11 inspirasi peluang usaha dari Hobi burung peliharaan

Setidaknya ada 11 inspirasi peluang usaha dari Hobi burung peliharaan yang bisa dijadikan sebagai bisnis, ya.. bisnis berdasarkan hobi memang lebih berpeluang untuk meraih kesuksesan karena disitu kita menjalankanya dengan rasa senang, bukan uang yang kita tuju tapi pada akhirnya penghasilan itu akan datang dengan sendirinya karena kesungguhan, kesabaran dan ketekunan kita dalam menjalankan hoby. termasuk dalam dunia burung yang didalamnya ada beberapa jalan usaha yang bisa ditempuh, berikut diantaranya.

 

1. kios atau Jual beli burung

banyak kios burung bertebaran yang terlihat laris, mereka menyediakan berbagai macam keperluan dari mulai pakan sampai burungnya itu sendiri, ada yang bakalan hasil ternak, tangkapan alam, jinak.

2. Sangkar burung

dewasa ini banyak bermunculan jenis kandang burung dengan berbagai motif material yang digunakan, dari mulai yang terbuat dari kayu, besi, alumunium, galvalum serta bahan lainya yang bisa disesuaikan dengan jenis burung peliharaan.

bisnis hoby burung

bisnis hoby burung

3. Pakan burung

Berbagai merek poer beredar dipasaran, kita bisa ikut memasarkanya atau memproduksi sendiri untuk dijual, selain itu juga ada buah-buahan seperti pisang dan pepaya. ada juga ekstra fooding berupa jangkrik, ulat hongkong, kroto telur semut rangrang, dll.

4. Penangkap atau pemikat burung

Banyak orang yang pekerjaanya mencari burung, hal ini boleh-boleh saja, tapi tetap menjaga kelestarian hewan ya, lebih bagus lagi kalau beternak biar ketersesidaan di alam liar tidak sampai kehabisan.

5. Peternakan burung

Di alam liar jumlah hewan bersayap yang bisa terbang ini semakin menurun, hal ini menyebabkan harga jual meroket, sudah jadi prinsip ekonomi kalau barangnya sedikit tapi permintaanya banyak maka harganya mahal. oleh karena ini beternak burung bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan, juga turut menjaga kelestarian alam.

6. Klinik pengobatan burung

Yang namanya hewan pasti adakalanya mengalami sakit, masalahnya tidak semua pemeliharanya punya keahlian dalam mengobatinya, jadi membuka klinik burung merupakan solusi bagi mereka.

8. Lomba burung

kita bisa mendapatkan dana segar dari biaya pendaftaran lomba burung, belum lagi bayaran dari sponsor. pengumuman lomba bisa dilakukan melalui online atau media cetak, ketika jumlah pendaftar sudah melimpah maka perlombaan bisa diadakan.

9. Penitipan burung

Para penghoby burung yang terpaksa tidak bisa merawat peliharaanya selama sekian waktu, seperti pergi keluar kota. atau ada keperluan ditempat jauh. mereka tentu berpikir bagaimana caranya agar burungnya bisa terawat dengan baik setiap hari, nah.. disini ada peluang bisnis penitipan burung.

10. Wisata burung

jika kita berkunjung ke taman mini indonesia indah, disana ada sebuah bangunan besar dengan dinding kawat ayam, didalamnya diisi dengan berbagai jenis macam burung, para wisatawan bisa masuk kedalamnya untuk melihat koleksi dengan membayar biaya tiket masuk.

11.Blog / website burung

Membuat website tentang burung juga bisa memberikan penghasilan, selain hoby menulis tersalurkan juga ada pemasukan dari biaya periklanan atau jualan produk di website sendiri.

Ternyata dari yang namanya hoby burung itu bisa menjadi ladang bisnis apabila ditekuni dengan baik, disatu sisi mendapatkan kesenangan karena hoby tersalurkan, disisi lain bisa menambah pundi-pundi rupiah penguat ekonomi, semoga menginspirasi 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.