Air Compressor Generator Set Las Listrik

Air compressor adalah alat penghasil atau penghembus udara bertekanan tinggi yang digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang dapat mengurangi mutu dan daya lekatan tulangan pada beton seperti: debu-debu, potongan-potongan kawat bendrat, dan serbuk-serbuk kayu. Alat ini digunakan setelah proses pekerjaan pembesian selesai.

Air compressor sangat diperlukan untuk menjaga agar hasil pengecoran tidak tercampur dengan sisa-sisa dari pekerjaan pembesian maupun debu yang terdapat pada area pengecoran

Berikut gambar air compressor yang sedang beroperasi didalam suatu proyek :

air-compressor

Gambar 1.1 Air Compressor

Spesifikasi Alat :

Type : Airman Screw

Kapasitas        : 175 Cfm

Generator Set

Generator set adalah suatu mesin (motor) diesel yang berfungsi sebagai penggerak motor listrik (dinamo) sehingga dapat menghasilkan tenaga listrik. Energi listrik yang berasal dari generator set ini digunakan untuk power supply yang melayani berbagai keperluan seperti: kebutuhan listrik alat concrete vibrator, travo las listrik, bar bender, bar cutter,  penerangan proyek, kebutuhan listrik kantor, dan sebagainya.
Mesin diesel termasuk mesin dengan pembakaran dalam atau disebut dengan motor bakar, ditinjau dari cara memperoleh energi termalnya (energi panas). Untuk membangkitkan listrik, sebuah mesin diesel dihubungkan dengan generator dalam satu poros.

generator-set

Gambar 1.2 Generator Set

Spesifikasi Alat :

Type : Nissan Diesel

Kapasitas            : 400 KVA

 

 

 

 

 

Las Listrik

Pengelasan adalah salah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang continue.

Las listrik digunakan untuk mengikat/menyambung besi atau baja. Las listrik digunakan untuk memasang sepatu kolom, pembuatan profil penyiku dan pembuatan cor stop (batas pengecoran). Pada bagian bawah travo las ini terdapat roda untuk mempermudah dalam mobilisasi di lapangan.

Keberadaan alat ini juga penting dikarenakan banyaknya pekerjaan kolom pada bangunan bertingkat tinggi, berikut gambar las listrik yang sedang digunakan di dalam suatu proyek :

 

Gambar 1.3 Travo Las Listrik

Spesifikasi Alat :

Type : BX1-300-2 AC ARC Welder

Kapasitas            : 60-300 Amp

oleh: Chairil Nizar

Leave a Reply