dan alat ukur digital (Distometer). Kedua alat tersebut sangat dibutuhkan sekali dalam pengukuran bidang tanah,tujuannya untuk mengetahui kesalahan,evaluasi, dan analisa hasil akhir dari pekerjaan. Semoga bermanfaat

  3. Saya seorang surveyor gedung, dan biasa buka lahan tapi saya belum pernah mengerjakan proyek jalan.
    seperti apa teori dan metode kerja nya.
    terima kasih.

  4. selama ini kami banyak menggunakan alat ukur Waterpass dan Theodolit,mengingat alat tersebut telah rusak(butuh)kalibrasi.Bila pengukuran menggunakan GPS MAP CSx 60 hasil titk koordinat dan Altimeter pembacaannya apakah sama dengan kedua alat tadi.
    bila pengolahan data GPS ke tabel kedua alat ini digunakan bisa enggap dan apa pertimbangnannya yg harus diperhatikan.

  5. PT. Exsol Innovindo adalah agen tunggal dan pust service alat survei dari merk TOPCON. Dengan semakin berkembangnya jaman dan kemajuan tekhnologi, maka sekarang alat2 ukur tsbt sudah dilengkapi dengan penggunaan theodolit secara digital, laser dan penggunaan gps. Perusaan kami jg di siapkan dengan di lakukannya pelatihan2 alat2 baru tersebut. Untuk lebih kenal lagi bisa membuka website kami : http://www.exsol-innovindo.com atau menghubungi saya di: Ardiyan Wisnu (085814469504) terima kasih.

  6. asslammualaikum,sblmnya saya sangat berterimakasih dgn ada ini,sy widji sy profesi sbgai juru ukur,bagaimana cara pengolahan data mentah ke auto cad,dan jd gambar?mohom petunjuknya?????

  7. assalamu’alaikum..,.
    sya eko,sya pngen tau bgaimna menggunkan theodolit,karna sya cma bsa autocad dan belum prnah pngalman d lpangan..,.
    termksih..,.
    wassalamu’alaikum..,.

  8. assalumalaikum
    ada yg tau rincian biaya jasa untuk mindahin elevasi dr titik BM? trus sewa WP brp yah harga standar’y?
    Trim’s

  9. asssalamu’ alaika,,,,,,,

    gan….. tolong dhonx….dikirim panduan penggunaan digitaltheodolite “TOPCON DT-200″

  10. gimana ya carax menghitung luasan tanah yang sudah di ukur melalui alat theodolite atau alat total station…. tidak melalui kalkulator…. tapi harus pake manual???

  11. bos, sy one. gmn cara mengimpor gmbar dari auto cad k corel draw atau sebaliknya..trima kasih

  12. bos, bagaimanakah cara praktis dan cepat dalam pengolahan data mentah hasil pengukuran (jarak datar dan jarak vertikal) theodolite menjadi gambar(data matang)? makasih

  13. tolong diemail ke saya donk cara perhitungan luasan tanah dengan theodolid dari data yang dilapangan

    thanks

  14. kalau nyewa theodolite sama 2 operator sehari berapa harganya untuk leveling machine di jakarta

  15. assalamualaikum wr wb…..
    maaf temen aku mau tanya di daerah balikpapan ada tempat kursus penggunaan theodolite atau total station ga, tolong kasih tau ya, tks……

  16. hai smw saya bru krja surve 1 thun
    saya lg pngn mncoba surve jalan atau grdung
    kira2 yg ada lowongan mana yaa…. tanks

  17. Saya sebenarnya ingin belajar menjadi seorang surveyor yg handal, dimana ya saya bisa belajar?

  18. Ass
    Sy alumni SMKN 3 Mataram jurusan Teknik Survey dan Pemetaan, sy biasa ngukurnya pk WPI dan Theodolite digital.
    sy pingin bljar pk TS dan GPS. gmna cara kerjanya? mhon bantuanx
    trimakasih

  19. Ini bisa buat sewa tidak ya? alat theodolitenya?? Saya senang bisa belajar ilmusipil, semoga aja kita bisa bekerja sama ya. Saya bekerja di kontraktor dan saya sangat butuh informasi seputar alat sipil. Trims ya

    1. Bapak masih mencari alat ukur (untuk survey)?
      PT. Datascrip (www.datascrip.com), sebagai distributor alat survey NIKON (theodolite, total station, waterpass, gps, laserscanner, printer A0, dll) akan sangat senang bila dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan surveying di tempat bapak.
      bila ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami di 021-6544515 ext 8353. atau kirim email ke diki_septerian@datascrip.co.id

      salam
      Diki Septerian

  20. Tolong saya dijelaskan mengenai pekerjaan survey pengukuran pada jembatan, urut-urutannya dan langkahnya, apa saja yang mesti disurvey dan diukur yaaa . .. tks.

  21. salam kenal, kami dari cv. Giyafe survey menerima kalibrasi, service, maintenance n jasa pengukuran termaksud jual beli bermacam alat ukur, contohnya:
    1. Total station
    2. Digital theodolite
    3. Manual theodolite
    4. Autometic Level / Water pass
    Demikian kami rangkum…
    Office :
    Komp. Puri Dago, jln. Puri dago timur No. 4 antapani bandung, tlp. 022 877 877 10 / 081802092372…
    Hormat kami
    Cv. Giyafe Survey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ilmusipil.com © 2009 - 2014IlmuSipil.com