8 Manfaat Membangun Jalan Tol

Ada banyak manfaat membangun jalan tol yang bisa diperoleh baik itu dalam bidang ekonomi, sosial, keamanan, maupun yang lainya. Disini kita akan mencoba mengungkapnya lebih jauh tentang hal ini. Kita tahu bahwa jalan tol merupakan jalur bebas hambatan yang hanya boleh dilewati oleh tipe kendaraan tertentu dengan manajemen serta peraturan yang berbeda dari jalan biasa. Berikut ini daftar 8 manfaat membangun jalan tol.

 

pembangunan jalan tol

pembangunan jalan tol

1. Menghemat waktu tempuh perjalanan

Misalnya dari kota semarang ke Jakarta yang jaraknya kurang lebih 500km bisa ditempuh dalam waktu 7 jam saja apabila lewat tol dengan kecepatan rata-rata 80km/jam. Berbeda dengan dahulu ketika terpaksa lewat jalan biasa yang bisa menghabiskan waktu 12 jam bahkan lebih dari sehari apabila sedang ada kendala kemacetan di jalan.

2. Menghemat bahan bakar kendaraan

Penggunaan bahan bakar untuk kendaraan akan bisa dihemat karena perjalananya lebih cepat sekaligus bebas macet.

3. Mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas

Hal ini karena tidak semua kendaraan boleh lewat serta terjaganya rambu-rambu lalu lintas.

4. Meningkatkan ekonomi masyarakat

Terutama didaerah sekitar pintu tol seperti adanya pembangunan perumahan, pertokoan, perkantoran, serta yang lainya.

5. Lebih terhindar dari resiko kemacetan

ini disebabkan karena dilakukan manajemen lalu lintas secara tepat.

6. Meningkatkan potensi wisata

terutama untuk area yang masih berada dalam jangkauan jalan tol.

7. Membuka lapangan kerja

hal ini karena pengelolaan jalan tol memerlukan manajemen oleh tenaga manusia dari mulai kasir, petugas keamanan, staf kantor, kebersihan, dan sejenisnya.

8. Meningkatkan industri

Industri diwilayah yang terlayani oleh jalur tol akan lebih berkembang karena tersedia sarana untuk lalu lintas pendatangan maupun pengiriman barang.

 

Begitulah beberapa manfaat membangun jalan tol yang bisa didapat. Yang pasti cukup banyak nilai positif yang bisa diambil dengan adanya jalur khusus kendaraan bebas hambatan ini. Namun selain itu juga ada beberapa kerugian yang berpotensi muncul misalnya dapat memicu masyarakat untuk lebih bersemangat dalam membeli mobil baru, juga menurunya omzet pedagang di tepi jalan umum karena banyak yang beralih ke jalan tol. Dengan adanya keuntungan dan kerugian membangun jalan tol ini maka bisa dipertimbangkan untuk menentukan kebijakan terbaik bagi semua pihak yang berkaitan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.