Ilmusipil.com Media Berbagi Ilmu Teknik Sipil dan Arsitektur

air kerja baja tulangan beton ready mix

Air Kerja

Air merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat penting dalam pekerjaan suatu proyek. Selain sebagai bahan campuran untuk membuat beton dan plesteran, air dipakai untuk mencuci bahan bangunan seperti pasir dan kerikil dan juga untuk perawatan beton setelah pengecoran.

Air yang digunakan dalam campuran pasangan/campuran beton harus memenuhi syarat-syarat yang tercantum dalam  PBI 1971 antara lain, air yang tidak mengandung unsur minyak, asam alkali, garam-garaman, bahan-bahan organis, atau bahan-bahan lain yang dapat merusak atau menurunkan mutu pekerjaan (merusak beton dan atau baja tulangan). Pada ’tempat penulis kerja praktek’ air kerja berasal dari pengeboran sumur di lokasi proyek.

Baja Tulangan

Baja tulangan yang dipakai pada ’tempat penulis kerja praktek’ adalah :

  1. Baja tulangan polos ( BJTP ) dengan mutu baja fy 240 Mpa (U 24) untuk tulangan  Ø < 13 mm.
  2. Baja tulangan ulir ( BJTD ) dengan mutu baja fy 400 MPa (U 40) untuk tulangan D ≥ 10 mm.

Semua baja tulangan yang digunakan harus memenuhi syarat-syarat:

  1. Bebas dari kotoran-kotoran, lapisan minyak-minyak, karat dan tidak   cacat (retak-retak, mengelupas, luka dan sebagainya).
  2. Bahan tersebut dalam segala hal harus memenuhi ketentuan-ketentuan PBI 1971 (NI.2 – 1971).
  3. Mempunyai penampang yang sama rata.
  4. Ukuran disesuaikan dengan gambar-gambar.
  5. Penyimpanan baja tulangan terlindungi dari air, cuaca dan tidak boleh berhubungan langsung dengan tanah.

Karena penyimpanan baja tulangan dilakukan di tempat terbuka, maka pengadaan baja tulangan disesuaikan dengan pelaksanaan pekerjaan supaya waktu penyimpanan tidak terlalu lama. Di bawah tumpukan baja tulangan diberi bantalan dari balok kayu agar tidak berhubungan langsung dengan tanah selain itu juga ditutupi agar tidak terkena air hujan sehingga mengurangi terjadinya korosi pada baja tulangan. Baja tulangan yang digunakan dalam proyek ini adalah baja produksi PT. Krakatau Steel, PT. Jakarta Cakratunggal Steel Mills dan PT. Inter World Steel Mills Indonesia.

Pengujian mutu baja tulangan yang akan dipakai, sesuai dengan petunjuk Konsultan MK. Batang percobaan diambil dibawah kesaksian Konsultan MK. Jumlah tes baja tulangan dengan interval setiap 100 ton = 1 buah tes baja tulangan. Percobaan mutu baja tulangan juga akan dilakukan setiap saat bilamana dipandang perlu oleh Konsultan MK.

besi-tulangan

Gambar 1.1 Baja Tulangan dengan Berbagai Ukuran di Proyek

Beton Ready Mix

Bangunan gedung ini volumenya besar, maka tidak efisien terhadap waktu, biaya, dan tenaga kerja jika pengecorannya dilakukan secara manual serta untuk menjaga kualitas campuran (jaminan keseragaman mutu beton). Untuk itu digunakan sistem campuran beton siap pakai (beton ready mix). Beton ready mix adalah beton siap pakai yang dibuat dan diolah sesuai mutu pesanan untuk keperluan pengecoran. Beton yang dipakai adalah sesuai dengan spesifikasi kekuatan karakteristik (mutu beton) dari PBI 1971 tentang spesifikasi kuat beton.

mixer beton

Pencampuran di tempat (site mix) hanya dilakukan jika beton ready mix tidak tersedia atau bila keperluannya sedikit, seperti pekerjaan spesi pada pasangan bata. Pencampuran site mix dilakukan dengan cara manual (menggunakan tangan).

oleh: chairil nizar

  • Plafond gypsum tidak tahan terhadap kebocoran air hujan
  • Menghitung material rumah itu tidak sederhana
  • menghitung berat besi
  • Cara menghitung berat material bangunan
  • Cara pengawetan kayu bahan bangunan
  • Aksesoris bahan bangunan
  • Jenis cacat kayu bahan bangunan
  • perbandingan baja dan beton
  • pasir yang baik sebagai bahan bangunan
  • cara tes tanah
  • sifat fisik dan mekanik kayu bahan bangunan
  • waterproofing untuk mengatasi bocor
  • Aerated Autoclaved Concrete Blocks
  • Supplier bahan bangunan yang pembayaranya bisa dihutang
  • LEM BETON KAWAT AYAM OLI BEKISTING
  • menghitung kebutuhan keramik
  • fungsi bagian kayu bahan bangunan
  • semen portland
  • 2 Responses to “air kerja baja tulangan beton ready mix”

    1. toni says:

      Saya ada rencana membangun rumah. Berhubung rumah/tanah kami di jalan sempit(gang) yg sulit dilewati truk readymix, jadi kami akan membuat coran sendiri. Dengan meggunakan rumus/perbandingan standard mutu semisal katakan K250 apakah mutu coran yg kami buat bisa sama dengan yg punya ReadyMix ( dan saya sendiri akan mengawasi secara ketat rumus perbandingan semen pasir krl dan air ). Kebetulan kami mempunyai molen sendiri. Dan Bagaimana biaya per m3 apakah bisa lebih murah dgn ready mix atau malah lebih mahal. Terima Kasih Sekali

    2. Yanti Sitanggang says:

      Saya mahasiswi politeknik negeri medan, mau bertanya bagaimana ya prosedur pembuatan baja tulangan?

    Leave a Reply