Acara Selamatan dalam pelaksanaan Proyek

Kali ini kita akan membahas seputar acara selamatan dalam pelaksanaan Proyek, kapan sebaiknya dilakukan dan apa saja manfaat yang mungkin bisa diraih jika mengadakan acara tersebut. Sebelumnya kita ungkap dulu apa itu arti acara selamatan di proyek, yaitu kegiatan personil proyek untuk berkumpul dan berdoa bersama kepada Tuhan yang maha esa agar diberikan keselamatan dalam melaksanakan proyek, didalamnya bisa ditambahkan dengan acara makan bersama, santunan yatim piatu,penyuluhan dan kegiatan-kegiatan lain yang bersifat positif dan bermanfaat. o.k langsung saja kita ungkap lebih dalam mengenai acara ini.

 

Kapan sebaiknya acara selamatan proyek dilakukan?

Makin sering makin bagus, kita bisa berdoa secara mandiri agar selalu diberikan keselamatan oleh Tuhan yang maha pelindung, Acara selamatan sebaiknya dilakukan saat momen-momen berikut ini;

  • Saat hendak mencari proyek, jangan lupa berdoa agar mendapatkan proyek yang di incar.
  • Saat Memenangkan lelang/tender proyek, ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan yang maha pemberi. karena telah diberikan kepercayaan untuk mengerjakan proyek tersebut.
  • Ketika akan memulai proyek, istilahnya babat alas atau buka lahan, kita berdoa bersama agar pelaksanaan pembangunan nantinya dapat berjalan dengan lancar, semua pekerja selamat tanpa adanya kecelakaan ringan atau sampai meninggal dunia.
  • Rutin setiap mingu sekali atau sebulan sekali, bisa dilakukan bersamaan dengan acara penyluhan safety project.
  • Saat terjadi kecelakaan proyek, disitu kita bisa melakukan introspeksi kenapa kecelakaan bisa terjadi, tentunya diiringi dengan upaya memperbaiki apa yang sudah ada, disertai dengan doa kepada Tuhan yang maha penolong agar tidak terjadi kecelakaan lagi.
  • Saat bulan puasa Ramadhan,  setelah seharian puasa ada baiknya diadakan acara kumpul bareng sekalian buka bersama dan diiringi dengan berdoa bersama.
  • Saat proyek selesai, sebagai ungkapan rasa syukur karena telah berhasil menyelesaikan proyek dengan baik, semoga semakin mudah dalam melaksanakan proyek selanjutnya.

Selamatan

Apa manfaat Acara Selamatan Proyek?

Jika kita selidiki lebih dalam ternyata banyak sekali manfaat acara selamatan yang dapat diraih dalam dunia proyek.

  1. Sebagai ungkapan rasa syukur kapada Tuhan yang maha pemberi, dengan bersyukur maka bekerja menjadi ringan.
  2. Sebagai wujud doa bersama agar diberikan keselamatan dalam bekerja.
  3. Mengingatkan dan meluruskan tujuan bekerja itu untuk ibadah, karena dengan bekerja untuk ibadah maka produktifitas akan naik dan hasilnyapun akan bagus.
  4. Meningkatkan rasa kebersamaan seluruh personil proyek, karena disitu kita berkumpul sejenak untuk berdoa dan makan bersama jika disediakan makanan.
  5. Untuk membantu sesama, misalnya dalam acara selamatan bisa diselingi acara santunan yatim piatu, memberikan makanan kepada tukang bangunan, dll.
  6. Apalagi ya manfaat lainya..

Nah.. selanjutnya bagaimana peendapatmu mengenai acara selamatan di dunia proyek konstruksi ini, silahkan dibahas lebih lanjut 🙂

2 Comments

  1. Alkoa 20 May 2014
  2. Siti 23 May 2014

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.