Akibat jika campuran asphalt volume asphaltnya terlalu sedikit atau besar

Ada diskusi seru dari bapak Ghoniyul di group ilmusipil.com tentang Akibat jika campuran asphalt volume asphaltnya terlalu sedikit atau besar, pertanyaan tersebut sudah dijawab dengan bagus oleh sahabat ilmusipil bapak Kurniyadi Muttaqin & Adited MLN, saya merasa ini sebuah jawaban dan pertanyaan penting yang pastinya banyak rekan-rekan lain yang memerlukan informasi tentang ini. jadi kita buatkan dalam bentuk artikel diskusi disini.

Ghoniyul = “Mau tanya bagai mana akibatnya jika dalam suatu campuran aspal volume aspalnya terlalu sedikit dan bagaimana jika terlalu besar?”

Kurniyadi Muttaqin = “Nyoba jawab gan, Yang jelas kalau terlalu banyak asphalt akan mahal ( asphalt lebih mahal dari aggregat). Yang kedua kalau terlalu sedikit asphalt akan menjadi getas (daktailitas kecil) sehingga mudah retak / crack. Kalau banyak aspalnya lebih daktail. (Lebih lentur).”

Adited MLN = “Sekedar menambahkan aja, jawaban diatas Sudah benar, jika kadar aspal terlalu sedikit dari yang disyaratkan otomatis lapisan aspal pada aggregat jadi tipis, sehingga mengakibatkan campuran aspal cepat mengeras & mudah crack. Sedangkan jika kadar aspal terlalu banyak, bisa mengakibatkan bleeding, yaitu melelehnya aspal dipermukaan jalan karena temperature panas, yg bisa membuat permukaan aspal jadi rusak ketika dilewati kendaraan.”

akibat campuran asphalt terlalu banyak atau sedikit

akibat campuran asphalt terlalu banyak atau sedikit

Dari diskusi tersebut dapat kita ambil kesimpulan tentang apa yang terjadi jika volume asphalt terlalu banyak atau sedikit dalam pencampurannya sebagai bahan pembuat jalan, berikut beberapa poin yang dapat diambil.

Akibat jika campuran asphalt terlalu banyak

  • Biayanya akan mahal karena harga aspal lebih mahal dari agregat.
  • Lebih lentur / daktailitas besar.
  • Lapisan aspal terlalu tebal sehingga bisa menyebabkan bleeding, yaitu aspal dijalan meleleh saat terkena panas sehingga lapisanya bisa rusak saat dilewati kendaraan.

Akibat jika campuran asphalt terlalu sedikit

  • Biayanya menjadi lebih murah, pemborong / kontraktor jalan bisa menambah keuntungan 🙂
  • Aspal akan menjadi getas atau bahasa tekniknya daktailitas kecil.
  • Lapisan aspal tipis sehingga mudah mengeras, retak / crack.

semoga dapat memberikan pencerahan, silahkan jika ada yang hendak menambahkan 🙂

One Response

  1. Baiq asiani 19 December 2016

Leave a Reply